LAPORAN PRAKTIK AC

Pengosongan dan Pengisian Refrigerant dengan Robinair AC375C
Pengampu: Sukaswanto, M.Pd.

Disusun oleh :

1. Fuad Aditya O ktafian 2. M.Malichul Hadi 3. Ardi Widyatama 4. Dimas Triantono

09504244021 09504244024 09504244025 09504244026

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK OTOMOTIF FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA 2012

kelembaban. . diharapkan mahasiswa : 1. Untuk itu diperlukan pengosongan dan pengisian refrigran dengan Dalam system AC perlu dilakuakn pengosongan dan pengisian refrigran dengan tujuan untuk mengembalikan kondisi kerja dari system AC kepada suatu kondisi yang maksimal dan dapat menjalankan peran penghantar panas dengan baik sehingga proses pendinginan AC dapat bekerja dengan sempurna. Proses melakukan pengisian refrigerant kedalam sistem AC dapat dilakukan salah satunya menggunakan Robinair AC375C. Dasar Teori Sistem AC pada kendaran adalah suatu sistem yang berfungsi untuk mengkondisikan udara di dalam kendaraan agar temperatur/suhu. Mampu mengoperasikan alat Robinair AC375C II. Refrigeran adalah bahan pendingin berupa fluida yang digunakan untuk menyerap panas melalui perubahan phasa cair ke gas (menguap) dan membuang panas melalui perubahan phasa gas ke cair (mengembun).Pengosongan dan Pengisian Refrigerant dengan Robinair AC375C I. dan kebersihannya tetap terjaga dalam keadaaan yang nyaman. Dalam siklus refrigrant akan terjadi kejenuhan dan mengurangi umur pakai dari refrigerant. Mampu melakukan proses pengisian refrigerant menggunakan Robinair AC375C 3. Kompetensi Setelah melakukan praktik. Mampu melakukan proses pengosongan refrigerant menggunakan Robinair AC375C 2. Didalam sistem AC terjadi sirkulasi refrigerant sehingga udara dapat dikondisikan sesuai yang diinginkan.

Data Praktik 1. Selang Low dan High c. Panel control dan vakum gauge Robinair AC375C b. Foto Praktik a.III. Kran Low dan High .

Menekan tombol START/STOP . Mengisi oli kompresor : katup Low tetap terbuka dan katup High digeser kearah Oil inject.5 kg). Menghubungkan kabel power unit Robinair AC375C dengan sumber listrik 220V. Oli pompa vakum harus diganti setiap 10 jam operasi. Low-side tank adapter 2. Persiapan 1. Menghidupkan unit Robinair AC375C dengan menekan tombol power. Sebelum melakukan proses pengosongan dan pengisian refrigerant. dilakukan penambahan oli secukupnya dengan membuka tutup plastik tempat oli pompa vakum lalu menuangkan oli. Buku Manual c. Setelah warming up selesai. kedua kran dibuka maksimal. Mempersiapkan alat pengosongan dan pengisian refrigerant dengan menggunakan alat 3R ( Recovery. Recycle. Memvakum : membuka katup Low dan High sampai terbuka penuh. pada DISPLAY SCREEN (layar LCD alat) akan tertera kapasitas R-134a yang ada pada Internal Storage Vessel (ISV)unit. 4. 3. Kapasitas maksimal berkisar antara 10 -12 kg 5. R-134a Couplers d. Recharge ) Robinair AC375C beserta kelengkapannya : a.IV. setelah unit hidup tunggu hingga unit menyelesaikan proses warming up. Mengatur nilai yang diinginkan (diatur dengan menekan tombol UP/DOWN. Oli pompa vakum b. 2. Persiapan : memasang selang pengisian pada katup servis ( biru : Low . Langkah Kerja A. sesuai spek AC kendaraan (± 0. Oli diisi dengan menambah oli 10ml. Kemudian membuka kedua kran sampai posisi terbuka penuh. Proses 3R 1. 3. kemudian set vakum dan memilih waktu pemvakuman selama 5 menit. Mengisi Freon : memilih REHCARGE untuk memasukkan kembali R-134a ke dalam kompressor AC kendaraan. B. Bila permukaan oli pada level indikator SIGHT GLASS kurang. merah : hight ) kendaraan dalam kondisi mati. Mesin dalam keadaan mati. menekan tombol Start/Stop. 4. dilakukan proses warming up mesin dan setelah panas matikan mesin. Hati-hati karena pengisian oli berlangsung sangat cepat.

Kedua pengisian oli kompresor dan yang ketiga adalah pengisisan refrigerant ke dalam sistem AC.untuk memulai proses pengisian. air. namun selang LOW tetap terpasang dengan kedua kran tetap terbuka. Daftar Pustaka Manual book Robinair AC375C . V. Kesimpulan Setelah melakukan praktik dapat disimpulkan bahwa pengisian AC menggunakan Robinair AC375C terdiri dari beberapa proses yaitu yang pertama. Melepas selang LOW dari kendaraan. Melepas selang HIGH dari kendaraan. proses akan berhenti otomatis setelah refrigerant masuk ke kendaraan. mematikan kendaraan dan tutup kran LOW dan HIGH. 5. hingga kedua gauge menunjukkan tekanan terendah. VI. Pengosongan dan pengisian refrigran dilakukan dengan tujuan untuk mengembalikan kondisi kerja dari system AC kepada suatu kondisi yang maksimal dan dapat menjalankan peran penghantar panas dengan baik sehingga proses pendinginan AC dapat bekerja dengan sempurna. Menghidupkan mesin kendaraan dan menghidupkan AC pada posisi maksimal untuk membersihkan selang dari sisa refrigerant. pemvakuman untuk mengeluarkan udara. dan oli dari sistem AC.