MAKALAH

PERANAN BAHASA INDONESIA DALAM SETIAP KEGIATAN PEMBELAJARAN

Dibuat dalam rangka perkuliahan Bahasa Indonesia dari Bapak Undang Sudana, S.S Dan telah disampaikan dalam diskusi kelas Disusun Oleh : Kelompok 1 1. Ence Surahman 2. Aby Dzar 3. Apriyanti 4. Iie Septianti
5. Tiara

Umayani

KONSENTRASI GURU TIK PRODI TEKNOLOGI PENDIDIKAN JURUSAN KURIKULUM DAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA 2008

Terutama pada kegiatan pembelajaran formal di sekolah. Tiada gading yang tak retak. para sahabatnya serta seluruh umatnya termasuk kita yang akan melanjutkan perjuangan dakwahnya semoga kita akan mendapatkan safa’atnya nanti diakhirat. Penulis mengucapkan terimakasih banyak kepada Bapak Undang Sudana selaku dosen Mata Kuliah Bahasa Indonesia. amin. Semua saran yang konstruktif sangat kami harapkan demi perbaikan penulisan pada masa yang akan datang. Dalam makalah ini kami uraikan berbagai hal terkait masalah tentang peranan bahasa Indonesia dalam setiap kegiatan pembelajaran. Tuhan yang telah memberikan beragam nikmat-Nya kepada kita semua sehingga Alhamdulillah kami diberikan kelancaran dalam menulis makalah perbaikan yang berjudul “Peranan Bahasa Indonesia dalam Setiap Kegiatan Pembelajaran” Salawat dan salam semoga selamanya tercurah dan terlimpah kepada Nabi Muhammad SAW. semoga semua kebaikan beliau akan mendapatkan balasan yang berlipat ganda.KATA PENGANTAR Segala fuji dan syukur kami panjatkan kekhadirat Allah SWT. amin. 18 Desember 2008 Penyusun . Bandung. Makalah ini adalah makalah perbaikan dari makalah yang telah disusun dan dipresentasikan beberapa waktu yang lalu. keluarganya. yang telah sudi memberikan sebagian ilmunya kepada kami selaku mahasiswa terutama untuk saran perbaikan makalah kami ini. begitupun dalam penulisan makalah ini tentu terdapat banyak kesalahan baik secara struktural penulisan maupun isi materi yang diuraikan didalamnya. khususnya pada jenjang pendidikan SD sampai SMA. Namun karena masih terdapat banyak kesalahan dalam isi dan penulisannya maka kami sengaja memperbaikinya sesuai dengan saran dan arahan dari bapak dosen juga dari teman-teman maha siswa.

Pada dasarnya bahasa dapat dibedakan menjadi: 1. Untuk menguasainya bahasa dalam arti luas tidak perlu dipelajari secara khusus karena akan mengerti dengan sendirinya asal kita mau melatihnya dalam setiap aktivitas kahidupan kita. ragam bahasa yang berupa lambang-lambang tulisan atau huruf yang diperkuat dengan tanda baca. Latar Belakang Penulisan Bahasa merupakan senjata yang sangat ampuh sebagai alat untuk berkomunikasi secara oral (lisan) antara sesama makhluk yang sama karakter dan dunianya. Bagaimanakah sejarah perkembangan bahasa Indonesia? 2.1. Setelah membaca sedikit kata pembuka diatas maka yang menjadi landasan penyusunan makalah ini adalah untuk menguraikan tentang sejarah. bahasa ini akan tertangkap artinya oleh indra pendengaran. Bagaimana dengan bahasa yang dijadikan sebagai mata pelajaran disekolah-sekolah? Katanya bahasa tidak perlu dipelajari? Yang menjadi titik tolak mengapa hal itu bisa terjadi? Yang menjadi alasannya yaitu agar bahasa Indonesia tetap dengan kekhasannya serta terhindar dari kontaminasi budaya bahasa asing. 3. Bahasa lisan (oral language). 1. ragam dan peranan bahasa Indonesia dalam setiap kegiatan pembelajaran disekolah pada jenjang SD-SMA dan yang sederajat.BAB I PENDAHULUAN 1. yaitu bahasa yang terdefinisi melalui indra penglihatan karena merupakan gabungan gerak tubuh yang memiliki arti dan makna. Selain itu alasan bahasa Indonesia dipelajari disekolah adalah agar setiap siswa menguasai dan mengetahui tata bahasa Indonesia yang baik dan benar seperti yang telah disahkan dalam ejaan yang disempurnaan (EYD) pada tanggal 16 Agustus 1978 yang lalu. Bahasa tulisan. Rumusan Masalah Yang menjadi rumusan masalah dalam makalah ini adalah: 1.2. yaitu bahasa yang keluar dari mulut yang dapat dimodifikasi dengan direkam. maka akan sangat rentan jika saja bahasa indoneia tidak dipelajari. Bagaimanakah peranan bahasa Indonesia dalam setiap kegiatan pembelajaran? . mengingat dalam dunia globalisasi seperti yang saat ini kita rasakan bersama. Bagaimanakah pokok bahasan materi ajar bahasa Indonesia disekolah-sekolah? 3. 2. Bahasa isarat atau bahasa tubuh (body language).

Menjelaskan pokok mata ajar yang dipelajari dalam mata pelajaran bahasa Indonesia 3. Manfaat Penulisan Penulis berharap penulisan makalah ini akan memberikan manfaat berupa: 1. 2. Pengetahuan pembaca tentang sejarah perkembangan bahasa Indonesia.1.3. 1. Menguraikan sejarah penggunaan bahasa Indonesia dalam kegiatan pembelajaran. Tujuan Penulisan Adapun yang menjadi tujuan penulisan makalah ini diantaranya: 1. 2.4. Pemahaman pembaca tentang kajian utama pelajaran bahasa Indonesia 3. Pengetahuan tentang peranan bahasa Indonesia dalam setiap kegiatan pembelajaran .5. 1.Batasan Masalah Agar pembahasan materi yang diuraikan dalam maklah ini tetap terarah dan tidak simpang siur. Menjelaskan peranan bahasa Indonesia dalam setiap kegiatan pembelajaran disekolah. maka penulis membatasi masalahnya yaitu hanya menguraikan tentang peranan bahasa Indonesia dalam setiap kegiatan pembelajaran ditambah dengan pengantar sejarah bahasa Indonesia serta objek kajian mata ajar bahasa Indonesia disekolah-sekolah.

BAB II PEMBAHASAN TENTANG PERANAN BAHASA INDONESIA DALAM SETIAP KEGIATAN PEMBELAJARAN. diantaranya: 1. Dalam periode ini ada beberapa perkembangan baru dibidang bahasa yaitu: 1. Sejak saat itu maka munculah kesadaran dalam setiap pribadi masyarakat Indonesia walaupun belum merata seperti yang terjadi saat ini. Hal ini terjadi sesuai dengan poin ke tiga pada sumpah pemuda “Kami putra-putri Indonesia mengaku berbahasa satu bahasa Indonesia”. yaitu sejak Tahun 1928 tepatnya sejak di ikrarkannya sumpah pemuda sampai Tahun 1945.1. Periode Pasca Proklamasi Kemerdekaan Sampai Sekarang Dalam periode ini terdapat beberapa pembaharuan mengenai penggunaan bahasa Indonesia. Dampaknya pada periode tersebut bahasa Indonesia belum dapat disebut bahasa Indonesia karena belum ada penetapan tentang penggunaan bahasa Indonesia. 2. kondisi yang terjadi bahwa bahasa melayulah yang menjadi bahasa persatuan. Pada tahun 1945 munculah angkatan sastrawan 45 yang dipelopori oleh Chairil Anwar yang bergerak dalam bidang puisi dan Idrus yang bergerak dalam bidang prosa. Periode Sumpah Pemuda Sampai Periode Kemerdekaan Republik Indonesia Pada periode ini. 4. 2. Lahirnya angkatan pujangga baru tepatnya pada tahun 1933 2. serta bahasa resmi yang diterapkan disekolah-sekolah adalah bahasa Belanda. 3. Berdasarkan sejarah perkembangannya bahasa Indonesia dibagi ke dalam 3 periode: 1. Diadakannya kongres bahasa Indonesia yang pertama yang menghasilkan ketetapan bahwa bahasa Indonesia adalah bahasa Melayu priok 3. Periode Sebelum Sumpah Pemuda (Sebelum Tahun 1928) Dalam periode ini. Sejarah Perkembangan Penetapan dan Penggunaan Bahasa Indonesia sebagai Bahasa Persatuan Nasional. Mengingat bangsa Indonesia sedang dalam masa jajahan Bangsa Belanda. Pada tahun 1942-1945 Jepang melarang penggunaan bahasa Belanda sebagai bahasa Wajib disekolah-sekolah dan malah menyarankan penggunaan bahsa Indonesia. perkembangan bahasa Indonesia telah mengalami perubahan penggunaan dimasyarakat. Bahasa Indonesia dianggap sebagai bahasa Nasional seperti tersurat dalam Undang-Uandang Dasar 1945 pasal 36 yang berbunyi bahwa “bahasa negara .

Berbicara Kemampuan ke empat yang dipelajari dalam pembelajaran berbahasa Indonesia yaitu kemampuan dalam menyusun kata-kata membentuk kalimat dan menyampaikannya kepada yang lain. pidato. orasi dan sebagainya. Menulis Dalam belajar bahasa Indonesia selain kemampuan membaca. Maka dari itu kemampuan membaca dipelajari disekolahsekolah. Pada tahun 1954 diadakan kongres bahasa Indonesia yang kedua yang diadakan Di Medan. dan kita akan mendapatkan kemudahan dalam setiap kegiatan kita sehari-hari dan dengan kita mampu berbicara yang lancar ditambah dengan kemampuan diksi atau . kemampuan menulis pun sangat diperlukan mengingat hal tersebut sangat diperlukan bagi kelangsungan proses pembelajran selanjutnya. 2. mengingat dalam kegiatan pembelajaran kemampuan membaca sangat diperlukan bahkan kita masih ingat pernah diadakannya lomba membaca cepat. Dengan kemampuan menulis yang baik maka kita bisa dengan mudah membuat surat. orator yang ulung. artikel. Dengan kemampuan ini kita bisa mahir menjadi penceramah yang baik. Makanya kemampuan menulis juga dipelajari. 4.2. karya ilmiah dan yang lainnya. Dengan kita mampu mendengar dengan baik maka kita akan dengan mudah menyimak dan menyerap semua informasi yang kita dengarkan. Mendengarkan Kemampuan yang ketiga dalam belajar berbahasa yang dipelajarinya yaitu belajar mendengarkan. Sejak sat itu bahasa Indonesia penggunaannya secara sah sebagai bahasa nasional Indonesia. 2. yang membahas dan menetapkan Ejaan yang Disempurnakan (EYD).adalah bahasa Indonesia”. Selain dari itu kemampuan membaca dengan baik itu bertujuan untuk mengurangi tingkat buta hurup masyarakat. Dan pada tahun 1978 diadakn lagi kongres bahasa Indonesia yang ke tiga yang dilaksanakan Di Jakarta. yang kita tau sampai saat ini rakyat Indonesia masih ada yang buta huruf artinya belum bisa membaca. dan dengan mudah pula kita bisa menyampaikannya lagi kepada yang lainnya. ceramah. makalah. ditetapkan 2. proposal. 3. Topik-Topik ang Dipelajari dalam Kegiatan Pembelajaran Bahasa Indonesia Secara umum topik-topik bahasa Indonesia yang dipelajari disetiap sekolah yaitu meliputi pembelajaran: 1. 3. memalui percakapan biasa. Kemampuan ini mutlak harus dimiliki oleh setiap orang. karena manfaatnya sangat banyak sekali. Membaca Kegiatan ini diajarkan dengan tujuan agar semua siswa bisa membaca semua bacaan.

. sehingga pelajar yang berasal dari luar daerah pun tetap akan bisa mengikuti kegiatan pembelajaran di daerah lain yang berbeda bahasa. 3. Baik itu tentang ilmu alam atupun ilmu sosial dalam buku-bukunya pun kebanyakan ditulis dalam bahasa Indonesia. Bahasa Indonesia lebih relatfif mudah dimengerti oleh siapa pun. Kita tau bahwa bahasa pengantar wajib disetiap sekolah-sekolah di Indonesia yaitu bahasa Indonesia. maka jelaslah bahwa bahasa Indonesia pasti akan selamanya berperan dalam setiap kegiatan pembelajaran. Bahasa Indonesia dalam penerapannya memiliki keutamaankeutamaan sebagai berikut: 1. karena bahasa Indonesia yang memadukan semuanya. 2. apapun materi yang dipelajarinya. Beda dengan bahasa daerah biasanya dalam mempelajarainya cukup susah. Bahasa Indonesia telah tersebar diberbagai media baik itu dimedia cetak atupun elektronik sehingga semua masyarakat Indonesia akan dengan mudah memahami bahasa Indonesia. Kebanyakan bahasa Indonsialah yang berperan utama.dan jarang sekali yang ditulis dalam bahasa asing kecuali buku-buku yang diajarkan dalam kagiatan perkuliahan.dan itu pun hanya sedikit sekali. . Peranan Bahasa Indonesia dalam setiap Kegiatan Pembelajaran Setelah diatas dijelaskan mengenai sejarah perkembangan penggunaan bahasa dan pokok bahasan yang dipelajari di sekolah-sekolah. 2.3. Dalam kegiatan pembelajaran di Indonesia bahasa Indonesia merupakan pedang yang sangat diperlukan. Maka jelaslah bagi kita tentang peran bahasa dalam setiap proses pebelajaran sangatlah penting. Bahasa Nasional.pemilinan kata dan istilah yang baik sehingga setiap perkataanya akan selalu didengar dan diperhatikan oleh kawan bicara kita dan tidak sedikit pemimpin dikatakan kurang baik hanya karena penilaian terhadap kemampuan berbicaranya.

Maka pembelajaran bahasa disetiap sekolah-sekolah pada setiap jenjang pendidikan nyata diperlukan karena akan membantu memlihara kesucian dan keaslian bahasa. yang merupakan cerminan citra bangsa Indonesia. agar selalu tehindar dari kontaminasi budaya bahasa asing yang notabene kesemuannya itu berbeda dengan bahasa Indonesia. Ke empat pokok itulah yang menjadi kajian utama dari setiap mata pelajaran yang ada disekolah hanya yang membedakannya antara pelajar di Sekolah Dasar ataupun Sekolah Menengah Pertama dan Sekolah Menengah Atas yaitu terletak pada pengembangan isi materinya. yang merupakan ragam bahasa yang tergolong kedalam ragam bahasa nonformal. Dalam bahasa Indonesia dipelajari berbagai aturan berbahasa yang baik dan benar seperti yang telah disahkan dalam Ejaan Yang disempurnakan (EYD) oleh pusat bahasa.BAB III SIMPULAN DAN SARAN 3. Dalam setiap kegiatan pembelajaran bahasa Indonesia memiliki peran yang sangat penting sebagai perantara komunikasi antara guru kepada siswa. Gunakanlah bahasa yang sewajarnya. Dalam kegiatan belajar disekolah yang menjadi pokok pembahasan dari mata pelajaran bahasa Indonesia itu meliputi belajar membaca. 3. Saran Kemurnian bahasa Indonesia tidak akan tetap terjaga apabila tidak diadakan pusat bahasa dan balai bahasa serta tempat pelatihan dan pengajaran tentang tata bahasa. Simpulan Setelah panjang lebar diuraikan dalam bab sebelumnya maka dapat diambil kesimpulan sebagai berikut. . Karena walau dirasa baik oleh sebagian pihak sementara pihak lain tidak menyukainya itu juga kurang baik. ataupun siswa dengan sesamanya. jangan mengotori bahasa hanya dengan dalih ingin eksis atau keren disebelah mata saja. Jika dilihat dari konten bahasanya sepertinya bahasa gaul telah mengalami pergeseran dari bahasa Indonesia yang seharusnya. mohon jagalah keaslian bahasa Indonesia. Maka dari itu penulis menyaranan kepada semua pengguna bahasa dari berbagai kalangan. Sejarah perkembangan bahasa Indonesia tidak terlepas dari sejarah peradaban manusia. mendengar dan berbicara. menulis.1. Bahasa Indonesia yang merupakan penyempurnaan dari bahasa melayu memiliki arti sejarah karena bahasa melayu tersebut dijadikan bahasa nasional pada saat zaman penjajahan dan zaman pemberontakan untuk meraih kemerdekaan bangsa Indoesia. Bahasa gaul merupakan penyakit bahasa Indonesia.2.. Akhir-akhir ini kita diperkenalkan dengan bahasa gaul.

Sutedja. Mampu Berbahasa Indonesia untuk perguruan tinggi.  Materi perkuliahan bahasa Indonesia . Bandung.1996.BAB IV DAFTAR PUSTAKA  Sumadipura.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful