BAB I IKHTISAR

Saat ini dimana setiap orang dituntut untuk memiliki keahlian, ketrampilan dan juga kreatifitas sebagai nilai jual lebih pada dirinya untuk mendapatkan pekerjaan yang menjanjikan sesuai dengan ilmu dan bidangnya masing-masing. Apalagi sekarang ini dunia bisnis sudah menggunakan alat-alat teknologi dan informasi teknologi untuk memudahkan akses dan juga operasi usahanya. Dalam memilih investasi merupakan paradigma yang sangat krusial dalam perkembangan zaman sekarang. Yang mana setiap individu mempunyai pemikiran bagaimana cara mengolah uang untuk mengembangkan suatu bisnis yang berkelanjutan. Dalam hal ini salah satunya adalah dengan bisnis investasi dalam bidang olah raga. Mengapa olah raga saya pilih sebagai tempat untuk menaruh investasi, dikarenakan olahraga merupakan sebuah kegiatan untuk menunjang kinerja tubuh supaya sirkulasi darah dalam tubuh kita bekerja dengan sempurna. Dengan mengeluarkan keringat dalam tubuh kita maka keluar pula zat-zat oksidan yang ada dalam tubuh kita. Sehingga kekebalan tubuh kita semakin kuat dengan berolah raga secara teratur. Sepak bola adalah salah satu olah raga yang memasyarakat dalam kehidupan kita sehari-hari. Setiap orang pasti bisa melakukan olah raga yang satu ini. Dengan demikian kami merencanakan bisnis investasi dalam bidang olah raga, yaitu sepak bola modern atau yang sering disebut Futsal. Futsal merupakan olah raga sejenis sepak bola akan tetapi olah raga ini pemainnya ada lima, empat penyerang dan satu penjaga gawang (keeper) . Cara permainan sama seperti sepak bola yaitu mencetak gol sebanyak-banyaknya ke gawang lawan.

khususnya di bidang olahraga futsal. serta berkedudukan dalam wilayah negara Indonesia dengan tujuan memperoleh keuntungan/laba. Sesuai dengan UU No. bekerja. yakni Lukman Alam Nugraha. Perusahaan adalah setiap bentuk badan usaha yang menjalankan setiap usaha yang bersifat tetap dan terus menerus didirikan.2 Pemegang Saham / Pengurus Pemegang saham dari usaha ini tidak lain adalah pendiri itu sendiri. 1.1.3/1982 tentang Wajib Daftar Perusahaan. Usaha ini beralamat di Jalan Raya Baros Cimahi Selatan.4 Akte Pendirian Usaha penyewaan lapangan futsal ini memiliki ijin usaha dari dinas perindustrian dan perdagangan dan sudah terdaftar sebagai pelaku usaha penyewaan lapangan futsal.1 Nama dan Alamat Perusahaan Nama dari usaha ini diberi nama FairPlay FUTSAL yang dimana usaha ini bergerak dibidang penyewaan lapangan futsal.6 Bank Rekanan Usaha ini juga memiliki bank rekanan yaitu Bank Saudara.5 Izin yang Dimiliki Usaha yang akan kami jalani ini memiliki izin usaha. 1. 1. 1. antara lain : SIUP ( Surat Izin Usaha Perdagangan ) IMB ( Izin Mendirikan Bangunan ) IPB ( Izin Pendirian Bangunan ) NPWP ( Nomor Pokok Wajib Pajak ) Bukti Kepemilikan 1.3 Bidang Usaha yang Diusulkan Bidang usaha yang akan kami jalani ini yaitu tempat penyewaan sarana olahraga. .

00 sehingga kami membutuhkan tambahan modal sebesar Rp 460.7 Tambahan modal yang diusulkan Dalam pengerjaan mendirikan usaha penyewaan lapangan futsal ini.000.00.000. .000.8 Jangka waktu pengembalian kredit yang diusulkan Modal pinjaman tersebut akan dikembalikan selama 5 tahun dengan diangsur tiap bulannya.000.1. Namun kami baru memiliki modal sebesar Rp 300.000. kami membutuhkan keseluruhan modal sebesar Rp 760.000.00 1.

2.8. Jenis Usaha Sampingan Usaha sampingan yang akan kami jalani adalah dengan bekerja sama dengan salah satu kafe. SDN Utama 1. STIKES Budiluhur ) dekat jalan raya. sehingga pihak kafe hanya membayar sewa tempatnya tiap bulan. Jaminan . Izin Perpanjangan dan Perluasan Dalam usaha yang akan kami jalani ini juga akan memiliki izin perpanjangan dan perluasan. b. SDN Kartika 1-3 Cimahi. b. Lokasi Lokasi yang akan kami dirikan ini bertempat di tengah pemukiman yang padat penduduk. beradius 1KM dekat lingkungan sekolahan (SDN Baros 1. Karena kami melihat adanya potensi yang baik untuk memperluas tempat lapangan futsal ataupun penambahan kualitas lapangan tersendiri. SMPN 9 Cimahi. Sifat Investasi ( Baru / Perluasan ) Dalam usaha ini masih baru.2 Aspek Hukum a. Jenis Usaha yang akan dijalankan Jenis usaha yang akan kami jalani berupa penyewaan lapangan futsal.1 Proyek yang Diusulkan a.2.BAB II USULAN PROYEK 2. dan kampus UNJANI.4 . 2. disini kami menyewakan tempatnya.3. SMKN 1 Cimahi. dekat pabrik industry tekstil. SDN Sudirman 1.2. karena masih dalam perencanaan pembuatan bangunan.3 . c. SMPN 2 Cimahi. c.

42 m * Lebar: 18 m . tetapi ada pinjaman ke bank.45 m * Lebar: 15 m . Jenis dan Jumlah Produksi Jenis produksi disini berupa jasa penyewaan. Sifat Usaha Sifat usaha yang akan kami jalani ini bersifat tetap. b. Bangunan Berikut referensi ukuran satu lapangan futsal : Ukuran Umum Lapangan Futsal : * Panjang: 25 m .Karena usaha yang akan kami jalani tidak seluruhnya modal sendiri. karena usaha kami berupa tempat penyewaan bukan produksi.22 m Bangunan lapangan futsal yang akan dibangun ada 2 buah lapangan futsal ( @ 15 x 25 m ). maka untuk jaminannya yaitu tempat usaha kami. Luas Lapangan Futsal . 2. c.25 m Ukuran Internasional Lapangan Futsal : * Panjang: 38 m . sehingga tidak ada jumlah produksi melainkan banyaknya jumlah jam sewa per harinya. Gambar 1.3 Aspek Teknis a.

Gambar 2. Ukuran untuk fasilitas pendukung tersebut setidaknya berukuran 3x9 m. maka ukuran lapangan antar jaring adalah 16x26m. Fasilitas sederhana Berikut sketsa denah gedung PAFWA FUTSAL.Ukuran di atas dihitung dari garis (line) lapangan.5m diluar line. Bila ukuran lapangan (antar jaring) 16x26 m. terdiri dari kantin. Gambar 3. kamar ganti & toilet. Dari ukuran 20x30 m tersebut belum termasuk space buat fasilitas pendukung seperti kantin. kamar ganti. maka ukuran gedung futsal untuk satu lapangan setidaknya 20x30 m. dll. . Dinding Atas & Komsol Agar Tidak Tempias Saat Hujan Berikut contoh fasilitas pendukung sederhana.184 m2 . Sedangkan posisi jaring berada sekitar 0. Jadi bila ukuran lapangan antar line adalah 15x25 m. toilet. Pada lapangan semi indoor. Ada space setiap sisi 2m berfungsi untuk penonton. dengan ukuran luas tanah 2. bagian atas diberi dinding metal agar ketika terjadi hujan tidak tempias.

gawang & jaring gawang. Sketsa Denah Gedung d. kuda-kuda baja WF. instalasi listrik. Proses Pengerjaan Pelaksanaan pembuatan gedung futsal tentu harus dikerjakan oleh pihak yang ahli / berpengalaman dibidang pembuatan lapangan futsal yaitu . kuda kuda baja WF & atap zincalum/galvalum. (peralatannya : tiang baja WF. jaring atas dan jaring keliling. pengecoran pondasi keliling & cakar ayam serta cor lantai bertulang. e. (peralatannya seperti bahan bangunan)  Peralatan Pekerjaan Konstruksi Pekerjaan konstruksi gedung meliputi : pemasangan tiang baja WF.  Peralatan Lapangan Futsal Meliputi : rumput sintetis. Mesin dan Peralatan Peralatan yang dibutuhkan untuk membangun usaha sewa lapangan futsal :  Peralatan untuk Pekerjaan Civil Pekerjaan civil meliputi : pengukuran. pemboplangan. pembelian lampu dan perlengkapannya. atap zincalum/galvalum)  Peralatan Pekerjaan Listrik Meliputi : pemasangan daya listrik.Gambar 4. pengurugan & perataan tanah.

Bahan Baku  Bahan Lapangan : karet dan rumput sintetis  Gawang.  Spon/busa digunakan kalau lapangan dekat dengan tembok untuk menghindari cedera pemain. f. Bahan Pembantu  Tempat menunggu / Kursi Tunggu (jangan terlalu sempit. kaos tim (sewa) dan peralatan untuk futsal lainnya Jaring : yang digunakan untuk pagar sekeliling lapangan  Kawat baja : yang digunakan sebagai tiang pada jarring  Cat putih untuk membuat garis pembatas lapangan dan lingkar lapangan. bukan hanya itu saja sewa tempat futsal ini juga diperuntukan untuk wanita yang suka olahraga futsal. g. bola. buku tamu dan peralatan pendukung lainnya  Fasilitas pendukung lain kulkas minuman. Konsumen Dalam usaha ini ditunjukan terutama untuk konsumen yang suka olahraga terutama futsal baik dari anak-anak. Hak dan kewajiban masingmasing dijelaskan dalam surat perjanjian kontrak kerja. 2. toilet. Aspek pemasaran a. remaja sampai dewasa. . 2. Hak dan kewajiban masing-masing dijelaskan dalam surat perjanjian kontrak kerja. Sedangkan mekanisme kerja sama dengan kontraktor dapat dilakukan dengan 2 cara yaitu : 1.4.kontraktor. agar konsumen puas atas pelayanannya)  Tempat parkir yang cukup luas (gratis)  Jam. Pekerjaan diserahkan ke kontraktor sedangkan pembelian material dilakukan oleh pemberi kerja (owner). kamar mandi dan kamar ganti. Seluruh pekerjaan diserahkan kepada kontraktor mulai dari pembelian material hingga pemasangan.

000 per jam untuk lapangan dengan rumput sintetis dan Rp 80. selain itu dilihat dari faktor tempat. kantor maupun tempat ramai. dan ternyata usaha yang akan kami jalani ini masih sedikit di daerah tersebut.000. Jumlah Dan Harga Penjualan Sewa untuk lapangan dikenakan biaya Rp 120. d. dan juga kampus.lain. remaja. Potensi Pemasaran Usaha ini memiliki potensi yang besar karena kita tahu bahwa olahraga futsal saat ini banyak digemari masyarakat baik anak-anak. perkantoran. Daerah Pemasaran Dalam pemasaranya kami membuat poster dan selembaran – selembaran yang ditempel dan diberikan kepada orang .000 . meliputi :  Untuk penyewaan lapangan pada malam hari dikenakan tambahan biaya sebesar Rp 20. tempat usaha kami cukup strategis. maka kami juga akan bekerja sama dengan mereka. bahkan wanita pun banyak yang menyukai olahraga futsal ini. dan di sekitar kami cukup ramai. kampus. Syarat Pembayaran Dan Penjualan Syarat pembayaran sewa lapang dan lain . baik sekitar sekolah. Perusahaan Sejenis Kami juga telah mensurvei tempatnya. walaupun ada usaha yang sejenis berada pada jarak kurang lebih 3 km.orang sekitar. karena dekat sekolahan. dan dewasa. c.b. selain sewa lapangan kami juga bekerja sama dengan kafe. dengan menyewakan tempat seharga Rp 300. sehingga ada potensi yang sangat besar dalam menjalankan usaha ini.00 / bulan f.000 untuk lapangan vynel ( karet ). dan berhubung tempat usaha kami dekat dengan sekolahan. e.

untuk itu bagi pengguna kendaraan sebaiknya menggunakan pengaman atau kunci ganda  Diberikan kartu parkir saat parkir ditempat kami.5.000 atau 2x lipat pembayaran dari harga sewa lapangan  Parkir gratis. maka dibuat struktur organisasinya.000. maka akan dikenakan denda sebesar Rp 20. Struktur Organisasi Agar memudahkan manajemen perusahaan. 2. yaitu : Struktur Organisasi Pimpinan Karyawan Karyawan Karyawan Karyawan Karyawan Karyawan . namun diluar tanggung jawab pihak kami apabila terjadi kehilangan kendaraan. apabila terjadi maka akan dikenakan denda sebesar Rp 100. Untuk penyewaan kaos team dikenakan tambahan Rp 5. Aspek Manajemen a.00 dan harap memperlihatkan STNK kendaraan  Tolong taati peraturan yang ada agar timbul kenyamanan baik bagi pihak penyewa maupun disewa. karena pihak kami tidak akan bertanggungjawab apabila terjadi hal – hal yang tidak diinginkan  Dilarang berbuat kerusuhan. namun apabila kartu parkir hilang. dan apabila stempel ada 10 maka akan mendapatkan gratis sewa lapangan selama satu jam  Dilarang merokok ditempat futsal  Dilarang bermain keras saat bermain futsal.000  Untuk member akan diberikan bonus sebesar 10% dari harga sewa lapangan  Untuk yang bermain lebih dari satu jam mendapatkan kartu yang nantinya diberi stempel.

00 5.6. Kebutuhan Dana  Modal Tetap ( dengan tanah sudah tersedia ) 1. kuda kuda baja WF & atap zincalum/galvalum. instalasi listrik. pengurugan & perataan tanah.000. Aspek Finansial a. kuda-kuda baja WF. kantin.000.00 2. c.000. pengecoran pondasi keliling & cakar ayam serta cor lantai bertulang. (peralatannya : tiang baja WF. Pekerjaan listrik meliputi : pemasangan daya listrik. Peralatan pendukung meliputi : wc. Pimpinan Perusahaan Dalam usaha ini karena ini jenis usaha bersama dan didirikan oleh 5 orang. Pekerjaan civil meliputi : pengukuran.00 4. gawang & jaring gawang. Tenaga Kerja Pegawai berjumlah 4 orang yaitu : 2 Penjaga di tempat kasir dan 2 Keamanan 2.00 3. maka pimpinannya ke 5 orang tersebut. Rp 200. pemboplangan. vynel ( karpet ). pembelian lampu dan perlengkapannya Rp 20. atap zincalum/galvalum) Rp 250. Peralatan lapangan futsal meliputi : rumput sintetis. mushola.000. Pekerjaan konstruksi meliputi : pemasangan tiang baja WF. Rp 250.Keterangan :  Pimpinan tugasnya mengontrol aktivitas perusahaan secara keseluruhan dan melakukan kerjasama dengan pihak – pihak yang berkepentingan  Karyawan tugasnya melakukan tugas yang diberikan pimpinanya.000.000.000. ruang ganti . (peralatannya seperti bahan bangunan). jaring atas dan jaring keliling.000. b.

00 / hari Sewa lapang karet Rp 80. Gaji pegawai 6 orang @ ( Rp 1. Rencana Penarikan Dan Pelunasan Kredit Beserta Bunganya Kami membayar angsuran tiap bulannya sebesar Rp 10.261. d. Maintenance rumput. Perkiraan Harga Penyewaan Sewa lapang sintetis Rp 120.000.000.000.00 / jam @ 10 jam = Rp 800.111.000.000.Rp 40.00 / bulan b.000.000.000.000.00 / bulan 150.000. denda apabila terjadi keributan. bola 3.000.00 / hari Sewa tempat kafe = Rp 50.00 ) = Rp 6. c.000.00 dengan bunga 0.300.000.00 Total modal tetap : Rp 760. sewa tempat kafe.111.110. Jaminan Kredit Jaminannya berupa tempat usaha yang didirikan. Rencana Pendapatan Rencana pendapatan selain berasal dari sewa lapangan.4% tiap bulannya selama 3 tahun.110.00 / bulan = Rp10.00 / bulan = Rp18.00 / jam @ 10 jam = Rp 1.00 / bulan = Rp = Rp 700. Pembayaran kredit + bunga ( 0.00 / hari .200. e. Lain-lain 5.4% ) Total = Rp 1.000. Tagihan listrik 4.00  Modal Kerja 1.000.110.050.00 / bulan 2.00 / hari Lain-lain ( maen malam ) = Rp 50.000. pendapatan juga bisa dari denda saat parkir.

00 – 18.890.000.00 = Rp 44.738. Perkiraan Rugi / Laba Pendapatan – modal kerja = 63.00 / hari @ 30 hari = Rp 63.000.00 = .000.100.261.000.Total = Rp 2.00 / bulan f.000.000.00 Modal tetap Sehingga BEP = Rp 760.000.110.

BAB III KESIMPULAN DAN SARAN 1. Saran a. Feasibilitas b. Usulan Usaha   2. Usulan Jadwal Sifat Usaha Kesimpulan Per Aspek . Saran Tambahan Sebagai Catatan c. Keadaan Perusahaan Dewasa Ini b. Kesimpulan a.

DAFTAR PUSTAKA .

800. 184.500.000 Rp1. Pembuatan lapangan Asumsi pendapatan UNTUK SATU LAPANGAN UKURAN STANDART 25m X 15m ( investasi lapangan TANPA gedung / outdoor ) I. vyneels = Rp.000 d.700. Harga sudah termasuk kabel dan biaya pemasangan. 900.500. Bola Futsal : 2 pcs @ Rp. bola Rp 250. rumput sintetis = Rp 164.000 c.000 Total pembuatan lap.000 TOTAL biaya / bln Rp. Lighting memakai daya 350 watt. 2.000 III. 150. 2.280. Rumput Sintetis = Rp.000 Maintenance rumput.750. Lighting : 12 pcs @ Rp.1.000 b.000.000 Total pembuatan lap. 170.280. 20.000 Tagihan listrik / bln 8 lampu @250W Rp1.000 = Rp. INVESTASI TETAP Lapangan : a. 2. ESTIMASI PEMASUKAN DENGAN ASUMSI PERJAM Rp 150. 300. gawang.000 = Rp.000 . Harga sudah termasuk biaya pemasangan tiang.LAMPIRAN A.000.000 Keterangan : Biaya pembuatan lapangan futsal diatas sudah termasuk biaya rumput.000 e.000 f.000. jaring gawang dan jaring pengaman keliling lapangan.000 = Rp. Harga sudah termasuk biaya pemasangan. II. Tiang lighting berukuran tebal 1. Vyneels = Rp.000. 10. 150.000 = Rp. 480.(untuk lapangan rumput sintetis/indoor) Estimasi pemasukan / hr 10jam Rp. 3. BIAYA BULANAN Gaji pegawai 4org @ Rp375. Tiang Untuk Lighting : 6 pcs @ Rp. Rompi : 24 pcs @ Rp. 450.25 inch dengan tinggi 4 meter.

000.000.000 Estimasi pemasukan / bulan Rp 18.000 .Estimasi pemasukan / bulan Rp.000. 45..(untuk lapangan outdoor) estimasi pemasukan / hr 10 jam Rp 600.000 DENGAN ASUMSI PERJAM Rp 60.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful