P. 1
Cara Kerja Lemari Es3

Cara Kerja Lemari Es3

|Views: 88|Likes:
Published by Putra Linkga SKom

More info:

Published by: Putra Linkga SKom on Jun 13, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

10/29/2014

pdf

text

original

CARA KERJA LEMARI ES

1. LEMARI ES (REFRIGERATOR) Adalah suatu unit mesin pendingin dipergunakan dalam rumah tangga, untuk menyimpan bahan makanan atau minuman. Untuk menguapkan bahan pendingin di perlukan panas. Lemari es memanfaatkan sifat ini. Bahan pendingin yang digunakan sudah menguap pada suhu -200C. panas yang diperlukan untuk penguapan ini diambil dari ruang pendingin, karena itu suhu dalam ruangan ini akan turun. Penguapan berlangsung dalam evaporator yang ditempatkan dalam ruang pendingin. Karena sirkulasi udara, ruang pendingin ini akan menjadi dingin seluruhnya. CARA KERJA INSTALASI MESIN KULKAS Setelah ke dalam kompresor diisi gas freon , maka gas itu dapat dikeluarkan kembali dari silinder oleh kompresor untuk diteruskan ke kondensor, setelah itu menuju saringan, setelah itu menuju ke pipa kapiler dan akan mengalami penahanan. Adanya penahanan ini akan menimbulkan suatu tekanan di dalam pipa kondensor. Sebagai akibatnya gas tersebut menjadi cairan di dalam pipa kondensor. Dari pipa kapiler cairan tersebut terus ke evaporator dan terus menguap untuk menyerap panas. Setelah menjadi gas terus dihisap lagi ke kompresor. Demilian siklus kembali terulang. JENIS ALIRAN UDARA PENDINGIN Jenis aliran udara pada lemari es ada 2 macam : Secara alamiah tanpa fan motor, di dalam lemari es udara dingin pada bagian atas dekat evaporator mempunyai berat jenis lebih besar. Dari beratnya sendiri udara dingin akan mengalir ke bagian bawah lemari es. Udara panas pada bagian bawah lemari es karena berat jenisnya lebih kecil dan di desak oleh udara dingin dari atas, akan mengalir naik ke atas menuju evaporator. Udara panas oleh evaporator didinginkan menjadi dingin dan berat lalu mengalir ke bawah lagi. Demikianlah terjadi terus menerus secara alamiah.Aliran udara di dalam lemari es dengan di tiup oleh fan motor, lemari es yang memakai fan motor, dapat terjadi sirkulasi udara dingin yang kuat dan merata ke semua bagian dari lemari es. Udara panas di dalam lemari es dihisap oleh fan motor lalu dialirkan melalui evaporator. Udara menjadi dingin dan oleh fan motor di dorong melalui saluran atau cerobong udara, di bagi merata ke semua bagian dalam lemari es.

CARA KERJA PENDINGIN KIPAS ANGIN
Apakah ada cara yang lain untuk membuat ruangan menjadi lebih sejuk tanpa menghabiskan biaya untuk membayar tagihan listrik? Sekarang sudah ada jawabannya. COOLING PACK. What Is Cooling Pack..?? Cooling Pack menggunakan kristal es yang diproduksi dan dikemas dengan teknologi tinggi. Tidak berwarna, tanpa rasa, tidak mengandung racun dan dapat digunakan berulang kali tanpa batas waktu dan tanpa penurunan kualitas

Manfaat
• Dapat digunakan untuk semua jenis kipas angin listrik seperti kipas angin yang diletakkan di meja, kipas angin yang dapat dipindahkan atau yang diletakkan di lantai. Bahkan untuk kipas angin dengan ukuran besar. • • Dapat digunakan pada kotak pendingin dan menjaga makanan atau minuman tetap dingin. Dapat digunakan untuk menurunkan suhu tubuh (demam).Menghemat tagihan listrik ketika menurunkan temperatur 3-4 derajat di dalam ruangan. Spesifikasi : Berat : ?1,2 Kg Dimensi Pacakging : 28.7 cm x 19.5 cm x 5 cm Komposisi Plastik, high molecular polymer Petunjuk Penggunaan • Untuk penggunaan pada kipas angin : Taruh kedua cooling pack pada lemari pendingin, dan diamkan selama 4 jam. Setelah membeku, pasang wadah air dan letakkan pada bagian belakang kipas angin. Jika kipas angin berbentuk kotak, gantungkan cooling pack pada bagian belakang, dan nyalakan kipas angin. • • Penggunaan pada kotak pendingin : Letakkan cooling pack yang telah dibekukan ke dalam kotak pendingin. Untuk menurunkan suhu tubuh (demam) : Letakkan kepala Anda di atas cooling pack yang telah dilapisi handuk kecil. Tindakan Pencegahan • • Jangan menjatuhkan, memotong, atau merusak cooling pack. Jangan memakan Gel bagian dalam cooling pack.

Air conditioner
Air conditioner atau AC merupakan salah satu peralatan Pendingin (refrigeration). Alat lain yang bekerja menggunakan sistim pendingin adalah seperti kulkas, frezer, dan dispenser dingin. Prinsip dasar kerja dari mesin/sistim pendingin dapat didefinisikan sebagai “merelokasi atau memindahkan panas”. Jadi prinsip kerja sebuah AC dalam mendinginkan ruangan adalah dengan cara memindahkan panas udara dari suatu ruangan (in-door) ke udara di luar ruangan(out door). CARA KERJA AC Prinsip atau cara kerja AC atau mesin pendingin ruangan. • • • • • Udara panas energinya diserap refrigran yang berada di dalam Evaporator dan disemburkan keluar sebagai udara dingin. Panas yang diserap oleh evaporator dibawa keluar oleh refrigran lewat pipa uap. Panas yang dibawa dibuang ke udara lewat udara luar yang disirkulasikan melewat kondensor. Refrigran dingin bersikulasi kembali lewat pipa cair (4) Dan masuk kembali ke dalam Evaporator

Karena temperatur udara dalam ruangan dan temperatur udara luar sebenarnya tidak berbeda, maka untuk memindahkan panas pada pendingin AC dibutuhkan enersi. Yaitu enersi listrik yang dibutuhkan untuk memompa panas dari dalam ruangan dan membuangnya keluar ruangan. AC berfungsi untuk membuat nyaman ruangan degan cara, • Menurunkan temperatur udara ruangan, temperatur yang nyaman bagi tubuh manusia adalah sekitar 24 ~ 28ºC, temperatur yang terlalu dingin justru membuat badan tidak nyaman. • Menurunkan tingkat kelembaban udara. Tingkat kelembaban udara yang nyaman bagi tubuh manusia adalah sekitar 40 ~ 60ºC. Kelembaban tinggi menyebabkan udara gerah karena keringat susah menguap. Kelembaban rendah menyebabkan kulit terasa kering & pedih • • Membersihkan udara, menyaring untuk menghilangkan partikel-partikel kotoran, debu, asap rokok dan menghilangkan bau Mensirkulasikan udara ruangan, udara bergerak lebih nyaman di badan dibanding udara yang diam.

CARA KERJA PENDINGIN KIPAS ANGIN
Manfaat 1. Dapat digunakan untuk semua jenis kipas angin listrik seperti kipas angin yang diletakkan di meja, kipas angin yang dapat dipindahkan atau yang diletakkan di lantai. Bahkan untuk kipas angin dengan ukuran besar. 2. Dapat digunakan pada kotak pendingin dan menjaga makanan atau minuman tetap dingin. 3. Dapat digunakan untuk menurunkan suhu tubuh (demam). 4. Menghemat tagihan listrik ketika menurunkan temperatur 3-4 derajat di dalam ruangan. Spesifikasi : Berat : ?1,2 Kg Dimensi Pacakging : 28.7 cm x 19.5 cm x 5 cm Komposisi Plastik, high molecular polymer Petunjuk Penggunaan (1) Untuk penggunaan pada kipas angin : Taruh kedua cooling pack pada lemari pendingin, dan diamkan selama 4 jam. Setelah membeku, pasang wadah air dan letakkan pada bagian belakang kipas angin. Jika kipas angin berbentuk kotak, gantungkan cooling pack pada bagian belakang, dan nyalakan kipas angin. (2) Penggunaan pada kotak pendingin : Letakkan cooling pack yang telah dibekukan ke dalam kotak pendingin. (3) Untuk menurunkan suhu tubuh (demam) : Letakkan kepala Anda di atas cooling pack yang telah dilapisi handuk kecil. Tindakan Pencegahan (1) Jangan menjatuhkan, memotong, atau merusak cooling pack. (2) Jangan memakan Gel bagian dalam cooling pack. Perawatan Letakkan pada tempat dengan temperatur normal. Jika cooling pack tidak digunakan dalam waktu yang lama, bersihkan dan simpan di tempat dengan temperatur normal.

Air conditioner

Air conditioner atau AC merupakan salah satu peralatan Pendingin (refrigeration). Alat lain yang bekerja menggunakan sistim pendingin adalah seperti kulkas, frezer, dan dispenser dingin. Prinsip dasar kerja dari mesin/sistim pendingin dapat didefinisikan sebagai “merelokasi atau memindahkan panas”. Jadi prinsip kerja sebuah AC dalam mendinginkan ruangan adalah dengan cara memindahkan panas udara dari suatu ruangan (in-door) ke udara di luar ruangan(out door).

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->