P. 1
3.1. Peta Setempat

3.1. Peta Setempat

|Views: 22|Likes:
Published by anon_292139637

More info:

Published by: anon_292139637 on Jun 18, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPT, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

10/06/2013

pdf

text

original

PETA UNTUK ANALISIS KERJA SETEMPAT I PETA PEKERJA DAN MESIN Peta pekerja dan mesin serta peta

tangan Kiri dan tangan kanan dapat digunakan sebagai alat untuk mempermudah perbaikan stasiun kerja, sehingga dicapai suatu keadaan yang ideal saat itu. Hubungan operator dan mesin sering bekerja bergiliran, yaitu mesin menganggur, operator yang bekerja atau sebaliknya. Tetapi pada artinya di sini waktu yang menganggur merupakan suatu kerugian. Maka waktu menganggur ini harus dihilangkan atau diminimumkan.

A. Kegunaan Peta Pekerja dan Mesin

Memberikan informasi yang penting melalui hubungan yang jelas antara waktu kerja operator dan waktu operasi mesin yang ditangani, sehingga dapat memiliki data yang baik untuk melakukan penyelidikan, penganalisis, dan perbaikan suatu pusat kerja, menyebabkan efektivitas penggunaan pekerja dan mesin bisa ditingkatkan, dan tentunya keseimbangan kerja antara pekerja dan mesin bisa lebih diperbaiki.

Peningkatan efektivitas penggunaan dan perbaiakan keseimbangan kerja dapat dilakukan dengan cara :
Mengubah tata letak tempat kerja (dengan penataan yang sedemikian rupa, diharapkan dapat menempatkan elemen sistem kerja pada tempat yang sesuai dan benar-benar menghemat waktu penyelesaian) Mengatur kembali gerakan kerja (sehingga dengan penataan kembali gerakan kerja yang dilakukan oleh pekerja akan sangat membantu meningkatkan efektivitas kerja dan mempengaruhi efisiensi penggunaan tenaga) Merancang kembali mesin dan peralatan Menambah pekerja bagi sebuah mesin (peralatan) atau menambah mesin (peralatan) bagi seorang pekerja.

Prinsip pembuatan Peta Pekerja dan Mesin
Biasanya bagian paling atas identifikasi peta Menguraikan elemen pekerjaan yang terjadi. Dengan beberapa lambang yang digunakan :
Waktu menganggur. Digunakan untuk menyatakan pekerja/ mesin yang sedang menganggur atau menunggu yang lain Kerja tak bergantungan (independent) Ditinjau dari pekerja maka pekerja tersebut bekerja tanpa alat (mesin). Sedangkan mesin bekerja tanpa operator (otomatis)
Kerja kombinasi Ditinjau dari pekerja, maka antara pekerja dan mesin atau dengan pekerja lainnya bekerja secara bersama-sama. Sedangkan dari mesin, selama bekerja mesin memerlukan pelayanan dari operator.

Prinsip pembuatan Peta Pekerja dan Mesin
Langkah terakhir, dibuat kesimpulan dalam bentuk ringkasan yang memuat : waktu menganggur, waktu kerja dan akhirnya bisa mengetahui waktu penggunaan dari pekerja atau mesin.
Contoh Peta Pekerja dan Mesin :

Penutup

Peta pekerja dan mesin atau peta proses kelompok kerja bila digunakan jika terdapat hubungan kerja sama antara mesin atau fasilitas dengan pekerja atau para pekerja. Dengan kedua peta ini bisa menentukan waktu menganggur dari pekerja dan mesin. Maka peta pekerja dan mesin digunakan sebagai alat latihan untuk menunjukkan hubungan antara beberapa pekerja dalam suatu pusat kerja yang menggunakan mesin (peralatan).

I PETA TANGAN KIRI DAN TANGAN KANAN
Dengan menggunakan peta-peta yang telah dibahas sebelumnya maka kita sudah mendapatkan prosedur kerja dari orang, bahan dan alat secara tertib dan sistematis. Selanjutnya menganalisis pekerjaan itu sendiri, untuk penyempurnaan cara kerja yang sudah ada. Tentunya setelah stasiun kerja dapat disempurnakan maka untuk perbaikan proses secara keseluruhan dapat lebih mudah dilaksanakan. Dalam peta tangan kiri dan tangan kanan kita harus memperinci gerakan-gerakan sehingga gerakan yang tidak perlu bisa dikurangi dan mengatur gerakan sehingga memperoleh gerakan yang terbaik.

Peta tangan kiri dan tangan kanan merupakan suatu alat dari studi gerakan untuk menemukan gerakan-gerakan yang efisien yaitu gerakan-gerakan yang memang diperlukan untuk melaksanakan sutu pekerjaan.
Peta ini menggambarkan semua pekerjaan saat bekerja dan waktu menganggur oleh tangan kiri dan tangan kanan, juga menunjukkan perbandingan antara tugas yang dibebankan pada tangan kiri dan tangan kanan ketika melaksanakan pekerjaan. Melalui peta ini kita dapat melihat semua operasi cukup lengkap, sehingga mempermudah dalam perbaikan operasi. Peta ini sangat praktis untuk perbaikan suatu pekerjaan manual di mana tiap siklus dari pekerjaan itu terjadi dengan cepat dan terus berulang. Maka dengan peta ini kita dapat melihat dengan jelas pola gerakan yang tidak efisien dan melihat juga pelanggaran terhadap prinsip-prinsip ekonomi gerakan yang terjadi pada saat pekerjaan manual berlangsung.

Kegunaan peta tangan kiri dan tangan kanan :

Pada dasarnya peta tangan kiri dan tangan kanan berguna untuk memperbaiki suatu stasiun kerja. Selain itu peta ini berguna juga : Menyeimbangkan gerakan kedua tangan dan mengurangi kelelahan Menghilangkan atau mengurangi gerakan-gerakan yang tidak efisien dan tidak produktif sehingga tentunya akan mempersingkat waktu kerja Sebagai alat untuk menganalisis tata letak stasiun kerja Sebagai alat untuk melatih pekerjaan baru dengan cara kerja yang ideal

Prinsip pembuatan peta tangan kiri dan tangan kanan :
 Lembaran kertas dibagi dalam 3 bagian : bagian kepala, bagian yang memuat bagan tentang stasiun kerja dan bagian badan  Bagian kepala merupakan identifikasi  Bagian yang memuat bagan, digambarkan sketsa dari stasiun kerja yang memperlihatkan tempat-tempat alat-alat dan bahan. Sketsa digambarkan dengan memperhatikan skala, sesuai dengan tempat kerja sebenarnya. Sketsa ini penting untuk menunjang kondisi saat dilakukan studi terhadap pekerjaan tersebut  Bagian badan dibagi 2 pihak. Sebelah kiri kertas digunakan untuk mengambarkan kegiatan yang dilakukan tangan kiri dan sebaliknya.  Langkah selanjutnya diperhatikan urutan gerakan yang dilaksanakan operator. Kemudian operasi diuraikan menjadi elemen-elemen gerakan yang biasa dibagi ke dalam 8 buah :

Elemen menjangkau (Re) Elemen memegang (G) Elemen membawa (M) Elemen mengarahkan (P) Elemen menggunakan (U) Elemen melepas (RI) Elemen menganggur (D) Elemen memegang untuk memakai (H) Ke-8 elemen gerakan itu merupakan sebagian dari 17 elemen gerakan yang dikemukakan oleh Frank dan Lilian Gilbreth ● Lamanya tiap elemen gerakan sebanding dengan panjang baris yang menunjukkan skala waktu

Dalam membuat peta tangan kiri dan tangan kanan ialah elemen-elemen pekerjaan yang sudah terjadi harus cukup besar, sehingga bisa diukur. Peta ini akan lebih baik menggambarkan suatu stasiun kerja dengan baik apabila mengukur setiap elemen gerakannya dibantu oleh kamera film.

Analisis suatu peta tangan kiri dan tangan kanan :
Analisis terhadap stasiun kerja melalui peta ini si panganalisis harus mempelajari studi gerakan dan prinsip ekonomi gerakan dahulu, baru perbaikan sutu stasiun kerja bisa dicapai. Penutup Maka dari peta tangan kiri dan tangan kanan yang telah baik dipelajari untuk menganalisis suatu stasiun kerja sehingga diperoleh perbaikan tata letak peralatan, pola gerakan pekerja yang baik, dan urutan-urutan pekerjaan yang baik. Dan yang perlu diingat bahwa peta ini hanya praktis digunakan untuk memperbaiki gerakan-gerakan tangan yang frekuensi pengulangan antara satu siklus dengan siklus lainnya sangat tinggi.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->