P. 1
Model Persediaan

Model Persediaan

|Views: 2,119|Likes:
Published by Oka Apatis

More info:

Categories:Types, Resumes & CVs
Published by: Oka Apatis on Jun 15, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

06/10/2013

pdf

text

original

Ada 3 macam model persediaan yaitu : 1. Model kuantitas pesanan ekonomis (EOQ) dasar 2.

Model kuantitas pesanan produksi 3. Model diskon kuantitas

MODEL KUANTITAS PESANAN EKONOMIS (EOQ) DASAR Model kuantitas pesanan ekonomis ini merupakan salah satuteknik pengendalian yang paling tua dan paling dikenal secara luas. Teknik ini relative mudah digunakan namun didasarkan pada beberapa asumsi, yaitu : 1. Permintaan diketahui, tetap, dan bebas 2. Lead time, yaitu waktu antara pemesanan dan penerimaan pesanan diketahui dan konstan 3. Penerimaan persediaan bersifat seketika dan lengkap, dengan kata lain, persediaan dari sebuah pesanan tiba dalam suatu batch sekaligus 4. Diskon karena kuantitas yang besar 5. Biaya variable yang ada hanyalah biaya pengaturan atau pemessanan dan biaya menahan atau menyimpan persediaan dari waktu ke waktu 6. Kekurangan atau kosongnya persediaan dapat dihindari sepenuhnya jika pemesanan dilakukan pada waktu yang tepat.

MODEL KUANTITAS PESANAN PRODUKSI Model kuantitas pesanan produksi merupakan sebuah teknik kuantitas pesanan ekonomis yang diterapkan pada esanan produksi. Model ini berguna ketika persediaan terus menerus menumpuk dari waktu ke waktu dan pada saat asumsi kuantitas pesanan ekonomis tradisional berlaku. Model ini diperoleh dengan menetapkan bahwa biaya setup atau biaya pemesanan sama dengan biaya penyimpanan, dan ukuran pesanan yang optimum.

MODEL DISKON KUANTITAS Diskon kuantitas, merupakan sebuah harga yang dikurangi untuk barang yang dibeli dalam jumlah yang besar. Sudah sangat biasa jika pelanggan membeli dalam jumlah besar akan diberikan diskon. Dalam hal ini, manajemen harus memutuskan kapan dan berapa banyak jumlah pesanan ketika akan diberikan diskon.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->