P. 1
ggl-seri

ggl-seri

|Views: 67|Likes:
Published by 348776

More info:

Published by: 348776 on Jun 12, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPT, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

03/30/2013

pdf

text

original

GGL SERI

SALFIANITA (XII IPA 5)

Apakah arti gaya gerak listrik? Gaya gerak listrik (ggl) adalah besar beda potensial suatu sumber tegangan sebelum digunakan untuk mengalirkan arus listrik. I = kuat arus listrik (ampere). Rumus mendapatkan besar ggl : E = I (R + r).5 volt. sebuah baterai baru memiliki ggl 1. Sebagai contoh. R = hambatan rangkaian (ohm) r = hambatan dalam sumber tegangan (ohm) . dengan : E = besar ggl (volt).

Arus listrik yang lebih banyak dipakai orang ialah arus bolakbalik (alternating current.RANGKAIAN LISTRIK ARUS SEARAH Arus listrik yang mengalir ke satu arah disebut arus searah (direct current. . disingkat DC). disingkat AC).

besar kuat arus listrik yang mengalir pada tiap-tiap hambatan adalah sama. Untuk tiga buah hambatan atau lebih yang disusun seri. yaitu dengan memakai hukum ohm. maka hambatan pengganti seri memenuhi persamaan : V = iR. . Dari persamaan dapat disimpulkan bahwa hambatan pengganti dari susunan seri selalu lebih besar daripada salah satu hambatan yang terbesar.Rangkaian Hambatan Seri Pada rangkaian hambatan yang disusun seri.

hambatan pengganti paralel memenuhi persamaan Dari persamaan dapat disimpulkan bahwa hambatan pengganti susunan paralel selalu lebih kecil daripada salah satu hambatan yang terkecil.Rangkaian Hambatan Paralel Pada rangkaian hambatan yang disusun paralel tegangan (beda potensial) pada tiap-tiap hambatan sama besar yaitu sama dengan tegangan pada hambatan penggantinya. . Dengan demikian : V1 = V2 = Vab Untuk tiga buah hambatan atau lebih yang disusun paralel.

Yang diperoleh dengan persamaan : Hambatan pengganti total dari rangkaian ini diperoleh dengan cara menjumlahkan R1 dengan R23 secara seri Untuk menentukan besar i1 dan i2. R23 Rt = R1 + R23  . harus dicari duku besar Vbc. yaitu i1 dan i2.Rangkaian Hambatan seri-paralel Dalam gambar rangkaian tersebut. berlaku ketentuan berikut:   Kuat arus yang melalui hambatan R1adalah i Di titik cabang b kuat arus I bercabang menjadi dua. dengan Vbc = i. dengan : i = i1 + 12 (Hukum Kirchoff I)   Hambatan pengganti paralel R2 dn R3adalah R23.

Rangkaian paralel sumber tegangan Beberapa sumber tegangan yang dirangkai paralel. menghasilkan ggl total yang lebih kecil dibanding jika rangkaian seri. maka besar ggl totalnya sama dengan ggl masing-masing sumber tegangan tersebut. dan di dalamnya terdapat hambatan dalam dengan lambang r. beberapa sumber tegangan (misalnya baterai) sering harus dirangkai secara seri atau paralel Setiap sumber tegangan mempunyai nilai gaya gerak listrik (ggl) yang dinyatakan dengan lambang E. Rangkaian seri sumber tegangan Beberapa sumber tegangan yang dirangkai seri menghasilkan gaya gerak listrik (ggl) total yang lebih besar. Bila besaran ggl masing-masing sumber tegangan sama. .Rangkaian Sumber Tegangan Untuk keperluan tertentu.

id .-SELAMAT BELAJAR- fiax22@yahoo.co.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->