12 Lambang/Logo Pranata dan Maknanya

1. Lambang Pekerjaan Umum

Baling-baling :  Menggambarkan "DINAMIKA".  Berdaun 3 yang merupakan segitiga berdiri tegak lurus menggambarkan "STABILITAS". Bagian Daun Baling-baling Yang Mengarah Keatas :  Melambangkan "Penciptaan Ruang". Bagian Lengkungnya Dari Daun Baling-baling :  Memberikan perlindungan untuk ruang kerja dan tempat tinggal bagi manusia. Bagian Daun Baling-baling Yang Mengarah Ke Kiri Dengan Bagian Lengkungnya Yang Telungkup :  Menggambarkan penguasaan bumi dan alam dan pengusahaan untuk sebesar-besarnya kemakmuran rakyat.  Garis Horizontal : bentang jalan / jembatan diatas sungai sebagai usaha untuk pembukaan dan pembinaan daerah. Bagian Daun Baling-baling Yang Mengarah Ke Kanan Dengan Bagian Lengkungnya Yang Terlentang :  Menggambarkan usaha pengendalian dan penyeluran untuk dimanfaatkan bagi sebesar-besarnya       kemakmuran rakyat. Garis Horizontal : Menggambarkan penampang dari saluran air. Baling - baling Dengan 3 Daun Ini Menggambarkan : Tiga unsur kekayaan Kementerian Pekerjaan Umum, Tirta, Wisma (Cipta) dan Marga. Trilogi Kementerian Pekerjaan Umum, Bekerja Keras, Bergerak Cepat, Bertindak Tepat. Warna: Warna Kuning sebagai warna dasar melambangkan Keagungan yang mengandung arti Ketuhanan Yang Maha Esa, Kedewasaan dan Kemakmuran. Warna Biru Kehitam-hitaman mengandung arti Keadilan Sosial, Keteguhan Hati, Kesetiaan pada tugas dan Ketegasan bertindak. Silhouette yang berbentuk dari warna dasar dan lukisan baling-baling membentuk huruf-huruf PU. Lambang PU : menggambarkan fungsi dan peranan Kementerian Pekerjaan Umum dalam Pembangunan dan Pembinaan prasarana guna memanfaatkan bumi dan air serta kekayaan alam bagi kemakmuran rakyat, berdasarkan Pancasila.

2. LAMBANG PENCAK SILAT

Sayap 18 lembar. keluruhan dan dinamika. 3. biru muda. kuat dan tegap. LAMBANG IDSAI 「Ikatan Dokter Spesialis Anestesiologi Indonesia」 Logo IDSAI terdiri dari 5 (lima) macam warna (merah. serta bertujuan membentuk manusia Pancasila sejati Sayap Garuda berwarna Kuning berototkan merah : berarti kekuatan bangsa Indonesia yang bersendikan kemurnian.  warna merah melambangkan berani     warna hitam melambangkan bijaksana warna biru muda melambangkan waspada warna putih melambangkan suci warna kuning emas melambangkan mulia 4. kuning emas) memberikan arti bahwa IDSAI berdasarkan Pancasila. terdiri dari 17+1 berarti IPSI dengan semangat Proklamasi Kemerdekaan berssatu membangun negara Untaian lima lingkaran : melambangkan bahwa IPSI melalui olahraga merupakan ikatan peri kemanusiaan antara pelbagai aliran dengan memegang teguh asas kekeluargaan.Warna Kuning : berarti bahwa IPSI mengutamakan budi pekerti dan kesejahteraan lahir dan batin dalam menuju kejayaan nusa dan bangsa Bentuk Perisai Segi Lima : berarti bahwa IPSI berasaskan landasan idiil Pancasila. yang menjadi hasil budaya yang kokoh karena dilandasi oleh rasa berbangsa. putih. hitam. LAMBANG KOPERASI . persaudaraan dan kegotong royongan Ikatan pita berwarna merah Putih : bahwa IPSI merupakan suatu ikatan pemersatu dari pelbagai aliran Pencak Silat. Sayap 18 lembar. berbahasa dan bertanah air Indonesia. Gambar tangan putih di dalam Dasar hijau : menggambarkan bahwa IPSI membantu negara dalam bidang ketahanan nasional melalui pembinaan mental/fisik agar kader-kader IPSI berkepribadian nasional serta berbadan sehat. bulu 5 lembar + 4 lembar + 8 lembar berarti tanggal berdirinya IPSI adalah 18 Mei 1948.

5.Lambang gerakan koperasi Indonesia memiliki arti sebagai berikut : 1. Bintang dalam perisai artinya Pancasila. Bunga bintang sudut lima dan lima kelopak daun bunga Generasi muda adalah bunga harapan bangsa dengan bentuk bintang sudut lima menunjukkan kemurnian jiwa siswa yang berintikan Pancasila. Koperasi Indonesia menandakan lambang kepribadian koperasi rakyat Indonesia. Roda bergigi menggambarkan upaya keras yang ditempuh secara terus menerus 3. merupakan landasan ideal koperasi 6. 5. Kapas dan padi berarti menggambarkan kemakmuran rakyat yang diusahakan oleh koperasi 4. Warna merah dan putih menggambarkan sifat nasional Indonesia. Timbangan berarti keadilan sosial sebagai salah satu dasar koperasi. 8. 7. Rantai melambangkan persatuan dan persahabatan yang kokoh 2. Para siswa berdaya upaya melalui lima jalan dengan . Pohon beringin menggambarkan sifat kemasyarakatan dan kepribadian Indonesia yang kokoh berakar. LAMBANG OSIS 1.

Pelangi merah putih Tujuan nasional yang dicita–citakan adalah masyarakat adil dan makmur berdasarkan Pancasila. yaitu tujuan nasional yang dicita – citakan. Kelima jalan tersebut dilukiskan dalam bentuk lima kelopak daun bunga. merupakan sumbangsih siswa terhadap pembangunan bangsa dan negara. yaitu: abdi. Tujuh belas butir padi. Tangan terbuka Kesediaan menolong orang lain yang lemah sesama siswa dan masyarakat yang memerlukan bantuan dan pertolongan. 9. lima daun kapas Pada tanggal 17 Agustus 1945 adalah peristiwa penegakan jembatan emas kemerdekaan Indonesia mengandung nilai–nilai perjuangan ’45 yang harus dihayati para siswa sebagai kader penerus perjuangan bangsa dan pembangunan nasional. Buku terbuka Belajar keras menuntut ilmu pengetahuan dan teknologi. Warna kuning Sebagai dasar lambang yaitu warna kehormatan/agung. adab. ajar. aktif. yaitu Negara Kesatuan Republik Indonesia yang sejahtera baik material maupun spiritual. Kunci pas adalah alat kerja yang dapat membuka semua permasalahan dan kunci pemecahan dari segala kesulitan. 8. menyebabkan siswa berani mandiri. yang melaju di lautan hidup menuju masa depan yang lebih baik. dan amal. 2. empat buah kapas. berpijak pada kepribadian dan budaya sendiri serta rasa nasional Indonesia. delapan lipatan pita. untuk kepentingan dirinya dan sesama mereka. yang menunjukkan adanya sikap mental siswa yang baik dan bertanggung jawab. 5. bangsa dan negara. Warna coklat Warna tanah Indonesia. Kemerdekaan yang telah ditebus dengan mahal perlu diisi dengan partisipasi penuh para siswa. 3. Warna merah putih Warna kebangsaan Indonesia yang menggambarkan hati yang suci dan berani membela kebenaran. 6.kesungguhan hati. 10. Biduk Biduk / perahu. Kunci pas Kemauan bekerja keras akan menumbuhkan rasa percaya pada kemampuan diri dan bebas dari ketergantungan pada belas kasihan orang lain. agar menjadi warga negara yang baik dan berguna. 6. 4. 7. Suatu kehormatan bila generasi muda diberi kepercayaan untuk berbuat baik dan bermanfaat melalui organisasi. sebagai salah satu sumbangsih nyata kepada tanah air. LAMBANG TUT WURI HANDAYANI .

Arti dari semboyan ini adalah: tut wuri handayani (dari belakang seorang guru harus bisa memberikan dorongan dan arahan). 8. guru harus menciptakan prakarsa dan ide).Semboyan "Tut wuri handayani". seorang pendidik harus memberi teladan atau contoh tindakan yang baik). ing madya mangun karsa. yang merupakan lambang geografis lokasi Indonesia. atau aslinya: ing ngarsa sung tulada. Di tengah tameng yang bermakna benteng ketahanan filosofis. Kedua kakinya yang kokoh kekar mencengkeram kuat semboyan bangsa Indonesia “Bhinneka Tunggal Ika” yang berarti “Berbeda-beda. Dalam tubuhnya mengemas kelima dasar dari Pancasila. tut wuri handayani. terbentang garis tebal yang bermakna garis khatulistiwa. LAMBANG PMI . 7. ing madya mangun karsa (di tengah atau di antara murid. LAMBANG GARUDA PANCASILA 「Indonesia」 Burung garuda berwarna kuning emas mengepakkan sayapnya dengan gagah menoleh ke kanan. ing ngarsa sung tulada (di depan. Namun Tetap Satu“.

LAMBANG POLRI Perisai bermakna pelindung rakyat dan negara. Warna hitam dan kuning adalah warna legendaris Polri. Tiga bintang di atas logo bermakna Tri Brata adalah pedoman hidup Polri. Warna kuning keemasan perlambang kebesaran dan keagungan hati nurani segenap personil Polri. LAMBANG PRAMUKA . Tangkai padi dan kapas menggambarkan cita-cita bangsa menuju kehidupan adil dan makmur. dan tepat dalam mengambil keputusan. sedangkan 29 daun kapas dengan 9 putik dan 45 butir padi merupakan suatu pernyataan tanggal pelantikan Kapolri pertama 29 September 1945 yang dijabat oleh Jenderal Raden Said Soekanto Tjokrodiatmodjo. di samping memberi sesuluh atau penerangan juga bermakna penyadaran hati nurani masyarakat agar selalu sadar akan perlunya kondisi keamanan ketertiban masyarakat yang mantap. Warna hitam adalah lambang keabadian dan sikap tenang mantap yang bermakna harapan agar Polri selalu tidak goyah dalam situasi dan kondisi apapun. 9. Tiang dan nyala obor bermakna penegasan tugas Polri. tenang. memiliki stabilitas nasional yang tinggi dan prima agar dapat selalu berpikir jernih.PMI menggunakan lambang Palang Merah diatas dasar putih sebagai tanda perlindungan sesuai dengan ketentuan Palang Merah Internasional. Pancoran obor yang berjumlah 17 dengan 8 sudut pancar berlapis 4 tiang dan 5 penyangga bermakna 17 Agustus 1945 hari Proklamasi Kemerdekaan yang berarti Polri berperan langsung pada proses kemerdekaan dan sekaligus pernyataan bahwa Polri tak pernah lepas dari perjuangan bangsa dan negara. 10. Lambang PMI sebagai anggota Palang Merah Internasional adalah Palang Merah diatas dasar warna putih.bersih. Lambang PMI sebagai Perhimpunan Nasional adalah diatas dasar dilingkari bunga melati berkelopak lima.

Ini mengandung arti. Warna Kuning Emas : Dimaksudkan kemurnian 4. harus merasa satu dengan tanah air dan karenanya harus setia pada tumpah darahnya . Pramuka adalah orang yang mampu beradaptasi dalam kondisi apapun 4. Akar berwarna hijau artinya tetap muda penuh harapan dan cita-cita. Akar Hijau : PSSI yang berakar pada teratai berarti dasar PSSI adalah kesucian dalam olahraga. Nyiur tumbuh menjulang tinggi. Akar nyiur kuat. 3. 11. Ombak dan gelombang : Melukiskan air atau pergolakan jiwa selalu bergerak dan dinamis 6. setiap Pramuka memiliki cita-cita yang tinggi. Kode daerah melambangkan daerah kota daerah 11. yang juga dipakai oleh bangsa bangsa Asia sebagai dasar 5. Ini mengandung arti. Padi dan kapas melambangkan kesuburan dibidang pangan dan sandang 10. 5. Buah nyiur tahan lama. 2. Pramuka berguna bagi nusa. Buah nyiur dalam keadaan tumbuh dinamakan cikal. 6. Bintang melambangakan 5 sila pancasila. 7. Bunga teratai : Melukiskan kesucian. Nyiur dapat tumbuh dimana saja. Lingkaran : Menggambarkan Persatuan 2. bangsa dan agama. Ini mengandung arti. Pramuka berpegang pada dasar-dasar yang kuat. laut dan gunung yang berarti alam. Ini mengandung arti. Nama kabupaten melambangkan kota cabang 12. Lambang PSSI Makna dari lambing PSSI adalah : 1. Padi : Melambangkan sendi kehidupan bangsa Indonesia 3. Lambang 10 api yang berkobar melambangkan dasadarma 9. PSSI lahir. 7. Latar Biru : Melambangkan udara.Makna Lambang Gerakan Pramuka : 1. Ini mengandung arti Pramuka adalah inti bagi kelangsungan hidup bangsa (tunas penerus bangsa). Mengandung arti. Lambang keris melambangkan senjata tradisional Jawa Tengah 8. Nyiur pohon yang serbaguna. hidup dan mati di alam Indonesia . Pramuka adalah orang yang jasmani dan rohaninya kuat dan ulet.

Kalau ke 2 segitiga itu dibuat sama besar dalam posisi yang tetap. tuhan anak dan Ruhul Kudus. Lalu cobalah hubungkan 3 titik yang berada pada titik belok pada masing-masing sudut „bintang segitiga‟ tadi dengan garis lurus pula. Bola : Bola sepakbola pada lambang PSSI mencerminkan diri dari organisasi sepakbola 9. maka akan terbentuk sebuah „segitiga sama sisi‟ menghadap keatas. 12. Masih ada simbol dibalik „Bintang Segitiga‟ tadi. dibalik simbol Partai Demokrat itu membawa pesan bahwa partai itu memang berada dalam perlindungan TRINITAS dan BINTANG DAUD atau kekuatan Salibis dan Zionis Internasional. Bintang Segi Enam yang sama sisi ini adalah simbol „Bintang Daud” atau simbol Zionis Internasional. lalu kita himpitkan. Karena sudutnya ada 3 maka yang dimaksud dengan lambang Bintang Segitiga Partai Demokrat itu tak lain adalah “TRINITAS” yaitu: tuhan Bapak. akan ditemukan sebuah „segitiga sama sisi‟ lainnya yang bentuknya lebih kecil dan terbalik/menghadap kebawah. . maka kita akan menemukan bentuk „Bintang Segi Enam‟ sama sisi. Tulisan Football Association of Indonesia adalah terjemahan khusus Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia dalam bahasa yang dimengerti secara universal. Tapi ini adalah simbol yang tampak dipermukaan atau disebelah luarnya saja. menyimbolkan ketuhanan Trinitas dalam iman Kristiani karena „bintang‟ sendiri merupakan simbol dari “Ketuhanan”. Maka dengan demikian. Dengan demikian kita menemukan 2 buah segitiga sama sisi yang ukurannya besar dan kecil. satu menghadap keatas dan satunya menghadap ke bawah. Kalau sudut-sudut puncak dari dari „Bintang Segitiga‟ itu dihubungkan dengan garis lurus. Lambang Partai Demokrat Simbol Segitiga berbentuk bintang itu.8.