Nama NIM Nomor Tugas Nama Tugas 1

: Muchamad Arif Sasmita : 21060111130086 :1 : Mengenal Alat-Alat Gambar dan Penggunaanya

Pensil

Ada dua jenis pensil, yang pertama pensil biasa (clutch) dari kayu itu, dan yang kedua pensil mekanik. Clutch pencil, salah satunya adalah merek Faber Castell. Range-nya dari 3H, H, HB, B, 2B, hingga 8B. Sementara jenis pensil mekanik, yaitu ukuran 0,5 mm dan 0,7 mm. Keduanya 2B. Minimal gunakan dua jenis, yang satu terang yang satu gelap. HB dan 2B adalah pilihan yang bagus. Pensil digunakan untuk menulis maupun sketsa gambar. Penghapus Ada beberapa jenis penghapus. Yang pertama penghapus biasa (bentuknya kotak). Contoh dari penghapus kotak adalah merek Boxy dan Faber Castell. Berikut adalah gambarnya.

Yang kedua, namanya Kneaded Eraser. Penghapus ini unik karena bentuknya seperti lilin tanah liat yang bisa dibentuk-bentuk dengan tangan. Penghapus ini selain enak dipakai, daya hapusnya juga tinggi, serta tidak mengotori kertas. Selanjutnya terdapat penghapus yang disebut dengan Anti-slip Eraser. Merek Faber Castell. Bentuknya macam-macam, ada segitiga, elips, lingkaran, dll. Sesuai namanya, penghapus ini mantap sekali digenggam, tetapi efeknya dapat merusak kertas. Oleh karena itu, jarang orang memakai penghapus ini.

Pena Gambar Pena yang mungkin sudah hampir punah dari peradaban dunia yaitu pena celup gaya Cina.2.Alas Gambar Penggunaan alas gambar itu tidak mutlak. Misalnya memakai papan jalan atau sejenisnya. Memang hasilnya tidak serapih pena dan tinta. . Pena semacam ini memiliki batang dan mata pena yang bisa dilepas dan diganti. Pena jenis ini. Untuk tinta dapat menggunakan tinta Cina yang harganya relatif murah. Drawing Pen Drawing pen ini lebih praktis dan simpel. Alas gambar dapat dipilih adalah yang rigid atau keras. memang sulit ditemukan di Indonesia. dst. salah satu contohnya adalah merk Snowman. Pilih drawing pen yang water proof dan tidak meleber ketika diaplikasikan pada kertas. 0. Alas gambar juga dapat menggunakan meja. Drawing pen tersebut memiliki ukuran standar semacam 0.1. Tintanya juga tinta Cina. Yohken dan Simbalion serta Sakura Pigma Micron. yang oleh orang Jepang sering disebut sebagai G-pen. Harga pena ini sangat mahal.

Fountain Pen Bedanya dengan pulpen biasa.3 untuk pakaian. fountain pen tidak perlu ditekan untuk mengeluarkan tinta. Garis yang dihasilkan oleh pen jenis ini lebih rapi dan mulus dibandingkan garis yang dihasilkan oleh drawing pen atau pena dan tinta biasa. Jadinya lebih praktis kan.05 untuk helai rambut. dan 0.5 untuk garis tepi panel (untuk yang membuat komik). Tinta akan ditarik keluar menuju mata pena dan langsung ke kertas. Untuk meninta.1 dan 0. Pena ini sudah ada sejak tahun 1700-an. . Dalam pena ini terdapat lubang udara pada mata pena agar keluarnya tinta lebih terkontrol. pilih 0. 0.1 dan 0.2 untuk karakter.Brush Pen Brush pen yaitu drawing pen yang bermata kuas. dan bukan diisi ulang.3. Technical Pen (Rapido) Salah satu jenis technical pen adalah merk Rotring Rapidograph ukuran 0. 0. Pen yang ini banyak berguna untuk menghitamkan rambut dan juga untuk menggambar. Tetapi pena jenis ini sulit sekali kering sehingga sering membuat kertas kotor karena tintanya meleber. Pertimbangan pemilihan Rapidograph adalah karena dia menggunakan capiller cartridge untuk tintanya. Jenis pen ini lebih sering digunakan untuk penintaan gambar yang banyak detil terperinci dan tebal-tipisnya garis sudah diperhitungkan.

Jangka Jangka adalah salah satu peralatan gambar yang banyak digunakan untuk mempermudah membentuk lingkaran. Busur Busur adalah salah satu peralatan gambar yang digunakan untuk mengukur sudut dalam melakukan penggambaran. dan sebaiknya memiliki tepian yang meruncing. jadi tinta tidak akan meleber di kertas. sedangkan penggaris plastik dipakai dalam proses menggambar. . Penggaris lurus untuk menggaris secara lurus baik vertical. Ingat. penggaris dibalik sehingga tepian itu berada di atas. penggaris T. yakni logam dan plastik. Pilih penggaris plastik yang transparan. memiliki ukuran yang jelas. ketika meninta. Sehingga alat ini mempermudah dalam menentukan derajat. Ada beberapa jenis penggaris. horizontal maupun diagonal. dan penggaris segitiga. Macam penggaris tersebut memiliki berbagai macam fungsi. Penggaris logam dipakai untuk memotong kertas menggunakan cutter dan keperluan lain selain menggambar.Penggaris Ada beberapa jenis penggaris. Fungsi penggaris segitiga adalah untuk mengukur dan menggaris secara sudut siku-siku. Yakni penggaris lurus.

Khususnya untuk menggambar teknik. Sablon huruf. angka. Pena Bulu Pena bulu adalah salah satu alat yang digunakan untuk menulis maupun menggambar. Tapi. Bahan paling bagus untuk membuat pena ini adalah bulu burung yang hidup di musim semi. alat tulis yang bertahan paling lama adalah pena bulu (quill pen). Satu penemuan di gantikan penemuan lainnya yang lebih baik. maupun angka. symbol. maupun symbol Peralatan ini digunakan untuk mencetak huruf atau menyablon huruf hanya dengan menggaris huruf yang diinginkan tanpa perlu susah payah menggambar bentuk huruf. . yang tetap dipakai hingga 1000 tahun lamanya.Meja Gambar Meja gambar tersebut digunakan sebagai alas gambar. sehingga mempermudah seseorang dalam menggambar teknik. Pena bulu yang terbuat dari bulu burung ini di temukan sekitar tahun 700.

. maupun mengukir. dan seniman juga menggunakannya. dan ukuran-ukuran lainya. menggambar. yaitu A4. Ada berbagai macam jenis kertas. Batu Tajam Batu tajam adalah salah satu peralatan menulis. Kertas Kertas berfungsi sebagai media untuk menggambar. Peralatan ini digunakan oleh orang zaman dahulu untuk membuat relief pada goa maupun dinding-dinding pada candi. A0. A3. air. Salah satu merk krayon yang populer adalah Crayola. Yakni kertas kalkir maupun kertas gambar pada umumnya dengan berbagai ukuran. dan talk atau kapur. Peralatan ini sudah ada sejak zaman nenek moyang.Krayon Krayon adalah peralatan gambar yang dibuat dari lilin berwarna. Krayon banyak digunakan oleh anak-anak untuk menggambar.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful