1

DEFINISI CITRA / IMAGE Citra (image) adalah gambar pada bidang dua dimensi yang dihasilkan darigambar analog dua dimensi yang kontinyu menjadi gambar diskrit melaluiproses digitasi. Citra sebagai keluaran dari suatu sistem perekam data dapat bersifat : 1. Optik berupa foto 2. Analog berupa sinyal video seperti gambar pada TV 3. Digital yang dapat langsung disimpan pada storage device Sebagai hasil keluaran, citra dapat berupa : 1. Citra diam (still image) : Citra tunggal yang tidak bergerak 2. Citra bergerak (moving image): Rangkaian citra diam yang ditampilkan secara beruntun (sequential) sehingga meberi kesan pada mata sebagai gambar yang bergerak CONTOH CITRA

PENGOLAHAN CITRA / IMAGE PROCESSING

Teknik-teknik pengolahan citra mentransformasikan citra menjadi citra lain. Data deskriptif Contoh Grafika Komputer Grafika Komputer Citra Gambar hasil 2. Citra Pengolahan Citra Citra . Grafika komputer (computer graphics) 2. Grafika Komputer Bidang studi yang mempelajari cara pembuatan dan memanipulasi gambar dengan menggunakan objek-objek primitif. tetapi masing-masing memiliki tujuan yang berbeda. Pengolahan Cita (image processing) Pemrosesan citra. Pengolahan citra (image processing) 3. khususnya dengan menggunakan komputer. panjang garis. jari-jari lingkaran. Pengenalan pola (patern recognition) 1. objek-objek primitif tersebut memerlukan data deskriptif untuk melukis elemenelemen gambar. yaitu: 1. kotak dsb. garis. menjadi citra yang kualitasnya lebih baik. seperti titik. Contoh data deskriptif adalah koordinat titik. warna dsb.2 Dalam bidang komputer ada tiga bidang studi yang berkaitan dengan data citra.

Pengenalan Pola (pattern recognition) Mengelompokkan data numerik dan simbolik (termasuk citra) secara otomatis yang dilakukan oleh komputer dengan tujuan untuk mengenali suatu objek di dalam citra dan hasil keluarannya berupa deskripsi objek. PENGOLAHAN CITRA DAN PENGENALAN POLA . Contoh Pengenalan Pola d Citra yang diinput Hasil pengenalan HUBUNGAN GRAFIKA KOMPUTER.3 Contoh Pengolahan Citra Citra Asli Citra Hasil 3.

Yang termasuk dalam klasifikasi ini antara lain: a. Pemugaran Citra (image restoration) Operasi ini bertujuan untuk menghilangkan / meminimumkan cacat pada citra. Tujuan pemugaran citra hampir sama dengan perbaikan citra. b. Penghilangan kesamaran (debluring). Perbaikan tepian objek (edge enhancement) c. Pemberian warna semu (pseudocoloring) e. Perbaikan Kualitas Citra (image enhancement) Jenis operasi ini bertujuan untuk memperbaiki kualitas citra dengan cara memanipulasi parameter-parameter citra. Dengan operasi ini ciri-ciri khusus yang terdapat pada citra lebih ditonjolkan. Perbaikan kontras gelap / terang (contrast enhncement). Yang termasuk dalam klasifikasi ini antara lain: a.Pengolahan Citra Citra Citra 4 Grafika Komputer Pengenalan Pola Data deskriptif Deskripsi OPERASI PENGOLAHAN CITRA Secara umum operasi pengolahan citra dapat diklasifikasikan dalam beberapa jenis berikut : 1. Penajaman (sharpening) d. . Penyaringan derau (noise filtering) 2.

Contohnya adalah metode JPEG. Segmentasi Citra (image segmentation) Operasi ini bertujuan untuk memecah suatu citra ke dalam beberapa segmen dengan suatu kriteria tertentu. Pemampatan Citra (image compression) Operasi ini bertujuan untuk memampatkan citra sehingga memori yang dibutuhkan untuk menyimpan citra lebih kecil. Ekstraksi batas (boundary) c. tetapi hasil citra yang telah dimampatkan tetap memiliki kualitas gambar yang bagus. APLIKASI PENGOLAHAN CITRA . Pendeteksian tepian (edge detection). Representasi daerah (region) 6. Jenis operasi ini erat kaitannya dengan pengenalan pola. b. Analisis Citra (image analysis) Operasi ini bertujuan untuk menghitung besaran kuantitatif citra untuk menghasilkan deskripsinya. 5. Penghilangan derau (noise) 3. Contohnya adalah foto rontgen dengan sinar X digunkan untuk membentuk ulang gambar organ tubuh. Rekonstruksi Citra (image reconstruction) Operasi ini bertujuan untuk membentuk ulang objek dari beberapa citra hasil proyeksi. Yang termasuk dalam klasifikasi ini antara lain: a.5 b. Proses segmentasi kadangkala diperlukan untuk melokalisasi objek yang diinginkan dari sekelilingnya. Teknik analisis citra mengekstraksi ciri-ciri tertetntu yang membantu dalam identifikasi objek. 4. operasi rekonstruksi citra banyak digunakan dalam bidang medis.

c. b. b. . b. Pengenalan pola hasil uji balistik. Mengenali sasaran peluru kendali melalui sensor visual. Teropong malam hari (night vision) 2. Bidang Geografi dan Geologi a.6 Pengolahan citra mempunyai aplikasi yang sangat luas dalam berbagai bidang kehidupan kita antar lain : 1. Rekonstruksi wajah pelaku kejahatan. Bidang Kepolisian / Hukum a. c. Bidang Militer a. 7. Rekonstuksi foto janin (USG). Bidang Perdagangan a. Mendeteksi retak/patah tulang dengan CT Scan. Bidang Biologi Pengenalan jenis kromosom melalui gambar mikroskopis 4. Bidang Pendidikan Pengolahan pendaftaran mahasiswa menggunakan scanner. Mendeteksi kanker (kanker otak) 3. Pemetaan batas wilayah melalui foto udara / Landsat. Mengidentifikasi pesawat musuh melalui radar. c. 5. b. 6. Pengelan pola sidik jari (finger print). Pembacaan barcode pada barang di swalayan. Bidang Medis / Kedokteran a. Mengenali jenis dan bentuk lapisan batuan bawah permukaan bumi melalui rekonstruksi hasil seismik.

Mengenali huruf / angka pada suatu formulir secara otomatis. Komunikasi data Pemampatan citra yang ditransmisi (Internet). Bidang Hiburan Pemampatan video (MPEG). . 9. 8.7 b.

8 .

9 .

10 .