P. 1
solat Jenazah

solat Jenazah

|Views: 49|Likes:
Published by Haris Wahyu

More info:

Published by: Haris Wahyu on Jun 17, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

03/26/2013

pdf

text

original

olat Jenazah

Tata Cara dan Doa Sholat Jenazah
Published By Arie Pinoci On Rabu, Februari 17th 2010. Under Islam Tags: Al Fatihah, Niat Sholat, Shalawat Nabi, Sholat Jenazah, Sholat Mayat, Sholat Mayit

Tata Cara dan Doa Sholat Jenazah Urutan tata cara dan doa sholat jenazah. Kenapa kali ini gue nulis artikel mengenai sholat jenazah [mayit], karena minggu kemaren waktu sholat Jum‟at, kebetulan ada yang meninggal dan di sholatkan setelah Sholat Jum‟at. Jujur, selama ini gue gak tau urutan tata cara dan doa sholat jenazah, makanya gue coba cari tau di internet dan gak ada salahnya gue tulis disini, mungkin aja sebagian dari kamu ada yang belum tau juga. Shalat Jenazah berbeda dengan shalat biasa, shalat ini gak memakai ruku‟, sujud, i‟tidal dan tahiyyat, hanya dengan 4 takbir dan 2 salam, yang kesemuanya dilakukan dalam keadaan berdiri.. Sholat Jenazah/Mayyit sering dilaksanakan di Masjidil Haram atau Masjid Nabawi. Hukum sholat jenazah adalah „Fardhu Kifayah‟ artinya kalo gak ada yang menyalati semua berdosa. Berikut Rukun Shalat Jenazah yang terdiri dari 8 rukun. 1. Niat Shalat jenazah sebagaimana shalat dan ibadah lainnya tidak dianggap sah kalo gak diniatkan. Dan niatnya adalah untuk melakukan ibadah kepada Allah SWT.

Padahal mereka tidak disuruh kecuali supaya menyembah Allah dengan memurnikan keta‟atan kepada-Nya dalam agama yang lurus , dan supaya mereka mendirikan shalat dan menunaikan zakat; dan yang demikian itulah agama yang lurus. (QS. Al-Bayyinah : 5).

Rasulullah SAW pun telah bersabda dalam haditsnya yang masyhur :

Dari Ibnu Umar ra bahwa Rasulullah SAW bersabda,“Sesungguhnya setiap amal itu tergantung niatnya. Setiap orang mendapatkan sesuai niatnya.” (HR. Muttafaq Alaihi).
Niat itu adanya di dalam hati dan intinya adalah tekad serta menyengaja di dalam hati bahwa kita akan melakukan shalat tertentu saat ini. 2. Berdiri Bila Mampu Shalat jenazah gak sah bila dilakukan sambil duduk atau di atas kendaraan [hewan tunggangan], selama seseorang mampu untuk berdiri dan gak ada uzurnya. 3. Takbir 4 kali Aturan ini didapat dari hadits Jabir yang menceritakan bagaimana bentuk shalat Nabi ketika menyolatkan jenazah.

Dari Jabi ra bahwa Rasulullah SAW menyolatkan jenazah Raja Najasyi (shalat ghaib) dan beliau takbir 4 kali. (HR. Bukhari : 1245, Muslim 952 dan Ahmad 3:355)
Najasyi dikabarkan masuk Islam setelah sebelumnya seorang pemeluk nasrani yang taat. Namun begitu mendengar berita kerasulan Muhammad SAW, beliau akhirnya menyatakan diri masuk Islam. 4. Membaca Surat Al-Fatihah 5. Membaca Shalawat kepada Rasulullah SAW 6. Doa Untuk Jenazah Dalilnya adalah sabda Rasulullah SAW :

Bila kalian menyalati jenazah, maka murnikanlah doa untuknya. (HR. Abu Daud : 3199 dan Ibnu Majah : 1947).
Diantara lafaznya yang dicontohkan oleh Rasulullah SAW antara lain :

Allahummaghfir lahu warhamhu, wa‟aafihi wa‟fu „anhu, wa akrim nuzulahu, wa wassi‟ madkhalahu, waghsilhu bilma‟i watstsalji wal-baradi.
Ada juga artikel lain yg menuliskan:

Allahummaghfir lahu warhamhu, wa‟aafihi wa‟fu „anhu.
7. Doa Setelah Takbir Keempat Misalnya doa yang berbunyi :

Allahumma Laa Tahrimna Ajrahu wa laa taftinnaa ba‟dahu waghfirlana wa lahu
8. Salam ************* Berikut urutan tata cara dan doa sholat jenazah: 1. Lafazh Niat Shalat Jenazah:

“Ushalli „alaa haadzal mayyiti fardlal kifaayatin makmuuman/imaaman lillaahi ta‟aalaa”
Artinya: “Aku niat shalat atas jenazah ini , fardhu kifayah sebagai makmum/imam lillaahi ta‟aalaa” 2. ** Surat „Al Fatihah‟. 3. Setelah Takbir kedua membaca Setelah Takbir pertama membaca

** Shalawat kepada Nabi SAW : Allahumma Shalli „Alaa Muhamad? 4. Setelah Takbir ketiga membaca

** do‟a sbb: “Allahummagh firlahu warhamhu wa‟aafihi wa‟fu anhu” Artinya: “Ya Allah, ampunilah dia, berilah rahmat, sejahtera dan maafkanlah dia” 5. Setelah takbir keempat membaca

** do‟a sbb: “Allahumma la tahrim naa ajrahu walaa taftinnaa ba‟dahu waghfirlanaa walahu” Artinya: “Ya Allah janganlah kami tidak Engkau beri pahalanya, dan janganlah Engkau beri fitnah kepada kami

sesudahnya, dan berilah ampunan kepada kami dan kepadanya”
6. Setelah itu, ‟salam‟ kekanan dan kekiri. Catatan: Jika jenazah wanita, lafazh „hu‟ diganti „ha‟. Itulah urutan tata cara dan doa sholat jenazah yang gue dapet infonya dari blog tetangga, sekarang gue udah ngerti gimana cara dan doa sholat jenazah/mayit. Dan mudah-2′an bisa bermanfaat juga buat kamu-2. Dari berbagai sumber..

Jadilah orang pertama yang menyukai tulisan ini Apakah anda menyukai tulisan ini ?
29 Responses To “Tata Cara Dan Doa Sholat Jenazah” 1. Kafurta Sutaarga Says:

18 Februari 2010 at 19:43

Thkz dah bwt artkel ni W lg bth bngt nh Tk l0mb 1 mharam dskul w
2. Andi Says:

1 Mei 2011 at 09:15

artikel ini sangat manfaat banget buat gue, karena waktu hari jum‟at mlm sahabat gue meninggal n gua jagain mayatnya sebelum di terbangkan ke pandeglang,banten. gue ga bisa caranya akhirnya gue bilang ke my boss tentang ini, dia mau belajarin gue n pas takbir ke3 gue ga bisa bacaanya ya akhirnya dia yg bacaain n gue ngikutin. gue fikir gue harus bnyak blajar gitu……. Dan gue thanks bangt ama loe bro.
3. ARI GEMILANG Says:

12 Mei 2011 at 19:53

SUKRON KATSIRON BUAT NI ARTIKEL
4. Echa Says:

30 Mei 2011 at 09:56

Subhanall0h. Sung9uh membantu artikel ini buat aku . Mksh ea
5. Ayoe Khezu Says:

31 Mei 2011 at 09:21

i like this .. syukron
6. Thoro Surya Wibowo Says:

1 Juni 2011 at 07:18

sukron katsiron artikel ini, soalnya hari ini gue praktek sholat jenazah. Thanx begete yak !
7. Handoko Says:

1 Juni 2011 at 17:40

alhamdulilah,,,makasih yah atas artikelnya,, mudah mudhan yang pernah baca ini mendapat pelajaran amim
8. Aswrd Says:

10 Juni 2011 at 15:52

tambahim tulisan arabnya jg donkk
9. Darma Says:

23 Juni 2011 at 12:42

Artikel ini sangat baik sekali, karena setiap manusia akan mengalami mati. Entah kapan dan kapan waktunya kita tdk dpt mengetahui,sebelum ajal menjemput kIta dan keluarga kita, alangkah baiknya kita mempelajari tentang sholat mayit. Jangan sampai yg namanya orang Islam tdk bisa mensholatin mayit. Apalagi kalau ada sanak saudara kita yg meninggal. Kemudian kita disuruh menyolatin, tapi tdk bisa. Malu doong.
10. Bowo Says:

20 Juli 2011 at 10:31

Hanya ngingetin aja kalu gak salah salamnya berbeda dengan shalat fardhu…kalau shalat jenazah salamnya Assalamu‟alaikum warahmaullahiwabarakatuh. Kalau di shalat fardhu hanya sampai warahmatullah…itu faham yang saya anut…maaf karena ada faham yang salam shalat fardhu nya komplit kaya shalat jenazah. Dan di shalat jenazah tidak ada ruku dan sujud.
11. Dadis Says:

23 Juli 2011 at 09:12

ass thank U alot bro, moga ini menjadi amal baik buat anda sebelum mati aamiin.
12. Prast Says:

4 September 2011 at 09:37

Bila Boleh menambah, itung - itung tambah informasi dah, saolnya masih belajar dan tukar pengalaman saja : Syarat-syaratnya : 1. Jenazah sudah dimandikan dan dikafani 2. Letak jenazah sebelah kiblat didepan yang menshalati 3. Suci dari hadas dan najis baik badan, pakaian dan tempat. Rukun dan cara mengerjakannya : 1. Shalat jenazah tanpa ruku dan sujud juga tanpa iqamah. 2. Niat Lafal niat untuk jenazah laki-laki / perempuan sebagai berikut : “Ushalli „alaa haadzal mayyiti arba‟a takbiraatin fardlal kifaayati (ma‟mumam/imamam) lillahi ta‟alaa.” Artinya : “aku niat shalat atas mayat ini empat takbir fardu kifayah (makmum/imam) karena Allah” Setelah niat, dilanjutkan takbiratul ihram : Allahu Akbar , setelah itu membaca surat Fatihah, kemudian disambung dengan takbiratul ihram kedua : Allahu Akbar. Setelah takbir kedua membaca shalawat atas nabi Muhammad saw. Minimal: “Allahumma Shalli „alaa Muhammadin” artinya : “Yaa Allah berilah salawat atas nabi Muhammad” Kemudian takbir ketiga disambung dengan do‟a minimal sebagai berikut : “Allahhummaghfir lahu warhamhu wa‟aafihi wa‟fu anhu” Artinya : “Yaa Allah ampunilah dia, berilah rahmat, kesejahteraan dan ma‟afkanlah dia” Apabila jenazah yang dishalati itu perempuan, maka bacaan “Lahuu” diganti dengan “Lahaa”. Jika mayatnya banyak maka bacaan “Lahuu” diganti dengan “Lahum”. Setelah itu takbir ke empat, disambung dengan do‟a minimal : “Allahumma la tahrimnaa ajrahu walaa taftinna ba‟dahu waghfirlanaa walahu.” Artinya : “Yaa Allah, janganlah kiranya pahalanya tidak sampai kepadanya atau janganlah Engkau meluputkan kami akan pahalanya, dan janganlah Engkau memberi kami fitnah sepeninggalnya, serta ampunilah kami dan dia.” Salam

Shalat Ghaib (Fardu Kifayah). Yaitu shalat jenazah tetapi tidak dihadapan jenazah (jenazahnya berada ditempat lain atau sudah dimakamkan). Niatnya : “Ushalli „alaa mayyiti (Fulanin) al ghaaibi arba‟a takbiraatin fardlal kifaayati lillahi ta‟alaa” Artinya : “aku niat shalat gaib atas mayat (fulanin) empat takbir fardu kifayah (makmum/imam) karena Allah”" “Fulanin” diganti dengan nama mayat yang dishalati. Thank broooooo, agustus (fitri) 2011
13. Tuswandi Says:

7 Oktober 2011 at 05:29

Makasih banget bro ,kemaren ada tetangga gue yg meninggal terus gw jd ingin tahu gimana sih menyolatkan jenazah ,y udah gw klik d internet aja ketemu blog ini deh .mksh bgt y dah mmbantu gw.
14. Haryaditacher .Smkma'arifbukatejaXIoto 2011 Says:

9 Oktober 2011 at 07:02

Joos lh, esih ana generasi islam.
15. Baim Wibowo Says:

15 Oktober 2011 at 17:03

makasih banyak ya admiin.. ane sempet lupa.. dulu d sekolahan ane d ajarin mpe afal.. e, sekarang dah aga lupa.. tpi pas liat blog ini, en d baca doanya, e, yg d afalin dulu ternyata.. makasih yaa.. ane jdi inget lagi..ini ane pake sekarang.. ya Allah.. Ampunilah beliau, angkatlah derajatnya dlm kelompok org” yg mendapat petunjuk berilah penggantinya sesudah kepergiannya menyusul org” yg telah berlalu, ampunilah kami & dia,wahai Tuhan alam semesta berikanlah dia kelapangan d dlm kuburnya & terangilah dia d dlm kuburnya. Semoga Allah melipatkan pahalanya, memberikan pelipur lara yang baik, dan semoga Allah memberikan rahmat kepadanya..serta tempat terbaik di sisi Nya..amiin
16. Fitrah Says:

25 Oktober 2011 at 19:25

thx BROO atas artikel ini tambahin TULISAN ARABnya donk soalnya w praktek sholat JENAZAH

17. Syam Says:

29 Oktober 2011 at 08:39

terima kasih byk artikelnya.moga dapat pahala dari ALLAH. AMIN

18. Abdul Haris Says:

14 Desember 2011 at 10:15

terima kasih sudaraku sy butuh artikel sederhana ini karna sangt peraktis … wasslm
19. Mee Lye Says:

25 Desember 2011 at 10:26

mksh bnyk artikel ny..sgt mmbntu bgt
20. Zakaria Says:

1 Februari 2012 at 09:24

thanks wae lah ! tau aj yg w mau
21. Fain Says:

8 Februari 2012 at 17:45

nuhun nyak kango artikel‟na,! abdi enjing bade di tes shalat mayit, ku bapak Ayi,
22. Bahtera Says:

16 Februari 2012 at 15:32

doa nya masi kurang lengkap jadi kurang sempurna sholat nya
Leave a Reply Name (required) E-Mail (will not be published) (required) Website

Ketik dua kata ini:

Submit Comment

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->