Diklat Praktikum Basis Data I (SQL, Access,VB

)

BAB I KONSEP DATABASE DAN PENGENALAN ACCESS
A. Tujuan Praktikum 1. Menjelaskan mengenai konsep Database. 2. Mengenalkan Microsoft Access. B. Teori Singkat Data diperlukan dalam segala hal, baik berupa pengukuran, pencatatan, pengumpulan informasi maupun pengambilan keputusan. Dengan kata lain, data sangat dibutuhkan karena informasi yang ada akan memberikan arti yang sangat penting baik untuk saat ini maupun yang akan datang. Bahkan dalam perkembangannya, data-data tersebut dapat berbentuk berbagai macam data, misalkan data berupa program, lembaranlembaran untuk entry (memasukkan) data, maupun laporan-laporan. Kesemuanya itu dapat dikumpulkan menjadi satu yang disebut dengan Database. Database adalah sekumpulan data-data yang disusun sedemikian rupa sehingga membentuk informasi yang sangat berguna. Database terbentuk dari sekelompok datadata yang memiliki jenis/sifat sama. Contohnya : data mahasiswa, data dosen dkk. Definisi dasar : Data : sekumpulan fakta mengenai objek tertentu, orang dan lain-lain dan dinyatakan dengan angka, huruf, gambar, film, suara dan sebagainya. Database : sekumpulan data yang saling berhubungan untuk mencapai suatu tujuan. Tabel : tempat untuk menyimpan data, table terdiri dari field dan record. Field (kolom) : bagian tabel tempat menyimpan sebuah item data. Record (baris) : satu bagian informasi yang disimpan dalam tabel, misalnya data seorang mahasiswa akan disimpan dalam record yang terdiri dari beberapa kolom/field. C. Mengenal Microsoft Access Microsoft Access adalah salah satu dari relasional Database Management System (DBMS). DBMS adalah sebuah program yang memiliki fasilitas penyimpanan dn pemanggilan struktur informasi pada system computer. Selain tabel, sebuah file database Access juga berisi bermacam-macam obyek database yang lainnya diantaranya : • • • • Queri untuk mengorganisasi data. Forms untuk berinteraksi dengan data pada layer. Reports untuk mencetak hasil. Macros dan program Visual Basic untuk memperluas fungsionalitas dari aplikasi database. Semua obyek ini disimpan dalam file <filename>.mdb.
Roshita Damayanti (www.kertasdanpenaku.blogspot.com)

1

Diklat Praktikum Basis Data I (SQL, Access,VB)

D. Pembuatan Database di Access Dalam Access ada 3 (tiga) cara untuk membuat database : 1. membuat database baru, pilihan yang digunakan adalah : Blank Access database. 2. menggunakan database Wizard, pilihan yang digunakan adalah : Access database Wizard, pages and projects. 3. menggunakan database yang sudah pernah dibuat, pilihan yang digunakan adalah : Open an existing file. E. Percobaan 1. Memulai Microsoft Access : Buka Microsoft Access yang tersedia dalam Windows kemudian pilih Blank Database untuk membuat database baru.

maka akan muncul dialog seperti dibawah ini, artinya simpan database baru dengan nama yang sesuai dengan informasi yang akan dibuat serta letakkan pada folder My Documents dalam folder Praktikum Basis Data 1 yang akan dibuat. Kemudian buat database baru dengan nama Penjualan.mdb pada folder Praktikum Basis Data 1.

pilih object yang diinginkan, jika ingin membuat tabel maka pilih object table dan pilih create table, jika ingin membuat Query maka pilih object query dan seterusnya.

Roshita Damayanti (www.kertasdanpenaku.blogspot.com)

2

Diklat Praktikum Basis Data I (SQL, Access,VB)

2. Pembuatan Tabel Untuk mencatat informasi maka harus dibuat table sebagai tempat menyimpan dan mengelola data. Langkah yang harus dikerjakan adalah : • • • Merancang table yang akan dibuat. Merancang struktur table seperti apa. Mengatur hubungan/relasi antar table satu dengan table lain supaya informasinya terpadu. Mengelola data dalam table terdiri dari : • • • • Menambah data. Mengedi atau merubah data. Menghapus data. Mencari dan mengganti data.

Langkah-langkah pembuatan tabel : Klik menu/objek table :

pilih create table in design view :

 Ketik struktur table yang akan dibuat, sesuai dengan perancangan informasi yang akan dibangun. Ketik nama fieldnya, tentukan juga type datanya dan atur lebarnya data pilih Field Size.  Tentukan constraint atau batasan-batasan table. Bila suatu field digunakan sebagai kunci utama, maka field tersebut harus menjadi Primary key.  Buat table untuk menyimpan data Buku. Pada struktur table tersebut field sebagai Primary Key adalah KodeBuku karena sabagai informasi utama yang membedakan antara buku yang satu dengan yang lain, dan selalu bersifat Unique.  Letakkan kursor di field tersebut yaitu KodeBuku.  Klik kanan maka akan muncul menu menentukan Primary Key sebagai berikut : 3

Roshita Damayanti (www.kertasdanpenaku.blogspot.com)

a. klik dua kali  Ketik data-data yang diinginkan seperti contoh berikut ini :  Bila dalam menambah data ada yang sama pada KodeBuku. Eksemplar maupun pengarang. maka akan muncul : Roshita Damayanti (www. Menambah data pada Table :  Pilih tabel yang akan ditambah datanya. 3.kertasdanpenaku.blogspot. penghapusan. Access. TahunTerbit. Mengelola Tabel Mengelola table meliputi operasi penambahan.Diklat Praktikum Basis Data I (SQL.com) 4 .VB)  Simpan perancangan dengan nama Buku (file>save>Buku>Ok). Judul. perubahan dan pencarian data pada tabel.

kemudian klik menu edit.  Pilih tabel Buku : table pada kotak isian Look In. misalkan menghapus data pada record ke 5 untuk Basis Data.  Ketik data yang dicari. Untuk mencari sekaligus mengganti data.  Misalnya lakukan pencarian data untuk pengarang Tessy Badriyah. Menghapus data pada tabel Buka tabel yang akan dihapus datanya. maka akan ada konfirmasi apakah akan menghapus record tersebut. Memberi Relasi Antar Tabel Roshita Damayanti (www. maka pilihlah record ke 2 pada tabel tersebut lalu ketik perubahannya sesuai dengan nama yang akan diubah. langkah-langkahnya sebagai berikut :  Buka tabel yang akan dicari datanya. Arahkan kursor ke data yang akan dihapus. buku apa saja yang dikarang. klik kanan maka akan muncul menu sebagai berikut : pilihlah delete record.  Pilih tabel Buku : tabel pada kotak isian Look In.  Pilih Any Part of Field pada kotak isian Match.Diklat Praktikum Basis Data I (SQL. misal K03 pada kotak isian Find What.  Ketik data yang dicari. d.VB) b. Lakukan edit data pada record ke 3 untuk data Algoritma Pemrograman diganti menjadi Konsep Pemrograman.  Pada kotak isian Replace With : misalnya ketik : Pengolahan Citra. klik kiri sehingga record diblok. pada kotak isian Find What.blogspot. misalkan ingin merubah data pada record ke 2. Find.com) 5 .  Pilih Whole Field pada kotak isian Match. arahkan kursor kearah record yang akan diubah datanya. Access. misal tabel Buku.  Pilih All pada kotak Search. c. kemudian klik menu edit.kertasdanpenaku. caranya :  Buka tabel yang akan dicari datanya. Merubah data pada tabel Buka tabel yang akan diedit data-datanya. misal : Image Processing.  Pilih Replace All pada kotak Search dan pilih Replace. Mencari dan Mengganti data pada tabel Untuk mencari data pada tabel. find. misal tabel Buku. 4.

blogspot. Sebagai contoh system informasi perpustakaan yang terdiri dari tabel sebagai berikut : • • • tabel buku tabel peminjaman tabel anggota langkah-langkah pembuatan relasi antar tabel :  buat tabel Buku seperti berikut ini :  kemudian entry data sebagai berikut :  buat tabel Anggota seperti dibawah ini :  kemudian entry data-data seperti dibawah ini :  buat tabel Pinjam seperti dibawah ini :  lakukan entry dat-data sebagai berikut :  untuk membuat relasi antar tabel.kertasdanpenaku.VB) Tujuan pembuatan relasi antar tabel adalah untuk membuat hubungan antar tabel agar terdapat relasi antara tabel yang satu dengan tabel yang lain. pada menu klik Tools-> Relationships Roshita Damayanti (www. Access.Diklat Praktikum Basis Data I (SQL.com) 6 .

lakukan klik and drag dari foreign key yang ada pada tabel anak primary key yang ada pada tabel induk.Diklat Praktikum Basis Data I (SQL.  hubungan antar tabel :  antara tabel anggota dan tabel pinjam (field KodeAanggota) yang ada pada tabel pinjam merupakan foreign key yang berhubungan dengan field KodeAnggota yang merupakan primary key pada tabel Anggota. berikan tanda centang pada Enforce Referential Integrity Roshita Damayanti (www.com) 7 .kertasdanpenaku. Access.  Kemudian muncul jendela untuk menentukan property dari relasi yang terbentuk. Terakhir klik tombol close.  Antara tabel Buku dengan tabel Pinjam (field KodeBuku) yang ada pada tabel Pinjam merupakan foreign key yang berhubungan dengan field KodeBuku yang merupakan primary key pada tabel Buku.  Untuk mewujudkan relasi antar tabel yang sudah ditentukan. pilih tabel kemudian klik tombol Add.blogspot.VB)  tambahkan tabel-tabel pada skema relasi dengan mengklik icon  tambahkan tabel satu persatu. Sebagai contoh diklik field KodeAnggota pada tabel Pinjam kemudian drag ke field KodeAnggota yang ada pada tabe Anggota.

VB)  Hasil akhir relasi tabel sebagai berikut : Tugas 1 : 1.blogspot. Desain tabel pada database Penjualan terdiri dari tabel-tabel Pelanggan. Barang. Roshita Damayanti (www.com) 8 .kertasdanpenaku. 3. Buat database baru dengan nama Penjualan.Diklat Praktikum Basis Data I (SQL. Order dan Detail_Order. Access. Berikan pengisian data pada database Penjualan. 4. Gambarkan relasi antar tabel pada database Penjualan.mdb 2.

Diklat Praktikum Basis Data I (SQL. 2. Primary Key yaitu Kode_Training 2. Access. sehingga modifikasi dari perintah SQL untuk pembuatan tabel siswa menjadi : contoh tabel kedua berikut ini adalah tabel Jenis_Training yang memiliki struktur sebagai berikut : tabel Jenis_Training memiliki Constraint : 1. Teori Singkat a.VB) BAB II PEMBUATAN TABEL DENGAN SQL. Pembuatan Tabel Perintah SQL untuk membuat tabel dengan perintah CREATE TABLE. Foreign Key yaitu NIP yang berelasi dengan field NIP yang ada pada tabel Dosen. Menjelaskan pembuatan tabel dengan menggunakan perintah SQL (Structured Query Language). 3. MENGURUTKAN DAN MENYARING DATA A. Menjelaskan cara mengurutkan data.blogspot. Misal struktur dari tabel Dosen sebagai berikut : maka perintah SQL untuk membuat tabel Dosen adalah sebagai berikut : Constraint PRIMARY KEY pada tabel Dosen.com) 9 . B. Tujuan Praktikum 1. Menjelaskan cara menyaring data. Roshita Damayanti (www.kertasdanpenaku. yaitu field NIP dapat didefinisikan pada saat pembuatan tabel.

Menyaring Data Menyaring data (filter) adalah memisahkan atau menyeleksi semua record yang dikehendaki. Access.kertasdanpenaku. maka cara penulisannya sebagai berikut : Transaksi_PK adalah nama Constraint untuk Primary Key pada field Nomor_Order dan Kode_Barang (keterangan : nama Constraint tergantung user yang membuat. bisa diberi nama apa saja).blogspot. perintahnya adalah : hasilnya akan sama dengan : karena secara default data akan ditampilkan secara urut naik.VB) Perintah SQL untuk pembuatan tabel Jenis_Training sekaligus pendefinisian Constraint nya dapat ditulis sebagai berikut : cara penulisan Primary Key yang terdiri dari dua field caranya dengan mendefinisikan nama Constraint diikuti dengan keterangan field yang menjadi Primary Key. Roshita Damayanti (www. Secara default dianggap urut naik. Mengurutkan Data Mengurutkan data ada dua bentuk : Ascending : mengurutkan menaik (misalnya : A-Z atau 0-1000 dst) Descending : mengurutkan menurun (misalnya : Z-A atau 1000-0 dst) Untuk mengurutkan data menggunakan perintah SQL dapat dengan menggunakan klausa Order By. c. Misalnya dibuat tabel Transaksi yang memiliki Primary Key pada field Nomor_Order dan Kode_Barang.Diklat Praktikum Basis Data I (SQL. b. Terdapat 2 (dua) jenis ASC (Ascending – urut naik) dan DESC (descending-urut turun). Missal untuk menampilkan Kode_Buku dan Judul_Buku yang berasal dari tabel Buku. maka bisa menggunakan perintah SQL yang ditulis dalam Object Query pada View SQL. Klausa Order By digunakan untuk mengurutkan data hasil Query. Data yang ditampilkan disaring sehingga hanya data yang sesuai dengan criteria saja yang akan ditampilkan.com) 10 .

com) 11 . menu/object yang dipilih pada Access adalah Query :  Lalu klik dua kali pada Create Query in Design View.VB) C.Diklat Praktikum Basis Data I (SQL. Percobaan 1.blogspot. kemudian jalankan dan lihat hasilnya pada Object Table.mdb Kemudian buat tabel pada database Pelatihan menggunakan perintah SQL. Access.  Kemudian klik tombol close untuk tidak memilih tabel apapun.  Untuk membuat tabel dengan perintah SQL. Roshita Damayanti (www. Pembuatan Tabel Buat database baru dengan nama Pelatihan.kertasdanpenaku.  Kemudian pilih menu View-> SQL View  Berikan perintah SQL untuk pembuatan tabel :  Jalankan perintah SQL untuk pembuatan tabel tersebut dengan mengklik icon :  Buat perintah SQL untuk tabel-tabel yang lain pada database Penjualan dan Perpustakaan.

kemudian berikan perintah SQL untuk menampilkan semua data yang ada pada tabel Barang seperti berikut : Roshita Damayanti (www.Diklat Praktikum Basis Data I (SQL. Access. buat tabel VCD dengan struktur sebagai berikut : isi data pada tabel VCD sebagai berikut : buka tabel VCD. kemudian klik tombol close  Setelah itu pilih menu View-> SQL View. sort Ascending. Mengurutkan Data Menggunakan Perintah SQL  Buka database Penjualan.kertasdanpenaku. kemudian sorotlah kolom/field yang akan diurutkan : klik menu Record. klik pada menu/object Query  Kemudian klik dua kali Create Query in Design View.VB) 2. Mengurutkan Data Buat database baru dengan nama RentalVCD.com) 12 .blogspot. untuk mengurutkan data yang terkecil ke yang terbesar atau Descending untuk data yang terbesar ke yang terkecil.

com) 13 . maka pilih Record.blogspot. tambahkan perintah Order By dengan mengklik menu View-> SQL View dan tambahkan perintah berikut :  Kemudian jalankan Query.  Tempatkan kursor pada kata atau data yang digunakan sebagai penyeleksi. 3000 di kolom/field HargaSewa VCD. misalnya ingin menampilkan data-data yang harga sewa VCD sama dengan 3000. hasilnya data pada tabel Barang akan terurut sesuai dengan NamaBarang. Roshita Damayanti (www. maka hasilnya adalah sebagai berikut :  Jika ingin meremove/mengembalikan ke data asal tanpa difilter. Pilih Remove Filter akan kembali ke data asal tanpa difilter. bukalah tabel yang akan disaring misalnya VCD.  Lalu pilih Record dan pilih Filter By Selection.kertasdanpenaku.VB)  Kemudian jalankan Query dengan mengklik tombol . Access. Menyaring Data  Buka database RentalVCD.Diklat Praktikum Basis Data I (SQL. maka letakkan kursor di data tersebut. hasilnya sebagai berikut :  Untuk mengurutkan data berdasarkan nama Barang.

maka apa perintah SQL nya ? 4.Diklat Praktikum Basis Data I (SQL. 3. Catatlah langkah-langkahnya. Catatlah langkah-langkah untuk mengurutkan data pada tabel Barang secara urut menurun. buka tabel Barang kemudian saringlah data yang ditampilkan hanya untuk barang yang harganya lebih dari 1500.com) 14 .VB) Tugas 2 : 1. Buatlah database Penjualan beserta tabel-tabelnya dengan data-data sebagai berikut : 2. apa perintah SQL nya ? Roshita Damayanti (www. Access.blogspot. 5. Dengan menggunakan menu yang disediakan oleh Microsoft Access.kertasdanpenaku. Untuk soal nomer 4. Jika soal nomer 2 dikerjakan menggunakan Query dengan SQL View.

Query : tampilkan kode buku dan judulnya 15 Roshita Damayanti (www. Tujuan Praktikum 1. Query Query adalah permintaan yang diberikan oleh user untuk mengambil informasi yang tersimpan dalam database. yaitu : 1. Teori Singkat a. misalnya : • • • Tampilkan data pegawai yang tinggal di kota Surabaya. Tampilkan data dosen perempuan yang bekerja di jurusan Teknologi Infromasi. fungsi dan obyek tertentu.com) . 2. Menjelaskan pembuatan Form pada Access dengan berbagai macam cara baik dengan Wizard maupun dengan mendesain sendiri. Tampilkan harga barang yang besarnya kurang dari 10000. 2. Menjelaskan konsep dasar Form. SQL View Perintah SQL yang diberikan untuk sebuah Query 3.blogspot. Query : tampilkan semua kolom yang ada pada tabel pegawai SELECT*FROM pegawai. 3. Datasheet View Hasil tampilan data dari perintah Query sesuai definisi dari Design View atau SQL View. Access.Diklat Praktikum Basis Data I (SQL. 4. Menjelaskan Query dengan perintah SQL.kertasdanpenaku. suatu persamaan (operasi aritmatika). 2. Query dengan Perintah SQL Perintah SQL untuk menampilkan data memiliki cara penulisan sebagai berikut : • SELECT artinya memilih kolom atau field mana yang akan ditampilkan • dapat berupa list kolom. B. FORM menunjukkan nama Tabel yang akan ditampilkan Berikut contoh Query dan perintah SQL untuk penyelesaiannya : 1. Contoh Query. Langkah awal pembuatan Query adalah dengan mengklik menu/object Query : Query pada MS Access memiliki tiga bentuk. Design View Interface yang disediakan oleh MS Access untuk melakukan Query secara cepat dan mudah. dapat diberikan alias (nama lain) pada masing-masing list. Menjelaskan penggunaan Query dengan Interface yang disediakan oleh MS Access.VB) BAB III QUERY DAN FORM DASAR A.

kertasdanpenaku.Nama_dept FROM PEGAWAI P. 2. dan nama table DEPARTEMEN diberi alias D. QUERY dengan Informasi yang Berasal Dari Dua Tabel atau Lebih Jika suatu query mengambil informasi yang berasal dari dua tabel atau lebih. Nama. klausa WHERE selain digunakan untuk menyatakan suatu kondisi yang harus dipenuhi juga digunakan untuk menyatakan relasi antar tabel.VB) SELECT kodebuku. Nomer_dept) Tabel departemen memiliki struktur sebagai berikut : DEPARTEMEN (Nomer_dept. Nama table PEGAWAI diatas diberi alias P.com) 16 . Form Dasar Form dibuat dengan tujuan untuk memberikan tampilan hasil pengelolaan informasi yang disajikan dengan lebih mudah. DEPARTEMEN D WHERE P. Query : tampilkan data pegawai yang gajinya lebih dari 500000 SELECT*FROM pegawai WHERE gaji>500000. Jika query dinyatakan sebagai berikut : Tampilkan nama pegawai dan nama departemen tempat pegawai bekerja. Query : tampilkan nama pegawai yang bekerja pada jurusan IT SELECT nama FROM pegawai WHERE jurusan=’IT’. D. Access. lebih menarik serta informative menggunakan Graphical User Interface. Relasi antar tabel dinyatakan dalam klausa WHERE. Roshita Damayanti (www. Alamat. Jadi Nomer_dept pada tabel pegawai merupakan foreign key karena berelasi dengan Nomer_dept yang merupakan primary key di table lain yaitu table DEPARTEMEN. form dapat dibedakan menjadi : 1.Nomer_dept=D.Nama. Form digunakan untuk menginputkan data dan memodifikasi data yang ada dalam tabel.Diklat Praktikum Basis Data I (SQL.blogspot. maka definisi dari penulisan query ditambah dengan klausa WHERE yaitu : Berikut contoh query dengan kondisi : 1. b. Dalam aplikasi database. form master : yaitu form untuk data pada tabel master. maka perintah SQL untuk query tersebut adalah : SELECT P.Nomer_dept. judul FROM buku. Jadi. maka tabel-tabel yang terlibat dalam query harus direlasikan. Nama_dept) Nomer_dept pada tabel PEGAWAI berelasi dengan Nomer_dept yang ada pada tabel DEPARTEMEN. Query dengan Kondisi Jika suatu query melibatkan suatu kondisi tertentu. Contoh query dengan informasi dari dua tabel atau lebih : Tabel pegawai memiliki struktur sebagai berikut : PEGAWAI (NIP.

form barang dll. form entry nilai dll. maka akan muncul relasi tabel-tabel tersebut sebagai berikut : lalu tentukan informasi yang akan ditampilkan.kertasdanpenaku. kemudian tabel Pinjam dan tabel Buku.Diklat Praktikum Basis Data I (SQL. 2. form transaksi : yaitu form untuk data transaksi contoh : form penjualan. pilih field pada table yang berisi informasi seperti berikut : Roshita Damayanti (www.VB) contoh : form siswa. maka akan muncul dialog memilih tabel seperti dibawah ini : buka tabel Anggota. Membuat Query Buka object/menu Query seperti berikut : pilih Create Query in Design. C.com) 17 .blogspot. Access. Percobaan a.

NomerPlg. Query : tampilkan nomer order dan nama pelanggan yang melakukan transaksi order pembelian barang. bila numeric tanpa tanda “”. NomerPlg=P. Perintah SQL : SELECT NomerOrder. nampak seperti dibawah ini : Query dengan Perintah SQL  Buka database Penjualan. bila ingin menyajikan data peminjaman yang meminjamnya mulai tanggal 20//2/2006 maka pada criteria tanggal isi dengan >#20/2/2006#. Query : tampilkan nomer order yang membeli barang dengan nama ‘Pensil’ Roshita Damayanti (www. pilih menu Query dan pilih Run. Access.VB) menyimpan query : pilih File dan klik Save lalu beri nama Query Perpus menjalankan hasil query. 2. maka akan muncul hasil query relasi antar table sebagai berikut : bila ingin menyajikan hasil query dengan memberikan criteria.kertasdanpenaku. pilih menu/object Query kemudian klik dua kali Create Query by Design View  Kemudian pilih View->SQL View dan ketikan perintah SQL berikut untuk setiap query yang diberikan dan pelajari hasilnya.com) 18 . 1. 3. Query : tampilkan nomer pelangga dan nama pelanggan Perintah SQL : SELECT NomerPlg.Diklat Praktikum Basis Data I (SQL.blogspot. PELANGGAN P WHERE O. misalnya yang dipinjam anggota dengan KodeAnggota 01 maka pada criteria isi dengan =”01” bila sebagai criteria berupa data teks harus diapit tanda “”. NamaPlg FROM ORDER O. NamaPlg FROM PELANGGAN.

Merancang Form dengan Autoform Columnar  Buka database RentalVCD. Form maka akan muncul :  Pilih dan klik Autoform Columnar. seperti contoh berikut :  Klik toolbar label : Roshita Damayanti (www. Access.kertasdanpenaku.BARANG B WHERE D. klik menu Insert.VB) Perintah SQL : SELECT NomerOrder. pilih tabel VCD pada kotak Choose the table or query where the object’s data comes from. klik OK maka akan muncul :  Pilih menu View lalu pilih Design View untuk merubah rancangan form diatas  Besarkan tampilan rancangan Form dengan cara tarik setiap penggiran kekiri atau kekanan dan keatas atau kebawah untuk memperkecil dan memperbesar rancangan form.NomerBrg AND NamaBrg=’Pensil’. b. NamaBrg FROM DETAIL_ORDER D.Diklat Praktikum Basis Data I (SQL.NomerBrg=B.blogspot.com) 19 .

Access. misal VCD Roshita Damayanti (www. missal ingin merubah hasil label diatas maka klik dua kali pada : Entri Data VCD sehingga akan muncul property label sebagai berikut :  Keterangan pada property : Caption digunakan untuk menampilkan informasi Name digunakan untuk nama variable object Visible dipilih Yes untuk dimanfaatkan dan No tidak dimanfaatkan  Jika ingin menjalankan Form maka pilih View dan Form View Merancang Form dengan Wizard  Buka database RentalVCD.com) 20 . Form maka akan muncul :  Pilih dan klik Form Wizard.Diklat Praktikum Basis Data I (SQL. pilih tabel yang akan dibuat form entrinya. maka pilih hasil object tersebut.blogspot. klik menu Insert.kertasdanpenaku.VB)  Ketikan judul yang diinginkan pada section form header misalnya : Entri Data VCD  Bila ingin merubah menggunakan property yang ada dalam object toolbar tersebut.

com) 21 .  Cara memilih dengan menekan tombol panah satu bila ingin menyeleksi satu persatu dan pilih tombol panah dua jika seluruh field diinginkan. maka masukan field-field yang dibutuhkan.VB)  Setelah dipilih OK.Diklat Praktikum Basis Data I (SQL. seperti nampak dibawah ini :  Pilihlah field-field yang nampak dalam kotak Available Fields seperti KodeVCD. HargaSewa.kertasdanpenaku.  Pilih layout Form yang diinginkan. Judul. Access.blogspot. misalnya :  Layout bentuk Columnar Roshita Damayanti (www. sehingga seperti tampilan yang diinginkan :  Jenis layout yang tersedia.

maka pilih Modify The form’s Design. pilih Menu View dan form View. maka akan muncul dialog jenis-jenis style yang dinginkan dalam form nantinya. Misalnya pilih Internasional untuk contoh style diatas.  Lakukan Running Form.VB)  Pilih Next jika sudah menentukan jenis layout yang diinginkan. maka akan diminta memasukan judul dalam form yang akan ditampilkan : ENTRI DATA VCD.Diklat Praktikum Basis Data I (SQL.com) 22 . Roshita Damayanti (www.  Pilih Next untu melanjutkan bila sudah ditentukan jenis style yang dinginkan.kertasdanpenaku.  Pilih Next untuk melanjutkan.  Bila ingin memodifikasi atau merubah rancangan form. Access. misalnya tadi dipilih Datasheet.blogspot.

lalu pilih Design View. berikan perintah SQL nya. TanggalOrder dan NamaBarang yang dibeli b. Untuk query pada soal nomer 1. Access.kertasdanpenaku. Lengkapi Database RentalVCD dengan menambahkan tabel DataPenyewa.com) 23 . letakkan pada lembar yang telah disediakan oleh section detail. Pelajari Database Penjualan. NamaPelanggan dan TanggalPembelian untuk yang tanggal pembeliannya lebih dari 21/2/1999 d. NamaPelanggan dan semua Item NamaBarang yang dibelinya. Untuk setiap tabel yang ada di Database RentalVCD buatkan formnya Roshita Damayanti (www. tampilkan NomerOrder. tampilkan NomerOrder. tampilkan NomerOrder.blogspot.  Lalu field dalam tabel yang telah tampil diatas pilih dan geser. tampilkan NomerOrder.Diklat Praktikum Basis Data I (SQL. Kemudian kerjakan query berikut ini dengan menggunakan fasilitas yang disediakan oleh MS Access. NomerBarang dan Harga dari barang tersebut untuk harga yang lebih dari 1500 c. jalankan Form. 3.VB) Merancang Form dengan Design View  Pilih menu Insert dan Form. 2. TUGAS 3 : 1. DataPetugasPencatat. a. PeminjamanPengembalian 4. sehingga nampak seperti dibawah ini :  Terakhir.

Diklat Praktikum Basis Data I (SQL, Access,VB)

BAB IV SUB FORM DAN FORM LANJUTAN
A. Tujuan Praktikum 1. Menjelaskan penggunaan Sub Form dalam sebuah Aplikasi Database. 2. Menjelaskan pembuatan Sub Form. 3. Menjelaskan pembuatan Combo Box. 4. Menjelaskan pembuatan List Box. B. Teori Singkat a. Sub Form Sub Form adalah form yang berada di dalam Form lainnya. Sub form disebut juga dengan Child Form, sedangkan Form yang melingkupinya disebut dengan Parent Form atau Form Induk. Sub form digunakan untuk menambahkan detail informasi dari suatu Proses Transaksi. Misalnya pada transaksi pembelian barang. Yang menjadi Parent Form yaitu Form Transaksi. Form ini berisi informasi tentang Nomer Order, Nomer Pelanggan yang membeli barang dan Tanggal Pembelian. Sedangkan yang menjadi Child Form atau Sub Form yaitu Form Detail_Transaksi berisi informasi tentang Nomer Order, Kode Barang yang dibeli serta Jumlah dari barang yang dibeli. b. Form Lanjutan Pembuatan Combo Box Membuat Combo Box pada form bertujuan untuk memudahkan dalam penulisan data sehingga tidak terjadi kesalahan dan mempercepat penulisan data karena hanya memilih dari daftar yang telah disediakan. Pembuatan List Box Langkah membuat List Box pada dasarnya hamper mirip dengan langkah membuat Combo Box. Kalau Combo Box memilih daftar dengan menekan klik tanda panah, kalau List Box memilih dengan cara menyorot dari daftar yang telah disediakan. C. Percobaan a. Sub Form  Buka database Penjualan, klik menu/Object Form, kemudian klik dua kali Create form by using wizard.

Roshita Damayanti (www.kertasdanpenaku.blogspot.com)

24

Diklat Praktikum Basis Data I (SQL, Access,VB)

 Pilih tabel Order, kemudian pindah semua fieldnya ke kotak sebelah kanan

 Kemudian pilih tabel Detail_Order, lalu pindah field NomerBrg dan Jumlah ke kanan

 Klik tombol Next, kemudian pilih tabel Order dan pilihan Form with SubForm.

 Klik tombol Next, kemudian pilih layout bentuk Datasheet (terserah sesuai pilihan).

Roshita Damayanti (www.kertasdanpenaku.blogspot.com)

25

Diklat Praktikum Basis Data I (SQL, Access,VB)

 Klik Next, kemudian tentukan nama dari Form Induk dan Sub Form yang dibuat :

 Bila dijalankan, hasilnya akan seperti berikut :

b. Membuat Combo Box pada Form  Buat database Mahasiswa dan form entri Nilai yang telah dibuat, sekarang bila rancangan diubah, misalnya ubahlah textbox matakuliah menjadi toolbox Combo Box, maka pilihlah toolbox Combo Box.  Hapuslah textbox matakuliah tersebut lalu pilih dan geser tombol Combo Box.

 Pada saat tombol Combo Box diletakkan, maka secara wizard akan muncul dialog sebagai berikut : tentukan sumber data yang akan dimasukan dalam Combo Box.

Roshita Damayanti (www.kertasdanpenaku.blogspot.com)

26

sehingga menjadi dibawah ini : Roshita Damayanti (www. Access.  akhiri dengan Finish. maka bila ingin disimpan pada field tertentu pilih Store that in this field dan isi dengan field yang akan diberikan sesuai dengan kasus diatas pilih Matakuliah.Diklat Praktikum Basis Data I (SQL.VB)  bila ingin memasukan data dalam Combo Box secara langsung tanpa tabel sebagai penyimpanan datanya.com) 27 . maka pilih I will type in the values that I want.  pilih Next dan beri keterangan untuk label Combo Box.blogspot.  tekan Next lalu apakah nilainya disimpan dalam field tertentu. bila datanya sudah ada dalam tabel maka pilih I want the Combo Box up the values in table or Query.kertasdanpenaku.

Data Siswa c. untuk golongan buku yang semula menggunakan Combo Box. Roshita Damayanti (www. Buat tombol Commond Button untuk memberikan fasilitas pencarian data-data buku.Diklat Praktikum Basis Data I (SQL. Buat tombol Command Button untuk menambah record baru . Access. Dan buat tabel baru bernama Golongan lalu isi data-datanya dengan daftar klasifikasi buku seperti contoh diatas. Untuk data MataKuliah dan data Nilai jadikan bentuk Sub Form.VB)  test hasilnya. apakah buku computer. tambahkan field baru berupa golongan untuk mengklasifikasikan buku. buku matematika dan lain sebagainya. pilih View. 3. dimana data Nilai merupakan detail dari setiap mata kuliah yang diselenggarakan. b. Untuk soal no. maka akan tampak hasilnya sebagai berikut : TUGAS 4 : 1.com) 28 . Buat database Mahasiswa yang isinya tabel-tabel yang menyimpan data-data sebagai berikut : a. mahasiswa siapa saja yang mengikuti serta berapa nilai yang didapatkan. Data MataKuliah d. Buka rancangan tabel Buku sebelumnya. Data Nilai 2.1.kertasdanpenaku. ganti dengan List Box a.blogspot. pilih Form View. Data Dosen b. 4. Selanjutnya buat Form untuk Entri Buku tersebut dengan memberikan Combo Box untuk entri dan menyajikan data golongan buku. Untuk setiap mata kuliah.

