Modul Microsoft Office Acces 2003

MICROSOFT ACCESS
Pengenalan Microsoft Office Access 2003
Microsoft Access adalah suatu aplikasi yang dapat menbantu kita membuat aplikasi database dalam waktu relatif singkat, Biasanya digunakan untuk pembuatan aplikasiaplikasi kecil, Misalnya Program untuk kasir di Koprasi, Penjualan untuk toko. Di Microsoft Access terdapat beberapa bagian yaitu : 1. Table 2. Query 3. Form : digunakan untuk menyimpan data : digunakan untuk memanipulasi data : digunakan untuk frontend aplikasi, biasanya untuk

menampilkan data,menambah data dll. 4. Report 5. Macro : digunakan untuk membuat laporan : digunakan untuk melakukan satu atau beberapa fungsi

Bagaimana memulai Microsoft Access 1. Click Start pilih Program lalu pilih Microsoft Access 2. Setelah terbuka click Blank Database, pada jendela file New Databases isikan nama file yang diinginkan misalkan Penjualan ( untuk membuat aplikasi penjualan barang pada suatu toko )

Kita sudah membuat database dengan nama Penjualan tetapi database itu belum dapat di gunakan untuk itu kita perlu membuat Table, Form , Query, Report dan Macro bila perlu.

Teaching Lab

1

Sebelum kita membuat table kita tentukan dulu table-table yang diperlukan beserta field-fieldnya.Modul Microsoft Office Acces 2003 TABLE Table adalah tempat untuk mentimpan data. Double Click Create Table in Design View 3. contohnya data barang disimpan di table barang. Table Barang No Field 1 2 3 4 * Kode_barang Nama_barang Satuan Harga Tipe data Text(4) Text(30) Text(10) Number Keterangan Kode Untuk barang Nama Barang Satuan Jumlah Barang Harga Barang Langkah Pembuatan Table : 1. Pada jendela table ketikan fiels-field table barang beserta tipe datanya. Pada jendela database Click Table 2. jangan lupa tentukan Kode Barang sebagai Primery Key seperti gambar di bawah ini Teaching Lab 2 .

Jika Table Barang sudah selesai dibikin sekarang coba buat Table Karyawan. karena table ini berkaitan dengan Barang kita simpan dengan nama “Tbl_Barang”. Header_Penjualan dan Detail_Penjualan dengan spesifikasi sebagai berikut : Table Karyawan di simpan dengan nama Tbl_karyawan No Field 1 2 3 * Nik Nama_Karyawan Bagian Tipe Data Text(5) Text(30) Text(10) Keterangan Nomor Induk Karyawan Nama Karyawan Nama Bagian Table Header_Penjualan simpan dengan nama Tbl_H_Pjl Teaching Lab 3 . Tutup table untuk membuat table-table lainnya. Ketikkan Nama Table. Pilih File Save . 5.Modul Microsoft Office Acces 2003 4. Table Barang sudah selesai di buat.

caranya double Click Table yang ingin kita isi.Modul Microsoft Office Acces 2003 No Field 1 2 3 *No_faktur Tgl_Fak NIK Tipe Data Text(5) Date Text(10) Keterangan Nomor Faktur Tanggal Faktur Nomor Induk Karyawan Table Detail_penjualan simpan dengan nama Tbl_D_Pjl No Field 1 2 3 4 5 No_faktur Nama_Barang Satuan Harga Jumlah Tipe data Text(5) Text (30) Text (10) Number Number Keterangan Nomor Faktur Nama Barang Satuan Jumlah Barang Harga Barang Jumlah Harga Kemudian isi Data pada table-table yang kita telah buat . kemudian isi data-datanya (cara isinya sama seperti pada Excell) Teaching Lab 4 .

Modul Microsoft Office Acces 2003 Query Query adalah ”Permintaan Data” kita berupa bahasa bisnis. Query biasanya digunakan sebagai sumber data untuk Report dan form Teaching Lab 5 . untuk mengolah data dalam tabel menjadi satu informasi yang bisa di mengerti . Dengan Query kita dapat : • • • Menampilkan data-data tertentu pada suatu table Menampilkan data dari diua table atau lebih dengan syarat antar table itu ada field yang berhubungan Dapat melakukan oprasi perhitungan Itulah tiga fungsi utama Query . atau pada dua atau lebih tabel. ia bisa berdasarkan pada satu tabel saja. seperti mengelompokkan sepuluh penjualan terbesar oleh cuxtomer yang dimiliki. ataupun berdasarkan pada query yang telah ada.

pada jendela Database pilih Query lalu double Click Create Query In Design View 2. misalnya kita pakai table Barang. Click Tabel_Barang lalu Click Add. pada jendela Show Table pilih table yang akan dipakai dalam Query.Modul Microsoft Office Acces 2003 Cara membuat Query : 1. Jika tidak ada table yang ingin dipakai lagi click Close Keterangan Field Table : Nama Field yang ingin ditampilkan : Nama Table dari Field tersebut Teaching Lab 6 .

Modul Microsoft Office Acces 2003 Show Criteria : Mengatur Field ditampilkan atau tidak : Syarat dari data yang ingin ditampilkan 3. click tombol panah ke bawah pilih Tbl_barang 4. Untuk menampilkan seluruh field dan record pada Tbl_barang pada field. Untuk mellihat hasil query pilih menu Query lalu Click Run atau bisa langsung mengklik Icon Run pada toolbar Hasilnya : Teaching Lab 7 .

6. Maka Query akan tersimpan dan dapat digunakan kapan saja. Misalnya kita hanya ingin menampilkan Field Kode_barang dan Nama_Barang. Pada jendela Save beri nama Query lalu Click OK. Pastikan kotak kecil pada show tercentang (Jika kotak pada show tercentang maka field akan ditampilkan. Untuk menyimpan Query klik Icon disket.Modul Microsoft Office Acces 2003 5. Bila dijalankan hasilnya : Teaching Lab 8 . Untuk menampilkan Field-field tertentu saja. tetapi bila tidak maka field tidak ditampilkan). Lalu arahkan kursor kesebelah lalu Click tombol panah kebawah pilih nama Barang.

Modul Microsoft Office Acces 2003 7. Untuk menampilkan data barang yang kode barangnya =B001. caranya adalah pilih field-field yang akan ditampilkan pada field Kode_Barang Criterianya di ketik B001 Bila dijalankan hasilnya : Teaching Lab 9 .

Pilih Field-ield yang akan di tampilkan pada field No_Fak pada criterianya diketik ”F0001” setelah itu jalankan Query. Teaching Lab 10 .Modul Microsoft Office Acces 2003 8. Baru klik Close. kita harus membuat hubungan antara table Tbl_H_Pjl dengan Tbl_karyawan caranya adalah klik field NIK pada Tbl_H_Pjl tahan lalu geser ke arah field NIK pada Tbl_Karyawan ” akan muncul garis penghubung kedua table” ( Jika sudah ada tidak perlu membuat penghubung ). Pilih Tbl_H_Pjl lalu Klik Add. Untuk menampilkan nomor faktur ”F001” Siapa yang Punya . caranya adalah pada saat kita memilih table yang akan digunakan pada query. Pilih Tbl_karyawan .

Simpan Query dengan nama Qry_detail_penjualan Teaching Lab 11 . lalu klik dua kali Design View pilih tbl_D_Pjl Click Add Click Close b. Pada jendela Query buat Query seperti dibawah ini c. Caranya : a.Modul Microsoft Office Acces 2003 Bila dijalankan maka hasilnya : 9. Untuk melakukan operasi perhitungan contohnya kita buat query untuk sub form penjualan. Click Query.

Modul Microsoft Office Acces 2003 Pada kolom terakhir pada field ketikkan “ Total Harga : [Harga]*[Jumlah] “ Jika dijalankan maka hasilnya : 10. Untuk menampilkan data b. Crosstab Query c. Query itu ada beberapa jenis yaitu : a. Make-Table Query (untuk Menyimpan Data hasil Query kedalam table Baru) d. Update Query (Untuk mengupdate nilai dari suatu record atau field) e. Select Query (yang sedang kita praktekan). Append Query (untuk memasukkan data hasil query kedalam table) f. Delete Query (untuk menghapus data pada Table) Teaching Lab 12 .

pada jendela New Form pilih Auto Form Columnar. dan lain-lain control windows form dalam access biasa dimasukkan ke dalam form lain sebagai control sub form. lalu Pilih sumber datanya. 1. Click New. biasanya jika bekerja dalam Transaksi Master Detail Membuat Form Barang untuk maintenance data Barang. lalu Click Create in Desaign Wizard. caranya kita Click tombol panah ke bawah pilih Tbl_Barang click OK Hasilnya : Teaching Lab 13 . Pada Jendela Database pilih Form. tombol.Modul Microsoft Office Acces 2003 Form Form digunakan untuk mempresentasikan ke user atau menerima inputan dari user data dalam table / query dalam bentuk interface grid.

pada toolbox click Command Button lalu letakkan pada form akan muncul jendela Command Button Wizards.Modul Microsoft Office Acces 2003 Kita lihat form yang dihasilkan Untuk memodifikasinya klik Icon Design pada Toolbar 2. Click Next pada Text ketik Tambah lalu Click Next. ketikkan nama untuk command Button ini ketik saja cmd_Tambah lalu click Finish. Tambahkan Tombol untuk Menambah data caranya . pada Categories pilih Record Operations. pada Actions Pilih Add New Record. Pada mode desaign atur form agar bisa kita tambahkan control-control yang lain 3.untuk lebih jelasnya lihat gambar dibawah ini Teaching Lab 14 .

Pada toolbox klik Command Button lalu letakkan pada form akan muncul jendela Command Button Wizards. Pada Categories pilih Record Operations. ketikkan nama untuk Command Button ini ketik saja cmd_Simpan lalu klik Finish 6. Klik Next pada text ketik hapus lalu klik Next. Tambahkan tombol untuk menghapus data caranya.Modul Microsoft Office Acces 2003 4. pada Actions pilih Teaching Lab 15 . Pada Categories pilih Form Operations. Pada toolbox klik Command Button lalu letakkan pada form akan muncul jendela Command Button Wizards. Klik next pada Text ketik Simpan lalu klik Next. pada Actions Pilih Delete Records. Pada toolbox klik command Button lalu letakkan pada form akan muncul jendela Command Button Wizards. Tambahkan Tombol untuk menyimpan data caranya. pada Actions Pilih Save. ketikkan nama untuk command button ini ketik saja cmd_Hapus lalu klik Finish 5. Pada Categories pilih Record Operations. Tambahkan Tombol untuk keluar dari form caranya.

Teaching Lab 16 . klik Next Pilih Kode Barang jika kita ingin mencari berdasarkan kode barang klik tombol > lalu klik Next. klik next lagi. Ketikkan “ Klik disini untuk mencari kode barang lalu klik Finish. ketikkan nama command button ini ketik cmd_keluar lalu klik Finish.Modul Microsoft Office Acces 2003 Close Form. Klik Next pada Text ketik keluar lalu klik Next. 7. Caranya block control lalu geser kebawah. Pada Toolbox klik Combo Box Wizards pilih “ Find a records on my form based on the value I selected in my Combo Box” . Tambahkan Combo Box untuk mencari data barang.

Tambahkan Label untuk membuat Judul Form pada Toolbox klik Label lalu gambarkan di Form kemudian di dalam label tersebut ketikkan “Maintenance Data Barang” 9. Pembuatan Form Data Barang sudah selesai dan silahkan di tes apakah tomboltombol yang ada sudah berfungsi dengan benar Teaching Lab 17 .Modul Microsoft Office Acces 2003 8. Setelah selesai dibuat Simpan Form dengan nama frm_Barang.

dengan tampilan yang sekarang tentu masih kurang ok untuk itu kita harus memodifikasinya Kita ingin agar pada saat kita mengetikkan kode_barang maka Nama Barang dan harga Satuannya akan langsung muncul kita masukkan jumlah maka Total Harga akan muncul. Pada wizard. Pada Jendela database pilih Form. Form Penjualan terdiri dari Form Penjualan dan Form detail penjualan sebagai sub form. klik Combo Box letakkan pada tempat textbox kode baranf yang telah kita hapus 7. Form ini digunakan untuk memasukkan data detail barang yang di beli karyawan. klik New pada Jendela New Form Wizard. Membuat Sub Form Detail Penjualan 1. lalu pilih sumber datanya. Pada jendela Form Wizards Pindahkan semua Field ke sebelah kiri kecuali field No_Fak klik next. Pilih data Sheet klik Next pilih Standard Klik Next lalu klik finish. pada Jendela Combo Box Wizards ikuti gambar-gambar di bawah ini Setelah Klik Finish Combo Box sudah ada pada form kita. caranya kita klik tombol panah ke bawah pilih qry_detail_penjualan klik OK 3. lalu klik Create Form in Design 2. Masuk pada mode design 5. Simpan Form dengan nama frm_detail_Penjualan. Biasanya Karyawan kalau belanja itu lebih satu barang untuk itu kita perlu membuat form yang dapat mengakomodasi keperluan tersebut. Hapus Textbox Kode Barang beserta labelnya 6. 4.Modul Microsoft Office Acces 2003 Form dan Subform Sekarang saatnya kita buat Form Penjualan. hasilnya terlihat gambar di bawah ini. ubah prop[ertis namenya menjadi cb_kode_barang Teaching Lab 18 .

Ketikkan kode seperti di bawah ini Efek dari kode di atas pada saat form di jalankan. 4.Modul Microsoft Office Acces 2003 Pilih View pada Menu Code. Pada Toolbox klik Subform letakkan di bawah textbox bagian. caranya kita klik tombol panah ke bawah pilih Tbl_Hpjl klik OK 2. 9. Tambahkan Combo Box di tempat text box NIK tadi. ikuti langkah-langkahnya seperti di bawah ini 7. klik New Pada Jendela New Form pilih Auto Form Columnar. setelah semua selesi jangan lupa di simpan form dengan nama frm_Penjualan. 3. Pada jendela combo box lakukan langkah-langkah seperti pada gambar 5.Form!subtotal ” 8. Pada Jendela database pilh Form. Aturlah letak-letak textbox dan kontrol-kontrol lainnya yang ada pada form agar form kelihatan menarik. tambahkan label untuk memberi judul form. Hapus. Tambahkan satu text box di bagian Footer Form pada properties namenya isi dengan Sub Total di kotak text box tersebut ketikkan “ = Sum([Total Harga])” Simpan Form dengan nama frm_Detail_Penjualan Pembuatan Form Penjualan 1. Pada Tool Box klik Text Box letakkan di bawah sub Form detail penjualan pada kotak textbox ketikkan=” Sub_frm_detail_penjualan. akan muncul jendela subForm Wizards. Teaching Lab 19 . Tambahkan tombol Tambah. lalu klik Create Form in Design wizards. jika kita pilih salah satu kode barang pada Combo Box maka secara otomatis nama barang. akan muncul Jendela Visual Basic Editor. Buka Visual Basic Editor tambahkan script seperti pada gambar 6. Masuk ke mode design tambahkan dua buah Txt Box pada properties namenya set masing-masing dengan txt_nama dan txtbagian. lalu pilih sumber datanya. Hapus text Box NIK. Simpan dan Keluar seperti pada form barang. satuan dan harga akan muncul.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful