P. 1
Pembuatan Koloid

Pembuatan Koloid

|Views: 65|Likes:
Published by Kartika Rahma

More info:

Published by: Kartika Rahma on Jun 17, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPTX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

06/17/2012

pdf

text

original

Cara pembuatan koloid secara Dispersi

Kelompok 2 1. Yashinta (04) 2. Addien Paramita (12) 3. Fauzi Akbar (14) 4. Roisah Yunan (31)

Dispersi
Cara dispersi dalam pembuatan koloid dilakukan dengan menghaluskan partikel-partikel suspensi yang terlalu besar menjadi partikel-partikel yang berukuran koloid. Beberapa cara dispersi, - Mekanik - Peptisasi - Busur Bredig - Homogenesasi

Dispersi Mekanik
 Disebut juga dispersi langsung. Dilakukan

dengan cara menggerus atau menggiling zat padat tertentu dan serbuk yang dihasilkan didispersikan kedalam medium pendispersi tertentu.  Contoh : sol belerang dapat dibuat dengan menggerus serbuk belerang bersama-sama dengan suatu zat inert, kemudian mencampur serbuk halus itu bersama air.

Dispersi Peptisasi
 Dalam peptisasi, partikel-partikel ndapan yang

lebih besar dipecah menjadi partikel-partikel kecil yang berukuran koloid dengan menambahkan elektrolit tertentu yang bertindak sebagai zat pemecah.  Contoh : agar-agar dipeptisasi oleh air, nitroselulosa oleh aseton, karet oleh bensin, dan lain-lain.

Dispersi Busur Bredig
 Cara busur Bredig digunakan untuk mebuat sol-

sol logam. Dua buah logam kawat yang berfungsi sebagai elektroda dicelupkan ke dalam air , kemudian kedua ujung kawat diberi arus listrik yang cukup kuat, sehingga terjadi loncatan bunga api listrik yang menyebabkan beberapa bagian logam menguap dan selanjutnya terdispersi ke dalam air membentuk sol logam.

Dispersi Homogenesis
 Homogenesis adalah proses untuk membuat

sesuatu menjadi homogen. Dalam membuat koloid, homohenesis biasanya digunakan untuk mengelmusikan partikel-partikel lemak dalam susu atau krim sehingga susu atau krim tersebut menjadi koloid yang stabil. Dalam proses ini biasanya digunakan seruk susu skim dan dilakukan di dalam mesin homogenesasi.

Mempratikkan Cara Dispersi dalam Membuat Koloid

Pembuatan Sol Belerang
Cara Kerja  Campuralah satu sendok gula dengan satu sendok belerang kedalam lumpang.gerus campuran itu sampai halus.ambil satu sendok the campuran itu dan campurkan dengan satu sendok gula lal gerus sampai halus,lanjutakan pekerjaan itu sampai empat kali tuangkan sedikit dari campuran terakhir kedalam gelas kimia berisi 50ml air suling dan aduk. Saring jika masih terjadi endapan.

Pembuatan gel agar-agar
Cara kerja: Isilah sebuah tabung reaksi dengan air suling hingga kira-kira sepertiga tabung.tambahkan satu spatula agar-agar dan aduk.panaskan tabung beserta isinya sampai mendidih,anada telah membuat sol agar-agar.dinginkan campuran itu untuk memperoleh gel agar-agar.

Pembuatan emulsi minyak dalam air
Cara kerja: Masukkan kira-kira 5ml air dan 1ml minyak tanah kedalam sebuah tabung reaksi. Guncangkan tabung dengan keras, kemudian letakkan tabung itu pada rak tabung. Perhatikan apa yang terjadi masukkan kira-kira 5ml air,1ml minyak tanah dan 1 ml larutan detergen kedalam tabung lain. Guncangkan tabung dengan keras kemudian letakkan tabung itu pada rak tabung.perhatikan apa yang terjadi ,anda telah membuat emulsi minyak dalam air dengan detergen sebagai pengemulsinya.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->