TAHARAH

A. Pengertian dan Hukum Taharah Istilah “Taharah” berasal dari kata (‫ )طھا رۃ – ڍطھر- طھر‬yang artinya bersuci ataupun bersih , yakni bersuci baik dari najis maupun hadas. B. Najis dan Hadas I. Najis. Najis menurut bahasa artinya adalah kotoran, sedangkan menurut syara‟ berarti yang mencegah sahnya shalat. Najis dalam macam dan tingkatannya di bagi pada tiga bagian: a. Najis Mughallazah Najis ini tergolong berat, yakni najis yang timbul dari najis anjing maupun babi. Adapun cara membersihkannya ialah lebih dahulu dihilangkan wujud najis benda tersebut, kemudian dicuci bersih dengan air sampai tujuh kali dan pada permulaan diantara pensucian tersebut dicuci dengan air yang bercampur tanah atapun lumpur. b. Najis Mutawassithah Najis ini tergolong yang sedang, yakni najis yang timbul dari kotoran manusia atau binatang (kecuali anjing dan babi), air kencing, nanah, darah, bangkai (kecuali bangkai ikan, belalang, dan mayat manusia), dan najis-najis yang lain selain yang tersebut dalam najis ringan dan berat. Pada najis mutawassithah ini juga terbagi pada dua bagian: a. Najis „Ainiyah Najis ini yang bendanya berwujud. Dan cara mensucikannya dengan menghilangkan zatnya terlebih dahulu, lalu menghilangkan rasa, bau, dan warna, kemudian menyiraminya dengan air sampai bersih. b. Najis Hukmiyah Najis yang bendanya tiak berwujud bendanya, contohnya; seperti bekas kencing, arak yang sudah kering. Dan cara mensucikannya cukup dengan mengalirkan air pada bekas najis tersebut. c. Najis Mukhaffafah

1

Najis ini tergolong ringan, contohnya; air kencing bayi yang umurnya kurang dari dua tahun dan belum makan apa-apa kecuali air susu ibunya. Adapun cara mensucikannya, cukup dengan memrcikkan air pada benda yang terkena najis tersebut sampai bersih. Walaupun dalam pembagian najis tersebut terbagi dalam tiga bagian, tetapi terdapat pengecualian pada najis-najis berikut yaitu: d. Najis yang dapat dimaafkan. Najis tersebut antara lain: a. Bangkai binatang yang darahnya tidak mengalir, seperti nyamuk, kutu busuk, dan sebagainya. b. Najis yang sedikit sekali. c. Nanah atau darah dari kudis atau bisulnya sendiri yang belum bias sembuh. d. Debu yang campur najis dan lain-lain yang sukar dihindarkan. Dan pada najis bersuci berlaku pada badan, pakaian, dan tempat. II. Hadas Hadas adalah keadaan seseorang yang menyebabkan tidak sahnya shalat ataupun tawaf baik karena telah mengalami keadaan kotor/ berhadas. Hadas terbagi kepada dua bagian: 1) Hadas kecil. Hadas kecil meliputi: a. Buang air besar; b. Kentut; c. Keluar madzi atau wadi. Adapun cara mensucikan hadas kecil yaitu dengan mandi, atau tayammum (bila tidak ada air atau tidak boleh terkena air). 2) Hadas besar Hadas besar meliputi: a. Keluar mani (khuruj al-mani); b. Bersenggama (jima‟);

2

Adapun terkhusus pada wanita: c. Datang bulan (haid); d. Melahirkan (nifas). Adapun cara mensucikan hadas besar yaitu dengan cara melakukan wudhu atau tayammum (pengganti wudhu dengan menggunakan debu) apabila tidak ada air atau tidak boleh terkena air . C. Alat-Alat Taharah I. Air Air di bagi kapada empat golongan:  Air mutlaq Yang termasuk air mutlaq yaitu: a. Air hujan; b. Air laut; c. Air salju, es, dan embun; d. Air zam-zam.  Air musta‟mal Air musta‟mal adalah air sisa mengenai badan manusia karena telah digunakan mandi atau berwudhu. Pada air musta‟mal penggunaannya adalah sah sebagaimana diungkapkan oleh beberapa hadis.  Air yang tercampur benda suci Air yang tercampur benda suci seperti air sabun, air kapur, daun bidara,dll hukumnya tetap suci asal tercampur dalam jumlah /kadar yang sedikit, dan kemutlakannya tetap terjaga yaitu tidak berubah rasa, bau, ataupun warna.  Air sisa yang diminum hewan Air sisa yang diminum hewan terbagi kepada dua hukum: a. Air yang diminum oleh hewan yang tidak najis Air yang diminum oleh hewan yang tidak najis adalah air yang diminum oleh hewan seperti kucing dan himar, dan hukum pada air tersebut adalah tidak najis.
3

yaitu: 1) Membasuh tempat keluarnya najis dengan air sampai bersih. dan sisi lain abatu.b. dan hukum air pada air tersebut adalah tidak boleh digunakan. Jika tidak ada batu dapat digunakan banda-banda yang lain asal kesat/keras. tanah/ debu Pada alat ini biasanya digunakan ketika bertayammum tetapi dengan syarat bahwa tidak ada air ataupun adanya halangan yang menyebabkan seseorang tidak dapat bersuci dengan air. Istinja‟ dapat dilakukan dengan salah satu dari tiga cara. IV. Mandi wajib 2. Tayammum disebut juga pengganti wudhu atau 4 . Air yang diminum anjing dan babi Air yang diminum oleh hewan anjing dan babi adalah najis. Tanah/ debu ini digunakan untuk membersihkan najis yang berat/ najis mughallazah. Sekurang-kurangnya dengan tiga buah batu atau dengan tiga tepi dari sebuah batu. 2) Mambersihkan dengan batu atau kertas sampai bersih. Mandi sunnat III. Wudhu juga merupakan salah satu syarat untuk sahnya shalat yang dikerjakan seseorang sebelum seseorang mengerjakan shalat. yakni membersihkan anggota-anggota wudhu untuk menghilangkan hadas kecil. Wudhu Wudhu. Istinja’ Istinja‟. Tayammum Tayammum. Jika tidak ada batu dengan tiga tepi dari sebuah batu. 3) Dibersihkan terlabih dahulu dengan batu. Batu. II. yakni mengusapkan tanah ke muka dan kedua tangan sampai siku dengan beberapa syarat. kemudian baru dibasuhnya dengan air. Mandi Mandi. Mandi juga terbagi pada dua bagian yakni: 1. yakni bersuci dari buang air besar ataupun buang air kecil. D. Cara-cara Taharah I. II. yakni meratakan air yang suci pada seluruh badan disertai niat.

berdasar atas syarat-syarat dan rukun-rukun tertentu yang kesemuanya sesuai dengan apa yang diwahyukan oleh Allah dan dicontohkan pelaksanaannya oleh Rasulullah saw. B.yang diwajibkan oleh Allah kepada seluruh umat manusia yang beriman melalui Rasulullah dalam peristiwa isra dan miraj. pelaksanaan zakat. Shalat adalah kewajiban pertama dari Allah 5 . Syahadat bahwa tiada tuhan kecuali Allah dan bahwa Muhammad adalah utusan Allah.”( Qs.mandi sebagai rukhshah (keringanan) bagi orang yang tidak dapat menggunakan air karena beberapa halangan. Shalat adalah amalan yang paling terakhir akan hilang dari agama c. Shalat A.sedangkan menurut istilah shalat adalah ibadah yang tersusun dari beberapa perkataan dan perbuatan yang dimulai dengan takbir. Pengertian Shalat Shalat menurut bahasa adalah doa. Wajibnya Shalat Shalat merupakan ibadah yag diwajibkan melalui Al-Qur‟an dan AsSunnah. penegakan shalat.An-Nisa : 103)  Dalil dari As-Sunnah Islam didirikan di atas lima hal. Bukhari dan Muslim)  Dalil dari Ijma Seluruh umat Islam telah berijma atas : C. Lima kali dalam sehari semalam 17 rakaat Kedudukan Shalat dalam Islam a. Adanya kewajiban shalat dalam Islam.dan disudahi dengan salam. Perintah wajibnya Shalat dapat dilihat di :  Dalil dari Al-Qur‟an “ Sesungguhnya shalat itu adalah fardhu yang ditentukan waktunya atas orang-orang yang beriman. dan haji ke Baitullah. dan puasa di bulan Ramadhan . Shalat sebagai amalan yang akan pertama kali dihisab b. (HR.

waktu yang paling utama adalah diawal waktu. B.waktu tersebut dibagi menjadi tiga.dalam waktu wajib shalat.Waktu wajib shalat Waktu wajib shalat adalah waktu dimana datang nya saat untuk melakukan shalat yang lima waktu. Shalat adalah pembeda antara orang beriman dan orang kafir.dll.Waktu darurat shalat Waktu darurat berlaku pada keadaan yang darurat.shalat yang dapat digabung atau diringkas ialah shalat dzhuhur dengan ashar.waktu darurat merupakan keringanan yang diberikan kepada musafir.Pembagian Waktu Shalat A.shalat maghrib dengan isya‟. terbenamnya matahari.sedangkan untuk shalat shubuh tidak boleh diringkas.seperti pada saat melakukan perjalanan(safar). Syarat Wajib Shalat     Islam Berakal Baligh Telah sampainya dakwah Rasulullah saw E. C.dan waktu yang terletak antara selesainya shalat shubuh sampai terbit matahari.d.yaitu dengan cara meringkas jumlah rakaat shalat. D.yaitu waktu terbit matahari. 6 .Waktu terlarang Adalah waktu yang tidak diperbolehkan untuk melakukan shalat. Syarat sah Shalat     Suci dari hadats Menutup Aurat Sudah masuk waktu shalat Menghadap kiblat(kabah) F.

A.Seperti firman Allah: “Kalau bukan karena karunia Allah dan rahmatNya kepada kalian.bersih. HIKMAH SHALAT Shalat mengandung banyak hikmah dan manfaat. (Al-Ma’arij:19-23) Dengan Sholat akan menjadikan diri senantiasa ingat kepada Allah.diantara nya yaitu :        Dengan Shalat akan menjadikan pribadi seorang mampu dan tangguh menjauhkan diri dari segala perbuatan keji dan munkar.(QS An-Nisa:103) Membina persatuan dan persamaan Antar sesama Manusia Shalat melatih Konsentrasi Fikiran Shalat menumbuhkan jiwa kepemimpinan ZAKAT Pengertian Zakat Secara etimologis. Sedangkan secara terminologi(istilah). zakat berasal dari kata “zaka” yang artinya suci.dan berkah.menurut Al-Mawardi: “Zakat adalah harta tertetu yang diberikan kepada orang tertentu.F.niscaya tidak seorang pun diantara kalian selamanya bersih (dari perbuatan dosa).Akan tetapi Allah mensucikan siapa yang dikehendakiNya. Hukum Zakat 7 .menurut syarat-syarat tertentu pula”.( QS Al-Ankabut :45) Dengan shalat akan membentuk akhlak yang tangguh dan teguh. MACAM-MACAM SHALAT 1.tumbuh.Dan Allah Maha Mendengar Maha Mengetahui”.(QS An-Nur:21). G. (QS Thaha :14) Dengan Shalat mendidik disiplin terhadap waktu.yaitu :   Shalat Fardhu Shalat Sunnah. Berdasarkan hukumnya maka Shalat terbagi menjadi dua.

dan berdoa lah untuk mereka. “Ambilah zakat dari sebagian harta mereka.Sebagaimana firman Allah SWT: “Agar harta itu tidak hanya beredar di kalangan orang-orang kaya saja di antara kalian”. Rukun dan Syarat-syarat Zakat a.Syarat zakat 1) Syarat orang yang berzakat (muzaki).baik dari aspek moril maupun materil Menjaga harta dari pandangan dan tangan-tangan orang yang jahat Membantu fakir miskin dan orang-orang yang membutuhkan Membersihkan jiwa dari penyakit kikir dan bakhil serta membiasakan orang mukmin dengan pengorbanan dan kedermawanan e) Mensyukuri nikmat Allah berupa harta benda a) Di dalam zakat akan terdapat penyucian terhadap akhlak.dan 3) Orang yang menerima zakat(mustahik) b. D.Dan Allah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui”.Sesungguhnya doa kami menjadi ketenteraman jiwa mereka.yaitu: 1) Orang yang berzakat(muzaki) 2) Harta yang dikenakan zakat.(QS AtTaubah:103). Hikmah zakat Hikmah zakat diantaranya adalah: a) b) c) d) Memperbaiki kondisi masyarakat.Zakat hukumnya wajib „ain (fardu „ain) bagi setiap muslim apabila telah memenuhi syarat-syarat yang telah disepakati oleh syariat dan merupakan kewajiban yang telah disepakati oleh umat islam dengan bedasarkan dalil Alquran.hadis dan ijma‟.yang merupakan pilar agama yang tidak dapat berdiri tanpa pilar ini.Zakat adalah rukun ke tiga dari rukun islam yang lima. Tujuan dan Hikmah Zakat Tujuan zakat Tujuan ditetapkannya ketentuan zakat kapada manusia adalah agar harta kekayaan itu tidak beredar dikalangan orang-orang kaya saja. Rukun zakat Rukun adalah unsur-unsur yang terdapat dalam pelaksanaan zakat.(QS Al-Hasyr:7) 1. B.adalah: 8 .dengan zakat itu kamu membersihkan dan mensucikan mereka.

Perbedaan zakat mal dan zakat fitrah adalah.zakat dapat dibagi menjadi dua macam. Zakat fitrah diwajibkan pada bulan sya‟ban tahun kedua hijriyah. ada delapan kelompok yang dinyatakan berhak menerima zakat .dan Allah Maha Mengetahui lagi Maha Bijaksana”. 1) Zakat Mal (Harta) Bagian dari harta kekayaan seseorang yang wajib dikeluarkan untuk golongangolongan tertentu setelah dipunyai selama jangka waktu tertentu dalam jumlah minimal tertentu.sebagai suatu ketetapan yang telah diwajibkan Allah.zakat mal terkait pada jumlah dan ukuran harta seserang.orang-orang miskin.para mualaf yang dubujuk hatinya.-Islam -Akil-baligh -Memiliki harta yang telah memenuhi syarat 2) Syarat harta yang di zakatkan adalah: -Harta yang baik(halal) -Harta tersebut dimiliki sepenuhnya oleh orang yang berzakat -Telah mencapai nisab(jumlah tertentu) -Telah tersimpan selama satu tahun(haul) 3) Syarat orang yang berhak menerima zakat (mustahik) tertera dalam firman Allah berikut ini: “Sesungguhnya zakat-zakat itu hanyalah untuk orang-orang fakir.yaitu zalat mal(harta) dan zakat fitrah(jiwa).pengurus-pengurus zakat. Orang yang berhak (mustahik) menerima zakat Bedasarkan QS At-Taubah:60.Sedangkanzakat fitrah tidak terkait sama sekali dengan harta yang 9 . 2) Zakat fitrah(jiwa) Zakat fitrah adalah pengeluaran wajib yang dilakukan setiap muslim yang mempunyai kelebihan dari keperluan keluarga yang wajar pada malam dan hari raya idul fithri.untuk memerdekakan budak.orang-orang yang berutang.Di antaranya 1) 2) 3) 4) 5) 6) 7) 8) F. Orang Fakir Orang Miskin Amil Mualaf Gharim Sabilillah Ibnusabil Hamba Macam-macam zakat Secara garis besar.(QS At-Taubah:60) E.untuk jalan Allah dan mereka yang sedang dalam perjalanan.

maka zakatnya seekor kambing.jika dibandingkan dengan keumuman hadis Nabi saw. -Nisab perak 200 dirham (624 gr).125 gr).(HR.Selanjutnya dibedakan lagi.Jika mencapai 201-300 ekor.a) c.‟Nisab‟ ukurannya berbeda antara yang satu dengan yang lain. a.6 gr).seekor anak sapi jantan atau betina yang masih muda .Bukhari dari Anas r.maka zakatnya adalah seekor unta betina berumur 3-4 tahun”.Nabi memerintahkan untuk memungut zakat dari setiap 30 ekor sapi.apakah hewan tersebut hidup lepas mencari makan sendiri dan telah dimilikinya dalam tempo satu tahun (haul) atau tidak. Sapi dan kerbau Jumlah zakat sapi dan kerbau adalah sebagaimana dijelaskan Nabi saw: “Sesungguhnya ketika Nabi saw mengutusnya(mu‟adz) ke yaman.Bukhari) 2)Emas dan Perak Nisab emas-perak dan zakatnya Emas dan perak wajib dizakati apabila yang bersihnya cukup satu nisab.6 gram.kerbau dan kambing.berat timbangannya 93.dimiliki atau pendapatan yang diterima seseorang. Harta yang Wajib Dizakati 1) Binatang ternak Jenis binatang yang wajib dikeluarkan zakatnya hanya unta. G.Sebagian ulama berpendapat cukup dengan setengah sha‟. Kambing Dalam satu hadis Nabi saw bersabda:”Jika seseorang memiliki kambing berjumlah 40-120 ekor.Hanya saja yang menjadi ukurannya adalah seseorang mempunyai kelebihan makanan dari keperluan untuk sehari semalam pada hari raya idul fitri tersebut.Bykhari) b.maka zakatnya seekor anak unta berumur 2-3 tahun.dan dari 40 ekor diambil zakatnya seekor sapi yang telah berumur”.maka zakatnya 2 ekor kambing. 10 .sapi.maka zakatnya adalah seekor kambing betina untuk setiap 5 ekor unta.zakatnya 1/40 (2 ½ %) = 5 dirham(15.Jika mencapai 121-200 ekor. -Nisab emas 20 misqal.Jika jumlahnya 25 hingga 35 ekor.Tentang zakat emas dan perak.Jika jumlahnya 46-60 ekor unta. Unta Jumlah zakat unta adalah sebagaimana dijelaskan dalam sabda Nabi saw yang artinya: “Setiap 24 ekorunta atau kurang. Besarnya fitrah adalah satu sha‟ atau tiga setengah liter beras.zakatnya ¼ (2 ½ % = ½ misqal = 2.maka zakatnya 3 ekor kambing”.maka zakatnya seekor anak unta betina berumur 1-2 tahun atau seekor anak unta jantan berumur 2-3 tahun.Jika jumlahnya 36 ekor sampai 45 ekor.(HR.Hal ini di dasarkan pada sebuah hadis Ibnu Abbas: “Zakat fitrah adalah dua mud(12 ons gandum)”.(HR.

11 .nisabnya seperti nisab perak.Adapun biji makanan yang tidak mengenyangkan seperti kacang tanah.Hakim) Nisab harta perniagaan adalah menurut pokoknya.Dan harta perniagan hendaklah dihitung dengan harga pokok(emas atau perak). Nisab biji dan buah-buahan Nisab biji makanan yang mengenyangkan dan buah-buahan adlah 300 sa‟(lebih kurang 930 liter) bersih dari kulitnya. Penjelasan 1 dirham=3.kacang panjang.300 x3. 3)Biji makanan yang mengenyangkan Separti beras.yaitu 1/40 = 2 1/2 %.12 gr 200 dirham=200x3.Sabda Rasulullah saw: “Kain-kain yang disediakan untuk dijual.1 liter Jadi.Penjelasan timbangan dirham Perbandingan timbangan dirham dan gram dari ukuran timbangan yang dipakai di sekolah-sekolah di mesir.zakatnya adalah 1/20 (50%).Muslim) 1 sawaq =60 sa‟ 5 sawaq =5x60 sa‟=300 sa‟ 1 sa‟ =3.nisabnya seperti emas.dan sebagainya.12 gr=624 gr.Firman Allah SWT: 4)Buah-buahan Buah-buahan yang wajib dizakati hanya kurma dan anggur saja.1 =930 liter(satu nisab) Zakatnya.gandum.buncis.kalau yang diairi dengan air sungai atau air hujan adalah 1/10 (10%).Tetapi kalau diairi dengan air kincir yang ditarik oleh binatang. “Tidak ada sedekah(zakat) pada biji dan buah-buahan sehingga mencapai 5 wasaq”.Kalau pokoknya perak.atau disiram dengan alat yang memakai biaya .juga zakatnya sebangak zakat emas atau perak.(R. Di ambil ukuran timbangan.adas.karena dirham itu dalam bahasa arab adalah nama bagi ukuran timbangan.jagung.dan sebagainya tidak wajib dizakati.wajib dikeluarkan zakatnya”.(R. 5)Harta perniagaan Harta perniagaan wajib dizakati.Kalau pokoknya emas.tanaman muda.seperti yang telah disebutkan pada zakat emas dan perak.

Definisi Puasa (shiyaam) Secara bahasa. dan yang akan ddtang.” (H. Suci dari haid dan nifas d. sedang ia belum menunaikan puasanya. mampu berpuasa Syarat sah puasa : a. Islam b. yang maknanya adalah menahan. Syarat Sah dan Wajib Puasa Syarat wajib puasa : a. Bukan pada hari-hari yang diharamkan berpuasa C. Ahmad) 12 . Baligh dan berakal c.R. maka tidak akan diterima daripadanya hingga puasa. Macam – Macam Puasa A. Niat b. shiyaam adalah beribadah kepada Allah Subhana wa Ta'ala dengan menahan diri dari makan dan minum serta seluruh yang membatalkannya sejak terbit fajar sampai terbenam matahari. Puasa Wajib 1. kata “shiyaam” adalah masdhar (bentuk kata benda –dari kata kerja) shaama – yashuumu. Puasa bulan Ramadhan Seperti tersebut dalam sebuah hadis : ”Siapa yang puasa bulan Ramadhan karena iman. D. Rukun Puasa a. Menurut syara’ (syariat).PUASA A. Tamyiz c. Islam b. Meninggalkan sesuatu yang meninggalkan puasa mulai dari terbit fajar hingga terbenam matahari. Suci dari haid dan nifas d. Dan siapa yang mendapatkan bulan Ramadhan. B. dan mengharap pahala dari Allah maka akan diampunkan dosa-dosanya yang telah lalu.

mengkhususkan bulan Rajab untuk berpuasa D. Hari yang diragukan menjelang Ramadhan 2. Puasa Sunnah Macam-macam puasa sunnat : o Puasa enam hari dalam bulan Syawal. Puasa Khusus pada Hari Jumat 13 . 12. o Puasa hari Arafah (tanggal 9 bulan Haji ) kecuali orang yang mengerjakan ibadah haji. o Puasa bulan Sya‟ban. o Puasa hari Senin dan hari Kamis. Puasa Nazar Nadzar adalah janji akan melakukan kebaikan dengan niat untuk mendekatkan diri kepada Allah Subhana wa Ta'ala baik dengan syarat maupun tidak dengan syarat. Hari Tasyrik (11. C.Ketika ihram mengerjakan sesuatu yang haram . o Puasa hari „Asyura (tanggal 10 Muharram). dan 13 Dzulhijjah) c. Puasa Makruh 1. dan 15) dari tiap-tiap bulan Qamariah (tahun Hijriah). o Puasa tengah bulan (tanggal 13.Merusak sumpah 3.Membunuh orang secara sengaja . Puasa seorang istri tanpa izin suaminya 5. B. Puasa kafarat dapat disebabkan oleh : . Hari Raya Idul Fitri dan Idul Adha b. Dua tiga hari berpuasa tanpa berbuka (puasa wishal) 3.2.Merusak puasa dengan bersetubuh . Puasa Kafarat Puasa kafarat adalah puasa yang wajib dikerjakan untuk menutupi suatu kesalahan yang pernah dilakukan. Satu tahun penuh mengerjakan puasa (puasa Dahr) 4. Puasa Haram a. 14. Hari besar dan tahun baru orang kafir 6.

Sehingga jika ada orang yang mengingkari kewajibannya. Puasa khusu pada hari sabtu e. sa‟I. Syarat wajib haji 1.d. Puasa terus-menerus sepanjang tahun termasuk dua hari raya dan hari tasyirik E. yaitu bagi : Orang yang sakit dan tidak ada harapan untuk sembuh Orang yang sudah tua dan tidak mampu berpuasa c. maka dia menjadi kafir dan murtad dari agama Islam. dan wuquf di „Arafah serta seluruh manasik lainnya. Orang yang sakit Orang yang sedang dalam perjalanan Wanita yang sedang hamil Wanita yang menyusui bayinya Tidak wajib mengganti puasa wajib membayar fidyah. Islam 14 . HAJI A. yaitu memberi makan orang miskin lebih kurang ¾ liter beras setiap hari. Haji adalah salah satu dari lima rukun Islam dn salah satu kewajiban yang diketahui secara pasti dalam agama ini. yang mencukupi syarat-syaratnya. yaitu orang yang sengaja meninggalkan puasa tanpa udzur syar‟i. Cara Mengganti Puasa yang Ditinggalkan pada Bulan Ramadhan a. Wajib mengganti puasa (qadha) pada hari yang lain. baik lelaki maupun perempuan. Puasa pada pertengahan bulan Sya‟ban ke atas f. yaitu wajib bagi : b. a. Definisi Haji Haji berarti pergi menuju kota Mekkah untuk mengerjakan ibadah tawaf. b. Hukum Ibadah haji Diwajibkan menunaikan ibadah haji bagi orang muslim. Ibadah tersebut ditujukan untuk memenuhi perintah Allah dan meraih keridhoannya. Wajib mengganti puasa dan membayar fidyah dan masih berdosa.

zulqaedah. maka hajinya tidak sah. Bercukur 6. Tidak melakukan perbuatan yang dilarang (diharamkan) pada waktu melakukan ibadah haji 6. Tawaf ifadah 4. Wajib haji 1. Tertib Rukun haji tidak boleh ditinggalkan dan apabila tidak dipenuhi. Miqat terbagi dua : miqat zamani dan miqat makani. Melontar jumrah ula.2. Niat ihram dari miqot 2. Bulan-bulan haji ialah bulan syawal. Mabit di Mina 4. Tawaf Wada‟ e. Miqat zamani disebut dalam al-Quran dalam surah al-Baqarah [2] ayat 189 dan 197. Merdeka 5. Miqat Miqat ialah suatu ketentuan mengenai kapan seseorang bole mengerjakan ihram dan amalan-amalan haji dan dimana ia mesti memulai ihram nya sehingga hajinya sah menurut syari‟at Islam. Miqat makani ialah tempat seseorang harus mulai menggunakan pakaian ihram dan berniat ketika hendak melakukan ibadah haji atau umrah. Wuquf di Arafah 3. Miqat zamani ialah masa-masa mengerjakan ihram haji dan amalan haji lainnya. Sa‟i 5. Mabit di Muzdalifah 3. Berakal 4. wustda dan „aqabah 5. d. Ihram 2. f. dan zulhijjah. Yang Di haramkan Bagi Orang Yang Sedang Irham 15 . Rukun haji 1. Baligh / Dewasa 3. Mampu c.

sekitar sebulan sebelum hari H telah mulai diberangkatkan. laut. beristimta‟(melakukan hal-hal yang mendekati kepada perbuatan suami istri) 7. Setiap orang yang melanggar larangan tersebut diatas berdosa dan wajib membayar dam. Macam-macam haji Ditinjau dari pelaksanaannya. Haram memakai sarung tangan 5. Cara ini juga wajib membayar dam. Berangkat menuju muzdalifah sehabis maghrib.1. Qiran. atau dengan kendaraan darat. m. dan udara. Pelaksanaan haji 1. Haram bersetubuh 8. C. Haram memakai wewangian. Haram menikah 10. Haram wanita menutup muka. Haram berburu binatang darat yang liar dan haram memakannya 11. Tetapi jauh sebelum itu jutaan kaum muslimin telah berdatangan ke tanah suci dari berbagai penjuru dunia yang datang dengan berjalan kaki. menunggang binatang. 1. Cara ini wajib membayar dam. Tamattu‟. Artinya seseorang boleh mulai berniat ihram haji dalam masa tersebut. 9. 2. Musim haji ialah mulai dari awal-awal syawal hingga bulan julhijjah. yaitu mengerjakan umrah terlebih dahulu baru kemudan mengerjakan haji. maka haji ada 3 macam yaitu. B.encabut rambut dan bulu badan. Ifrad. Cara ini tidak wajib membayar dam. Haram memakai minyak rambut kepala 6. 3. 3. Waktu mengerakan haji Mengerjakan haji hanya pada musimnya saja. Haram menanggalkan anggota tubuh yang termasuk memotong kuku. 16 . Namun hari-hari boleh melakukan manasik haji mulai tanggal 8-13 julhijjah. 2. 2. D. 4. Haram bagi laki-laki memakai pakaian yang berjahit dan menutup kepala meskipun hanya sedikit. Jemaah dari Indonesia. yaitu mengerjakan haji terlebih dahulu kemudian mengerjakan umrah. Haram mengeluarkan mani. Di Arafah pada tanggal 9 julhijjah 3. yaitu mengerjakan haji dan umrah dalam satu niat dan satu pekerjaan sekaligus. Di Mekkah (pada tanggal 8 julhijjah). Haram mencabut dan memetik tumbuh-tumbuhan yang ada di tanah haram.

dan dengan demikian sempurnalah kerasulan Muhammad SAW. Do‟a tahallul pertama 7. Zikir dan do‟a ketika berada di Muzdalifah dan Masy‟aril Haram 5. Dalam Khutbah itu Nabi menyatakan landasan-landasan dan pengaturan-pengaturan agama Islam. F. Zikir dan berdo‟a pada hari raya qurban di Mina 6. bertepatan dengan 8 juli 632 M. 4.4. Thawaf Ifadah dan Sa‟i E. Dan belum genap 3 bulan sesudah haji wada‟ itu. Nabi keluar beserta 100. Rasulullah wafat dalam usia 63 tahun. Haji kali ini di beri nama „Haji Wada‟ (perpisahan) karena inilah ibadah Rasulullah yang terakhir. Kepada umat manusia. Do’a Manasik Haji 1. sesudah sempurna beliau menyampaikan kerasulan beliau dan sesudah beliau mempersatukan bangsa Arab yang terdiri dari suku-suku yang selama ini bermusuhan. rasulullah sakit. Khutbah Nabi di dekat bukit Arafah menjadi pusaka abadi bagi ummat. Di Muzdalifah pada malam tanggal 10 julhijjah 5. Di Mina 6. serta menyerukan persamaan diantara sesama manusia. Melontar Jumrah   Setiap melontar 1 zumrah 7 kali lontaran masng-masing dengan 1 kerikil. Zikir dan do‟a di Arafah 3. Lafaz niat ihram haji 2.000 kaum muslimin melakukan ibadah haji. dan pada hari senin 13 Rabi‟ul awwal 11 H. Zikir dan do‟a ketika berangkat ke Muzdalifah. Haji Wada (Haji Terakhir) Pada tahun 10 H. Do‟a sesudah thawaf 17 . Do‟a thawaf 8.

Memakai pakaian ihram. Niat umrah dalam hati dan mengucapkan Labbaika 'umrotan atau Labbaikallahumma bi'umrotin. 3 putaran 18 . Untuk lelaki 2 kain yang dijadikan sarung dan selendang.   c. Ada juga yang mengartikan. a.UMRAH A. Kemudian menuju hajar aswad sambil menyentuhnya dengan tangan kanan dan menciumnya jika mampu dan mengucapkan Bismillahi wallahu akbar. Sesampai di ka'bah. maka umrahnya tidak sempurna (batal) b. B. Umrah berarti pergi menuju ka‟bah untuk mengerjakan ibadah dengan cara-cara tertentu. sekurang-kurangnya memotong tiga helai rambut. 3. Thawaf sebanyak 7 kali putaran. talbiyah berhenti sebelum thawaf. Rukun Umrah      Ihram Tawaf Sa‟i Bercukur atau bergunting. Alasan penamaannya dengan umrah. 4. Tata Cara umrah 1. pergi menuju tempat yang ramai. tapi waktu yang paling utama adalah dibulan Ramadhan. Disunnahkan mandi besar (janabah) sebelum ihram untuk umrah. Definisi Umrah Umrah berarti ziyarah (kunjungan). Kewajiban-kewajiban Umrah Memulai ihram dari Miqat Memendekkan rambut (bagi wanita) Waktu pelaksanaan Umrah Umrah boleh dikerjakan sepanjang tahun. Menertibkan keempat rukun tersebut diatas Apabila salah satu rukun ini tidak dikerjakan . 2. Menurut istilah. sedangkan untuk wanita memakai pakaian apa saja yang menutup aurat tanpa ada hiasannya dan tidak memakai cadar atau sarung tangan. karena boleh dilakukan sepanjang masa dalam hidupnya.

Tempat yang bersejarah yang mengandung nilai Ibadah saat melaksanakan Umrah 1) KA’BAH & MASJIDIL HARAM 2) DAAR MAULID NABI Rumah Kelahiran Nabi Saw. Dengan demikian selesai sudah amalan umrah C. Hamparan padang pasir dan batu yang memiliki luas 5. Sa'i dilakukan sebanyak 7 kali dengan hitungan berangkat satu kali dan kembalinya dihitung satu kali. Thowaf diawali dan diakhiri di hajar aswad dan ka'bah dijadikan berada di sebelah kiri. 3) GUA HIRA Gua Hira adalah sebuah gua kecil di Jabal Nur yang letaknya sekitar 5 km di utara Makkah. diawali di bukit Shofa dan diakhiri di bukit Marwah.5 19 . 9.S. 8. 7. 5. 4) ARAFAH Kawasan Arafah dulunya adalah wilayah padang pasir. Amalan pada poin 8 diulangi setiap putaran di sisi bukit Shofa dan Marwah disertai dengan doa. 6. Di Gua Hira inilah wahyu pertama (Q. Saat ini Menjadi Perpustakaan Daar Maulid Nabi yaitu rumah kelahiran Nabi SAW yang terletak dikampung Suuq Lail (dulu terkenal dengan sebutan Pasar Seng) yang jaraknya hanya 150 meter dari Masjidil Haram arah depan pintu Baabussalam. AL-‟alaq 1-5) turun kepada Rasulullah SAW. Disitulah Nabi Muhammad SAW dilahirkan pada tanggal 12 Rabi‟ul Awwal (tahun 571 M) yang dikenal dengan Tahun Gajah. Sa'i dengan naik ke bukit Shofa dan menghadap kiblat sambil mengangkat kedua tangan dan mengucapkan Innash shofa wal marwata min sya'aairillah. Mencukur seluruh atau sebagian rambut kepala bagi lelaki dan memotongnya sebatas ujung jari bagi wanita. Arafah terletak 25 km sebelah timur kota Makkah. Di ujung kanan ada celah/lubang yang dapat digunakan untuk memandang ke arah Ka‟bah.pertama jalan cepat dan sisanya jalan biasa. Salat 2 raka'at di belakang maqam Ibrahim jika bisa atau di tempat lainnya di masjidil haram dengan membaca surah Al-Kafirun pada raka'at pertama dan Al-Ikhlas pada raka'at kedua.

Gunung ini menjadi sangat terkenal karena dipuncaknya terdapat gua. Peristiwa ini terjadi pada tahun 622 M sewaktu Rasulullah SAW akan hijrah ke Madinah. Terdapat pula di mesium Ka‟bah. Ornamen Masjidil Haram tempo dulu serta ornament Masjid Nabawi. Di puncak bukit tersebut terdapat tugu putih yang dibangun untuk mengenang peristiwa yang sangat penting bagi umat manusia yaitu pertemuan yang sangat mengharukan antara kedua nenek-moyang manusia. 7) MUSEUM HARAMAIN Museum Haramain terletak di Ummul Joud Kota Makkah. 8) MESJID JIN Masjid ini disebut juga dengan nama masjid Al-Bai‟ah karena ditempat itulah para jin berbai‟at (berjanji) kepada Rasulullah SAW untuk beriman kepada Al-Quran dan ajaran yang dibawa Rasulullah SAW 20 . Dulu ngambil airnya pakai timba dengan kerekan. 5) JABAL RAHMAH Jabal Rahmah adalah bukit batu di Padang Arafah yang terletak sekitar 25 km sebelah tenggara kota Makkah. Di sini jamaah bisa melihat pintu Ka‟bah pertama yang dibuat dari kayu. Di simpan pula di sini. Di gua inilah Rasulullah SAW dan Sahabatnya Abu Bakar RA bersembunyi saat dikejar kaum kafir Quraisy.5 km dan tidak berpenghuni dikelilingi ini dikelilingi bukit-bukit batu yang berbentuk setengah lingkaran. Museum ini menyimpan benda-benda dari Masjidil Haram dan Masjid Nabawi. Al‟Quran ratusan tahun dengan huruf Arab yang berbeda. bekas mimbar Rasul dan bekas pilar Ka‟bah sebelum direhab. Tapi sekarang sudah dilapisi emas. Nabi Adam AS dan Siti Hawa setelah turun dari surga dan dipisahkan Allah SWT selama 200 tahun. Ada bekas sumur Zamzam.x 3. 6) JABAL TSUR Jabal Tsur adalah gunung tertinggi yang terletak sekitar ± 5 km dari kota Makkah.

Makruh. c.Nisa : 3). yaitu : a. bagi orang . 3. d. bagi orang yang mampu melaksanakan pernikahan dan kalau tidak menikah ia akan terjerumus dalam perzinaan. Calon istri c. SYARAT DAN RUKUN MUNAKAHAT Rukun nikah ada lima macam.hal yang mengharuskan segera nikah atau yang mengharamkannya. Kemudian jika kamu takut tidak akan brlaku adil maka (kawinilah) seorang saja .nyiakannya. bagi orang yang ingin menikahi dengan niat untuk menyakiti istrinya atau menyia .MUNAKAHAT 1. Ijab dan Qabul 4. Sunnah. Wajib. Mubah.laki dan perempuan yang tidak ada hubungan Mahram sehingga dengan akad tersebut terjadi hak dan kewjiban antara kedua insan. Nikah menurut istilah syariat Islam adalah akad yang menghalalkan pergaulan antara laki . Dua orang saksi e. HIKMAH DAN TUJUAN 1. Perkawinan Dapat Menentramkan Jiwa 21 . Hukum haram ini juga terkena bagi orang yang tidak mampu memberi belanja kepada istrinya. HUKUM MUNAKAHAT a. e. Calon suami b.wanita (lain) yang kamu senangi. PENGERTIAN MUNAKAHAT Kata nikah berasal dari bahasa arab yang didalam bahasa Indonesia sering diterjemahkan dengan perkawinan.orang yang tidak terdesak oleh hal . sedang nafsunya tidak mendesak. bagi orang yang berkehendak dan baginya yang mempunyai biaya sehingga dapat memberikan nafkah kepada istrinya dan keperluan . dua.Nisa Ayat 3 sebagai berikut : ” Maka kawinilah wanita . tiga atau empat. b.keperluan lain yang mesti dipenuhi. Haram. bagi orang yang tidak mampu untuk melaksanakan pernikahan Karena tidak mampu memberikan belanja kepada istrinya atau kemungkinan lain lemah syahwat. 2. Wali d. Allah SWT berfirman dalam surat An .” (An .

Penjual = Ba‟ialah Pembeli = Musytari Dasar Hukum Jual Beli = Mubah (boleh)   UTANG PIUTANG PENGERTIAN DAN HUKUM o Pengertian : Utang : yang dipinjam dari orang lain Piutang : yg dipinjamkan kpd oang lain Utang Piutang = Addain o Hukum : . dll     GADAI Gadai ialah pinjam meminjam uang dalam batas waktu tertentu dg menyerahkan barang sebagai tanggungan utang (agunan) Hukum gadai = Mubah Ketentuan Gadai : * yg melakukan gadai berakal sehat * agunan/gadaian hrs ada saat transaksi * agunan dipegang oleh yg terima gadaian * tdk boleh memanfaatkan agunan mati * boleh memanfaatkan agunan hidup 22 .Sunat . 3.2. JUAL BELI Pengertian Jual Beli Bahasa : saling menukar Istilah : pertukaran harta atas dasar saling rela atau ridho dengan cara dan syarat tetentu. spt kelaparan.Perkawinan untuk Melanjutkan Keturunan. utk menebus obat. Perkawinan dapat Menghindarkan Perbuatan maksiad.wajib.

adalah ikhthilath (berbaur). Adapun menurut istilah syirkah (kongsi) ialah perserikatan yang terdiri atas dua orang atau lebih yang didorong oleh kesadaran untuk meraih keuntungan.dsb) jadi milik yg menggadaikan (biaya jadi tanggungan penggadai)   UPAH Upah (Ajru) = gaji / imbalan : ialah uang/harta yg dibayarkan sbg balas jasa atau sbg pembayar tenaga yg sdh dikeluarkan utk mengerjakan sesuatu. lalu barang tsb dijual kpd orang lain * Riba Qiradh : kelebihan pembayaran * Riba Nasiah : jual beli atau pinjaman uang yg dilambatkan pembayarannya dg pembayaran lebih. yg pegang gadai boleh menjualnya * anak barang gadaian(sapi.DAN MUKHARABAH 1. SEWA Sewa / Ijaroh : ialah uang yg dibayarkan karena memakai/meminjam sesuatu.MUSAQAH.* jika batas waktu habis. menurut bahasa.MUDHARABAH. 2. Bermanfaat   RIBA Riba (tambahan) : yaitu keuntungan yg diperoleh dengan meminjamkan uang atau benda yg disyaratkan pengembaliannya harus lebih Riba hukumnya : HARAM termasuk dosa besar Macam-macam Riba :   * Riba Fadhal : tukar menukar barang yg sejenis dengan ada kelebihan di salah satu pihak * Riba Yad : antara penjual dan pembeli belum serah terima. Rukun dan Syarat sewa :    1. Penyewa atau yg menyewakan 3. MUDHARABBAH 23 .MUZARA’AH. SYIRKAH Syirkah. SYIRKAH. Ijab dan Qabul 2.

IJARAH Pengertian dan Dalil Hukum Ijarah adalah berasal dari kata al-ajru yang berarti ganti atau upah.tidak sah karena pohon bukan sebagai manfaat . MUZARA‟AH DAN MUKHARABAH Muzara‟ah adalah usaha kerja –sama antar pemilik tanah dengan penggarap untuk dikerjakan sebagian dari tanah yang benih nya berasal dari yang mempunyai tanah yang bersangkutan.namun barang yang menjadi jaminan ini tidak boleh diambil manfaatnya oleh murtahin (yang menerima gadaian)maupun orang lain .demikian pula menyewakan domba untuk diambil susunya.kecuali atas persetujuan 24 . Hal yang sama juga dinyatakan oleh Imam Malik dan Imam Ahmad. oleh karena itu. MUSAQQAH Pada konteks fiqih Musaqqah ialah tindakan pemilik kebun yang memberikan kebunya kepada pekerja kebun agar di kembnagkan dan hasil dari kebun tersebut di bagi bersama menurut kesepakatan sebelumnya.Imam syafi‟I menyataka diperbolehkan transaksi mesaqqah atas apa saja.namun. 1.ijarah diartikan menjual manfaat (bay‟u manfaah).Sedangkan mukharabah adalah usaha kerja-sama antara pemilik tanah dan penggarap namun benihnya dari si penggarap. 2.ARIYAH (PINJAM MEMINJAM) . 3.karena barang-barang ini tidak dapat dimanfaatkan kecuali dengan menggunakan barang itu sendiri. Lafaz shigat 2.Hukum Musaqqah ini adalah Jaiz (boleh). Jumhur ulama mengatakan bahwa menyewakan pohon untuk dimanfaat buahnya . A. RAHN (GADAI) . Pada awalnya objek musaqqah hanya dua yakni kurma dan anggur. RAHN Pengertian dan Dalil Hukum Rahn ialah suatu barang yang dapat dijadikan jaminan kepercayaan (penguat) dalam utang piutang.Mudharabah adalah bahasa yang digunakan bangsa irak . Pekerjaan meminjam(Al-Iar)sebagai memperjelas pekerjaan meminjam.sedangkan menurut syara ijarah adalah suatu jenis akad untuk mengambil manfaat dengan jalan penggantian .pada konteks istilah mudharabah ialah kerja sama antara dua orang untuk melakukan usaha yang mana orang pertama sebagai pemilik modal 100 persen dan orang kedua adalah pekerja yang mengandalkan keahlian yang dia miliki semata yakni kesepakatan antara pemilik modal (shahibul maal) untuk menyertakan modalnya kepada pekerja (pengusaha) un¬tuk diinvestasikan.serta sebagian besar golongan ulama. HIWALAH .sedangkan penduduk Hijaz biasa menyebutnya muqharadah. DAN JIALAH. IJARAH. sedangkan keuntungan yang diperoleh menjadi milik bersama dan dibagi menurut kesepakatan bersama.

HIWALAH rahin (yang menggadai) bahwa barang itu dapat Hiwalah didasarkan pada kata tahwil yang berarti perpindahan. Ketentuan Mawaris Mawaris ialah cabang ilmu pengetahuan yang mempelajari cara-cara pembagian harta waris.menurut syara‟ jialah adalah jenis akad yang ditawarkan kepada orang lain untuk menemukan barang atau yang lain dan dibayar setelah mencapai kesuksesan. yaitu suami atau isteri. Adanya yang meninggal dunia. 3. Sebab-sebab seseorang menerima harta warisan menurut Islam ialah sebagai berikut: a. d. Pembunuh c. JI‟ALAH Menurut bahasa ji‟alah berarti upah atas suatu prestasi baik prestasi itu tercapai oleh suatu tugas maupun suatu perlombaan. Mawaris disebut juga faraidh karena mempelajari bagian-bagian penerimaan yang sudah ditentukan sehingga ahli waris tidak boleh mengambil harta waris melebihi ketentuan. Sebab-sebab seseorang tidak mendapat harta waris a.Contoh jika seorang hidup sebatang kara. Syarat berlakunya pewarisan ada tiga: a. Adapun hukum mempelajarinya ialah fardhu kifayah.Adanya pertalian agama.bersama antara murtahin dan dipergunakan. lalu meninggal maka harta waris masuk baitul mal. 3. sedangkan menurut syarak‟hiwalah adalah cara memindahkan utang dari tanggungan seseorang (muhil) menjadi tanggungan orang lain (muhal alaih) 4. c. 1. 25 . MAWARIS A.Hamba(budak) b. Murtad dan kafir.Karena memerdekakan budak 2.Hubungan pernikahan. b. Jialah adalah nama suatu pemberian kepada seseorang karena mengerjakan sesuatu pekerjaan . baik secara hakiki atau hukmi. Adanya pertalian darah dengan yang meninggal(mayat) baik pertalian ke bawah ataupun ke atas.

Saudara laki-laki kandung 6. AHLI WARIS 1. Saudara laki-laki seibu 8. Paman seayah 12. 9. Nenek sampai keatas dari garis ibu 5. Tidak penghalang untuk menerima harta warisan. 3. ashobah bighairi dan ashobah menghabiskan bagian tertentu Ashobah binafsihi adalah yang ashobah dengan sndirinya. Ahli Waris lelaki terdiri dari: 1. Kakek sampai keatas garis ayah 5. Suami 15. Wanita yang memerdekakan 2. 9. Anak paman seayah sampai kebawah. Saudara perempuan seayah 8. Anak perempuan 2. Ayah 4. Ashobah terbagi tiga jenis yaitu ashabah binafsihi. Ahli waris ashobah yaitu para ahli waris tidak mendapat bagian tertentu tetapi mereka dapat menghabiskan bagian sisa ashhabul furud. Laki-laki yang memerdekakan 2. Ibu 4. 3. Adanya harta warisan. Ahli Waris wanita terdiri dari: 1. 13. Anak laki-laki 2. Saudara perempuan kandung 7. Cucu perempuan sampai kebawah dari anak laki-laki. Anak laki-laki saudara kandung sampai kebawah. 14. c. Paman kandung 11. B. Anak laki-laki saudara seayah sampai kebawah. Cucu laki-laki sampai keatas dari garis anak laki-laki. Isteri 10. Anak paman kandung sampai kebawah. Tertib ashobah binafsihi sebagai berikut: Anak laki-laki 26 . 10.b. Yang Saudara perempuan seibu. Saudara laki-laki seayah 7. Nenek sampai keatas dari garis ayah 6.

Cucu laki-laki dari anak laki-laki terus kebawah Ayah Kakek dari garis ayah keatas Saudara laki-laki kandung Saudara laki-laki seayah Anak laki-laki saudara laki-laki kandung sampai kebawah Anak laki-laki saudara laki-laki seayah sampai kebawah Paman kandung Paman seayah Anak laki-laki paman kandung sampai kebawah Anak laki-laki paman seayah sampai kebawah Laki-laki yang memerdekakan yang meninggal Ashobah dengan dengan saudaranya Anak perempuan bersama anak laki-laki atau cucu laki. Menghabiskan bagian tertentu Anak perempuan kandung satu orang bersama cucu perempuan satu atau lebih (2/3). Cucu perempuan bersama cucu laki-laki Saudara perempkuan kandung bersama saudara laki-laki kandung atau saudara laki-laki seayah. Saudara perempuan kandung bersama saudara perempuan seayah (2/3) HARTA YANG HARUS DIKELUARKAN Harta yang harus dikeluarkan sebelum dibagikan kepada ahli waris: Biaya jenazah Utang yang belum dibayar Zakar yang belum dikeluarkan Wasiat 27 . Saudara perempuan seayah bersama saudara laki-laki seayah.

dinukil dari Moh. 270. Dar al-Masyriq. J. Penerbit Pustaka. Khilafah Umar bin Khattab dan seterusnya5 untuk melaksanakan wewenang yang diamanahkan kepada mereka. 1976. dan dengan kata imarat yang berarti keamiran. Secara istilah. 2 Ibid. Lisan al-„Arab. Al-Qur‟an dan Sunnah). Sejarah. M.Kata ini dalam kamus Al-Munjid dan Lisan al‘Arab berarti mengatur. Kamus Istilah Islam.1 Siyasat juga bisa berarti pemerintahan dan politik. mengurus dan memerintah. Vol. mengerti. 1968/1396. IX. dan Pemikiran dinukil dari. Kata siyasat berasal dari kata sasa. Dictionary of Islam. seperti Khilafah Abu Bakar. Dalam hubungan ini.. dinukil dari Abdul Wahhab Khallaf. !987. 1973. fiqh ialah pengetahuan tentang hukum-hukum yang sesuai dengan syara‟ mengenai amal perbuatan yang diperoleh dari dalil-dalilnya yang tafshil (terinci.t. Fiqh Siyasah Ajaran. 55. yakni dalil-dalil atau hukum-hukum khusus yang diambil dari dasar-dasarnya. Bandung. 362 dan Ibnu Mandzur. hlm. khilafah sebutan bagi suatu pemerintahan pada masa tertentu. Dar Fikr. 7 Ibid. 108.7 1 Dr. Oriental Books Print Corporition. Suyuthi Pulungan. A. A. 5 Ibid. dinukil dari Lihat Muhammad al-Khudhari Bek. Abdul Wahhab Khallaf menyatakan bahwa defenisi Siyasah Syar‟iyah (Fiqh Siyasah) adalah pengelolaan masalah umum bagi Negara bernuansai Islam yang menjamin terealisirnya kemaslahatan dan terhindar dari kemudaratan dengan tidak melanggar ketentuan syari‟at dan prinsip-prinsip syari‟at yang umum meskipun tidak sesuai dengan pendapat-pendapat para imam mujtahid. yang berarti seseorang yang menggantikan orang lain sebagai penggantinya. kepemimpinan. hlm. Kata khilafat analog pula dengan kata imamat yang berarti keimanan. dinukil dari Lois Ma‟luf. Sejarah. Thomas Patrick Hughes.3 Istilah khilafat adalah sebutan untuk masa pemerintahan khalifah. menurut ulama-ulama syara‟ (hukum Islam). New Delhi. 3 Dr.192. M. Bairut. hlm. atau membuat kebijaksanaan. Dar Shadir.2 B. Al-Munjid fi al-Lughat wa al-A‟lam. yaitu pengertian atau pemahaman dan pengertian terhadap perkataan dan perbuatan manusia. Vol. Siyasat Al-Syar’iyat. 6 Ibid. Ibn Manzhur. Pengertian Fiqh Siyasah Kata fiqh secara bahasa berarti tahu. Bairut. Khilafah Kata khilafat diturunkan dari khalafa. pemerintahan.4 Dalam sejarah. J. dinukil dari. Fiqh Siyasah Ajaran. Hasim. 83 4 Ibid. Itmam al-Wafa’ fi Sirat al-Khulada’..6Imarat sebutan untuk jabatan amir dalam suatu negara kecil yang berdaulat untuk melaksanakan pemerintahan oleh seorang amir. pemerintahan. 28 . E. Suyuthi Pulungan.FIQH SIYASAH A. t. VI. dan Pemikiran dinukil dari. faham. Lois Ma‟luf hlm. Lisan al-„Arab. hlm. siyasat ialah mengatur atau memimpin sesuatu dengan cara yang membawa kepada kemslahatan. Menurut istilah dalam Lisan al-‘Arab. hlm.

Ibid. tempat terbit dan t. dinukil dari Thomas Patrick Hughes. Ahl Al-Ahl Wa Al-‘Alyd “Ahl al-Hall wa al-Ahkam al-Jinayah „Aqd” adalah orang yang mempunyai wewenang untuk melonggarkan dan mengikat.t. 473.Imarah Kata amir diturunkan dari kata amira yang berarti menjadi amir. dinukil dari Muhammad al-Khudhari Bek. Kedudukan imam sama dengan khalifah. Amir bermakna “pemimpin” (qaid. Seperti amir al-mu’minin. hlm.Menurut istilah. 203. et. orang kuat. 10 Ibid.t. al-Haramain. hlm.cit.. 35.11 Secara istilah. Kitab al-Ta‟rifat. Al (penerjamah). 29 . Jilid II. t. dan dalam kenyataan sejarah. tanpa nama penerbit. imam adalah “seseorang yang memegang jabatan umum dalam urusan agama dan urusan dunia sekaligus. Houstma. za‟im).cit.. yaitu pengganti Rasul sebagai pemelihara agama dan penanggung jawab urusan umat. dinukil dari CL. TH. dinukil dari Ali bin Muhammad al-Jarjani. atau contoh yang harus diikuti. Istilah ini dirumuskan oleh ulam fiqh untuk 8 9 Ibid. Huart.”9 dan atau “mendahului.”8 C. hlm. orang mulia dan orang hina di depan kebenaran sebagai khalifah Rasul dalam memelihara agama dan mengatur dunia. op.Imamah Kata imamturunan dari kata ammayang “menjadi ikutan”.. Dairat al-Ma‟arif al-Islamiyat. memimpin. et.13 Amir didefenisikan dengan “seorang penguasa yang melaksanakan urusan.”10 Orang yang menjadi pemimpin harus selalu di depan untuk diteladani sebagai contoh dan ikutan. 6. 14 dan 16. dinukil dari Lihat Muhammad al-Khudhari Bek. “Imam” dalam M. hlm.” Istilah amir digunakan untuk gelar bagi jabatan-jabatan penting yang bervariasi dalam sejarah pemerintahan Islam dengan sebutan yang beragam.al. Kata imam berarti “pemimpin. 649. Vol. Singapura. 13 Ibid.”12 D.al-umara’ dan amir saja. 11 Ibid. dinukil dari Ibrahim Zaki Khursyid. op. Karena itu ia bisa digunakan untuk gelar untuk kepala pemerintahan di daerah dan gelar untuk penguasa militer. khalifah adalah “pemimpin yang menggantikan Nabi dalam tanggung jawab umum terhadap pengikut agama ini untuk membuat manusia tetap mengikuti undang-undang-Nya yang mempersamakan orang lemah. amir almuslimin.. E. hlm. hlm. amir.. 12 Ibid. III. First Encyclopaedia of Islam.

kepala Negara secara langsung dan mengadakan pengawasan terhadap jalannya roda pemerintahan. hudud ialah batas-batas ketentuan dari Allah swt. imam. Mereka ini berkecimpung langsung dengan rakyat yang telah memberikan kepercayaan kepada mereka. atau kejahatan. Orang-orangnya berkedudukan sebagai wakil-wakil rakyat dan salah satu tugasnya memilih khalifah atau kepala negara. 1. Al. dan kecermelangan fikiran serta kegigihan mereka di dalam memperjuangkan kepentingan rakyat. taqwa. JINAYAT Jinayat mengandung arti perbuatan dosa. A. Perbuatan Zina 5. Tindak kejahatan yang termasuk dalam perkara hudud ada tujuh macam.sebutan bagi orang-orang yang bertindak sebagai wakil umat untuk menyuarakan hati nurani mereka. adil. Hirabah 4. memilih khalifah.jinayat ialah perbuatan yang dilarang oleh syara‟ baik mengenai jiwa.Baghyu (Pemberontakan) 3. Rakyat menyetujui pendapat wakil-wakil itu karena ikhlas. zina. harta dan sebagainya. meminum minuman keras. Sebagian fuqaha memakai istilah jinayat hanya terbatas untuk tindak pidana yang menyangkut jiwa atau anggota badan saja dan tidak menyangkut agama atau harta benda. konsekuen. hirabah. Qazb (menuduh berzina) 6. Sedangkan menurut istilah fuqaha. Tentang hukuman yang diberikan kepada orang-orang yang berbuat dosa atau melanggar hukum. al-baqya. Meminum Minuman Keras 7. Hukuman itu harus dilaksanakan karena menyangkut masalah keamanan masyarakat. maksiat. Murtad 2. murtad dan sejenisnya tidak termasuk kedalam istilah jinayat. “Ahl al-Hall wa Al-aqd ini merupakan suatu lembaga pemilih. Menurut istilah syara‟. Tugasnya antara lain. qazb. Pencurian 30 . Oleh karena itu tindak pidana pencurian. HUDUD Hudud jamak dari Had yang berarti larangan atau batas antara dua barang yang bertentangan. dan pencurian. yaitu murtad.

kifarat dan kisas/diyat sebagaimana tercantum dalam surat al-Fath 8 dan 9. B. atau menghilangkan manfaatnya berdasarkan ketentuan yang diatur oleh syara‟. 31 .8. merusakkan anggota badan. QISHASH Kisas adalah hukuman yang dijatuhkan sebagai pembalasan yang serupa dengan perbuatan pembunuhan. melukai. TAKZIR Menurut istilah hukum syara‟ takzir ialah pengajaran terhadap tindak pidana yang tidak mempunyai had.

Allah menjadikan harta benda sebagai sarana kehidupan umat manusia seluruhnya.Begitu pentingnya ibadah zakat bagi peningkatan kehidupan ekonomi umat dan kesejahteraannya.laki dan perempuan adalah merupakan tuntunan yang telah diciptakan oleh Allah SWT dan untuk menghalalkan hubungan ini maka disyariatkanlah akad nikah. maka dia menjadi kafir dan murtad dari agama Islam.  Haji adalah salah satu dari lima rukun Islam dn salah satu kewajiban yang diketahui secara pasti dalam agama ini.  Jual-beli atau bay’u adalah suatu kegiatan tukar-menukar barang dengan barang yang lain dengan cara tertentu baik dilakukan dengan menggunakan akad maupun tidak dengan menggunakan akad. Dan hukum taharah adalah wajib. shaama – yashuumu.KESIMPULAN   Taharah adalah bersuci baik dari najis maupun hadas. shalat merupakan sarana untuk berkomunikasi dan berhubungan langsung dengan Allah swt.  Secara bahasa. Menurut syara’ (syariat). keberkahan dan kesejahteraan baik bagi laki . Sehingga jika ada orang yang mengingkari kewajibannya. Pergaulan antara laki .Seseorang yang telah memenuhi syarat-syarat nya berkewajiban untuk menunaikannya.laki dn perempuan yang diatur dengan pernikahan ini akan membawa keharmonisan. Mawaris ialah cabang ilmu pengetahuan yang mempelajari cara-cara pembagian harta waris. Mawaris disebut juga faraidh karena mempelajari bagian-bagian penerimaan yang sudah ditentukan sehingga ahli waris tidak boleh mengambil harta waris melebihi ketentuan. Adapun hukum mempelajarinya ialah fardhu kifayah.selain daripada itu. kata “shiyaam” adalah masdhar (bentuk kata benda –dari kata kerja)   Hubungan antara seorang laki . 32 . shiyaam adalah beribadah kepada Allah Subhana wa Ta'ala dengan menahan diri dari makan dan minum serta seluruh yang membatalkannya sejak terbit fajar sampai terbenam matahari.dan karena itu harus diarahkan guna kepentingan bersama. Intinya para penjual dan pembeli mengetahui secara pasti bahwa transaksi jual-beli telah dilakukan secara sempurna. Shalat merupakan ibadah yang sangat penting dalam islam.laki maupun perempuan. bagi keturunan diantara keduanya bahkan bagi masyarakat yang berada disekeliling kedua insan tersebut.  Zakat merupakan salah satu ketetapan Allah dalam penggunaan harta. yang maknanya adalah menahan.karena shalat merupakan dasar dan pembeda keimanan antara orang yang beriman dan yang kafir.

 Jinayat ialah perbuatan yang dilarang oleh syara‟ baik mengenai jiwa. dan takzir. mengurus dan memerintah aitu hudud. qishas.  Kata siyasat berasal dari kata sasa. harta dan lain sebagainya. Ditinjau dari berat ringannya hukuman yang dikenakan terhadap pelaku jinayat.qishas.maka jinayat dibagi 3. yaitu hudud. 33 .Kata ini dalam kamus Al-Munjid dan Lisan al‘Arab berarti mengatur. dan takzir.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful