P. 1
Akhlak Terpuji Dan Tercela

Akhlak Terpuji Dan Tercela

|Views: 412|Likes:
Published by Rieke NiiNoo

More info:

Published by: Rieke NiiNoo on Jun 14, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

06/25/2014

pdf

text

original

AKHLAK

Secara etimologis akhlak berasal dari Bahasa Arab yaitu bentuk jamak dari “khulk” sedangkan dalam kamus Munjid Akhlak berarti budi pekerti, peringai, tingkah laku atau tabiat. Di dalam Da‟iratul Ma‟arif dikatakan bahwa Akhlak adalah sifat-sifat manusia yang terdidik. Menurut Prof. Dr. Ahmad Amin mengatakan bahwa akhlak adalah kebiasaan, kehendak. Di dalam Ensiklopedi pendidikan bahwa akhlak adalah budi pekerti, watak, kesusilaan yang merupakan akibat dari sikap jiwa yang benar terhadap khaliknya dan terhadap sesama manusia. Sedangkan akhlak menurut Iman Al-Ghozaly, Akhlak ialah sifat yang tertanam dalam jiwa yang menimbulkan macam-macam perbuatan dengan gampang dan mudah tanpa memerlukan pemikiran dan pertimbangan-pertimbangan. Jadi pada hakekatnya Akhlak ialah suatu kondisi atau sifat yang telah menetap dalam jiwa dan kepribadian hingga dari situ timbullah berbagai macam perbuatan dengan cara spontan dan mudah tanpa dibuat-buat dan tanpa pemikiran. Akhlak disebut juga sebagai kondisi atau sifat yang telah meresap dan terpatri dalam jiwa. Beberapa Istilah Lain dari Akhlak Etika Perkataan etika berasal dari bahasa Yunani yaitu Ethos yang berarti Adat kebiasaan. Didalam Ensiklopedia pendidikan bahwa Etika adalah filsafat tentang nilai, kesusilaan, tentang baik dan buruk. Menurut Drs. Hamzah Ya‟kub yang dimaksud Etika adalah ilmu yang menyelidiki mana yang baik dan mana yang buruk dengan memperhatikan anak perbuatan manusia yang dapat diketahui oleh akal pikiran. Moral Moral berasal dari bahasa Latin “mores” yaitu bentuk jamak dari “Mos” yang berarti adat kebiasaan. Kesusilaan Kesusilaan berasal dari kata Susila yang berasal dari Bahasa Sansekerta yaitu Su dan Sila. Su berarti baik, bagus dan sila berarti dasar, prinsip, peraturan hidup atau norma. Di dalam kamus umum Bahasa Indonesia dikatakan Susila berarti sopan, beradab, baik budi bahasanya oleh karena itu yang dimaksud kesusilaan adalah membimbing manusia agar hidup sopan sesuai dengan norma-norma tata susila. Persamaan antara ilmu akhlak, etika dan moral adalah sama-sama menentukan hukum atau nilai perbuatan manusia dengan keputusan baik atau buruk, sedangkan perbedaannya terletak pada tolak ukurnya, dimana akhlak tolah ukurnya adalah akal pikiran sedangkan norma/moral tolak ukurnya adalah kebiasaan yang umum berlaku di masyarakat.

AKHLAK MAHMUDAH
adalah akhlak terpuji atau akhlak yang mulia di sisi Allah dan di sisi manusia. Antara lain : Mahabbah/Ikhlas Yang dimaksud dengan mahabbah disini adalah kecintaan kepada Allah dengan sepenuh hati dan diwujudkan dalam ketaatan yang tulus terhadap agama yang dibawa oleh Nabi Muhammad SAW. Kecintaah kepada Allah adalah dasar dalam segala amal ibadah dan peri kehidupan setiap muslim. Mahabbah adalah buah daripada iman kepada Allah SWT dan mahabbah haruslah di pupuk dengan menjalankan ibadah yang ikhlas khusus dan tadharu kepada Allah SWT. QS. Yunus ayat 5 Artinya : Dan (aku telah diperintah) Hadapkanlah wajahmu kepada agama yang tulus dan jangan engkau sekali – sekali engkau termasuk orang yang musrik. QS. An Nisa ayat 146 Artinya : Kecuali orang orang yang bertaubat dan memperbaiki diri dan berpegang teguh pada (agama) Allah dan dengan tulus ikhlas (menjalankan) agama mereka karena Allah.

QS. Dialah pelindung kami. dan janganlah kamu ingkar kepadaKu Tawakal Tawakal adalah mempercayakan diri kepada Allah dalam melaksanakan suatu rencana. Ali Imron ayat 89 Artinya : Kecuali orang-orang yang bertaubat setelah itu. dan hanya kepada Allah bertawakallah orang – orang yang beriman”. Allah mencintai orang – orang yang bertawakal. Kedudukan ridho adalah merupakan sikap lanjut dari mahabbah dan hendaknya manusia tidak keberatan dalam melaksanakan perintah-perintah Allah. QS. Al-baqarah ayat 153 Artinya: Boleh jadi kamu membenci sesuatu. padahal ia amat buruk bagimu Taubat Taubat adalah membetulkan sikap yang salah dan mendekatkan diri kepada Allah dengan melakukan taat kembali kepada-Nya dengan memperbaharui niat untuk melakukan amal kebaikan.. apabila engkau telah membuilatkan tekad. dan boleh jadi (pula) kamu menyukai sesuatu. Sungguh. QS. dan melakukan perbaikan. Kemudian. QS. maka bertawakallah kepada Allah. At Taubah ayat 51 Artinya : Katakanlah (Muhammad) “Tidak akan menimpa kami melainkan apa yang telah ditetapkan Allah bagi kami. Ali Imran ayat 159 Artinya : . QS. Ridho Ridho ialah menerima dengan rasa senang apa yang diberikan Allah baik berupa aturan hukum maupun qodho dan ketentuan nasib. padahal ia amat baik bagimu. . Al A’raf ayat 156 Artinya : Dan rahmatKu meliputi segala sesuatu Sifat Syukur Syukur adalah menyatakan terima kasih atas segala nikmat Allah yang diterimanya dalam bentuk ucapan dan tindakan. Al Baqarah 152 Artinya : Maka ingatlah kepadaKu maka Akupun akan ingat kepadamu.Sifat Roja Roja adalah Rasa dan sikap yang penuh keyakinan bahwa Allah adalah tempat segala harap.. bersandar kepada kekuatannya dalam melaksanakan pekerjaannya atau berserah diri sepenuhnya kepada Allah dalam menghadapi atau menunggu hasil dari suatu pekerjaan. An Nisa ayat 146 Artinya : Kecuali orang orang yang bertaubat dan memperbaiki diri dan berpegang teguh pada (agama) Allah dan dengan tulus ikhlas (menjalankan) agama mereka karena Allah. Maha Penyayang. maka sungguh Allah Maha Pengampun. Dengan berjalan bersyukur kita akan terhindar dari kufur yang akan membawa malapetika dalam kehidupan ini. Bersyukurlah kepadaKu. QS. QS. Sikap Roja (hidup yang optimis dan penuh harap) sangat penting bagi manusia sebab kehidupan di dunia ini penuh cobaan dan sikap roja harus dimanifestasikan dalam kehidupan yang penuh optimis dan sikap roja harus diwujudkan dalam ikhtiar dan doa karena segala amal manusia tidak akan sia-sia di hadapan Allah.

menjadi saksi karena Allah. Ar Ra’d ayat 22 Artinya : Dan orang orang yang sabar karena mengharap keridaan Tuhannya. surat Al-Maidah ayat 8 Artinya: Hai orang-orang yang beriman hendaklah kamu jadi orang-orang yang selalu menegakkan (kebenaran) karena Allah. karena adil itu lebih dekat kepada takwa.sedangkan al-„idl adalah keadilan yang dapat diukur secara fisik dan dapat dirasakan oleh pancaindera seperti hitungan atau timbangan. Berlaku adillah. Al Baqarah ayat 172 Artinya : Wahai orang orang yang beriman! Makanlah rezeki yang baik yang Kami berikan kepada kamu dan bersyukurlah kepada Allah. karena adil itu lebih dekat kepada takwa. QS. mendorong kamu untuk berlaku tidak adil. Dan bertakwalah kepada Allah. Sabar Sabar adalah tahan terdapat setiap penderitaan atau yang tidak disenangi dengan sikap ridho dan menyerahkan diri sepenuhnya kepada Allah SWT. Adil Adil dalam bahasa arab dikelompokkan menjadi dua yaitu kata al-„adl dan al-„idl. sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan. Dan janganlah sekali-kali kebencianmu terhadap sesuatu kaum. sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan. jika kamu hanya menyembah kepadaNya. melaksanakan salat dan menginfakkan sebagian rezeki yang Kami berikan kepada mereka. dan sungguh. walaupun terhadap dirimu sendiri atau terhadap ibu bapak dan kaum kerabatmu. orang itilah yang mendapat tempat kesudahan yang baik. Dan bertakwalah kepada Allah. Kami telah memerintahkan kepada orang yang diberi kitab suci sebelum kamu dan (juga) kepadamu agar kamu bertaqwa kepada Allah. Qona’ah Qona‟ah adalah merasa cukup dengan apa yang dimiliki dan menjauhkan diri dari sifat ketidakpuasan atau kekurangan. menjadi saksi dengan adil. Berlaku adillah. QS.Taqwa Taqwa adalah melaksanakan perintah Allah dan menjauhi segala larangannya baik secara sembunyi maupun terang-terangan Unsur-unsur Taqwa adalah :  Menjauhi diri dari perbuatan yang dibenci Allah  Menghindari perbuatan yang merugikan diri sendiri  Menjauhi perbuatan yang merugikan orang lain QS. Dan janganlah sekali-kali kebencianmu terhadap sesuatu kaum. An Nisa ayat 135 Artinya : Wahai orang-orang yang beriman! Jadilah kamu penegak keadilan. surat Al-Maidah ayat 8 Artinya: Hai orang-orang yang beriman hendaklah kamu jadi orang-orang yang selalu menegakkan (kebenaran) karena Allah. secara sembunyi sembunyi atau terang – terangan serta menolak kejahatan dengan kebaikan. menjadi saksi dengan adil. .Al„adl adalah keadilan yang ukurannya didasarkan kalbu atau rasio. QS. mendorong kamu untuk berlaku tidak adil. QS. QS. An Nisa ayat 131 Artinya : Dan milik Allahlah apa yang ada di langit dan di bumi.

.. ia merasa tidak perlu kepada orang lain adalah sifat yang tercela. Taha ayat 131 Artinya : Dan janganlah engkau tujukan padangan matamu kepada kenikmatan yang telah Kami berikan kepada beberapa golongan dari mereka. orang –orang miskin dan orang – orang yang berhijrah di jalan Allah. QS. Sifat Khianat Khianat menurut lughot adalah tidak jujur... Sikap ini adalah suatu sikap mental yang enggan mengeluarkan harta atau potensi lain yang menjadi keharusan untuk dikeluarkan atau diberikan kepada yang semestinya menerima.Akhlak Tercela / Madzmumah Sifat Ghibah Ghibah menurut bahasa adalah umpat atau pengunjingan... sedangkan menurut istilah adalah menyebut atau memperdebatkan perihal seseorang ketika ia tidak ada dan sama sekali ia tidak menyukainya seandainya sampai kepadanya. Dann bertaqwalah kepada Allah. sebagai bunga kehidupan . Al Anfal ayat 27 Artinya : Wahai orang – orang yang beriman! Janganlah kamu mengkhianati Allah dan Rasul dan (juga) janganlah kamu mengkhianati amanat yang dipercayakan kepadamu. dipelihara atau disampaikan secara utuh kepada yang berhak. dan besar kekayaannya yang berupa tanah dan kebun yang luas. Ghina menurut Nabi Muhammad SAW bukanlah besarnya kekayaan dan harta tetapi adalah kekayaan hati (jiwa).. QS. ia mulia. lalu diantara kamu ada orang yang kikir. Muhammad ayat 38 Artinya : . Apakah ada diantara kamu yang suka memakan daging saudaranya sendiri yang sudah mati? Tentu kamu merasa jijik. .. sungguh Allah Maha Penerima Tobat dan maha Penyayang. tak bertanggungjawab. dan barang siapa kikir maka sesungguhnya dia kikir terhadap dirinya sendiri.. ilmu pengetahuan ataupun kedudukan dengan disertai harapan agar ia mendapat nikmat tersebut atau tidak. Al Hujurat ayat 12 Artinya : . Sedangkan pengertian khianat adalah suatu sikap atau tindakan menyalahgunakan setiap kepercayaan (amanah) yang diberikan kepadanya yang semestinya disimpan. Sifat Bakhil Sifat bakhil suatu sikap mental yang enggan mengeluarkan harta atau potensi lain yang menjadi keharusannya untuk dikeluarkan atau diberikan kepada yang semestinya menerima.. Orang yang merasa cukup dengan apa yang ia miliki ia kaya. dan janganlah ada diantara kamu yang menggunjing sebagian yang lain.. An Nur ayat 22 Artinya : Dan janganlah orang – orang yang mempunyai kelebihan dan kelapangan di antara kamu bersumpah bahwa mereka (tidak) akan memberi (bantuan) kepada kerabat(nya). QS. Ghina menurut pandangan manusia pada umumnya adalah orang banyak hartanya. sedangkan kamu mengetahui. Sifat Hasad Hasad menurut bahasa adalah dengki sedangkan menurut istilah adalah menginginkan hilangnya nikmat dari orang lain baik nikmat itu berupa kekayaan. tidakdapat dipercaya. QS. QS. Al Falaq ayat 5 Artinya : Dan dari kejahatan orang yang dengki apabila dia dengki Sifat Ghina Ghina menurut bahasa adalah tidak memerlukan sesuatu secara mutlak. QS.

Allah meliputi segala yang mereka kerjakan. Al Baqarah ayat 92 Artinya : Dan sungguh. Dendam timbul karena marah dan akan menimbulkan akibat yang macam-macam. Munafik Munafik adalah antara perbuatan dengan ucapannya tidak sesuai QS. dan hendaklah mereka memafkan dan berlapang dada. Sungguh. An Nur ayat 22 Artinya : .dunia. Karunia Tuhanmu lebih baik dan lebih kekal. betapa buruknya apa yang mereka kerjakan. Apakah kamu tidak suka bahwa Allah mengampunimu? Dan Allah maha Pengampun. Maha Penyayang. Murtad Murtad adalah orang yang keluar dari agama Islam QS. QS. Musrik Musrik adalah orang yang menyembah kepada selain Allah atau meyakini segala sesuatu benda atau makhluk melebihi Allah SWT QS. . Al Munafiqun ayat 2 Artinya : Mereka menjadikan sumpah sumpah mereka sebagai perisai. kemudian kafir lagi. dan kamu menjadi orang – orang yang zalim. maka Allah tidak mengampuni mereka dan tidak pula menunjukkan kepada mereka jalan yang lurus. Taqqabur Taqqabur adalah menurut bahasa adalah membenarkan diri.. An Nisa ayat 137 Artinya : Sesungguhnya orang – orang yang beriman lalu kafir. kemudian beriman lagi. menganggap dirinya lebih dari orang lain. Ciri-ciri Taqqabur adalah  Riya  Meremehkan orang lain  Keji mulit  Memalingkan muka ketika bertemu dengan seseorang  Berlagak dalam berbicara  Pemborosan dalam harta benda  Berlebih-lebihan dalam berpakaian QS. Musa telah datang kepadamu membaewa bukti – bukti kebenaran. agar Kami uji mereka dengan (kesenangan) itu. kemudian kamu mengambil (patung) anak sapi (sebagai sesembahan) setelah (kepergiannya). lalu bertambah kekafirannya. Al Anfal ayat 47 Artinya : Dan janganlah kamu seperti orang – orang yang keluar dari kampung halamannya dengan rasa angkuh dan ingin dipuji orang (riya’) serta menghalang – halangi (orang) dari jalan Allah. sementara ia memandang tinggi dan mulia terhadap dirinya sendiri. Taqqabur adalah sikap mental yang memandang rendah terhadap orang lain. lalu mereka menghalang-halangi (manusia) dari jalan Allah.. Sifat Hiqd Hiqd adalah seseorang yang hatinya tetap merasa berat dan benci kepada orang lain serta menghindarinya dan perasaan itu tetap melekat padanya.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->