PERSEKUTUAN DAGANG DI INDONESIA Dengan hadirnya Persekutuan Dagang Hindia-Belanda, yakni Vereenigde OostIndische Compagnie (VOC), perdagangan

antara kerajaan-kerajaan di Indonesia dan kerajaan-kerajaan se-Asia Tenggara dan China yang sudah free trade dalam makna "tidak ada hambatan" bahkan mengalami penguatan karena akulturasi sosial, agama dan budaya mengalami ekonomi devide et impera, pemecah-belahan integrasi ekonomi akibat kepentingan kolonial Belanda. Ketika masing-masing kerajaan saat itu mengembangkan perdagangan yang spesialis dan bernilai tambah untuk ditukarkan dengan komoditas lain yang tidak dipunyainya, justru tereduksi dan mengalami disharmoni dengan masuknya VOC itu. Jika itu yang terjadi, kita akan kesulitan menjual produk karena ada produk yang sama yang juga dijual oleh negara lain dalam pasar bebas bersama ini. Problemnya ialah dalam kompetisi antarproduk di pasar, apakah produk kita efisien dalam prosesnya sehingga mempunyai kualitas dan harga yang bisa, lebih murah dibanding kompetitor atau tidak. Produsen nasional paling berkepentingan untuk menanamkan sikap cinta produksi dalam negeri ini, sejalan dengan kehadirannya di negeri ini yang menguntungkan rakyat dan bukan malah mengecewakan dengan memberi gaji minimum, mencemari lingkungan, menciptakan produk bermasalah dan lain-lain. Dengan konsumsi nasional yang menguatkan produsen nasiona), mestinya ada imbal balik produsen nasional kepada masyarakat dalam bentuk harga lebih murah dan kualitas lebih baik atau berbagai bentuk CSR yang mengingatkan konsumen bahwa itu semua juga karena jasajasanya mau setia membeli produk nasional.

dan. dan dalam persekutuan yang lebih dekat. namun tetap tidak utuh. di lain pihak. akan tetapi kurang adanya kesatuan yang utuh dari elemen-elemen tersebut. segaris dengan praktek gereja pada abad ke-2 . Komuni penuh dipandang sebagai kondisi esensial untuk boleh bersama-sama mengambil bagian dalam Ekaristi. di satu pihak teologi Gereja Katolik Roma dan gereja-gereja Kristen Timur. Maksud istilah ini dipahami secara berbeda dalam.Daftar isi [sembunyikan] 1 Ajaran Katolik 2 Kekristenan Timur 3 Gereja-gereja Barat yang muncul setelah Reformasi Protestan 4 Lihat pula Ajaran Katolik Gereja Katolik membedakan antara komuni penuh dan partial (sebahagian). sambil memelihara beberapa keterpisahan identitas. Komuni partial terjadi bilamana ada beberapa elemen dari iman Kristiani yang sama-sama dimiliki oleh kedua pihak. dalam teologi Protestan. dengan gereja-gereja Ortodoks Timur. mengakui satu sama lain bahwa masing-masing mengambil bagian dalam komuni (persekutuan) yang sama dan doktrin-doktrin esensial yang sama. Dengan demikian Gereja Katolik memandang dirinya berada dalam persekutuan partial dengan umat Protestan. ensiklopedia bebas Belum Diperiksa Komuni (persekutuan) penuh adalah suatu istilah yang digunakan dalam Eklesiologi Kristen untuk menggambarkan hubungan-hubungan antara dua komunitas atau Gereja Kristen yang berbeda yang.Komuni penuh Dari Wikipedia bahasa Indonesia.

menulis: "Tak seorang pun diizinkan umtuk mengambil bagian (dalam Ekaristi) kecuali orang yang percaya bahwa hal-hal yang kita ajarkan adalah benar. dan demi kelahiran kembali.yang disaksikan Santo Yustinus-Martir yang. dan yang dengan demikian hidup sebagaimana Kristus telah hidup." Gereja-gereja Katolik yang berada dalam persekutuan penuh dengan Roma adalah: Gereja Katolik Byzantium Albania Gereja Katolik Armenia Gereja Katolik-Yunani Belarusia Gereja Katolik-Yunani Bulgaria Gereja Byzantium Eparki Križevci Gereja Katolik Khaldea Gereja Katolik Koptik Gereja Katolik Ethiopia Gereja Katolik Byzantium Yunani Gereja Katolik-Yunani Hungaria Gereja Katolik Italo-Albania Ritus Latin Gereja Katolik-Yunani Makedonia Gereja Maronit Gereja Katolik-Yunani Melkit Gereja Katolik-Yunani Rumania yang bersatu dengan Roma Gereja Katolik Byzantium Rusia Gereja Katolik Ruthenia Gereja Katolik-Yunani Slowakia Gereja Katolik Suriah . dan yang telah dibasuh dengan pembasuhan demi pengampunan dosa-dosa. dalam bukunya Apologia Pertama.

mereka memandang tiap gereja mandiri (autocephaly) mereka sebagai perwujudan dari Gereja Ortodoks yang esa. tetapi bahwa perbedaan-perbedaan tersebut tidak menyentuh poin-poin yang dianggap esensial. Meskipun mereka tidak memiliki figur yang setara dengan Sri Paus. dan termasuk pengakuan akan sahnya hirarki masing-masing dan. komuni penuh tidaklah berarti tidak ada perbedaan dalam tata peribadatan atau dalam doktrin kedua gereja. diperbolehkan adanya pertukaran pelayan jemaat. Mereka juga menganggap persekutuan penuh sebagai syarat mutlak untuk mengambil bagian dalam Ekaristi. yang melaksanakan fungsi seperti yang dilaksanakan Sri Paus (Jabatan Petrus).Gereja Katolik Siro-Malankara Gereja Katolik Siro-Malabar Gereja Katolik-Yunani Ukraina Kekristenan Timur Umat Kristiani Timur yang tidak menjalin komuni penuh dengan Gereja Roma memiliki pemahaman mengenai komuni penuh yang identik (atau hampir identik) dengan Gereja Katolik. dalam banyak kasus. khususnya untuk turut ambil bagian dalam Ekaristi untuk denominasi-denominasi yang menjalin komuni tertutup. Intinya. menurut pemahaman mereka. . Gereja-gereja Barat yang muncul setelah Reformasi Protestan Gereja-gereja ini memandang komuni penuh antara mereka dalam arti bahwa anggota-anggota mereka dapat saling berpartisipasi dalam ibadat-ibadat mereka.

Dia berkata. Janganlah engkau heran. “…Aku berkata kepadamu. (Yohanes 3:3-7). lahir kembali. Kata “dilahirkan kembali” secara harafiah berarti “lahir dari atas. 18). Tuhan Yesus Kristus sementara berbicara dengan Nikodemus. Lahir baru. dan apa yang dilahirkan dari Roh. adalah tindakan Allah yang memungkinkan untuk hidup kekal diberikan kepada orang yang percaya (2 Korintus 5:17. Nikodemus memiliki pertanyaan yang mau ditanyakan kepada Yesus. 3:9.” Kata Nikodemus kepada-Nya: “Bagaimanakah mungkin seorang dilahirkan. kalau ia sudah tua? Dapatkah ia masuk kembali ke dalam rahim ibunya dan dilahirkan lagi?” Jawab Yesus: “Aku berkata kepadamu. Dia memerlukan perubahan hati. 1 Yohanes 2:29. “Mengapa seseorang perlu dilahirkan kembali?” Rasul Paulus dalam Efesus 2:1 mengatakan. dan anggota Sanhedrin (penguasa orang Yahudi). sesungguhnya jika seorang tidak dilahirkan dari air dan Roh. 13 mengindikasikan bahwa “lahir kembali” juga berarti “menjadi anak-anak Allah” melalui percaya dalam nama Yesus Kristus. “Kamu dahulu sudah mati karena . Yohanes 1:12.Apa artinya menjadi orang Kristen yang lahir kembali? Posted on Oktober 17. sesungguhnya jika seorang tidak dilahirkan kembali. 5:1-4. Nikodemus datang kepada Yesus pada malam hari. orang Parisi yang ternama. Secara logika muncul pertanyaan.” Nikodemus memiliki kebutuhan yang nyata. adalah roh. ia tidak dapat melihat Kerajaan Allah. suatu transformasi rohani. 1 Petrus 1:3. adalah daging. Sementara Yesus berbicara dengan Nikodemus. karena Aku berkata kepadamu: Kamu harus dilahirkan kembali. ia tidak dapat masuk ke dalam Kerajaan Allah. Apa yang dilahirkan dari daging. 2010 by Persekutuan Victory Jawaban: Apa artinya menjadi orang Kristen yang lahir kembali? Bagian Alkitab yang sering dipakai untuk menjawab pertanyaan ini adalah Yohanes 3:1-21.

dan sekarang orang itu menjadi anak Allah karena dilahirkan kembali. maukah Anda menerima gerakan Roh Kudus yang berbicara dalam hati Anda? Anda perlu dilahirkan kembali. “Jadi siapa yang ada di dalam Kristus.” (Efesus 2:8-9). Maukah Anda mengucapkan doa penyesalan dan menjadi ciptaan baru di dalam Kristus hari ini? “Tetapi semua orang yang menerimaNya diberi-Nya kuasa supaya menjadi anak-anak Allah. Kepada orang-orang Roma. yaitu mereka yang percaya dalam nama-Nya. adalah arti dari “lahir kembali” secara rohani. tetapi pemberian Allah. 2010 by Persekutuan Victory Mungkin dari Judul diatas mungkin kita udah mengetahui apa itu Lahir baru dan sebagian Pembaca akan bingung apa itu lahir baru? Untuk Apa kita Lahir Baru? dan Apa Manfaat dari lahir baru?. “Sebab karena kasih karunia kamu diselamatkan oleh iman. sang Rasul menuliskan. orang-orang yang diperanakkan bukan dari darah atau dari daging. Bagaimana hal itu dapat terjadi? Efesus 2:8. diperbaharui secara rohani. itu bukan hasil usahamu.9 menjelaskan. bukan pula secara jasmani oleh keinginan seorang laki-laki. dalam Roma 3:23. “Karena semua orang telah berbuat dosa dan telah kehilangan kemuliaan Allah.” dia dilahirkan kembali.pelanggaran-pelanggaran dan dosa-dosamu.” Jadi. Baca juga tenang lahir baru juga dibawah ini : Lahir baru Inilah Kehidupanmu dahulu Jembatan Kehidupan Posted in Lahir Baru | Tinggalkan komentar Lahir baru Posted on Oktober 17. melainkan dari Allah” (Yohanes 1:12-13). orang perlu dilahirkan kembali supaya dosa-dosa mereka diampuni dan agar dapat berhubungan dengan Allah. ia adalah ciptaan baru …” (2 Korintus 5:17a) Jikalau Anda belum pernah percaya kepada Tuhan Yesus Kristus sebagai Juruselamat Anda. Ketika orang “diselamatkan. . itu bukan hasil pekerjaanmu: jangan ada orang yang memegahkan diri. Percaya kepada Yesus Kristus. Dia yang telah membayar hukuman dosa ketika Dia mati di kayu salib.

Yang paling penting Di Perhatikan adalah bahwa jutaan orang didunia mencari keselamatan yang sejati itu. Hubungan ALLAH dengan Manusia Terputus Akibat Pelanggaran Manusia Pertama ( Adam dan Hawa) Akibatnya adalah timbulnya kesukaran. saya lebih baik dari kebanyakan orang kok. Orang paling jelek sedunia. Kesombongan. tidak perlu lagi untuk Lahir Baru seperti yang dikatakan orang dan ada juga yang bepikir nanti aja lahir barunya ( Jika uda Pernah mendengar ” Lahir Baru” ) Dan aja juga orang yang berpikiran Saya orang yang paling hina didunia ini. banyak kesalahan yang saya perbuat. misalnya Kesukaran demi kesukaran sehingga manusia menjadi Frustasi . Ada juga yang berpikiran Saya orang Baik kok. Pembunuhan dan iri hati dan segala sesuatu yang tidak di Suka i Oleh ALLLAH. Saya yang di buang orang tua. sehingga membuat rasa rendah diri. Adapun cara untuk memperoleh hidup yang kekal itu dapat digambar sebagai berikut Pada mula Penciptaan Adam Hubungan ALLAH dengan MAnusia Baik-baik saja dan Manusia ( Adam Dapat berhubungan Langsung dengan Pemeberi Kehidupan Kekal itu) Namun Setelah Manusia Jatuh Dalam Dosa.Dalam hidup ini terkadang kita merasa hidup ini baik baik saja dan tidak perlu ada yang harus dipikirkan kedepan karena sudah merasa orang yang paling saleh didunia ini . misalanya ” Saya orang baik kok. namun sayang Mereka tidak menemukan caranya untuk mendapatkan keselamatan untuk kehidupan kekal itu…. Saya orang yang suka bersedekah. sehingga banyak kita membuang-buang waktu yang sangat singkat ini ( Rutinitas sehari-hari dengan Tujuan yang tidak menentu ). Masalah yang tidak kunjung reda dan Banyak hal yang lain. saya ga punya siapa-siapa. Manusia Telah Jatuh kedalam Dosa Berkemabang Biak Dan Melahirkan Dosa Juga… dan Akibatnya timbul berbagai masalah dalam kehidupan manusia. Say rajin beribadah 10 kali dalam sehari. dan yang paling ekstrimnya lagi Mau bunuh diri karena tidak ada yang mau diharapkan lagi didunia ini.

tanpa mengulur ulur waktu yang telah ada. Kuasailah hidupku dan jadilah menjadi penguasa tunggal dalam hidupku “Amin “ . pendidikan dan dan melakukan semua yang baik tidak akan memberi kita bantuan untuk luput dari Kebinasaan itu. Lahir baru itu pada intinya menerima Yesus sebagai Tuhan dan Juru Selamat mengaku Dosa-Dosa Kita dihadapan Tuhan dan Meminta Roh-Nya masuk kedalam Hati Kita untuk Menguasai seluruh Tubuh dan Kehidupan kita dan Kemudia Memberi diri kita untuk di Babtis sebagai tanda Pertobatan dan Materai bahwa kita telah Pindah dari Kebinasaan Kekal ke Kehidupan kekal di Sorga. Oleh karena itu Tanpa lahir baru Manusia Akan Binasa dan Dosa akan terus berkuasa atas hidupnya.Karena manusia pertama telah berdosa dan Mempernakkan dosa! sehingga Semua manusia Telah berdosa sehingga menuju kebinasaan dan apapun alasanya tanpa melakukan apapun manusia menuju kebinasaan dan orang yang mengaku Kristen (“) juga tidak akan luput dari Kebinasaan Jika Tidak Dilahirkan Kembali dan apapun Usaha manusia akan sia-sia saja. saya mengakui bahwa saya orang berdosa Saya percaya bahwa Engkau telah Mati di kayu salib untuk menebus dosa-dosaku Pada saat ini saya memerlukan Pengampunan dan Kasih karunia-Mu Aku percaya bawah Engkau adalah Tuhan dan Juruselamat. masuklah kedalam hatiku. dari kesalehan. siapa tahu hidup sudara dan saya tidak lama lagi dan jangan sampai menyesalinya nanti seperti yang terjadi disini Oleh karena itu bagi saudara/saudari yang mau mengambil komitmen menerima Yesus pada saat ini silahkan Ucapkan Doa dibawah ini Tuhan Yesus. saya berharap bagi siapapun yang membaca tulisan berharap agar memilih untuk lahir baru dengan secepatnya…. Oleh karena itu. Banyak orang Kristen tidak memahami apa itu Lahir baru dan apa manfaatnya. agama. dan Upaya manusia akan Sia-sia untuk menemukan hidup yang kekal itu seperi yang di tunjukkan gambar di atas.

takkan kekurangan aku. seperti apa yang dinyatakan Daud di dalam Mazmur 23 di bawah ini: Mazmur Daud TUHAN adalah gembalaku. Engkau mengurapi kepalaku dengan minyak. sebab Engkau besertaku. 23. 23:4 Sekalipun aku berjalan dalam lembah kekelaman. . itulah yang menghibur aku. Sukar.Mengetahui Kehendak Allah Mengetahui kehendak Allah merupakan hal yang paling sukar saya mengerti di sepanjang kehidupan kekristenan saya.2 Ia membaringkan aku di padang yang berumput hijau. di hadapan lawanku. pialaku penuh melimpah. aku tidak takut bahaya. gada-Mu dan tongkat-Mu. 23:5 Engkau menyediakan hidangan bagiku. Ia membimbing aku ke air yang tenang. 23:3 Ia menyegarkan jiwaku. Menyakini bahwa Ia akan menyertai dan membimbing kita. karena hal itu berkaitan dengan penyerahan diri total kepada Allah dan membiarkan Allah membimbing di sepanjang akhir hidup saya. Ia menuntun aku di jalan yang benar oleh karena namaNya.

23:6 Kebajikan dan kemurahan belaka akan mengikuti aku. ada anugerah yang diberikan secara cuma-cuma. mendengarkan kotbah di gereja setiap minggu. Adapun langkah-langkah yang harus kita lakukan adalah: 1. "Barangsiapa mau melakukan kehendak Allah. Menetapkan Dulu untuk Taat Yesus berkata. tetapi tidak dijual murah. Tidak Ada Jalan Pintas untuk Mengetahui Kehendak Allah Tidak ada jalan pintas untuk mengenal kehendak Allah. kita akan mempunyai pengetahuan dan pengertian yang mendalam tentang siapa Allah kita." (Yoh 7:17). Allah tidak akan menyatakan pimpinan kehendak-Nya kepada mereka yang tidak berniat taat kepada Tuhan. Allah tidak akan memberitahukan kepada kita apa yang harus kita jalankan. berdoa. apa yang Allah inginkan untuk kita lakukan di dalam hidup kita dan jaminan apa yang akan Allah berikan bila kita mengikuti kehendak-Nya. saat teduh. Kita harus mencarinya melalui: pembacaan Alkitab setiap hari. Di dalam Allah. Langkah-langkah untuk Mengetahui Kehendak Allah Ada beberapa hal yang harus kita ketahui untuk dapat mengetahui kehendak Allah. dan juga melalui hubungan kita sehari-hari dengan rekanrekan seiman dan kesaksian hidup kita. . seumur hidupku. ia akan tahu bahwa ajaran-Ku berasal dari Bapa. dan aku akan diam dalam rumah TUHAN sepanjang masa. Melalui pelaksanaan semua hal di atas. Jika kita tidak berniat taat kepada Tuhan dan hanya ingin bermain-main saja.

tetapi kebebasan Kristen harus berada di dalam jalur kebenaran. Tanah Abang III/1. Berada di dalam Jalur Alkitab Tidak mungkin ada sesuatu yang dikatakan kehendak Tuhan. dimana di dalamnya kita menemukan cara Tuhan memimpin kita. berlaku dan berbuat sesuatu sehingga membangun orang lain. Banyak hal yang tidak ditulis oleh Alkitab. . Alkitab memang tidak menyatakan berbagai hal secara jelas. mempelajari. namun tidak berarti kita boleh melakukan dengan sembarangan. Apakah yang saya lakukan berfaedah dan membangun orang lain?. dan merenungkannya. merokok dan sebagainya?". Kita harus menetapkan hati kita untuk hanya mengerti Firman Tuhan di dalam Alkitab saja. kebebasan yang sudah kita letakkan di bawah kedaulatan Tuhan. Hal ini dapat kita lakukan melalui: saat teduh harian. kesucian. Hal-hal ini melingkari kita. Paulus memberikan 3 prinsip Alkitab terhadap hal-hal demikian: 1. Pada prinsip pertama ini memang terlihat orang Kristen mempunyai kebebasan. Aku boleh berbuat segala sesuatu. keadilan dan cinta kasih. menjadi batasan untuk melakukan atau tidak melakukan sesuatu. Untuk itu kita perlu membaca. tetapi bertentangan dan di luar jalur Kitab Suci. meskipun tidak dilarang oleh Alkitab!. pendalaman Alkitab pribadi dan bila perlu kita dapat belajar secara lebih mendalam dengan cara mengikuti sekolah Alkitab malam seperti Sekolah Tinggi Reformed Injili Jakarta yang berada di Jl. Apa yang dicantumkan dalam Alkitab merupakan patokan dan lingkar batas. maka kita boleh sembarangan saja. 3. tetapi tetap ada prinsip-prinsip yang diberikan. Jangan Mengabaikan Prinsip-prinsip Alkitab Seringkali sebagai seorang Kristen baru kita dipusingkan oleh pertanyaan pertanyaan sebagai berikut: "Bagaimana Alkitab memberitahu hal yang saya ingin tahu. Bukan karena kebebasan kita. tetapi harus memuliakan Allah. 2.2. Janganlah melakukan apa yang tidak memuliakan Allah. misalnya: berjudi. Jakarta. Satu kalimat saja bisa membangun atau menjatuhkan seseorang! Mulut kita harus hati-hati di dalam berkata-kata. Allahlah yang mengakibatkan saya harus memilih cara berbicara. Tetapi.

Kita akan menjadi orang yang sembrono dan menipu diri kita. maka kita harus melepaskan ikatan tersebut atau membuka pembatasnya sehingga apa hal-hal tersebut tidak merebut tempat di mana seharusnya Tuhan bertahta. 5. tetapi Alkitab mengatakan dengan jelas bahwa kita tidak boleh terbelenggu oleh apapun yang kita kerjakan. Alkitab tidak mengatakan tidak boleh: merokok. Tidak ada ikatan yang akan membatasi atau membelenggu.3. Mereka yang menjalankan kehendak Tuhan akan mempunyai ketenangan dan damai yang tidak mungkin direbut oleh siapapun. Di sinilah sejahtera Allah memelihara kita. Paulus mengatakan "Biarlah damai sejahtera Tuhan memerintah di dalam hatimu. tapi kita masih belum yakin bahwa itu kehendak Tuhan atau bukan? Maka kita masuk ke dalam prisnip ke-4. Itu karena Roh Kudus adalah Roh yang hidup. kita mungkin mengalami penganiayaan atau kesulitan. Hati nurani kita yang telah dibaharui oleh Roh Kudus harus memiliki kepekaan untuk taat kepada Tuhan. janganlah hal itu dilakukan." Maksudnya bila tidak ada sejahtera Tuhan pada waktu kita melakukan sesuatu. Proses Pengujian Pencarian kehendak Allah harus melalui proses pengujian. tetapi sewaktu melakukannya hati merasa tidak tenang. Tanpa proses pengujian kita tidak akan mengenal kehendak Allah dengan jelas. Kita harus . mengisap ganja atau mabuk-mabukan. Roh Kudus adalah Allah. serta menipu orang lain. baik itu dari pendeta sekalipun. 4. Sejahtera Kristus Memerintah dalam Hati Bagaimana jika ke tiga prinsip di atas dilaksanakan. Dan Allah yang memberi hidup adalah Allah yang bertanggung jawab memelihara hidup itu di dalam orang percaya. Jika ada sesuatu yang membuat kita terikat atau membatasi. ada ketegangan. Damai sejahatera Kristus adalah istilah khusus bagi mereka yang menjalankan kehendak Tuhan. Pada waktu kita mau menjalankan kehendak Allah. Sejahtera Kristus adalah istilah yang berhubungan dengan penganiayaan dalam menjalankan kehendak Allah. Untuk itu kita harus hati-hati dalam menerima nasehat seseorang. yaitu kita harus bertanya apakah damai sejahtera Kristus memerintah hati kita atau tidak? Mungkin memang prinsip-prinsip di atas tidak kita langgar.

Jaminan bimbingan Tuhan selalu dinyatakan dalam pengertian pemeliharaan Allah. maka beranilah melangkah. Ini tidak berarti dia menghamburkan waktu 80 tahun. Secara khusus Allah menyatakan bimbingan-Nya melalui Yosua 1:9 yang bunyinya adalah sebagai berikut: "Bukankah telah Ku-perintahkan kepadamu: kuatkanlah dan teguhkanlah hatimu? Janganlah kecut dan tawar hati. yang berkenan kepada Allah dan yang sempurna. Untuk itu kita harus mampu untuk melihat secara tegas perbedaan antara takdir." Jaminan ini pasti karena Allah adalah Allah yang berdaulat dan mutlak." 6. ia baru dipanggil oleh Tuhan. menyertai engkau. Samson. Meskipun belum jelas tahu kehendak Tuhan. Musa. Allah menyertai mereka. Pada waktu Musa berumur 80 tahun. Allah yang tidak pernah gagal dalam melaksanakan kehendak-Nya melalui orang-orang yang dipilihan-Nya. Tidak ada sesuatu yang terjadi di luar lingkup pemeliharaan Allah yang berdaulat. sebab Tuhan. tetapi hidupnya selama 40 tahun berikutnya. tetapi tidak fatal. ia gunakan untuk melayani Tuhan dengan matang tanpa melakukan kesalahan yang besar. kemana pun engkau pergi. Tunggu dan Sabar akan Waktu Tuhan Waktu merupakan faktor yang terpenting. Alangkah indahnya jika hidup kita sudah digarap oleh Tuhan. .menguji apa yang dia katakan. Meskipun ada cacat. Contohnya adalah Musa. Abraham. Tuhan bekerja melalui waktu-Nya bukan melalui waktu kita. karena Alkitab sendiri mengatakan melalui Roma 12:2 "Ujilah apa yang baik. Allahmu. Jaminan Bimbingan Tuhan Jaminan bimbingan Tuhan akan selalu diberikan pada orang-orang yang berjalan menurut kehendak Allah. sebagaimana kita lihat dalam kehidupan: Nuh. ketika Yosua akan memasuki tanah Kanaan. tetapi jika kita mau sungguh-sungguh taat kepada Tuhan dan mengetahui prinsip Alkitab dengan jelas. dan semua pahlawan iman lainnya. Hal ini dinyatakan secara tegas oleh Allah kepada Yosua melalui Yosua 1:1-9.

Apakah kita mengetahuinya secara persis atau tidak.melalui penderitaan kita. Kerjasama ini menunjuk pada kesatuan dari tindakan Allah dan manusia. Kebetulan tidak pernah ada. tetapi Allah telah mereka-rekanya untuk kebaikan. Tetapi kebetulan itu sendiri bukanlah suatu keberadaan yang dapat mempengaruhi realitas. Jadi dapat dikatakan di dalam alam semesta yang diperintah oleh Allah tidak ada peristiwa yang terjadi secara kebetulan. yang dimulai dengan pengkhianatan Yudas. Tidak ada kekuatan-kekuatan yang buta. Kunci perbedaan ini terletak pada karakter Allah. Hal yang paling jahat yang pernah dilakukan oleh seorang manusia adalah menyalibkan Yesus. Jadi kita tidak perlu kuatir dalam melaksanakan kehendak Allah. Hal itu terjadi berdasarkan apa yang telah ditetapkan oleh . Yusuf berkata kepada saudarasaudaranya: "Memang kamu telah mereka-rekakan yang jahat terhadap aku. kuasa yang kita keluarkan sebagai penyebab dari hal itu merupakan hal yang kedua. Kebetulan adalah bisu. Kata itu hanya kita gunakan untuk menjelaskan kemungkinan-kemungkinan secara matematika. Semua ini terjadi oleh karena tangan Sang Pemelihara yang tidak kelihatan. Takdir tidak berpribadi. Contoh yang paling jelas yang menunjukkan jaminan bimbingan Allah dapat kita temukan di dalam kisah Yusuf dengan saudara-saudaranya di Alkitab. tidak berpribadi yang bekerja dalam sejarah. Keberuntungan adalah buta. Kita dapat menjadikan sesuatu terjadi. Itu bukan apa-apa. Meskipun saudara-saudara Yusuf menyatakan rasa bersalah atas apa yang mereka lakukan pada Yusuf. sedangkan Allah dapat berbicara. dan keberuntungan. yakni memelihara hidup suatu bangsa yang besar. Namun kematian Yesus bukan merupakan sejarah yang terjadi secara kebetulan. Namun. sedangkan Allah melihat segala sesuatu dan bekerja dalam segala sesuatu. Pada dasarnya tidak ada yang disebut kebetulan. Aspek lain yang kita perlu lihat dalam jaminan bimbingan Allah adalah aspek kerjasama. Kedaulatan dari pemeliharaan Allah yang dinyatakan dalam bimbingan-Nya melampaui tindakan-tindakan kita. yang pasti Allah tidak akan meninggalkan kita dalam melaksanakan kehendak-Nya melalui kita. Kita adalah makhluk ciptaan dengan kehendak kita sendiri.jaminan bimbingan Tuhan yang dinyatakan dalam pemeliharaan-Nya." (Kejadian 50:20) Pemeliharaan dalam bentuk campur tangan Allah dapat bekerja melalui tindakan yang paling tidak baik . sedangkan Allah adalah seorang Bapa. dengan maksud melakukan seperti yang terjadi sekarang. pemeliharaan Allah bekerja bahkan memalui dosa yang mereka lakukan. Kebetulan itu bukan sesuatu.

KEDAULATAN .kehendak Allah. yaitu penebusan. Tindakan Yudas yang jahat itu membantu untuk menghasilkan sesuatu yang terbaik yang pernah terjadi di dalam sejarah.

ROSARIO HIDUP GEREJA TORAJA PERSEKUTUAN PERSEKUTUAN DOA PERS EKUTUAN .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful