P. 1
Gejala Kehamilan Tidak Pasti

Gejala Kehamilan Tidak Pasti

|Views: 158|Likes:
Published by Christina Martins

More info:

Published by: Christina Martins on Jun 12, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/10/2014

pdf

text

original

Gejala kehamilan tidak pasti : 1.

Amenore (tidak datang bulan) Penting diketahui tanggal dari hari pertama mendapat haid terakhir untuk menentukan usia kehamilan dan taksiran partus. Rumus taksiran partus menurut Naegele bila siklus haid sekitar 28 hari adalah tanggal dijumlah 7 sedangkan bulan dikurangi 3. 2. Nausea (rasa eneq) dengan atau tanpa vomituus (muntah) Sering terjadi pagi hari pada bulan-bulan pertama kehamilan, disebut morning sickness. 3. Mengidam (menginginkan makanan atau minuman tertentu) 4. Konstipasi / obstipasi Ini disebabkan terjadinya penurunan peristaltik usus oleh hormon steroid. 5. Sering buang air kecil Terjadi karena kandung kemih pada bulan-bulan pertama kehamilan tertekan oleh uterus yang mulai membesar. Gejala ini akan berkurang perlahan-lahan lalu timbul lagi pada akhir kehamilan. 6. Pingsan dan mudah lelah Pingsan sering dijumpai bila berada di tempat ramai pada bulan-bulan pertama kehamilan lalu hilang setelah kehamilan 18 minggu. 7. Anoreksia (tidak ada nafsu makan). Tanda kehamilan tidak pasti : 1. Pigmentasi kulit Terjadi kira-kira minggu ke-12 atau lebih di daerah pipi, hidung dan dahi akibat pengaruh hormon plasenta yang merangsang melanofor dan kulit. Ini dikenal sebagai kloasma gravidarum. 2. Leukore Sekret serviks meningkat karena pengaruh peningkatan hormon progesteron. 3. Epulis (hipertrofi papila gingiva) Sering terjadi pada trimester pertama kehamilan. 4. Perubahan payudara Payudara menjadi tegang dan membesar karena pengaruh estrogen dan progesteron yang merangsang duktuli dan alveoli payudara. Daerah areola menghitam karena deposit pigmen berlebihan. Terdapat kolostrum pada kehamilan lebih 12 minggu. 5. Pembesaran abdomen Jelas terlihat setelah kehamilan 14 minggu. 6. Suhu basal meningkat terus 37,2-37,8 dderajat selsius 7. Perubahan organ-organ dalam pelvik: Tanda Chadwick: vagina livid, terjadi pada kehamilan kira-kira 6 minggu. Tanda Hegar: segmen bawah uterus lembek pada perabaan. Tanda Piscaseck: uterus membesar ke salah satu jurusan. Tanda Braxton-Hicks: uterus berkontraksi saat dirangsang. Tanda uterus ini khas pada masa kehamilan. 8. Test kehamilan Gejala kehamilan tidak pasti : 8. Amenore (tidak datang bulan) Penting diketahui tanggal dari hari pertama mendapat haid terakhir untuk menentukan usia kehamilan dan taksiran partus. Rumus taksiran partus menurut Naegele bila siklus haid sekitar 28 hari adalah tanggal dijumlah 7 sedangkan bulan dikurangi 3.

Konstipasi / obstipasi Ini disebabkan terjadinya penurunan peristaltik usus oleh hormon steroid. terjadi pada kehamilan kira-kira 6 minggu. Ini dikenal sebagai kloasma gravidarum. Anoreksia (tidak ada nafsu makan). Terdapat kolostrum pada kehamilan lebih 12 minggu. Leukore Sekret serviks meningkat karena pengaruh peningkatan hormon progesteron. 12. Pingsan dan mudah lelah Pingsan sering dijumpai bila berada di tempat ramai pada bulan-bulan pertama kehamilan lalu hilang setelah kehamilan 18 minggu. Nausea (rasa eneq) dengan atau tanpa vomituus (muntah) Sering terjadi pagi hari pada bulan-bulan pertama kehamilan. Tanda Piscaseck: uterus membesar ke salah satu jurusan. 10. 14. Tanda uterus ini khas pada masa kehamilan. dan tidak lebih dari 300 hari (43 minggu). Test kehamilan A. Tanda Braxton-Hicks: uterus berkontraksi saat dirangsang. hidung dan dahi akibat pengaruh hormon plasenta yang merangsang melanofor dan kulit. disebut morning sickness. Pembesaran abdomen Jelas terlihat setelah kehamilan 14 minggu. Gejala ini akan berkurang perlahan-lahan lalu timbul lagi pada akhir kehamilan. 16. Epulis (hipertrofi papila gingiva) Sering terjadi pada trimester pertama kehamilan.2-37. Tanda kehamilan tidak pasti : 9. Sering buang air kecil Terjadi karena kandung kemih pada bulan-bulan pertama kehamilan tertekan oleh uterus yang mulai membesar. Suhu basal meningkat terus 37. 12. Daerah areola menghitam karena deposit pigmen berlebihan. 11. 14. Perubahan organ-organ dalam pelvik: Tanda Chadwick: vagina livid. 13. Tanda Hegar: segmen bawah uterus lembek pada perabaan.9. 10. kehamilan dibagi dalam tiga bagian yaitu: 1) Kehamilan triwulan pertama (antara 0 – 12 minggu) 2) Kehamilan triwulan kedua (antara 12 – 28 minggu) 3) Kehamilan triwulan ketiga (antara 28 – 40 minggu) . 13. Ditinjau dari tuanya kehamilan. Perubahan payudara Payudara menjadi tegang dan membesar karena pengaruh estrogen dan progesteron yang merangsang duktuli dan alveoli payudara. Lamanya Kehamilan Lamanya kehamilan mulai dari ovulasi sampai partus adalah kira-kira 280 hari (40 minggu).8 dderajat selsius 15. Pigmentasi kulit Terjadi kira-kira minggu ke-12 atau lebih di daerah pipi. Mengidam (menginginkan makanan atau minuman tertentu) 11.

Mengidam (ingin makanan khusus) Sering terjadi pada bulan pertama akan tetapi hilang dengan semakin tuanya kehamilan. leher dan dinding perut (linea nigra = grisea). Kelenjar Montgomery tampak lebih jelas. Dijumpai pada muka (chlosma gravidarum) areola mamae menjadi lebih hitam. Pigmentasi kulit Pengaruh hormon kortikostroid plasenta yang merangsang nelanofor dan kulit. i. dengan memakai rumus NEAGIE: HT – 3 (bulan + 7). Tidak tahan terhadap bau-bauan e. Obstipasi Karena tonus otot menurun yang disebabkan oleh pengaruh hormon steroid. Dalam batas-batas tertentu keadaan ini masih fisiologis. g. .B. h. gejala ini timbul lagi karena kepala janin menekan kandung kemih. c. Pingsan Sering dijumpai pada/bila berada di tempat-tempat ramai. Sering kencing Karena pada kandung kencing saat bulan-bulan pertama tertekan oleh uterus yang mulai membesar. Anoreksia Hanya berlangsung pada triwulan pertama setelah itu timbul lagi nafsu makannya. j. Tanda dan Gejala Kehamilan 1) Tanda-tanda preasumtif a. Amenore (tidak dapat haid) Gejala ini sangat penting karena umumnya wanita hamil tidak dapat haid lagi. Sering terjadi pada pagi hari disebut “morning sickness”. Mamae menjadi tegang dan besar Pengaruh hormon estrogen dan progesteron yang merangsang duktuli dan alveoli di mamae. tetapi terlampau sering mengakibatkan gangguan kesehatan dan disebut “Hiper emesis Gravidarum”. Wanita harus mengetahui tanggal hari pertama haid terakhirnya supaya dapat ditaksir tuanya kehamilan dan taksiran tanggal persalinan. Pada akhir triwulan ketiga. d. b. f. Mual dan muntah (nausea dan emesis) Biasanya terjadi pada bulan-bulan pertama kehamilan sampai akhir triwulan pertama.

c.Tanda objektif yang diperoleh oleh pemeriksa.Konsistensi rahim menjadi lebih lunak terutama daerah isthmus uteri yang disebut “tanda Hegar”. Meraba bagian anak. perubahan bentuk dan konsistensi rahim. . fibroma. e. Pembesaran perut.Pemeriksaan dalam diraba bahwa uterus membesar dan makin lama makin bundar bentuknya. . . . . Epulis Hipertropi papilla ginggigivae l.Dapat ditentukan dengan pemeriksaan luar maupun dengan jari yang melakukan pemeriksaan dalam.Waktu palpasi uterus yang lunak menjadi keras karena berkontraksi d. . . seperti ujung hidung.Tanda subjektif yang dirasakan oleh ibu. uterus membesar ke salah satu jurusan hingga menonjol jelas. Pembesaran. . dapat menyerupai bentuk anak.Di luar kehamilan konsistensi serviks keras.Dalam kehamilan serviks menjadi lunak.k. . . . Varises Terdapat pada kaki. b. betis. f.Kadang-kadang tumor yang padat seperti myoma. Kontraksi Braxton hicks.Tanda piscazek. vulva biasanya dijumpai pada triwulan terakhir 2) Tanda-tanda kemungkinan hamil Tanda-tanda mungkin dapat dibagi menjadi dua. Pemeriksaan biologis. g. Balotemen. .Dapat dilakukan bila anak sudah besar.Pada bulan keempat dan kelima janin itu kecil dibandingkan dengan banyaknya air ketuban maka kalau rahim didorong dengan sekonyong-konyong atau di goyang maka anak akan melenting ke dalam rahim. seperti bibir atau ujung bawah daun telinga. Tanda-tanda mungkin hamil: a. yaitu: . Perubahan pada serviks.

tanda kehamilan negatif dan tidak dijumpai tanda-anda kehamilan lainnya. Anda merasa mual dan absen datang bulan setelah beberapa bulan menikah? Mungkin Anda mengira bahwa mual adalah tanda-tanda kehamilan? Sebelum Anda memvonis diri sendiri hamil atau tidaknya. .Dilihat dengan USG. perut membesar. rahim dapat diraba dari luar dan mulai pembesaran perut. Gerakan janin yang dapat dilihat atau dirasa/ diraba juga bagian janin. b.Dicetak dengan alat /foto – elektro kardiogram. . tetapi tanda-tanda kehamilan yang lain dan reaksi kehamilan negatif.  Vesika urinaria dengan retensi urine Uterus sendiri perbesarannya biasa. namun pada perabaan rahim terasa padat dan berbenjol-benjol. Tanda-tanda kehamilan dibagi menjadi 2 gejala yaitu gejala kehamilan tak pasti dan gejala kehamilan pasti. . . perut membesar tetapi uterusnya sebesar biasa.Dicetak dan didengar alat Doppler. 3) Tanda-tanda pasti hamil a.. Diferensial Diagnosa Kehamilan Suatu kehamilan harus dibedakan dengan keadaan / penyakit yang dalam pemeriksaan meragukan:  Hamil palsu (pseudocysis) Terdapat aminorhe. tanda-tanda kehamilan harus dikenali dan dipahami.Didengar dengan stetoskop – monorae leanec.Setelah bulan ketiga. c. Tanda Chadwick.Warna selaput lendir vulva dan vagina menjadi ungu. Denyut jantung janin: . h.  HematometraUterus membesar karena tensi darah disebabkan stenosis vagina atau serviks. tanda kehamilan dan reaksi kehamilan negatif. . Kelihatan tulang-tulang janin dalam foto Roentgen C.  Kistoma uteri Mungkin ada aminorhe.  Mioma uteri Perut membesar dan rahim membesar.

Gejala Kehamilan Tidak Pasti : Tidak haid sama sekali adalah gejala pertama yang dirasakan oleh seorang wanita yang menyadari kalau dirinya sedang hamil. Rumus sederhana menentukan tanggal kelahiran yaitu tanggal ditambah 7 sedangkan bulan dikurangi 3. Sering kencing terutama bila kehamilan sudah besar. Rasa mual dengan diikuti muntah ataupun tidak sering terjadi pada bulan bulan pertama kehamilan. . Penting untuk dicatat tanggal hari pertama haid terakhir guna menentukan usia kehamilan dan memperkirakan tanggal kelahiran. Ngidam atau menginginkan sesuatu baik itu makanan. Gusi bengkak terutama pada bulan bulan pertama kehamilan. Pembesaran perut terutama tampak jelas setelah kehamilan 14 minggu. Tes kehamilan memberikan hasil positif. Keputihan atau keluarnya cairan berlebihan dari vagina karena pengaruh hormonal. Tanda Pasti Kehamilan : Pada perabaan di bagian perut dirasakan adanya janin serta gerak janin. Perubahan payudara menjadi lebih tegang dan membesar. minuman atau hal hal yang lain. Pada pemeriksaan USG dilihat gambaran janin. Bila didengarkan menggunakan alat Doppler maka akan terdengar detak jantung janin. Tanda Gejala Kehamilan Tidak Pasti : Perubahan warna kulit menjadi lebih gelap dari sebelumnya yang kira kira terjadi diatas minggu ke 12 kehamilan. Kadang kadang wanita hamil bisa pingsan di keramaian terutama pada bulan bulan awal kehamilan. dihitung dari tanggal pertama haid terakhir. mungkin ada hubungannya dengan rasa mual. Pada pemeriksaan rontgen terlihat gambaran rangka janin. Gangguan buang air besar karena pengaruh hormonal. Tidak ada nafsu makan.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->