4. tabel misalnya tabel Buku seperti contoh berikut : Roshita Damayanti (www. prinsip yang kita gunakan adalah :  Dibuat dulu desain awal dengan menggunakan wizard kemudian fungsionalitas dari sebuah report bisa kita tingkatkan dengan menggunakan Design View dan fasilitas lain yang sudah disediakan di Access seperti Sorting and Grouping dan lain-lain. akan tetapi dibutuhkan report untuk keperluan pelaporan yang sesuai dengan kebutuhan manajemen. Menambahkan data dalam bentuk gambar ke dalam report.VB) BAB V REPORT A. 5. Menjelaskan penambahan header dan footer pada report. pembuatan pernyataan kondisional (if…) pada desain report. 6. C. Menambahkan rumus (formula) pada desain report. Membuat laporan dalam Access ada dua fasilitas yaitu Create Report in Design View dan Create Report by Using Wizard. Tujuan Praktikum 1. 3. Access. Menjelaskan pengurutan dan pengelompokan data pada report.blogspot. Menjelaskan pembuatan Report dalam MS Access dengan menggunakan wizard. Report yang dibuat dengan menggunakan wizard memang prosesnya lebih cepat dan mudah. Untuk membuat report yang memiliki fungsi yang lengkap. Teori Singkat Data yang telah dimasukan dalam tabel tidak cukup dilihat dalam form. akan tetapi hasil dari report tersebut bisa kita tingkatkan dengan menambahkan beberapa fungsi seperti berikut : o Mengurutkan data laporan o Mengelompokan data laporan berdasarkan field tertentu o Memberikan header dan footer o Menambahkan data dalam bentuk gambar (image) ke dalam laporan yang dibuat.Diklat Praktikum Basis Data I (SQL.com) 29 . laporan dapat dipreview atau dicetak ke kertas. 2. Membuat Report menggunakan Wizard  Buka database dan pilih Report Wizard. B.kertasdanpenaku. Percobaan a.

tekan Next.Diklat Praktikum Basis Data I (SQL.blogspot. misalnya dikelompokan berdasarkan tahun terbit tetapi jika tidak maka lanjutkan. Access. Nampak seperti gambar berikut :  Kemudian pilih field yang menjadi group report.com) 30 .VB)  Kemudian pilih fields yang akan ditampilkan pada Report :  Klik Next bila ingin mengelompokan berdasarkan field tersebut. Roshita Damayanti (www.kertasdanpenaku.

blogspot. Access.  Bila ingin melakukan rangkuman perhitungan.com) 31 .Diklat Praktikum Basis Data I (SQL. kemudian tentukan field yang menjadi kunci pengurutannya. Roshita Damayanti (www.  Pilih field pengarang sebagai pengurutnya.kertasdanpenaku. maka klik Summary option :  Memilih jenis perhitungan rekapitulasi.VB)  Pilih Next.

bentuk model output kertasnya. misalnya pilih Stepped sebagai layoutnya.Diklat Praktikum Basis Data I (SQL. portrait (vertical) atau landscape (horizontal).com) 32 .kertasdanpenaku. tentukan bentuk layoutnya.  Menentukan layout Report : Block  Untuk layout diatas. lalu tentukan judul reportnya : Roshita Damayanti (www.blogspot.VB)  Klik Next. kemudian tekan Next maka tentukan stylenya :  Kemudian Next. maka tentukan pembuatan layout. Access.

Database ini mempunyai relasi sebagai berikut:  Klik pada object Reports. Access. beri label Nama Bintang Film dan Tanggal Lahir seperti gambar berikut : Roshita Damayanti (www.Diklat Praktikum Basis Data I (SQL. kemudian klik ganda pada Create Report in Design View. b. Pembuatan laporan dengan Design View  Buka database Bintang Film.  Kemudian diatas detail.kertasdanpenaku.com) 33 .blogspot. Print Preview atau klik kanan dan pilih Print Preview. pada property untuk Record Source pilih Data Pribadi.VB)  Hasil rancangan report sebagai berikut :  Kemudian untuk menjalankan pilih file.

Diklat Praktikum Basis Data I (SQL. Mengurutkan Data pada Record  Buka report Laporan_lat1.  Untuk memfilter data pada Record. c. klik pada kotak di sebelah kiri atas pada Design Report.kertasdanpenaku. kemudian pada property Text Align isi dengan Left. pilih menu View | Sorting and Grouping atau klik icon.  Pada property Order By isi dengan nama.com) 34 . pilih Yes pada Order By On untuk mengaktifkan mode pengurutan. Access. Lanhkah-langkahnya sebagai berikut :  Buka Laporan_lat1. Mengurutkan dan Mengelompokan Data Pengurutan dan pengelompokan data pada Report dapat diatur dengan menggunakan fasilitas Sorting dan Grouping.VB)  Kemudian simpan laporan dengan nama Laporan_lat1.blogspot. gunakan property Filter dan Filter On. misalnya untuk menampilkan data yang nama awalnya huruf “A” saja. Pada property format. isi dengan Long Date. set property menjadi seperti ini pada jendela Sorting dan Grouping : Roshita Damayanti (www. misalnya kita ingin menampilkan data tanggal dengan tampilan nama bulan dan tampilan rata kiri. caranya klik pada field tgl_lahir. d. lakukan setting properties sebagai berikut :  Setiap field pada Report memiliki property yang bisa kita atur.

kemudian isi property Control Source dengan : =Left$ ([NAMA]. Roshita Damayanti (www. Tutup jendela Sorting dan Grouping Tambahkan teks berikut untuk menampilkan jumlah record. hasilnya seperti berikut :  Beikut ini kita akan menambahkan catatan kaki (footr) untuk menampilkan jumlah data per kelompok.VB)  Tutup jendela Sorting dan Grouping dan lihat hasilnya. letakan label pada Nama header. pada menu klik View | Report Header/Footer.kertasdanpenaku. Langkah-langkahnya sebagai berikut : pilih menu View | Sorting and Grouping atau klik icon pada property Group Footer isi dengan Yes. e.com) 35 .  Untuk menambahkan Header atau judul yang ditampilkan pada bagian paling atas. Menambahkan Header dan Catatan Kaki  Perhatikan.Diklat Praktikum Basis Data I (SQL.blogspot. terdapat bagian Nama header untuk meletakan judul kelompok. kemudian tambahkan suatu teks.1) dan property Font isi dengan size 14 Bold dan Raised pada Special Effect. Access.

atau alternative lain tambahkan object text box kemudian isi bagian teks dengan =Date() dan =Time() g. Access.  Setelah diklik tombol OK. Tanggal dan Jam  Pada desain laporan.blogspot. kemudian pilih Insert Object… pilih option Create from File Roshita Damayanti (www. dan Alignment dipilih Right. klik menu Insert | Page Numbers…  Klik pada tombol Page N of M dan pada radio button Bottom of Page.com) 36 . Kotak teks berisi halaman itu bisa diedit sehingga isinya menjadi seperti berikut : =”Halaman”&[Page]&”dari”&[Pages]  Untuk menambahkan tanggal dan jam.Diklat Praktikum Basis Data I (SQL. langkah-langkahnya sebagai berikut : buka database Bintang Film tambahkan field FOTO sebagai berikut : - selanjutnya isi field foto dengan cara membuka tabel dalam Datasheet View. Kemudian pada kotak dialog pilih setting sesuai dengan yang diinginkan. Menambahkan Field Foto ke Dalam Report  Untuk menambahkan field berisi foto kedalam tabel.VB) f. tampilan pada layer editing seperti pada gambar berikut. kemudian letakan penunjuk pada field foto yang kosong seperti ini : - klik kanan mouse. Menambahkan Nomor Halaman.kertasdanpenaku. pada laporan klik menu Insert | Date and Time.

Report Data Order d.VB) - klik tombol Browse. 2. klik image pada jendela Toolbox dan letakan pada layout. kerjakan langkah berikut : buka laporan laporan_lat1 mode Design View. dan terakhir klik tanda check pada Link agar gambar dilink berdasarkan sumber aslinya. kemudian klik pada property Record Source. Buat Report yang lengkap untuk Sistem Informasi Penjualan beserta Informasi Statistik yang berkaitan dengan informasi jumlah barang yang terjual. Tampilkan jendela property. Click dan Drag field FOTO pada field list kemudian atur tampilan pada design view menjadi seperti ini :  Untuk menambahkan gambar dari file gambar. kemudian pilih field foto yang akan disisipkan.kertasdanpenaku. double click pada laporan Bintang Film.  Sekarang akan dipraktekan penambahanpeletakan foto yang ada dalam field foto ke dalam laporan Bintang Film. TUGAS 5 : 1.com) 37 . Langkah-langkahnya sebagai berikut : pilih Object Reports. tutup jendela query builder dan tekan tombol Yes pada saat dijumpai konfirmasi apakah dilakukan perubahan pada SQL Statement. Tambahkan informasi baru tentang Gaji Total dimana tambahkan textbox untuk Gaji Total. Report Data Barang c. yaitu : a. Report Data Pelanggan b. tampilkan dalam mode Design View. Access.blogspot. Report Data Detail Order 3.Diklat Praktikum Basis Data I (SQL.db\Bintang Film. beri nama variabelnya gajitot sebagai berikut : GajiTot=jmLembur*UpahLembur Roshita Damayanti (www. tambahkan field FOTO. Daftar Report yang dibuat.\Access\. File gambar diambil dari directory ….

Buat laporan untuk relasi tabel buku dan pinjam.VB) 4.000 dan kurang sama dengan 100. jika lebih besar dari 100. Roshita Damayanti (www.000 dan kurang sama dari 150.000 mendapat sepatu selain itu mendapat TV.com) 38 . Access. 5. Tambahkan textbox Bonus dengan kondisi sebagai berikut : Jika gaji total lebih besar sama dengan 10.000 maka mendapat bonus sandal.blogspot. buat secara Create Report in Design View.kertasdanpenaku.Diklat Praktikum Basis Data I (SQL. lakukan Sorting dan Grouping untuk data pengarang.

Tujuan Praktikum 1. SWITCHBOARD DAN MEMBUAT FORM DI VISUAL BASIC A. laporan data pelanggan. data dosen. Keluar : keluar dari program aplikasi. yaitu : • • • • Data Master : untuk menyimpan data yang relative tetap misalnya data pelanggan. isinya bisa ditambah-tambah.com) 39 . 2. Menjelaskan komponen pada Visual Basic yang digunakan untuk koneksi ke database dalam MS Access.blogspot. Jadi menu dalam Access dapat dibuat dengan menggunakan tombol (CommandButton) atau dengan menggunakan fasilitas pembuatan menu yang sudah disediakan oleh Access yaitu Switchboard. Transaksi : untuk memanggil form transaksi misalnya transaksi peminjaman buku. Laporan : untuk memanggil laporan seperti rekap gaji bulanan. b.kertasdanpenaku. transaksi pembelian dll. 3. Roshita Damayanti (www. Switchboard berfungis seperti menu yang akan menjalankan aplikasi berupa form atau report yang dipanggil untuk dijalankan. Menjelaskan Environment pada Visual Basic. 6. Teori Singkat Pada dasarnya menu terbagi menjadi beberapa bagian. Menjelaskan konsep pembuatan menu. Pembuatan Aplikasi Database menggunakan Visual Basic dan Access Visual Basic berfungsi sebagai tools development untuk membuat aplikasi database dengan menggunakan data yang tersimpan di MS Access. 4. a. B. Memahami Environment di Visual Basic Bagian ini disebut dengan toolbox. Menjelaskan cara pembuatan menu dengan Switchboard. data siswa dll. yang dimaksud dengan kegiatan yang dikendalikan dalam switchboard bisa berupa Form atau report yang dipanggil untuk dijalankan.Diklat Praktikum Basis Data I (SQL. Menjelaskan cara pembuatan menu menggunakan Command Button. Access.VB) BAB VI MEMBUAT MENU . 5. data barang. Bagian ini tempat kita menambahkan elemen atau object baru ke dalam VB. Switchboard adalah sebuah form yang berfungsi sebagai pengendali terhadap sejumlah kegiatan dalam suatu aplikasi. Menjelaskan pembuatan form dengan Visual Basic dan Access.

akan muncul tampilan berikut :  Dari sini pilih : o Microsoft ADO Data Control 6.com) 40 . Koneksi ke Database pada Access Untuk bisa konek ke database Access tambahkan elemen yang diperlukan ke dalam toolbox.Diklat Praktikum Basis Data I (SQL.kertasdanpenaku. maka pada toolbox akan ditambahkan elemen-elemen tambahan yang bisa konek ke database Access. caranya :  Klik pada bagian menu : Project => Components.0 o Microsoft DataGrid o Microsoft DataList  Setelah menekan tombol OK.VB) Bagian ini disebut dengan Project Explorer : Bagian ini disebut dengan properties : c. Access. sebagai berikut : Roshita Damayanti (www.blogspot.

Access. Dalam hal ini akan digunakan Open Form untuk membuka menu form lain.blogspot.VB)  Elemen Adobe digunakan untuk mengatur koneksi ke Access.  Lalu pilih form yang akan dipanggil.  Pada toolbox gambar dari elemen tersebut sebagai berikut : C. pilih toolbox Command Button lalu pilih categories dan tentukan action keterangan : Apply Form Filter : menyaring data lewat form Close Form Edit Form Filter Open Form : menutup form : merubah penyaringan data : membuka/memanggil form dst.kertasdanpenaku.Diklat Praktikum Basis Data I (SQL.com) 41 . Percobaan a. misalnya yang dipanggil form Anggota  Selanjutnya tentukan secara spesifik untuk menampilkan informasi Roshita Damayanti (www. pilih Create Form in Design View. Pembuatan Menu dengan Command Button  Pilih object Form.

Diklat Praktikum Basis Data I (SQL. Access. misalnya pilih text ketik Anggota.  Pilih Next maka apakah nama botton ingin dirubah namanya (sebagai variable) biasanya tidak perlu dirubah.kertasdanpenaku. tidak seluruhnya maka pilih Open the form and find specific data to display  Tentukan jenis tampilan menu. lalu buat menu dalam form sebagai berikut : Roshita Damayanti (www.blogspot.VB)  Jika ingin menampilkan dengan mencari data.  Dengan cara yang sama. apakah text atau gambar.com) 42 .

com) 43 .formFilm . relasi antar tabel dinyatakan sebagai berikut : Untuk membuat Switchboard. terlebih dahulu kita harus merencanakan desain switchboard yang akan kita buat. Access.blogspot.formPribadi .Form Operation .Form Operation .kertasdanpenaku.formMain : memanggil form yang berisi data pribadi Bintang : memanggil form berisi data Film : memanggil form berisi keterangan peran yang dimainkan oleh seorang Bintang film Informasi berisi beberapa pilihan untuk memanggil laporan (report) dalam berbagai bentuk : Laporan1 Laporan2 Laporan3 Laporan4 Roshita Damayanti (www. kita akan gunakan database Bintang Film yang memiliki tabel sebagai berikut : Pribadi : menyimpan data pribadi bintang Film : menyimpan data tentang film Main : menyimpan informasi tentang peran yang dimainkan oleh seorang bintang pada sebuah film Pada database Bintang Film.Form Operation Action Open Form Open Form Preview Report Close Form Panggil Form Buku Pinjam Cetak -  Lalu jalankan menu Form diatas. Switchboard terdiri dari : menu utama yang akan berisi pilihan data dan informasi seperti yang ada pada gambar Data.Diklat Praktikum Basis Data I (SQL. Pembuatan Switchboard Pada percobaan ini. pilih View dan pilih Form View b.Report Operation .VB) keterangan : Categories . memiliki beberapa pilihan sebagai berikut : .

blogspot.Diklat Praktikum Basis Data I (SQL. setelah muncul tampilan berikut : Roshita Damayanti (www.  Dengan cara yang sama buatlah switchboard lagi sehingga hasilnya menjadi seperti berikut :  Klik pada Switchboard Utama kemudian klik Edit.VB) Berikut langkah-langkah pembuatan Switch sesuai dengan desain yang telah dibuat :  buka database BintangFilm. isikan Switchboard Data.com) 44 . kemudian klik tombol New dan akan dijumpai kotak dialog sebagai berikut :  Isikan : Text : &Data Command : Go to Switchboard Switchboard : Switchboard Informasi  Kemudian klik tombol Close untuk menutup jendela Edit Switchboard Page. c. Access. Membuat Form di Visual Basic  Klik Start -> MS Visual Basic 6.kertasdanpenaku.0. maka akan muncul tampilan berikut :  klik tombol Edit untuk mengganti nama switchboard. pilih menu Tools | Database Utilities | Switchboard manager. ganti dengan nama Switchboard Utama. klik tombol New.

com) 45 .VB)  Klik tombol Open.kertasdanpenaku. klik pada obyek Adobe 1. pada bagian Caption isi dengan Data Pribadi Bintang. (nama dari obyek yang baru adalah Adobe 1)  Untuk merubah tampilan Adobe 1. setelah itu akan muncul tampilan seperti berikut :  Setelah itu tambahkan tambahkan komponen untuk konek ke Access (lihat bagian dasar teori).blogspot. Access. kemudian ubah propertinya.Diklat Praktikum Basis Data I (SQL.  Sekarang tampilan obyek Adobe setelah perubahan pada property Caption sebagai berikut : Roshita Damayanti (www.  Tempatkan elemen Adobe di form sehingga pada form terlihat seperti berikut :.

kemudian klik tombol Next :  Setelah itu muncul tampilan berikut : Roshita Damayanti (www. kemudian tekan tombol Build yang ada di sebelah Use connection String.kertasdanpenaku. akan muncul tampilan sebagai berikut :  Pilih pilihan terakhir Use Connection String.com) 46 . pilih MS Jet 4.blogspot.VB)  Klik pada obyek Adobe 1. setelah itu akan muncul tampilan sebagai berikut.0 OLE DB Provider.Diklat Praktikum Basis Data I (SQL. Access. kemudian klik kanan sehingga muncul tampilan berikut. pilih ADODC Properties :  Setelah meng-klik ADODC Properties.

cari dibagian nama file Access disimpan.Diklat Praktikum Basis Data I (SQL.kertasdanpenaku. Access. sehingga muncul tampilan seperti berikut : Roshita Damayanti (www.com) 47 .  Kemudian klik tombol Test Connection untuk memastikan sudah terkonek dengan baik :  Kemudian klik OK dan kembali ke tampilan seperti ini lagi :  Klik pada tab RecordSource.blogspot. klik file tersebut kemudian tekan tombol Open.VB)  Klik pada tombol untuk memilih nama database.

kemudian pada bagian tabel pilih DataPribadi setelah itu klik tombol OK.kertasdanpenaku. Access. kemudian tempatkan pada form sehingga tampilan menjadi seperti berikut :  Ubah property pada obyek DataGrid1. setelah dijalankan. maka hasilnya sebagai berikut : Roshita Damayanti (www. pada bagian Datasource isi dengan Adobe1  Untuk memeriksa hasilnya.blogspot.Diklat Praktikum Basis Data I (SQL. klik pada icon yang ada di bagian bawah menu utama.  Setelah itu tempatkan obyek DataGrid dengan memilih dari toolbox.VB)  Pada Command type pilih table.com) 48 .

Access.blogspot. Buka database Penjualan.Diklat Praktikum Basis Data I (SQL. Catatlah langkah-langkah untuk menyelesaikan soal berikut : a.kertasdanpenaku. Lakukan koneksi dengan menggunakan langkah-langkah yang dijelaskan pada bagian percobaan.com) 49 . Buat Switchboard untuk menu Sistem Infromasi Perpustakaan yang dikerjakan pada Percobaan. c. Buat form pada Visual Basic untuk setiap menu yang ada pada Database. buat menu form untuk memanggil form dan laporan berikut : • • form yang akan dipanggil form Pegawai dan form Kerja laporan yang akan dipanggil laporan Gaji Kerja dan laporan Pegawai b. Kemudian lengkapi juga reportnya lalu panggil dalam menu yang anda buat.VB) TUGAS 6 : 1. 2. buat menu form untuk system penilaian seperti form entri data yang telah disiapkan. Roshita Damayanti (www. Buka database Perpustakaan. 4. Perhatikan untuk menu Transaksi ada dua. Buat Switchboard untuk soal 1 3. catatlah langkah-langkah yang anda lakukan. 5. yaitu Transaksi Peminjaman dan Transaksi Pengembalian. Buat form pada Visual Basic untuk setiap tabel yang ada pada Database.

yaitu LOKASI yang memiliki tipe data Text.blogspot. Menjelaskan penambahan komponen textbox dan label. Teori Singkat Komponen dasar untuk melakukan operasi terhadap data yaitu komponen textbox. Buka database Bintang_Film.VB) BAB VII MENAMBAHKAN KOMPONEN DASAR DAN GAMBAR A. Tujuan Praktikum 1.mdb.kertasdanpenaku. label dan commandbutton.com) 50 . isi kolom LOKASI dengan file gambar lengkap beserta directorinya.mdb.Diklat Praktikum Basis Data I (SQL. tampilan seperti berikut : Tambahkan field baru. 4. Untuk menambahkan gambar. 3. Dengan komponen textbox kita bisa menampilkan data yang ada pada tabel. kemudian klik icon View. klik dua kali DataPribadi pada obyek tabel. tampilannya seperti ini : Roshita Damayanti (www. Menjelaskan penambahan komponen tombol beserta pemrogramannya. B. Access. terlebih dahulu kita harus memodifikasi database Bintang_Film. seperti ini : Lakukan modifikasi pada tabel pribadi. sedangkan komponen label digunakan untuk memberi judul terhadap komponen textbox di sebelah kanannya. Menjelaskan penambahan komponen gambar. tempatkan file gambar ke dalam directory tertentu misalnya semua file gambar di tempatkan di D:\ Kembali ke tabel DataPribadi. bisa melakukan penginputan data ke dalam tabel atau menampilkan hasil dari suatu pencarian data. Menjelaskan cara pengurutan data berdasarkan field tertentu. 2. tampilannya menjadi seperti ini : Simpan perubahan dengan mengklik icon Save.

setelah ketemu klik nama file proyek lalu klik tombol Open.blogspot.kertasdanpenaku. Kemudian cari proyek sebelumnya yang sudah pernah dibuat.Diklat Praktikum Basis Data I (SQL. Percobaan a. buka proyek sebelumnya yang sudah diberi nama ProyekSaya yang memiliki sebuah form dengan nama formPribadi. jalankan Visual Basic.com) 51 . hasil perubahan tombol Roshita Damayanti (www.VB) Untuk menempatkan gambar di VB. Access. Menambahkan Tombol pada Form  Tambahkan tombol di form sehingga tampilannya menjadi seperti berikut :  Ubah setting property tombol. pada bagian property isi Caption dengan &Keluar seperti yang terlihat pada gambar :  Setelah diubah propertinya. C.

 Klik dua kali pada tombol Keluar.  Fungsi dari tombol Keluar dimaksudkan untuk keluar dari form. b. maka kita harus menambahkan ‘program’ ke dalam tombol tersebut. Menambahkan Program pada Tombol Tombol yang kita buat belum memberikan hasil apa-apa alias belum punya action. maka hasilnya kita akan keluar dari form dengan cara mengklik tombol Keluar.com) 52 . supaya jika tombol tersebut di klik akan dikerjakan sesuatu misalnya keluar dari form.kertasdanpenaku. Access. Roshita Damayanti (www. jalankan dan klik pada tombol Keluar.blogspot. karena itu tambahkan kode seperti berikut :  Untuk memeriksa hasilnya. sehingga muncul tampilan seperti berikut :  Ini adalah tempat kita untuk menuliskan ‘program’  Pada tampilan tersebut nama obyeknya adalah Command1 dilakukan click maka akan dikerjakan apa yang kita tuliskan.VB)  &Keluar akan menghasilkan tulisan Keluar yang berarti jika ditekan tombol Alt K akan memberikan hasil yang sama dengan jika tombol tersebut di klik.Diklat Praktikum Basis Data I (SQL.

 Ubah property name pada label. Menambahkan Label dan TextBox  Tempatkan label hasilnya seperti ini : pada form.blogspot. ubah property caption.Diklat Praktikum Basis Data I (SQL. kenapa hasilnya seperti berikut :  Hal itu karena kita harus menyesuaikan nama obyek dan kaitannya dengan obyek lain.com) 53 .VB) c.kertasdanpenaku. ubah nama obyek Adodc1 menjadi DataAkses. ubah property Datasource pada DataGrid1 dengan DataAkses  Klik dua kali tombol Keluar.  Jalankan program untuk memeriksa hasilnya dan sekarang akan kembali seperti semula : d. Access. kemudian tambahkan kode End untuk keluar dari VB. Ubah Nama Obyek sesuai Fungsinya  Ubah nama obyek Command1 menjadi cmdKeluar. isi dengan Kode Bintang. kemudian jalankan. isi dengan tblKode Roshita Damayanti (www.

Access. hasilnya seperti ini :  Ubah property text pada textbox. seperti pada gambar berikut : 54 Roshita Damayanti (www.Diklat Praktikum Basis Data I (SQL.com) .blogspot. isi dengan txtKode. kosongi seperti ini :  Kemudian ubah property name pada textbox. pada Datasource isi dengan DataAkses.VB)  Tempatkan obyek textbox pada form. hasilnya seperti ini :  Ubah property textbox.kertasdanpenaku.

pada DataField isi dengan Kode_Bintang.frm) sehingga muncul tampilan form yang sduah pernah kita buat.kertasdanpenaku. klik tanda + yang terletak di sebelah kiri forms. pada jendela Project Explorer.com) 55 .  Kemudian klik dua kali Form1 (frmPribadi. Penambahan Komponen Gambar  Buka proyek tempat kita membuat form terdahulu.blogspot.VB)  Ubah property textbox. Access. seperti pada gambar berikut :  Jalankan program dan hasilnya seperti berikut : e. Roshita Damayanti (www.Diklat Praktikum Basis Data I (SQL.

dapat dilihat sebagai berikut :  kita tambahkan kolom LOKASI ke dalam form.kertasdanpenaku.VB)  Tambahkan object Image pada form.blogspot.Diklat Praktikum Basis Data I (SQL. tampilan menjadi seperti ini :  Lakukan perubahan property pada image : ubah property BorderStyle ganti dengan 1-Fixed Single - ubah property Stretch ganti dengan True ubah property name isi dengan Gambar  hasil perubahan property image.com) . Access. ubah property pada textbox untuk name ganti dengan txtLokasi untuk Text kosongi untuk DataSource isi dengan DataAkses untuk DataField isi dengan LOKASI 56 Roshita Damayanti (www. sebagai hasilnya modifikasi yang baru saja dilakukan di Access  tempatkan label dan textbox pada form.

 Isikan kode berikut untuk menampilkan gambar pada obyek Image :  Jalankan program dan hasilnya seperti berikut : f. maka akan dijalankan apa yang tertulis dalam program.VB)  hasil dari penambahan kolom LOKASI akan nampak di form sebagai berikut :  gambar Bintang ada di file seperti yang tampil pada field LOKASI. Mengurutkan Data Berikut iini data akan diurutkan berdasarkan nama bintang. caranya :  Ubah property RecordSource pada DataAkses.kertasdanpenaku. Access.com) 57 . Change sebagai event artinya jika terjadi perubahan pada kode biintang dari tombol navigasi. untuk itu klik dua kali obyek txtKode. modifikasi jendela Property Pages menjadi seperti ini : Roshita Damayanti (www. sehingga muncul tampilan seperti ini :  pastikan pada bagian atas.blogspot. telah terpilih txtKode dan Change.Diklat Praktikum Basis Data I (SQL.

Berikut daftar field dan nama propertinya : a. property name : txtTglLahir d. property name : txtLokal 3. 2.com) 58 .Diklat Praktikum Basis Data I (SQL. TUGAS 7 : 1.blogspot. lakukan hal yang sama untuk field-field yang lain. property name : txtKode b. field Sex.kertasdanpenaku. Access. Lanjutkan penambahan label dan textbox pada form untuk Data Bintang.VB)  Jalankan sekali lagi. Jangan lupa untuk menyesuaikan nama obyeknya. field Nama. Buatlah form yang lengkap untuk tabel yang lain pada Database BintangFilm 4. property name : txtSex e. hasilnya akan seperti ini :  Perhatikan pada DataGrid. field Kode_Bintang. misalnya untuk field Nama maka obyek textbox nya memiliki property name txtNama. field Lokal. property name : txtNama c. field Tgllahir. maka data sudah terurut berdasarkan nama. Kemudian urutkan datanya berdasarkan field tertentu Roshita Damayanti (www.

1. Access. 5.VB) BAB VIII MODIFIKASI TAMPILAN MEMBUAT MODUL DML A.com) 59 . menjelaskan penggunaan komponen CheckBox. Atau merubah komponen textbox yang berisi beberapa kemungkinan nilai yang sudah pasti. status perkawinan menjadi komponen OptionButton sehingga tampilan form menjadi lebih menarik dan interaktif. klik tombol Add  Setelah muncul tampilan seperti ini. pilih pada bagian access database *. misalnya jenis kelamin. Teori Singkat Memodifikasi tampilan Form artinya merubah tipe dari komponen yang sebelumnya menjadi komponen baru yang lebih interaktif. lalu klik tombol Finish Roshita Damayanti (www.mdb. contohnya merubah komponen textbox menjadi checkbox sehingga untuk data yang memiliki dua kemungkinan nilai bisa ditampilkan dengan informasi tanda check (centang) atau uncheck. klik dua kali pada Administrative Tools.  Klik dua kali pada Data Sources (ODBC). menjelaskan penggunaan komponen OptionButton 4. menjelaskan tujuan dari modifikasi tampilan form 2.Diklat Praktikum Basis Data I (SQL. menjelaskan cara pembuatan koneksi dengan menggunakan ODBC driver. Untuk melakukan koneksi antara Visual Basic dengan Microsoft Access hal pertama yang harus dilakukan adalah mendefinisikan Data Source Name yang ada pada Control Panel -> Administrative Tools -> Data Sources (ODBC).blogspot. Tujuan Praktikum FORM DAN KONEKSI ODBC. merubah data dan menghapus data. berikut cara mendefinisikan Data Source Name (DSN) :  Definisikan DSN dengan mengklik Control Panel. B. setelah muncul tampilan seperti ini. menjelaskan pembuatan modul Data Manipulation Language (DML) yang terdiri dari perintah untuk menambah data.kertasdanpenaku. 3.

mdb C. Access.com) 60 .VB)  Isi nama DSN pada bagian Data Source Name dengan Datasaya. lalu klik tombol Select untuk memilih database. pilih database Bintang_Film. Penggunaan Komponen CheckBox  Pada field Bintang Film Lokal.blogspot. ubah menjadi chkLokal Roshita Damayanti (www. sehingga tampilan form menjadi seperti berikut :  Ubah property checkbox pada name. Percobaan a.kertasdanpenaku. ganti obyek textbox menjadi checkbox.Diklat Praktikum Basis Data I (SQL.

kertasdanpenaku. untuk keterangan jenis kelamin lebih sesuai jika menggunakan kombinasi obyek frame optionbutton  Untuk itu modifikasi form menjadi bentuk seperti ini : dengan Roshita Damayanti (www.blogspot. Penggunaan Komponen OptionButton Berikut ini komponen textbox akan diganti menjadi OptionButton.com) 61 . Penambahan Program pada Komponen CheckBox  Tambahkan ‘kode’ atau ‘program’ pada txtKode untuk event Change. seperti ini :  Uji hasilnya dengan mejalankan program. Access.Diklat Praktikum Basis Data I (SQL. maka unutk bintang film local akan diberi tanda check : c.VB) b.

kertasdanpenaku. modifikasi ‘program’ sebelumnya menjadi seperti ini :  Jika dijalankan.Diklat Praktikum Basis Data I (SQL. setelah muncul tampilan seperti ini.com) 62 . maka hasilnya akan seperti ini : d. Membuat Form dengan Koneksi ODBC Sekarang waktunya untuk menambah form di VB yang menggunakan koneksi ODBC atau DSN. perlu diubah sesuai fungsinya : Property name pada OptionButton diganti menjadi optLaki dan optPerempuan.  Pada project explorer. Access.blogspot.VB)  Untuk property OptionButton. klik dua kali pada VB Data Form Wizard Roshita Damayanti (www. klik kanan lalu pilih Add => Form.

VB)  Setelah muncul tampilan seperti ini klik Next :  Pilih Remote ODBC. misalnya kita beri nama frmFilm Roshita Damayanti (www.com) 63 .Diklat Praktikum Basis Data I (SQL. lalu klik Next  Pilih nama DSN yang baru dibuat tadi. yaitu Datasaya  Beri nama form yang akan kita buat. Access.blogspot.kertasdanpenaku.

com) 64 . Persiapan Pembuatan Operasi DML  Klik pada Project -> Reference. pilih semua field dengan memindahkannya ke kanan dan urutkan berdasarkan kode_film  Klik Next  Terakhir klik Finish. tambahkan yang belum ada.Diklat Praktikum Basis Data I (SQL. Access.Connection Roshita Damayanti (www.blogspot. hasilnya seperti ini : e.kertasdanpenaku. sesuaikan pada gambar berikut :  Kemudian berikan deklarasi umum pada Visual Basic: dim ConnProses As New ADODB.VB)  Pilih tabel Film pada Recordsource.

Recordset.Recordset. dimana terdapat dua pilihan transaksi yaitu Peminjaman dan Pengembalian yang dibuat dengan menggunakan kombinasi obyek frame dan Option Button.Recordset!nama MsgBox (“Data belum ada”) TUGAS 8 1.VB) f.Text = Adodc1.Recordset!kode_bintang Text2.Text) & “”`  Adodc1. Prosedur Menyimpan Data  Dim msql As String  ConnProses.Execute (msql)  ConnProses.Recordset. 2.Refresh  DataGrid1.kertasdanpenaku. Prosedur untuk Mencari data  msyarat = “Kode_bintang = “` & Trim(Text1.EOF Then   Else     End If MsgBox (“Data sudah ada dalam table”) Text1.Text = Adodc1.Refresh  DataGrid1. Access.Diklat Praktikum Basis Data I (SQL.BeginTrans  msql =”delete from DataPribadi Where Kode_bintang = “` & Text1. Kembangkan form Transaksi pada Sistem Informasi Perpustakaan.Refresh g.Refresh h.BeginTrans   ConnProses. Roshita Damayanti (www.CommitTrans  Adodc1.blogspot.Text&””`  ConnProses. jika buku telah dikembalikan maka diberi tanda check dan jika buku belum dikembalikan maka tidak diberi tanda check.Find msyarat  If Adodc1.MoveFirst  Adodc1.Execute (msql)  ConnProses. Kembangkan System Informasi Perpustakaan dengan membuat form Pemeriksaan Status Buku dimana untuk data Peminjaman Buku. Prosedur untuk Menghapus Data  Dim msql As String  ConnProses.CommitTrans  Adodc1.com) 65 .

Modul Praktikum Basis Data 1. Fakultas Sains Terapan Institut Sains & Teknologi Akprind Yogyakarta. Access.Diklat Praktikum Basis Data I (SQL.blogspot. 2008. Roshita Damayanti (www.VB) DAFTAR PUSTAKA Sutanta E.kertasdanpenaku.com) 66 .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful