P. 1
Metode Praktikum Koefisien Manning Dan Chezzy

Metode Praktikum Koefisien Manning Dan Chezzy

|Views: 316|Likes:
Published by Cindhy Ade Hapsari

More info:

Published by: Cindhy Ade Hapsari on Jun 15, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

02/18/2014

pdf

text

original

www.belajardariapapun.blogspot.

com

METODE PRAKTIKUM KOEFISIEN MANNING DAN CHEZZY
Praktikum kali ini dilakukan di laboratorium hidrolika dan hidromekanika FATETA. Praktikum dilakukan guna mencari nilai koefisien manning (n) dan nilai koefisien chezy (c) pada saluran terbuka kaca dan beton. Praktikum diawali dengan pengaturan kemiringan (s) pada pintu air yaitu 0,01, kemudian lebar saluran (b) dan tinggi saluran di atas ambang (Y) diukur guna mencari luas penampang yaitu dengan rumus:
= × ………( )

Kemudian nilai perimeter terbasahkan (P) dicari dengan persamaan:
= + 2 ………( )

Di mana nilai jari-jari hidrolik (R) dapat kita peroleh dengan persamaan A/P. Setelah itu nilai debit aliran pada sekat ukur segitiga diperoleh dengan persamaan:
= 0,014
,

………(

)

Setelah diperoleh nilai nilai A, R, dan Q dengan persamaan di atas, maka nilai koefisien manning (n) diperoleh dengan rumus persamaan :
1

=

×

×

×

………(

)

Lalu nilai koefisien chezy (c) diperoleh dengan rumus persamaan:

=

………( )

Selanjutnya praktikum dilakukan pada sekat ukur saluran persegi beton dengan pengaturan kemiringan saluran sebesar 1. Sama seperti halnya sekat ukur

Metode Praktikum Koefisien Chezzy dan Koefisien Manning

Page 1

www.belajardariapapun.blogspot.com

segitiga maka nilai luas penampang (A), perimeter terbasahkan (P) berturut-turut diperoleh dengan persamaan (I) dan persamaan (II). Sedangkan nilai debit aliran diperoleh dengan persamaan lain yaitu:
= (0,655 − 0,368 )
,

………(

)

Lalu nilai koefisien manning dan chezy pada sekat ukur kali ini juga diperoleh kembali dengan persamaan (IV) dan persamaan (V) di atas. Nilai koefisien chezy dan manning pada tiap-tiap saluran dibandingkan dengan nilai koefisien chezy dan manning dengan kelompok yang berbeda.

Metode Praktikum Koefisien Chezzy dan Koefisien Manning

Page 2

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->