ALAT – ALAT MASAK TRADISIONAL A.

Alat Untuk Memasak Bagian Bawah
1. Tungku Tungku adalah alat yang dipergunakan untuk memasak dengan bahan bakar kayu bakar. Anglo adalah alat pemasak yang termasuk tradisional dan masih banyak dipakai di daerah pedalaman dan daerah miskin. Tungku pada umumnya terbuat dari bahan tanah liat atau batu bata. 2. Anglo Anglo adalah alam memasak yang dijalankan dengan bahan bakar arang terbuat dari besi atau tanah liat.

B. Alat Untuk Mamasak Bagian Atas
1. Dandang Dandang adalah alat untuk memasak nasi yang terbuat dari tembaga yang bentuknya seperti topi tukang sulap terbalik.

2. Cerek atau Ceret Cerek adalah alat untuk memasak air yang ketika mendidih akan mengeluarkan uap pada ujung moncongnya dan mengeluarkan bunyi bersiul.

C. Alat Dapur untuk Memasak atau Alat Dapur Lainnya
1. Tampah Tampah adalah alat yang terbuat dari anyaman bambu untuk menampih beras untuk dimasak menjadi nasi

2. Centong Centong adalah alat untuk mengambil nasi yang terbuat dari kayu. Centong kinu juga ditemui dalam bahan plastik, besi alumunium, dan lain sebagainya 3. Talenan Talenan adalah alat sebagai alas bahan makanan yang mau diiris.

4. Parutan / Parut Parutan adalah berfungsi untuk memarut bahan makanan seperti kelapa, singkong, kentang, wortel, jahe, dan lain sebagainya.

5. Cobek / Ulekan / Ulek-Ulek Cobek adalah alat untuk mengulek makanan menjadi halus. Biasanya digunakan untuk menghaluskan bumbu yang akan dimasak.

6. Irus Irus adalah alat untuk mengaduk sayur atau masakan berair yang terbuat dari tempurung kelapa, besi alumunium, dan lain-lain

sampai 4 nada dalam setiap ukuran. Bali. Kristen. Kulintang merupakan tradisi gong yang terus berkembang.ALAT MUSIK TRADISIONAL Angklung adalah alat musik multitonal (bernada ganda) yang secara tradisional berkembang dalam masyarakat berbahasa Sunda di Pulau Jawa bagian barat. 3.[6] Alat musik ini berkembang dari tradisi pemberian isyarat sederhana menjadi bentuk seperti sekarang. Malaysia Timur. . Saat ini tidak banyak lagi perajin gong seperti ini. Kolintang Kolintang atau kulintang adalah alat musik yang terdiri dari barisan gong kecil yang diletakkan mendatar. baik besar maupun kecil. yang telah dimainkan selama berabad-abad di Kepulauan Melayu Timur . Gong merupakan sebuah alat musik pukul yang terkenal di Asia Tenggara dan Asia Timur. Kacapi Kacapi merupakan alat musik Sunda yang dimainkan sebagai alat musik utama dalam Tembang Sunda atau Mamaos Cianjuran dan kacapi suling. Islam. dan di Jawa lewat abad ke-18. istilah gong lebih dianggap sinonim dengan gamelan.[5] Kegunaannya bergantung pada peradaban yang menggunakannya. dan Timor. Brunei. Buddha. Alat musik ini dimainkan dengan diiringi oleh gong tergantung yang lebih besar dan drum. Gong ini digunakan untuk alat musik tradisional. gendang. gambang. Kata kacapi dalam bahasa Sunda juga merujuk kepada tanaman sentul. Dengan pengaruh dari Hindu. dibunyikan dengan cara digoyangkan (bunyi disebabkan oleh benturan badan pipa bambu) sehingga menghasilkan bunyi yang bergetar dalam susunan nada 2. Di Bali dan Lombok saat ini. Kolintang merupakan bagian dari budaya gong Asia Tenggara.Filipina. Madura. yang dipercaya kayunya digunakan untuk membuat alat musik kacapi. Orkes gamelan kebanyakan terdapat di pulau Jawa. Kata Gamelan sendiri berasal dari bahasa Jawa gamel yang berarti memukul / menabuh. yang mana merupakan satu kesatuan utuh yang diwujudkan dan dibunyikan bersama. Laras (nada) alat musik angklung sebagai musik tradisi Sunda kebanyakan adalah salendro dan pelog. Gamelan Gamelan adalah ensembel musik yang biasanya menonjolkan metalofon. Istilah gamelan merujuk pada instrumennya / alatnya. diikuti akhiran an yang menjadikannya kata benda. Alat musik ini dibuat dari bambu. dan Barat. Indonesia Timur. dan gong. dan Lombok di Indonesia dalam berbagai jenis ukuran dan bentuk ensembel.

alat musik ini adalah alat musik yang berasal dari Timur Tengah dan mulai digunakan di Asia Tenggara setelah penyebaran pengaruh dari Timur Tengah. dengan diameter 34 cm. yang artinya alat yang bergetar atau berbunyi.Rebab Rebab di Turki. Yang mana alat musik tiup ini terbuat dari bambu tipis atau talang (Schizostachyum brachycladum Kurz). salah satu makanan tradisional Minangkabau Sasando Sasando adalah sebuah alat instrumen petik musik. cara menabuh calung adalah dengan memukul batang (wilahan. Bentuknya hampir sama dengan instrumen bonang dalam perangkat gamelan. Instumen musik ini berasal dari pulau Rote. Alat ini termasuk dari golongan alat musik suling. biola dan kecapi. Berbeda dengan angklung yang dimainkan dengan cara digoyangkan. cukup dengan melubangi talang dengan empat lubang. Bentuk sasando ada miripnya dengan instrumen petik lainnya seperti gitar. Alat musik yang menggunakan penggesek dan mempunyai tiga atau dua utas tali dari dawai logam (tembaga) ini badannya menggunakan kayu nangka dan berongga di bagian dalam ditutup dengan kulit lembu yang dikeringkan sebagai pengeras suara. Sumatra Barat. Secara harfiah nama Sasando menurut asal katanya dalam bahasa Rote. Bunyi dihasilkan dari sepasang kayu yang dipukulkan pada permukaannya. Calung Calung adalah alat musik Sunda yang merupakan prototipe (purwarupa) dari angklung. sasandu. Orang Minangkabau percaya bahwa bahan yang paling bagus untuk dibuat saluang berasal dari talang untuk jemuran kain atau talang yang ditemukan hanyut di sungai.] Saluang Saluang adalah alat musik tradisional khas Minangkabau. Talempong Talempong adalah sebuah alat musik pukul khas suku bangsa Minangkabau. Rebab (Arab: ‫ ال رب اب‬atau ‫ )رب اب‬adalah alat musik gesek yang biasanya menggunakan 2 atau 3 dawai. . Jenis bambu untuk pembuatan calung kebanyakan dari awi wulung (bambu hitam). namun ada pula yang dibuat dari awi temen (bambu yang berwarna putih). Nusa Tenggara Timur. Panjang saluang kira-kira 40-60 cm. Adapun kegunaan lain dari talang adalah wadah untuk membuat lemang. Talempong memiliki nada yang berbeda-beda. tapi lebih sederhana pembuatannya. Talempong ini berbentuk bundar pada bagian bawahnya berlobang sedangkan pada bagian atasnya terdapat bundaran yang menonjol berdiameter lima sentimeter sebagai tempat untuk dipukul. bilah) dari ruas-ruas (tabung bambu) yang tersusun menurut titi laras (tangga nada) pentatonik (da-mi-na-ti-la). namun ada pula yang terbuat dari kayu dan batu. Talempong dapat terbuat dari kuningan. Saat ini talempong dari jenis kuningan lebih banyak digunakan. Konon sasando digunakan di kalangan masyarakat Rote sejak abad ke7.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful