Kualitas Kredit dan Kontinuitas Bank

Ket. : PPAP (Penyisihan Penghapusan Aktiva Produktif) : Cadangan yang harus disisihkan sebesar prosentasi tertentu berdasarkan kualitas aktiva produktif. Berdasarkan ini, kualitas kredit pinjaman diklasifikasikan menjadi :

• •

Lancar (L) : kreditur tepat membayar kredit pokok dan atau bunga, dalam hal ini bank harus menyisihkan 1% x sisa Janji posisi akhir bulan yang bersangkutan. Dalam Perhatian Khusus (DPL) : kreditur tidak tepat membayar kredit pokok dan atau bunga dalam kurun waktu 1~3 bulan, dalam hal ini bank harus menyisihkan 5% x sisa Janji posisi akhir bulan yang bersangkutan. Kurang Lancar (KL) : kreditur tidak tepat membayar kredit pokok dan atau bunga dalam kurun waktu 3~4 bulan, dalam hal ini bank harus menyisihkan 15% x sisa Janji posisi akhir bulan yang bersangkutan. Diragukan (D) : kreditur tidak tepat membayar kredit pokok dan atau bunga dalam kurun waktu 4~6 bulan, dalam hal ini bank harus menyisihkan 50% x sisa Janji posisi akhir bulan yang bersangkutan. Macet (M): kreditur tidak tepat membayar kredit pokok dan atau bunga dalam kurun waktu 6~9 bulan, dalam hal ini bank harus menyisihkan 100% x sisa Janji posisi akhir bulan yang bersangkutan.

Capital Adequicy Ratio (CAR) : kecukupan modal yang berfungsi menampung risiko kerugian yang kemungkinan ditanggung oleh bank. Jadi fungsi CAR ini dapat dianalogikan sebagai indikator kemampuan bank untuk menutupi penurunan aktiva-nya sebagai akibat dari kerugian bank yang disebabkan oleh aktiva yang beresiko.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful