Limit

http://id.wikipedia.

org/wiki/Limit_fungsi Limit fungsi
Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas. Limit suatu fungsi merupakan salah satu konsep mendasar dalam kalkulus dan analisis, tentang kelakuan suatu fungsi mendekati titik masukan tertentu. Suatu fungsi memetakan keluaran f(x) untuk setiap masukan x. Fungsi tersebut memiliki limit L pada titik masukan p bila f(x) "dekat" pada L ketika x dekat pada p. Dengan kata lain, f(x) menjadi semakin dekat kepada L ketika x juga mendekat menuju p. Lebih jauh lagi, bila f diterapkan pada tiap masukan yang cukup dekat pada p, hasilnya adalah keluaran yang (secara sembarang) dekat dengan L. Bila masukan yang dekat pada p ternyata dipetakan pada keluaran yang sangat berbeda, fungsi f dikatakan tidak memiliki limit. Definisi limit dirumuskan secara formal mulai abad ke-19.

Sejarah
Meskipun termasuk secara implisit dalam pengembangan kalkulus pada abad ke-17 dan 18, gagasan modern limit fungsi baru dibahas oleh Bolzano, yang pada 1817, memperkenalkan dasar-dasar teknik epsilon-delta. [1] Namun karyanya tidak diketahui semasa hidupnya. Cauchy membahas limit dalam karyanya Cours d'analyse (1821) dan tampaknya telah menyatakan intisari gagasan tersebut, tapi tidak secara sistematis. [2] Presentasi yang ketat terhadap khalayak ramai pertama kali diajukan oleh Weirstrass pada dasawarsa 1850-an dan 1860-an[3], dan sejak itu telah menjadi metode baku untuk menerangkan limit. Notasi tertulis menggunakan singkatan lim dengan anak panah diperkenalkan oleh Hardy dalam bukunya A Course of Pure Mathematics pada tahun 1908.[2]

Definisi
Berikut beberapa definisi limit fungsi yang umum diterima.

Fungsi pada garis bilangan riil
Bila f : R R terdefinisi pada garis bilangan riil, dan p, L ketika x mendekati p adalah L, yang ditulis sebagai: R maka kita menyebut limit f

maka L dapat diacu sebagai limit f(x) pada p .p|< δ mengimplikasikan bahwa |f (x) .p < δ.x < δ. baik ε maupun δ merupakan bilangan riil.L | < ε . untuk setiap ε > 0. Masukan x dapat mendekati p dari atas (kanan di garis bilangan) atau dari bawah (kiri). Limit fungsi pada ketakhinggaan . Limit f(x) saat x mendekati p dari bawah adalah L bila. terdapat bilangan δ > 0 sehingga |f(x) . terdapat sebuah bilangan δ > 0 sedemikian rupa sehingga |f(x) . Sebaliknya. Definisi formal adalah sebagai berikut. Maka.L| < ε bilamana 0 < p . bila keduanya tidak bernilai sama dengan L. Di sini. Perhatikan bahwa nilai limit tidak tergantung pada nilai f (p) Limit searah Limit saat: x → x0+ ≠ x → x0-. Bila limitnya tidak ada terdapat osilasi matematis tidak nol. untuk setiap ε > 0.jika dan hanya jika untuk setiap ε > 0 terdapat δ > 0 sehingga |x . Limit f(x) saat x mendekati p dari atas adalah L bila. Dalam hal ini limit masing-masingnya dapat ditulis sebagai atau Bila kedua limit ini sama nilainya dengan L. limit x → x0 tidak ada.L| < ε pada saat 0 < x . maka limit f(x) pada p tidak ada.

limit f saat x mendekati tak hingga adalah tak hingga.Limit fungsi ini ada pada ketakhinggaan. . atau tak hingga. Dengan cara yang sama.L| < ε bilamana x > S. Dua unsur tambahan ini bukanlah bilangan. kita dapat mendefinisikan limit fungsi pada ketakhinggaan.org/wiki/Limit Limit Dari Wikipedia bahasa Indonesia. Bila f(x) adalah fungsi riil. http://id.wikipedia. +∞}. saat argumen mendekati ke suatu titik. ensiklopedia bebas Dalam matematika. maka limit f saat x mendekati tak hingga adalah L. ditambahkan pada garis bilangan riil. dilambangkan oleh jika dan hanya jika bila untuk semua R > 0 terdapat S > sedemikian sehingga f(x) > R bilamana x > S. Bila dua unsur. Limit dipakai dalam kalkulus (dan cabang lainnya dari analisis matematika) untuk mencari turunan dan kekontinyuan. namun berguna dalam memerikan kelakuan limit pada kalkulus dan analisis. konsep limit digunakan untuk menjelaskan sifat dari suatu fungsi. ketakhinggaan positif dan negatif {-∞. atau sifat dari suatu barisan saat indeks mendekati tak hingga. dilambangkan sebagai: jika dan hanya jika untuk semua ε > 0 terdapat S > 0 sedemikian rupa sehingga |f (x) .

99) f(1. . Kedua contoh dibawah ini menggambarkan sifat ini. namun tidak kontinyu pada titik x = 2. pada saat x mendekati 2.Dalam pelajaran matematika. Dalam kasus Semakin x mendekati 2. f(x) tidak terdefinisikan pada titik x = 1 namun limitnya samadengan 2. dan karena itu dimana berlaku. dan untuk memahami konsep limit secara menyeluruh bukan sesuatu yang mudah.4: f(1.01) f(2. limit sebuah fungsi Artikel utama untuk bagian ini adalah: Limit fungsi Jika f(x) adalah fungsi real dan c adalah bilangan real.4012 0. "limit dari f(x). fungsi f(x) tidak perlu terdefinisikan pada titik c.001) f(2. nilai f(x) mendekati 0. kasus ini tidak selalu Limit g(x) pada saat x mendekat 2 adalah 0.4001 0. Dalam contoh ini. karena makin x mendekati 1. Sebagai contoh. Bahkan. f(x) mempunyai definisi yang jelas pada titik 2 dan nilainya sama dengan limitnya. Sebagai contoh. f disebut kontinyu pada x = c. Perlu diingat bahwa kalimat sebelumnya berlaku. yaitu 0.9) f(1. limit biasanya mulai dipelajari saat pengenalan terhadap kalkulus. bisa diambil contoh dimana f(x) tidak terdefinisikan pada titik x = c. meskipun f(c) L.g Dalam contoh ini.3988 0. maka: berarti f(x) dapat dibuat agar mempunyai nilai sedekat mungkin dengan L dengan cara membuat nilai x dekat dengan c.1) 0.4 f(2.3882 . . adalah L". Dalam contoh ini. f(x) makin mendekati 2: . Namun.4.3998 0. bila x mendekati c. Atau.4121 0.4 (sama seperti f(x)). pada saat x mendekati 1.999) f(2) 0.

lihat 1.79.9) f(0. dapat dikatakan bahwa Limit barisan Perhatikan barisan berikut: 1. f(100) = 1.10 Jadi.999) f(1. 1. Kita dapat mengamati bahwa angka-angka tersebut "mendekati" 1. berlaku terdapat . nilai f(x) mendekati 2.f(0.799.001) f(1. Namun. artinya adalah x menjadi sangat besar (untuk tak terhingga) atau sangat kecil (untuk tak terhingga negatif). Semakin x membesar. asal bukan persis sama dengan 1. Definisi formal Sebuah limit didefinisikan secara formal sebagai berikut: Bila f adalah fungsi yang terdefinisikan pada sebuah interval terbuka yang mengandung titik c (dengan kemungkinan pengecualian pada titik c) dan L adalah bilangan real.010 2. 1. Dalam contoh ini.95 1.9998 . Ini bukan berarti selisih antara x dan tak terhingga menjadi kecil. 3.1) 2.001 2.99) f(0. 2.9802 f(1000) = 1. karena tak terhingga bukanlah sebuah bilangan.9980 f(10000) = 1. jadi limit dari f(x) adalah 2. baik positif atau negatif. Sebagai contoh.. limit dari barisan tersebut.999 undef f(1. maka berarti bahwa untuk setiap .0) 1.8. .01) f(1..99 1. x dapat dibuat sedekat mungkin dengan 1.7999 . yang untuk semua x dimana Limit sebuah fungsi pada titik tak terhingga Konsep yang berkaitan dengan limit saat x mendekati sebuah angka adalah konsep limit saat x mendekati tak terhingga.

bila ada. kita menyebutnya sebagai konvergen. adalah barisan bilangan riil. disebut divergen. sama dengan limit barisan xn = f(x + 1/n). .Secara formal. Limit barisan dan limit fungsi berkaitan erat. Bila ada. terdapat sebuah bilangan asli n0 sehingga untuk semua n > n0.. Di sisi lain. karena nilai absolut |xn − L| adalah jarak antara x dan L. bila tidak. Tidak semua barisan memiliki limit. Dapat ditunjukkan bahwa barisan konvergen hanya memiliki satu limit. misalkan x1. limit sebuah fungsi f pada x. Pada satu sisi. . |xn − L| < ε. Kita menyebut bilangan riil L sebagai limit barisan ini dan menuliskannya sebagai yang artinya Untuk setiap bilangan riil ε > 0. x2.. Secara intuitif ini berarti bahwa pada akhirnya semua elemen barisan tersebut akan mendekat sebagaimana yang kita kehendaki terhadap limit. limit barisan hanyalah limit pada tak terhingga dari suatu fungsi yang didefinisikan pada bilangan asli.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful