Tugas 12 Pengantar Manajemen : Jawaban Soal UTS

1. Jelaskan tentang konsep manajemen dan manajer dilihat dari pengertian, fungsi, tingkatan, peran, dan keterampilan yang dibutuhkan! Pengertian  Manajemen adalah proses merencanakan, mengorganisasikan, mengarahkan, dan mengendalikan kegiatan untuk mencapai tujuan organisasi dengan menggunakan sumberdaya organisasi.  Manajer adalah orang yang melakukan kegiatan manajemen atau proses manajemen. Fungsi  Perencanaan (Planning), kegiatan menetapkan tujuan organisasi dan memilih cara yang terbaik untuk mencapai tujuan.  Pengorganisasian, kegiatan mengkoordinir sumberdaya, tugas dan otoritas diantara anggota organisasi agar tujuan organisasi dapat dicapai dengan cara yang efisien dan efektif.  Pengarahan (Leading), kegiatan memberi pengarahan (directing), mempengaruhi orang lain (influencing), dan memotivasi orang tersebut untuk bekerja (motivating).  Pengendalian (Controlling), kegiatan yang bertujuan untuk melihat apakah organisasi sesuai dengan rencana. Tingkatan  Berdasarkan Hirarki :  Top Manajement (Manajemen Puncak) : bertanggung jawab terhadap organisasi secara keseluruhan; menentukan tujuan, strategi, dan kebijakan secara umum; menentukan keputusan-keputusan strategis.

nasehat kepada bawahannya. dsb. Bawah) : mengawasi karyawan secara langsung. memberikan bimbingan.  Berdasarkan Fungsi :  Manajer Umum : mengawasi unit tertentu yang mempunyai beberapa bidang sekaligus. memimpin. mengatur. dsb. seperti produksi. operasi) divisinya  Manajer Fungsional : bertanggung jawab terhadap satu kegiatan organisasi. memberikan motivasi. pemasaran. perwakilan. keuangan.  Perantara. berhubungan dengan pihak-pihak ekstern perusahaan. Peran  Peranan Antar Pribadi  Sebagai Pemuka Simbolis. mengahadiri pernikahan karyawannya. mendidik.  Lower Level/First Line (Manajemen Tk. Middle level Management (Manajemen Menengah) : melaksanakan tujuan strategi. . keuangan dan lain sebagainya yang dipusatkan oleh kesamaan tugas. upacara-upacara seremonial.  Penerus informasi yang menyebarkan informasi-informasi kepada bawahannya atas keputusan yang diambil dan informasi lainnya dari luar perusahaan. baik dalam mengadakan pertemuan. mengawasi dan mengkoordinasi kegiatan operasional yang dilakukan oleh karyawan. dan kebijakan yang telah ditetapkan oleh manajer puncak serta mengkoordinasikan dan mengarahkan aktivitas manajer tingkat bawah dan juga karyawan operasional.  Peranan Informasional  Monitoring aliran informasi yang ada baik ke dalam maupun ke luar perusahaan.  Pemimpin. misal menerima dan menjamu tamu. bertanggung jawab terhadap aktivitas (pemasaran.

Jelaskan hubungan antara manajer. untuk apa dan bagaimana sumberdaya yang dipunyai dialokasikan. yaitu keterampilan atau kemampuan mental untuk mengkoordinasikan dan mengintegrasikan seluruh kepentingan dan kegiatan organisasi. berdasarkan pada inisiatif dan kreatif sendiri. kekurangan bahan. dalam proses manajemen tidak lepas pada masalah lingkungan yang dialami oleh seorang manajer. manajemen. Perwakilan. dsb. kepada siapa. Keterampilan  Keterampilan Konseptual. penampung keluhan. 2.  Penangkal Kesulitan. Perbedaan dan kondisi lingkungan akan berpengaruh terhadap konsep dan teknik serta .  Negotiator. kapan. penanggulanngan pemogokan.  Perananan Pembuatan Keputusan  Wiraswasta.  Keterampilan Kemanusian. mewakili dalam pengadilan dan mengadakan hubungan dengan unsur-unsur masyarakat lainnya. yaitu sebagai wakil perusahaan ke luar perusahaan baik sebagai warga negara biasa.  Pengalokasian Sumberdaya. pembatalan kontrak. manajemen dan organisasi dengan lingkungan organisasi sangat berkaitan. prosedur-prosedur dan metode dari suatu bidang tertentu. organisasi dengan lingkungan organisasi!  Hubungan manajer. yaitu kemampuan untuk saling bekerja sama dengan memahami dan memotivasi orang lain.  Keterampilan teknik yaitu kemampuan untuk menggunakan peralatan-peralatan.  Keterampilan administrasi yaitu kemampuan yang ada hubungannya dengan fungsi-fungsi manajemen yang dilakukan. mengadakan perundingan-perundingan denga pihak lain.

Pengembangan diri . Fleksibel memberdayakan bawahan. tanpa menciptakan menciptakan produk baru yang bisa produk baru. keputusan dalam ikut Institusi. Self Suffiancy. 7. Orientasi Kepemimpinan Kualitas Produk Orientasi Tertumpu Kurang pada maksimal dogmatic (doktrin-doktrin) tingginya kualitas produk Pegawai Memperoleh rasa aman mempunyai cita-cita jangka panjang menekankan Kualitas produk prima/maksimal.keputusan yang akan diambil. Keluaran organisasi (output) Market Share (memperbesar Creation (produk baru). lebih pada Kemampuan Adaptasi. atas ke bawah 2. Sebagai seorang manajer tidak harus hanya memperhatikan lingkungan usahanya atau intern saja. 3. Dimensi Sifat Organisasi bersifat Manajemen Kuno hirarki (jenjang). tapi juga harus bisa mengantisipasi lingkungan di luar perusahaan atau ekstern. manajemen masih Networking (Jaringan). manajemen kepemimpinan masih bersifat dari lagi. Pengambilan Keputusan keputusan hanya pimpinan tanpa pengambilan melibatkan bawahan Kaku bertahan. 5. 6. pandangan Gaya mencapai kepemimpinan kepuasan dervisi. 3. 4. pangsa pasar). Gaya Kerja Organisasi Kekuatan Organisasi Orientasi Organisasi Tujuan Organisasi Stabilitas Organisasi. tidak kaku Hirarki (Jenjang). telah bersifat fleksibel. 10. lebih untuk bisa bekembang dan bertahan (saling ketergantungan) untuk konsumen. merasa hanya cukup Interdepencies untuk organisasi itu sendiri. organisasi bertujuan 8. dipasarkan ke masyarakat dalam pengambilan Individu (empowerment). Jelaskan perubahan-perubahan lingkungan apa saja yang terjadi dalam praktek manajemen sejak manajemen kuno sampai manajemen modern! No 1. Manajemen Modern kaku. 9. yang ingin dicapai Perencanaan strategi dan tujuan Kualitas prima.

Jelaskan praktek manajemen yang dilaksanakan oleh pemerintah Indonesia sekarang ini! Praktek manajemen di Indonesia banyak mengadopsi manajemen barat (Amerika dan Eropa Barat) dan timur (Jepang dan Cina).  Bersifat rutin. 13. dan ada pengaruh faktor budaya tradisional yang ada di tengah-tengah masyarakat. umumnya lebih dikoordinasi melalui rencana daripada saling menyesuaikan. 12. kurang tersentralisasi. menjadikan manajemen yang dijalankan selama ini mencampurkan berbagai macam bentuk atau gaya yang ada. 1992). Sementara itu belum ditemukannya secara pas bentuk manajemen Indonesia. kurang berkomunikasi tugas.bekerja 11. Jelaskan manfaat apa yang diperoleh anda dalam mempelajari manajemen dalam kehidupan anda sekarang dan yang akan datang! . formalistik. 14. Oreintasi pegawai pada Pengejaran status dan pangkat pekerjaan Kekuatan Sumberdaya Motivasi bekerja Kultur Organisasi yang besar Menyelesaikan Pekerjaan Menghindari aversive) Organisasi Membangun sesuatu yang baru (risk Keberanian menghadapi resiko (risk prone) Berbuat sesuatu yang berbeda melebihi prestasi. namun tidak selurhnya birokratis serta bersifat paternalistic dan otokritik (Budi Paramita. Susanto.  Bersifat pragmatis. rukun dan musyawarah untuk mencapai mufakat dalam mengembalikan keputusan (Astrid S. 1986). hierarkis. akusentris dan dalam beberapa tahun terakhir bersifat otokritik dan berpikir jangka pendek (Danandjaja. Pemilikan uang tunai dalam jumlah Pemilikan Informasi 4. Praktek Manajemen Indonesia secara umum bercirikan diantaranya adalah :  Bersifat budaya tradisional seperti solider organik. serta ditambah dengan faktor budaya di mana organisasi tersebut berada. 5. 1980).

 Dengan mempelajari manajemen dapat mengemukakan asumsi yang masuk akal untuk menjelaskan hubungan antara dua fakta atau lebih yang dapat diamati serta dasar yang menyediakan dasar yang mantap untuk memperkirakan peristiwa pada masa depan.  Dapat memberikan fokus yang mantap untuk memahami apa yang kita alami. dan untuk menentukan kriteria apa yang relevan  Mempermudah kita berkomunikasi dengan efisien dan bergerak ke arah hubungan yang semakin lama semakin kompleks dengan orang lain. .