TUGAS MAKALAH

D I S U S U N OLEH

NAMA :

GURU PEMBIMBING :

Salah satu sumber belajar yang amat penting. 1996:1). Kualitas hidup bangsa dapat meningkat jika ditunjang dengan sistem pendidikan yang mapan. sesuai dengan perkembangan zaman dan perkembangan cara berpikir manusia. Latar Belakang Ilmu pengetahuan dan teknologi selalu berkembang dan mengalami kemajuan. dan produktif (Depdikbud. Bangsa Indonesia sebagai salah satu negara berkembang tidak akan bisa maju selama belum memperbaiki kualitas sumber daya manusia bangsa kita. khususnya pasal 35 dan penjelasannya bahwa “pendidikan tidak mungkin terselenggara dengan baik bila mana tenaga kependidikan maupun serta didik tidak didukung oleh sumber belajar yang diperlukan untuk penyelenggaraan kegiatan belajar-mengajar yang diperlukan.FUNGSI PERPUSTAKAAN SEKOLAH BAB I PENDAHULUAN A. tetapi bukan satu-satunya adalah perpustakaan yang harus memungkinkan para tenaga kependidikan dan para peserta didik memperoleh kesempatan untuk memperluas dan memperdalam pengetahuan dengan membaca bahan pustaka yang mengandung ilmu pengetahuaan yang diperlukaan. memungkinkan kita berpikir kritis. Menurut undang-undang nomor 2 tahun 1989 tentang sistem pendidikan nasional. Dengan sistem pendidikan yang mapan. . kreatif.

Oleh karena itu perpustakaan SMA perlu dikembangkan sebaik-baiknya untuk dapat menunjang pelakasanaan kurikulum sekolah. suatu obyek. B. 1. kokurikuler dan ekstra kurikuler. suatu set kondisi. METODE Metode yang digunakan dalam makalah adalah metode deskriptif. mendukung. TUJUAN Tujuan utama penyelenggaraan perpustakaan sekolah adalah meningkatkan mutu pendidikan bersama-sama dengan unsur-unsur sekolah lainnya. suatu . MASALAH Berkaitan dengan judul tersebut. Bagaimana cara agar perpustakaan sekolah benar-benar dapat meningkatkan mutu pendidikan di sekolah ? C. Bagaimana peran perpustakaan terhadap pelaksanaan program pendidikan di sekolah? 2. dan melengkapi semua kegiatan baik kurikuler. masalah dalam makalah ini dapat diidentifikasi sebagai berikut . tujuan perpustakaan sekolah dapat membantu menumbuhkan minat dan mengembangkan bakat murid serta memantapkan strategi belajar mengajar. Sedangkan tujuan lainnya adalah menunjang. D. Metode Deskriptif adalah suatu metode dalam meneliti setatus sekelompok manusia. Selain itu.

google. Adapun teknik yang di gunakan dalam karya tulis ini adalah teknik dokumentasi dengan mengumpulkan beberapa bahan dari internet. sifat-sifat serta hubungan antar fenomena yang diselidiki.com). ataupun suatu kelas peristiwa pada masa sekarang.//www. factual dan akurat mengenai fakta-fakta. (http.sistempeikiran. . Tujuan dari penelitian deskriptif ini adalah untuk membuat deskipsi. gambaran atau lukisan secara sistematis.

diantaranya adalah (1) Memupuk rasa cinta. mendukung. (2) Membimbing dan mengarahkan teknik memahami isi bacaan. baik berupa buku maupun bukan buku. (3) Memperluas pengetahuan para siswa. kokurikuler dan ekstra kurikuler. fungsi perpustakaan dan sumbangan perpustakaan terhadap pelaksanaan programpendidikan. Tujuan utama penyelenggaraan perpustakaan sekolah adalah meningkatkan mutu pendidikan bersama-sama dengan unsur-unsur sekolah lainnya. Sedangkan tujuan lainnya adalah menunjang.BAB II PEMBAHASAN A. (5) Membimbing para siswa agar dapat . pembahasan meliputi tujuan perpustakaan. Peran atau Fungsi Perpustakaan Perpustakaan merupakan bagian intergral dari lembaga pendidikan sebagai tempat kumpulan bahan pustaka. (4) Membantu mengembangkan kecakapan berbahasa dan daya pikir para siswa dengan menyediakan bahan bacaan yang bermutu. di samping dimaksudkan pula dapat membantu menumbuhkan minat dan mengembangkan bakat murid serta memantapkan strategi belajar mengajar. kesadaran. dan melengkapi semua kegiatan baik kurikuler. Sesuai dengan judul makalah ini. dan kebiasaan membaca. Namun secara operasional tujuan perpustakaan sekolah bila dikaitkan dengan pelaksanaan program di sekolah.

2. terutama dalam menggunakan bahan-bahan referensi. 1. (3) Fungsi Administratif. kokurikuler. efektif dan efisien. dan (8) Menyediakan bahan-bahan pustaka yang menunjang pelaksaanan program kurikulum di sekolah baik yang bersifat kurikuler. dan (5) Fungsi Penelitian. Yang dimaksud dengan fungsi edukatif adalah perpustkaan menyediakan bahan pustaka yang sesuai dengan kurikulum yang mampu membangkitkan minat baca para siswa. maka dapat dirumuskan beberapa fungsi perpustakaan. Berdasarkan tujuan perpustakaan sekolah. Yang dimaksud dengan fungsi informatif adalah perpustakaan menyediakan bahan pustaka yang memuat informasi tentang .menggunakan dan memelihara bahan pustaka dengan baik. yaitu (1) Fungsi Edukatif. Fungsi Informatif. mengembangkan daya ekspresi. mengembangkan kecakapan berbahasa. (7) Memberikan kesempatan kepada para siswa untuk belajar bagaimana cara menggunakan perpustakaan dengan baik. (6) Memberikan dasar-dasar ke arah studi mandiri. (2) Fungsi Informatif. (4) Fungsi Rekreatif. maupun ekstra kurikuler. mengembangkan gaya pikir yang rasional dan kritis serta mampu membimbing dan membina para siswa dalam hal cara menggunakan dan memelihara bahan pustaka dengan baik. Fungsi Edukatif.

penyelesaian dan pemrosesan bahan-bahan pustaka serta menyelenggarakan sirkulasi yang praktis. Fungsi Penelitian Yang dimaksudkan dengan fungsi penelitian ialah perpustakaan menyediakan bacaan yang dapat dijadikan sebagai sumber / obyek penelitian sederhana dalam berbagai bidang studi. Fungsi Rekreatif Yang dimaksudkan dengan fungsi rekreatif ialah perpustakaan disamping menyediakan buku-buku pengetahuan juga perlu menyediakan buku-buku yang bersifat rekreatif (hiburan) dan bermutu. baik oleh siswa maupun oleh guru. 3.berbagai cabang ilmu pengetahuan yang bermutu dan uptodate yang disusun secara teratur dan sistematis. sehingga dapat memudahkan para petugas dan pemakai dalam mencari informasi yang diperlukannya. Fungsi Administratif Yang dimaksudkan dengan fungsi administratif ialah perpustakaan harus mengerjakan pencatatan. 5. 4. dan efisien. efektif. . sehingga dapat digunakan para pembaca untuk mengisi waktu senggang.

Dengan demikian sasaran dan tujuan operasional dari perpustakaan sekolah adalah untuk memperkaya. Mewujudkan suatu wadah pengetahuan dengan administrasi dan organisasi yang sesuai sehingga memudahkan penggunanya 3. disamping itu mendorong dan memungkinkan tiap siswa mengoptimalkan potensi mereka sebagai pelajar. Menyediakan sumber-sumber rujukan yang tepat guna untuk kegiatan konsultasi bagi pengajar dan pelajar . yaitu untuk membantu terselenggaranya pendidikan dengan baik. Oleh sebab itu segala bahan pustaka yang di Jmiliki perpustakaan sekolah harus dapat menujang proses belajar mengajar. 1. 2. maka dalam pengadaan bahan pustaka hendaknya mempertimbangkan kurikulum sekolah. Penyelenggaraan perpustakaan sekolah bukan hanya untuk menyimpan bahan-bahan pustaka. Perpustakaan sekolah sebagai perangkat perlengkapan pendidikan mempunyai tugas : menyerap dan menghimpun informasi guna kegiatan belajar mengajar.B. serta selera para pembaca yang dalam hal ini adalah murid-murid. memberikan kekuatan dan mengupayakan penerapan program pendidikan yang memenuhi setiap kebutuhan siswa. Peranan Perpustakaan dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Peranan perpustakaan di dalam pendidikan amatlah penting. tetapi dengan adanya penyelenggaraan perpustakaan sekolah diharapkan dapat membantu murid-murid dan guru menyelesaikan tugas-tugas dalam proses belajar mengajar. mendukung.

Perpustakaan sekolah dapat memperkaya pengalaman belajar murid-murid. mudah dan menarik sehingga pengajar dan pelajar tertarik dan dapat menjadi terbiasa dalam menggunakan perpustakaan 6. dan sebagainya. Memberikan bimbingan membaca Perpustakaan sekolah tampak bermanfaat apabila benar-benar memperlancar pencapaian tujuan proses belajar mengajar di sekolah. 2. Indikasi manfaat tersebut tidak hanya berupa tinginya prestasi muridmurid. 5. mengembangkan daya kreatif. murid-murid terbiasa belajar mandiri. . 7. menemukan. manfaat perpustakaan sekolah.4. tetapi lebih jauh lagi. maupun di sekolah menengah adalah sebagai berikut: 1. murid-murid selalu mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Perpustakaan sekolah dapat menimbulkan kecintaan murid-murid tehadap membaca. antar lain adalah murid-murid mampu mencari. baik yang diselenggarakan di sekolah dasar. Melaksanakan layanan perpustakaan yang sederhana. Menyediakan bahan-bahan yang bermanfaat bagi kegiatan rekresi yang berkaitan dengan bidang budaya dan dapat meningkatkan selera. murid-murid terlatih kearah tanggung jawab. Secara terperinci. Pusat layanan bahan pustaka bagi siswa dan guru. menyaring dan menilai informasi.

guru-guru. Perpustakaan sekolah harus dapat melatih murid-murid kearah tanggung jawab 7. Perpustakaan sekolah harus dapat memperlancar murid-murid dalam menyelesaikan tugas-tugas sekolah 8.3. Perpustakaan sekolah dapat mempercepat proses penguasaan teknik membaca 5. Perpustakaan sekolah dapat menambah kebiasaan belajar mandiri yang akhirnya murid-murid mampu belajar mandiri 4. Perpustakaan sekolah dapat membantu guru-guru menemukan sumber-sumber pengajaran 9. Perpustakaan sekolah dapat membantu perkembangan kecakapan berbahasa 6. dan anggota staf sekolah dalam mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi . Perpustakaan sekolah dapat membantu murid-murid.

BAB III PENUTUP A. 3. Saran-Saran Bertolak dari peranan perpustakaan yang begitu banyak sumbangsihnya dalam pelaksanaan program pendidikan di sekolah. Simpulan Berdasarkan uraian bahasan “Peranan Perpustakaan Sekolah terhadap Mutu Pendidikan di Sekolah” dapat disimpulkan bahwa : 1. Peran pengelola perpustakaan / pustakawan yang profesional hendaknya mendapatkan bekal yang cukup sehingga menjadi pustakawan yang handal dan profesional. 2. Pengelolaan perpustakaan harus dilaksanakan sesuai dengan tujuan dan fungsinya B. Peranan perpustakaan sangat menunjang prestasi pendidikan di sekolah. Perpustakaan sangat penting dan harus ada pada setiap sekolah di semua jenjang pendidikan. penyusun memberikan saran sebagai berikut: 1. Sebaiknya perpustakaan dikelola sesuai dengan tujuan dan fungsinya. . 2.

Dharma Bhakti. Jakarta: BP. Petunjuk Teknis Pengelolaan Perpustakaan. .google. Undang-undang No.DAFTAR PUSTAKA Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. http://www.com. tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdikbud. 20 Tahun 2003. 1996.

bahwa Makalah ini masih jauh untuk dari kesempurnaan. April 2012 Penyusun .KATA PENGANTAR Puji dan syukur kami panjatkan kepada Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat. baik dari materi maupun redaksi. Mudah-mudahan segala kebaikan serta jasa yang telah diberikan semua pihak mendapat balasan yang berlipat ganda dari Allah SWT. Hal ini semata-mata disebabkan oleh keterebatasan waktu dan pengetahuan penulis. Amiin. sehingga kami dapat menyelesaikan Makalah yang berjudul “Fungsi Perpustakaan Sekolah” Kami menyadari. Palembang. karena masih banyak kekurangan-kekurangan. taufiq dan hidayah-Nya.

.............. saran............................................................................................................ Kesimpulan........... Tujuan.............. Metode..................... BAB I PENDAHULUAN 1..... Latar Belakang................................................................................... 3......... B.............................. BAB II PEMBAHASAN A.......... DAFTAR PUSTAKA........ Masalah............ 2......................... B...................................................................................DAFTAR ISI KATA PENGANTAR...................... 4............................................................... Peranan atau Fungsi Perpustakaan............... DAFTAR ISI............................................... BAB III PENUTUP A.... ............... Peranan perpustakaan dalam meningkatkan mutu pendidikan...............................

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful