Perkembangan Processor Setelah Intel Pentium IV

Perkembangan Processor Setelah Intel Pentium IV Berbagai processor telah muncul seiring dengan kemajuan jaman, setelah Intel mengeluarkan pentium 4 yang standar, banyak perkembangan yang ditunjukkan oleh processor ini sehingga menuntut performa dan kecepatan yang mengagumkan. Berikut urutannya.

Pentium M (Maret 2003) Intel Pentium M adalah sebuah mikroprosesor Intel x86 yang didesain oleh Intel untuk digunakan secara eksklusif untuk komputer portabel, semacam Notebook atau PC Tablet. Pentium M pertama kali dirilis pada bulan Maret 2003, bersamaan dengan chipset Intel 855, dan kartu adapter jaringan Intel PRO/Wireless 2100 Mini PCI, yang kemudian lazim dikenal dengan sebutan Intel Centrino jika ketiga komponen tersebut disatukan dalam satu sistem. Inti dari Pentium M merupakan desain dari para pengembang mikroarsitektur prosesor Pentium III yang efisien dan Pentium 4 yang gegas. Tentu saja, Pentium M juga menawarkan sesuatu yang lebih dari pada kedua pendahulunya itu, seperti hal-hal berikut ini:

Penggabungan micro-operation (oleh Intel disebut dengan Micro-operation fusion). Hal ini akan mengakibatkan throughput yang lebih tinggi dengan menggunakan daya yang rendah.

Hasil desain tersebut, menjadikan Pentium M menawarkan performa yang sebanding, atau bahkan lebih cepat dibandingkan dengan prosesor Pentium 4, dengan tetap menekan penggunaan daya dan juga menekan terjadinya panas berlebih.
Nama prosesor Intel Pentium M Nama Kode Prosesor Diperkenalkan Jumlah transistor Proses manufaktur Ukuran inti prosesor Cache Level-1 Cache Level-2 Front Side Bus Banias dan Dothan Maret 2003 (Banias); Mei 2004 (Dothan) 77 juta transistor (Banias); 140 juta transistor (Dothan)

130 nanometer (Banias); 90 nanometer (Dothan)

84 milimeter persegi (Banias); 84 milimeter persegi (Dothan) 32 KB 1024 KB (Banias); 2048 KB (Dothan) 400 MHz (Banias); 400 MHz/533 MHz (Dothan) (Seperti halnya Pentium 4, FSB

“SSE” dan “SSE2” pada semua model Prescott. . SSE (semua seri). arsitekturnya sudah mengalami perubahan dari arsitektur Pentium 4 sebelumnya. SSE3 (hanya Dothan) Intel Enhanced SpeedStep Technology untuk manajemen daya. dan dukungan untuk teknologi “XD bit” (implementasi NX bit). dan menjadi salah satu processor yang haus akan daya. Dengan teknologi ini. Intel juga menambahkan fitur “SSE3” dan kapasitas L2-cache menjadi 1024 KB. Processor ini diproduksi untuk memenuhi ambisi Intel mencapai frekuensi lebih tinggi dengan meningkatkan pipeline processor. yang mendukung teknologi HyperThreading dengan FSB 800 MT/s. beberapa bagian dari prosesor dan cache yang tidak digunakan dapat dimatikan. 1500 MHz hingga 2260 MHz Tambahan instruksi Kisaran kecepatan Pentium 4 Prescott Walaupun menggunakan nama Pentium 4. Untuk beberapa model dilengkapi dukungan teknologi 64-bit “Intel 64” (implementasi x86-64). 1300 MHz hingga 1700 MHz (Banias). SSE2 (semua seri). Selain dukungan fitur-fitur dasar seperti “MMX”. Pentium 4 Prescott diproeduksi dalam dua versi. sehingga menghemat daya.bersifat Quad-Pumped) Set Instruksi Intel x86 (semua seri). MMX (semua seri). dan yang tidak mendukung teknologi Hyper-Threading dengan FSB 533 MT/s. processor yang dirilis 1 Februari 2004 ini.

830.20 GHz dengan FSB 800 MHz.Pentium D (April 2005) Keluarga CPU Intel yang memiliki arsitektur dual-core. Beberapa seri yang sudah tersedia. di antaranya Pentium D 840. Dari namanya kita dapat ambil kesimpulan bahwa procesor jenis ini bekerja dengan dua inti processor di dalam satu processor. sehingga proses hitungan jadi lebih cepat. Setiap inti ini kecepatannya sama dengan processor sebelumnya. diharapkan mampu melakukan pemrosesan data dengan waktu yang lebih singkat. akan tetapi semua proses hitungan dibagi kepada dua inti tersebut. dan 820 yang memiliki clock dari 2.80 sampai 3. processor ini telah dilengkapi dengan EMT64T (Extended Memory 64 Technology) yang mendukung operating system dan aplikasi 64-bit. Selain itu. Intel Dual Core Pada tahun 2005 Intel menjual produk Dual-Core pertamanya. Dengan dual-core. Dengan L2 cache yang dimilikinya 2×1 Mb. .

Intel Core 2 Duo Pada juli 2007 Intel merilis Intel Core 2 Duo. Pada saat itu bernama Conroe dan Allendale. Sistem pengoperasiannya sama seperti Intel Dual Core. Hal inilah yang menjadikan Intel Core 2 Duo lebih cepat . akan tetapi letak perbedaannya adalah di jumlah transistornya.

Dan Intel Core 2 Duo jauh lebih efisien dibandingkan dengan seri sebelumnya dalam hal mengeksekusi intruksi. .dibandingkan dengan Intel Dual Core.

dan thermal design power ( TDP ). 1.Intel Core 2 Quad Intel Core 2 Quad Q6600Processor untuk type desktop dan digunakan pada orang yang ingin kekuatan lebih dari komputer yang ia miliki memiliki 2 buah core dengan konfigurasi 2. .4GHz dengan 8MB L2 cache (sampai dengan 4MB yang dapat diakses tiap core ).06GHz Front-side bus.

1.13 dan 2. dengan 8MB L2 cache ( dapat mencapai 4MB yang diakses untuk tiap core ).Intel Quad-core Xeon X3210/X3220 Processor yang digunakan untuk tipe server dan memiliki 2 buah core dengan masing-masing memiliki konfigurasi 2.06GHz Front-side bus.4GHz. . berturut-turut. dan thermal design power (TDP).

Processor ini akan mengintegrasikan GPU(Graphics Processing Unit) alias Graphics Onboard didalam processornya. Kemampuan grafisnya diklaim sama dengan Intel GMA pada chipset G45.Intel Core i3 (7 January 2010) Intel Core i3 merupakan varian paling value dibandingkan dua saudaranya yang lain. Code produk Core i3 adalah “Arrandale”. inti processor dengan 32nm. . sedangkan controller/graphics menggunakan 45nm. Selain itu Core i3 nantinya menggunakan manufaktur hybrid.

.

Intel Core i5 (7 January 2010) Kelebihan Core i5 ini adalah ditanamkannya fungsi chipset North bridge pada inti processor (dikenal dengan nama MCH pada Motherboard). Maka motherboard Core i5 yang akan menggunakan chipset Intel P55 (dikelas main stream) ini akan terlihat lowong tanpa kehadiran chipset north bridge. . Chipset P55 ini mendukung Triple Graphic Cards (3x) dengan 116 PCIEslotdan 28 PCI-E slot. Penggunaan dayanya juga diturunkan menjadi 95 Watt. maka di Core i5 hanya menggunakan Dual Channel DDR3. Jika Core i7 menggunakan Triple Channel DDR3.

.

Salah satunya adalah mengintegrasikan chipset MCH langsung di processor.Intel Core i7 (7 January 2010) Core i7 sendiri merupakan processor pertama dengan teknologi “Nehalem”. bukan motherboard. Nehalem juga mengganti fungsi FSB menjadi QPI (Quick Path Interconnect) yang lebih revolusioner. . Nehalem menggunakan platform baru yang betul-betul berbeda dengan generasi sebelumnya.

.

Intel® Core™2 Extrme 6. Intel® Pentium® Dual-Core 3. Intel® Core™2 Quad 5.Perbandingan Prosesor INTEL DAN AMD Intel Corporation adalah sebuah perusahaan multinasional yang berpusat di AS dan terkenal dengan rancangan dan produksi mikroprosesor dan mengkhususkan dalam sirkuit terpadu. Intel mengganti logo dan slogannya pada 1 Januari 2006. Beberapa produk prosesor Intel yang ada sampai sekarang ini yaitu : 1. Intel® Core™ i7 . Intel® Core™2 Duo 4. komponen. Intel memiliki projek riset yang maju dalam seluruh aspek produksi semikonduktor. termasuk MEMS. Slogan lamanya “Intel inside” diganti dengan “Intel Leap ahead”. chipset papan induk. Intel juga membuat kartu jaringan. Intel® Pentium® 4 2. dan alat lainnya.

Pabrik pertama berada di Austin. AMD telah berhasil mengakuisisi perusahaan Grafis terkenal asal Amerika yaitu ATI Tecnology. Tetapi dari sekian banyak istruksi yang dipakai oleh intel sebetulnya telah ada dalam 3DNow-nya AMD yang tidak dimiliki oleh Intel. Amerika dan pabrik kedua berada di Dresden.SSE2. Perusahaan ini adalah penyedia prosesor x86-compatible processors terbesar kedua. sedang pada AMD adalah 128K. 2. tetapi pada AMD SSE2 dan 3DNow. California. Bedasarkan beberapa test AMD dengan L1 128K lebih unggul dibanding dengan Intel. mimpi harga sistim PC akan dapat lebih murah bisa terwujud karena tidak lagi di monopoli oleh Intel. AMD Athlon™ X2 5. Set instruksi pada Intel adalah MMX. AMD Athlon™ X4 PERBEDAAN. Amerika. KEUNGGULAN DAN KEKURANGAN PROSESOR INTEL DAN PROSESOR AMD Beberapa perbedaan. Pada tahun 2006 juga. AMD Athlon™ 64 4. L1 pada Intel maksimal 32K. AMD Athlon™ FX 3. prosesor atau IC (integrated circuit) yang bermarkas di Sunnyvale. dan SSE3.AMD (Advanced Micro Devices) adalah sebuah perusahaan pembuat sirkuit terpadu. beberapa produknya yaitu : 1. keunggulan dan kekurangan prosesor Intel dan AMD : 1. Texas. Jerman yang ditetapkan untuk memproduksi Athlon saja. Bila semuanya berjalan lancar. AMD Athlon™ X3 6. . AMD Sempron™ 2. AMD juga sudah dikenal oleh dunia. SSE.

karena prosesor bekerja didalam aplikasi-aplikasi program atau game yang kita pakai semakin banyak aplikasi yang kita jalankan semakin banyak juga prosesor kita gunakan. . sebaliknya prosesor AMD menang dari prosesor Intel di gaming dan program 3D nya. Prosesor Intel dan Prosesor AMD telah di uji performannya ternyata prosesor intel lah yang kuat dalam hal apapun sedangkan prosesor AMD hanyalah pilihan kedua anda. 6. PERBANDINGAN KECEPATAN PROSESOR INTEL DAN AMD Dari segi penggunaanya. Integer. dan Doubly Digital Suround Sound. 4. Untuk menggunakan prosesor Intel anda harus mengeluarkan banyak biaya apalagi dengan performanya tinggi yang di hasilkan oleh prosesor Intel yaitu Intel i7 dimandingkan dengan prosesor AMD anda tidak akan mengeluarkan banyak biaya dan performanya juga lumanyan bagus. sehingga pipeline intel kecepatannya melambat berada dibawah AMD. Prosesor Intel lebih kuat dari porsesor AMD pada aplikasi multimedia. tapi cepet banget panas dibandingkan Intel. 2. Pada prosesor AMD Athlon harga agak murah dibanding Intel. tapi paling tidak prosesor Intel tidak cepat panas.3. ADSL. perangkat keras yaitu prosesor ini bagian penting dari komputer yang berfungsi sebagai inti dari kinerja komputer ini sendiri dimana semakin besar memori dan semakin banyak prosesornya semakin cepat juga kinerja yang di hasilkan oleh prosesor itu sendiri. Grafis bagus banget. Teknologi Intel lebih unggul dibanding AMD. Intel menang di brand image dan marketnya. pada AMD64 temperatur maksimum adalah 900C. 10. 5. Pada prosesor Intel Pentium 4 harga standard. untuk urusan grafis masshi kalah dibanding dengan AMD. 9. seperti transfer data pada modem. 7. kinerjanya lumanyan cepat. 3. Temperatur pada Intel dapat diatur oleh processornya sendiri (processor akan mengurangi kecepatan jika processor terlalu panas). kecepatannya lumayan. Mengapa demikian. sedangkan AMD harganya yang lebih murah. tetapi pipeline Intel bermasalah pada pertukaran tugas. Oleh karena itu utuk anda yang biayanya pas-pasan pilihlah prosesor AMD tapi kalau biaya yang anda punya lebih silahkan anda memilih prosesor Intel. Banyaknya Decoder. Banyak transistor pada Intel 100 milyar sedang AMD 105 milyar. MP3. Pipeline pada intel lebih panjang dibanding dengan AMD. 8. Memang sih. Kesimpulan sebagai berikut : 1. FP pada intel lebih sedikit dibanding AMD yang secara signifikan perbedaan tersebut meningkatan kinerja dari AMD. Prosesor yang cepat dapat kita lihat dari core (inti prosesor) semakin banyak core yang digunkan pada prosesor semakin cepat juga kinerja komputer yang kita gunakan. AMD lebih unggul dalam pengolahan komunikasi aplikasi.