Impresi Kegiatan KKL Negara Thailand

Ibukota Negara merupakan Cerminan Utama dari Tingkat Kehidupan di Suatu Negara
Ibukota negara selalu menjadi tolok ukur bagi Kehidupan perkotaan di suatu negara karena jika dilihat dari hirarki perkotaannya, ibukota negara selalu menempati posisi paling atas. Itulah mengapa jika ingin berkunjung ke suatu negara, maka ibukota negara selalu menjadi salah satu destinasi kunjungan yang tidak boleh dilewatkan. Sebagai contohnya kehidupan Negara Indonesia selalu tercerminkan oleh kehidupan yang ada di Kota Jakarta, Negara India dicerminkan oleh Kota New Delhi, dan begitu seterusnya pada negara – negara lainnya. Prinsip ini sepertinya yang dipegang oleh Negara Thailand dalam mengembangkan wilayahnya. Kota Bangkok merupakan ibukota negara Thailand yang termasuk kota besar di negara ini dengan hirarki perkotaan yang menempati posisi paling atas. Jantung perekonomian Negara Thailand dirasakan ada di Kota Bangkok ini. Dengan demikian Kota Bangkok selalu menjadi perhatian utama dalam perkembangan kota dan banyak penduduk Thailand yang menggantungkan kehidupannya di Kota Bangkok ini. Pada Tanggal 16 – 21 April 2012 kemarin, sebanyak 23 mahasiswa Jurusan Perencanaan Wilayah dan Kota Universitas Diponegoro melakukan KKL ( Kunjungan Kerja Lapangan) di Negara Thailand khususnya di Kota Bangkok dan Pattaya. Kedua kota ini menjadi destinasi tujuan kami karena pada kedua kota inilah yang mampu mencerminkan kehidupan yang ada di Negara Thailand. Disini kami belajar banyak mengenai kehidupan perkotaan di kedua kota ini dan banyak lesson learned yang

1

Kesan yang terekam di otak itu biasanya timbul dari pengalaman yang dirasakan.Impresi Kegiatan KKL Negara Thailand bisa kami ambil. Jika mendengar Kata Bangkok. Disini saya mengindikasikan bahwa panas ini merupakan salah satu dampak yang benar – benar dirasakan oleh pemanasan global yang terjadi di seluruh dunia yang berakibat pada perubahan iklim. Cuaca Kota Bangkok dirasakan cukup berbeda dibandingkan dengan Kota – Kota yang ada di Indonesia. Rombongan KKL Thailand mengunjungi Thammasat University (18-04-12) Apa 3 Kata yang Terlintas Jika Mendengar Kata Bangkok? Selalu ada kesan yang terekam dalam otak jika mendengar suatu nama baik barang ataupun yang lainnya yang kita ketahui. dan Turis. Ketiga kata ini merupakan kesimpulan dari impresi yang saya dapatkan jika dinilai dari sudut pandang orang awam selama 5 hari berada di Kota Bangkok. Saya yang termasuk ke dalam rombongan KKL ini ingin menyampaikan impresi yang saya rasakan selama seminggu berkunjung ke negara ini. Kita baru memperpercayai adanya pemanasan global jika benar – benar merasakannya dan disinilah saya percaya bahwa pemanasan global benar – benar terjadi di semua negara. Skytrain. 2 . Cuaca yang ada di Kota ini lebih panas dibandingkan dengan Kota Jakarta maupun Kota Semarang. Panas ini sangat terasa sekali dirasakan karena mencapai angka 35 0 C ke atas sehingga sedikit mengganggu perjalanan selama di Kota Bangkok ini. maka 3 kata yang terlintas dalam pikiran adalah Panas.

Impresi Kegiatan KKL Negara Thailand Selain kesan cuaca panas. Pasar Chatujak yang Selalu didatangi oleh Turis dari berbagai negara (21-04-12) Bangkok itu seperti Jakarta 10 Tahun mendatang Jika dilihat secara keruangan dan struktur perkembangan kotanya. Inilah yang menjadi pertanyaan terbesar yang ada di otak saya mengapa hanya sebuah Mall tetapi mampu menjadi obyek wisata yang banyak didatangi turis asing. India. Skytrain ini dirasakan memang benar – benar mampu menjadi obat ampuh dalam mengatasi kemacetan yang ada di Kota Bangkok ini. kesan yang dirasakan sampai saat ini adalah keberadaan Skytrain yang benar – benar membedakan kota Bangkok dengan Kota Jakarta ataupun Kota Semarang. Jika di Jakarta kita menemukan kemacetan. Desain pembuatannnya pun benar – benar diperhatikan sehingga kesan nyaman dan highclass sangat dirasakan jika menaiki salah satu transportasi masal yang ada di Kota Bangkok ini. setiap kawasan yang ada di Kota Bangkok ini selalu terdapat keberadaan turis baik dari Negara negara Barat. maka di Bangkok juga kita menemukan kemacetan. Keberadaan turis dari berbagai negara yang ada disetiap sudut Kota Bangkok juga mampu menarik perhatian selama berkunjung ke Kota ini. contoh lainnya adalah MBK center yang notabenenya berupa Mall yang hampir disetiap negara memilikinya tetapi negara Thailand ini tetap banyak didatangi turis asing. Selain itu. Bangkok ini sangat mirip dengan Kota Jakarta. bahkan Indonesia juga menjadi turis yang dominan di negara ini. Bangkok ini terlihat “selangkah lebih maju” dibandingkan dengan Kota Jakarta. keberadaan banyak turis ini mampu mengindikasikan bahwa promosi dari daya tarik yang dibuat oleh setiap obyek pariwisata yang ada ini cukup berhasil. Salah satu contoh lokasi yang sering di datangi oleh turis ketika waktu akhir pekan adalah pasar Chatujak. Skytrain ini juga dapat dijadikan sebagai sarana untuk melihat kondisi Bangkok secara keseluruhan dari view yang berbeda. China. Namun. Banyak turis yang datang ke pasar yang merupakan pasar terbesar di Negara Thailand ini. tetapi Bangkok telah mampu menyediakan banyak alternatif transportasi masal yang 3 .

tidak terlihat adanya terlihat kondisi buruknya yang tingkat mengidentifikasikan keamanan di Kota Bangkok. Kondisi – kondisi seperti inilah yang mengidentifikasikan konteks “selangkah lebih maju” yang dimiliki Kota bangkok. Kedua kota ini memiliki banyak gedung – gedung bertingkat yang gaya arsitekturnya dan penataan letaknya hampir sama di mana disepanjang jalan utama menjadi kawasan komersil.Impresi Kegiatan KKL Negara Thailand mampu meminimalisir kemacetannya sedangkan Jakarta masih sedikit. Banyak PKL yang berjualan di pinggir jalan yang ada di kedua kota ini juga mencerminkan persamaan kedua kota ini . Menurut kesan yang di dapat. Apakah kondisi seperti demikian juga sama dirasakan di Bangkok? Saya rasa tidak. Selain kondisi seperti di atas. Kota Bangkok terlihat lebih aman dibandingkan dengan Kota di Jakarta. kondisi yang cukup melekat dengan Kota Jakarta adalah kriminalitas yang ada. Jika di Jakarta kita menemukan taman kota yang tidak terawat maka di Bangkok juga kita menemukan taman kota namun dengan kondisi yang sudah terawat dengan baik. Kota Bangkok ini bahkan menaruh pengumuman di lokasi strategis yang berisikan peringatan sosial tentang kriminalitas yang pernah terjadi. Kesan kesamaan kondisi keruangan ini terlihat dari kondisi fisik perkotaannya. Saat menggunakan angkutan masal seperti bus umum atau ketika berjalan kaki di pedestrian Kota Bangkok. Peringatan Keamanan di Pasar Chatujak dan MBK 4 .

wisata belanjanya di MBK center. Contoh lainnya di dalam Kota Bangkok. Kita ketahui bahwa aksesibilitas menuju obyek wisata melupakan salah satu hal penting yang harus diperhatikan jika ingin mengembangkan pariwisata di suatu daerah. Jadi tidak ada alasan apabila kesulitan untuk menuju obyek wisata khususnya di Kota Bangkok. Indonesia memiliki segalanya dibanding Thailand. Thailand ini memiliki aksesibilitas yang mudah jika ingin melakukan perjalanan. wisata alamnya di Phuket dan Pattaya. luas wilayah Indonesia empat kali lebih besar dibandingkan dengan luas negara Thailand. Jalan yang menghubungkan bandara dengan Kota Pattaya ini bersifat sangat aksesibilitas karena dilihat dari kondisi jalan yang baik dan tidak ada hambatan yang berarti untuk menuju Kota Pattaya. warisan budaya Indonesia lebih banyak dibandingkan dengan Negara Thailand. Selain itu segala potensi yang dimiliki Negara Thailand ini mampu menjadi obyek wisata. Sebagai contohnya adalah Jalan dari Bandara Suvarnabhumi menuju Kota Pattaya yang merupakan kota wisata di Thailand. untuk menuju Taman Lumphini dari berbagai lokasi di Kota Bangkok sangatlah mudah. serta wisata Berbagai obyek wisata yang ada di Negara Thailand Kondisi Jalan yang accesible menuju Kota Pattaya 5 . Salah satu kelebihan yang dimiliki Negara Thailand adalah akses untuk menuju kesetiap wilayah yang ada di Kota Thailand cukup mudah. Taman Lumphini ini merupakan salah satu titik pemberhentian oleh Skytrain dan MRT. pilihan obyek wisata yang ada di Indonesia lebih variatif dibandingkan dengan Negara Thailand. tetapi mengapa jumlah turis berkunjung sangat sedikit dibandingkan dengan Thailand. garis pantai Indonesia lebih besar dibandingkan dengan Negara Thailand. Chatujak market atau Pattaya Floating market.Impresi Kegiatan KKL Negara Thailand Thailand Pintar dalam Mengelola Daya Tarik Pariwisata Menurut saya. mulai dari wisata budayanya yang disediakan di Noongnooch Village atau di Wat arun.

Sayangnya manajemen pengelolaan Pantai di Pattaya sangat lebih baik dibandingkan dengan Pantai Bandengan. mereka merasa sangat sulit untuk berbicara bahasa inggris karena tutur kata dan ucap mulut yang sangat berbeda. sama – sama memiliki pasir yang putih. misalnya untuk menuju Pantai Bandengan yang ada di Jepara saja cukup mengalami kesulitan. Banyak Turis yang Datang. Jika di bandingkan dengan Indonesia. Padahal Pantai ini tidak kalah bagusnya dengan Pantai di Pattaya. Pemerintah Indonesia juga wajib mengembangkan pariwisata seperti ini jika pemerintah pusat dan pemerintah setiap daerah serius mengembangkan obyek wisata yang ada di wilayahnya masing – masing. Pengolaan wisata disini sangat baik dimana pemerintah sendiri menetapkan berbagai tempat – tempat yang wajib dikunjungi seperti VSK Gems Factory and Leather Factory oleh turis apabila menggunakan travel disana. Hal ini terlihat ketika kelompok transportasi ingin menaiki Tuk-Tuk untuk menuju National Stadion. Sebagian besar masyarakat hanya mampu berbahasa Thai. Tidak ada papan petunjuk sama sekali untuk menuju Pantai Bandengan dan kondisi Jalan menuju pantai ini juga tidak cukup baik dan kondisi penerangan juga sangat kurang dimalam hari. kondisi yang sama pun dirasakan seperti di Kota Jakarta. Seharusnya. Kondisi di Indonesia lebih baik daripada di Thailand ini karena pendidikan di Indonesia ini telah diajarkan pendidikan bahasa Inggris dari Sekolah Dasar hingga Sekolah Menengah Atas. pasif sekali pengendara tuk-tuk dalam diajak berbahasa inggris ini. yaitu kemacetan lalu lintas. Kekurangan seperti ini yang menurut saya menghambat perkembangan wisata yang ada di Thailand. tetapi cukup banyak masyarakat yang masih kurang paham jika diajak berbahasa Inggris. Hal ini sangat menyulitkan sekali bagi para turis yang mengalami kesulitan di jalan dan ingin menanyakan sesuatu. Kota Bangkok dan Kota Jakarta ini memiliki kebutuhan 6 . Meskipun Bangkok merupakan kota turis. Kesulitan masyarakat Thailand berbahasa inggris ini diawali oleh pola pikir yang tertanam atas ketidakperdulian mereka akan pentingnya bahasa Inggris.Impresi Kegiatan KKL Negara Thailand kehidupan malam dan sextourismnya yang ada di Pattaya yang semuanya sangat berpotensi dalam menggerakan perekonomian negara Thailand ini dari sektor pariwisata. Pemerintah Bangkok Serius dalam Menangangi Kemacetan Ketika menginjakan kaki di Kota Bangkok. namun Masyarakat Masih Sulit Berbicara Bahasa Inggris Salah satu kelemahan yang dimiliki oleh Negara Thailand dalam pengembangan wisatanya ini adalah masyarakatnya yang kurang pintar untuk diajak komunikasi dengan turis yang ada.

saya yakin masyarakat juga akan tertarik untuk menggunakannya. Kemacetan di Kota Bangkok ini terjadi ketika berada di jam puncak/ jam sibuk yaitu sekitar pukul 07. Oleh karena itu saya berharap Pemerintah Kota Jakarta mau belajar bagaimana Kota Bangkok bisa mereduksi kemacetan dengan penyediaan kendaraan umum masal.Impresi Kegiatan KKL Negara Thailand transportasi umum yang sama dimana kedua Kota ini sama – sama memiliki jumlah penduduk di atas 9 juta jiwa. Pemerintah Bangkok (BMA) ini sangat serius dalam mengembangkan transportasi umum di sini dan masyarakat juga sangat merespon baik dari adanya keberadaan transportasi yang ada. Transjakarta pernah menjadi Banchmarking Pemerintah Bangkok dalam pengembangan BRT di sana. kemacetan di Kota Bangkok dirasakan lebih baik dibandingkan dengan Kota Jakarta. karena disetiap shalter pemberhentian selalu tersedia papan informasi baik berupa peta rute ataupun nama shelter tersebut. kemacetan sering terjadi disetiap waktu. Kemacetan merupakan permasalahan yang paling sering terjadi di Kota – Kota yang berada dalam negara berkembang. di 2012 ini saya rasa Pemerintah Jakarta kini yang seharusnya meniru perkembangan transportasi masal yang ada di Bangkok ini. Sepengetahuan saya. Jika menaiki transportasi masal yang ada di Kota Bangkok. Namun.00 dan 16.00. kesan yang di rasakan adalah kenyamanan selama perjalanan bahkan untuk transportasi sekelas bus umum maupun Khlong. Kenyamanan ini dirasakan dari kondisi transportasinya sendiri yang sangat bersih dengan pelayanan penunjang yang tersedia dengan baik.00 – 10. Akan tetapi di tahun 2012 ini. Skytrain Khlong MRT Berbagai transportasi umum yang dikembangkan di Bangkok Tuktuk Bus umum 7 . Sedangkan di Jakarta. Jika kondisi transportasi di Jakarta seperti yang ada di Kota Bangkok.00 – 19. jangan pernah takut untuk tersesat. Jika naik skytrain. Di Kota Bangkok ini sangat terlihat bentuk integrasi antara pemerintah dengan warganya. Untuk menangani permasalahan ini yang dibutuhkan adalah perencanaan partisipatif dimana antara pemerintah sebagai pemegang otoritas dan masyarakat sebagai obyek perencanaan harus saling bekerja sama.

menurut pengamatan saya kondisi ini dilakukan agar menjaga lalu lintas saja suapaya tidak lebih buruk. Jika ada celah untuk memotong barisan. Walaupun kondisi yang cukup padat tersebut. Namun. Taman Lumpini ini sangat tepat sekali dijadikan sebagai tempat refreshing untuk mengimbangi kehidupan Kota Bangkok yang sangat padat. 8 . di skytrain Bangkok selalu penumpang yang ingin turun yang didahulukan. Hal apa yang mengindikasikan masyarakat untuk tidak membunyikan Klakson ini tidak diketahui dengan pasti. Saat saya menaiki busway Transjakarta di Shelter Harmoni dan di Ancol. Salah satu yang mengindikasikannya adalah saat antri membeli tiket skytrain atau MRT dan saat naik dan turun skytrain. Burung itu memiliki habitat di taman tersebut yang dapat menjadi daya tarik bagi siapapun pengunjung yang datang untuk bermain dengan burung. Pengaturan naik turun penumpang berasal dari kesadaran masyarakatnya sendiri yang didukung dari tanda yang ada di bawah skytrain. Petunjuk Keluar masuk penumpang MRT Burungpun Mau tinggal di Kota Bangkok Apa yang menjadi daya tarik orang mau ke Taman Lumpini? Luas tamannya? Kondisi tamannya yang teratur? Menurut saya yang paling menarik dari Taman Lumpini ini adalah keberadaan burung yang selalu ada di kawasan taman itu. ternyata masyarakat Bangkok masih bisa tratur dalam kondisi seperti ini. lain sekali dengan kondisi yang ada di Kota Jakarta. ternyata masyarakat Bangkok ini dibilang cukup tertib. masyarakat Kota Bangkok tidak ada yang menghidupkan Klakson mobil mereka. Saat terjadi naik – turun penumpang.Impresi Kegiatan KKL Negara Thailand Masyarakat Bangkok yang Tertib Dalam melakukan kegiatan sehari – hari. karena jika kita sedang terjebak macet dan terus – menerus membunyikan klakson maka akan semakin membuat stress para pengemudi yang ada. Burung itu sangat Burung yang ada di Taman Lumpini mengindikasikan bahwa taman di Kota Bangkok memang sangat nyaman untuk didatangi. pasti ada saja penumpang yang melakukannya. MRT maupun Khlong. jikapun ada sangat sedikit sekali yang terdengar. kondisi antrian sangat tidak teratur sekali. Dalam mengahadapi kemacetan pun.

hal ini tidak dapat dipungkirinya dari banyaknya kesalahpahaman dan tindakan saling menyalahkan antar lembaga. 9 . egoiskah BMA? Salah satu lesson learned yang dapat dari kunjungan ke Thammasat University adalah mengetahui kondisi penyebab terjadinya Banjir di Kota Bangkok tahun lalu yang merupakan banjir terbesar yang dialami Kota Bangkok dampak dari adanya perubahan iklim. Dari pemerintahan sendiri memang sangat terasa kurang tanggap dalam mengahadapi permasalahan ini. bukan malah mengindividualiskan diri agar terhindar dari bencana ini. Sangat terlihat sekali tidak ada koordinasi antara BMA dengan pemerintah diwilayah sekitar Kota Bangkok. Salah satu bentuk penanganan yang dilakukan BMA adalah pembuatan Ring Barrier Outside dimana tanggul ini berfungsi melindungi Kota Bangkok dari aliran air yang berasal dari utara Thailand sehingga Kota Bangkok tidak mengalami banjir. Menurut saya banjir yang diakibatkan oleh curah hujan yang terus menerus ini merupakan permasalahan nasional yang setidaknya harus dihadapi bersama bagi setiap pemerintahan yang ada setiap provinsi. egoisme BMA ini setidaknya mengindikasikan bahwa ada pemerintahan tersendiri dalam pemerintahan di Negara Thailand. dimana untuk melindungi Kota Bangkok sampai ada pembangunan tanggul seperti ini. Padahal jika ada koordinasi dengan baik. disatu sisi jika Kota Bangkok mengalami banjir yang cukup parah maka lumpuhlah juga perekonomian Negara Thailand. Saya sendiri lebih bersifat tidak setuju dengan adanya pembuatan tanggul ini. tapi disisi lain terjadi sangat kesenjangan kondisi antara masyarakat di luar Kota Bangkok yang terus mengalami banjir sedangkan masyarakat Kota Bangkok tetap mampu menjalankan kehidupannya. Diketahui bahwa penyebab utama yang menyebabkan Negara Thailand mengalami banjir di bebarapa wilayahnya adalah curah hujan yang sangat tinggi sehingga air terus menerus mengalir ke sungai – sungai yang ada di mana salah satu sungai yang permukaan airnya menjadi terus menerus naik adalah Sungai Chao Praya di sebelah barat Kota Bangkok. Sebenarnya jika pintu aliran air yang ada di tanggul tersebut tidak di buka maka Kota Bangkok tidak mengalami banjir yang cukup parah. tetapi karena adanya desakan dari masyarakat dari luar Kota Bangkok maka pintu air pada tanggul tersebut akhirnya di buka.Impresi Kegiatan KKL Negara Thailand Pembuatan Tanggul penghalang Banjir. kondisi banjir bisa dapat diselesaikan dimana pemaksimalan pemanfaatan pompa air di daerah aliran air yang ada. Egoiskah BMA membangun tanggul tersebut? Sebenarnya pembangunan Ring Barrier Outside bersifat dilematis. Saya pribadi cukup terkejut dengan tindakan yang dilakukan BMA ini.

Sebagian besar jalan di Kota Pattaya merupakan kawasan komersial dimana perdagangan dan jasa sangat berpotensi di sini. Pada saat kunjungan di sana. Sehari berada di Pattaya ini yang dirasakan adalah kondisi kehidupan malamnya yang sangat hidup disini. Hampir disemua jalan di Kota Pattaya memiliki jaringan listrik yang sangat mengganggu dan terlihat membahayakan. sudah terlihat bahwa kota disana sudah hidup kembali dan tidak ada peninggalan yang mengidentifikasikan pernah terjadi banjir di sana. Dari dasar itulah yang menyebabkan mengapa di Negara Thailand banyak yang Kabaret Pattaya yang sangat terkenal melakukan transgender dengan asas HAM. Kondisi ini yang sangat menurunkan image kota Pattaya. Kota Pattaya ini diibaratkan sebagai Balinya Indonesia. Kondisi Kabel Listrik yang sangat merusak wajah Kota Pattaya Salah satu hal yang berbeda dari Negara Thailand dengan Negara Indonesia adalah negara Thailand ini melegalkan adanya sextourism.Impresi Kegiatan KKL Negara Thailand Kunjungan Sekilas Ke Kota Ayuttaya yang mengalami Banjir Paling Parah Kota Ayuttaya yang merupakan bekas Ibukota di Negara Thailand. Kabel – kabel listik ini bahkan menutupi reklame – reklame yang ada di jalan. Padahal jika di lihat di Kota Bangkok kondisi listrik sudah lebih baik dibandingkan dengan Kota Pattaya. Padahal jika mendengar saat terjadi banjir kemarin. Jika dilihat dari sudut pandang perencana. Kota ini juga mengalami banjir yang cukup parah di tahun 2011 kemarin. Pemerintah Thailand memanfaatkan sextourism ini sebagai salah satu potensi negaranya bisa berkembang. Sangat disayangkan saat kunjungan ke Ayuttaya tidak sampai mengunjungi lokasi – lokasi yang mengalami banjir paling parah. kesan yang didapat dari berkunjung ke Kota ini adalah wajah kota yang rusak akibat kondisi jaringan listrik yang sangat buruk. Sehari di Kota Pattaya Kota Pattaya merupakan salah satu kota wisata yang ada di Negara Thailand. Di Kota Pattaya ini salah satu daya tarik wisata yang di tampilkan selain pantainya adalah 10 . banyak situs bersejarah disana yang rusak dan banyak kawasan industri yang lumpuh total.

Keberadaan sextourism sebenarnya tergantung dari kebudayaan dan kepercayaan dari setiap negara dan Negara Thailand memilih untuk melegalkan sextourism ini. Salah satu yang mengindikasikan Kota Bangkok lebih maju dari Kota Jakarta adalah keberadaan turis yang selalu ada di setiap kawasan di Kota Bangkok. Kemajuan wisata ini setidaknya mampu menjadi roda perekonomian Negara Thailand setelah pertanian dan perdagangan. Kesimpulan Dari pengalaman KKL di Negara Thailand selama seminggu ini. maka berbagai kesimpulan dari berbagai kesan yang saya dapat adalah sebagai berikut: Keseriusan pemerintah Kota Bangkok (BMA) mengembangkan sistem transportasi umum sangat patut untuk ditiru oleh pemerintah Indonesia. Jika Kota Jakarta ingin seperti ini. maka banyak pembenahan – pembenahan yang harus dilakukan mulai dari sarana dan prasarana perkotaannya hingga manajemen pengolaan pariwisata yang ada.Impresi Kegiatan KKL Negara Thailand pertunjukan Kabaret yang sangat terkenal itu. Padahal Kota Bangkok identik dengan kota turis tetapi masyaakat di sana dirasakan belum sepenuhnya siap akan keberadaan turis. Masyarakat Kota Bangkok cenderung lebih tertib dibandingkan dengan Kota Jakarta. yang mampu menjadi lesson learned bagi Pemerintah Indonesia adalah manajemen pengolaan pariwisata yang ada di Negara Thailand ini. Kemajuan kota Bangkok dalam meminimalisir kemacetan ini merupakan salah satu potensi terbesar untuk mengembangkan kotanya Selain pengembangan sistem transportasi umum. Hal ini sangat bertentangan sekali dengan kondisi di Indonesia yang sangat menentang adanya tidakan pornografi dan pornoaksi. 11 . akan tetapi kekurangan yang dimiliki masyarakat Kota Bangkok adalah kesulitan dalam melakukan percakapan dengan menggunakan bahasa inggris. Perkembangan wisata di Negara Thailand ini sangat membuktikan bahwa pemerintah di sana sungguh – sungguh dalam mengelola potensi yang mereka miliki.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful