P. 1
Pertumbuhan Dan Perkembangan Remaja

Pertumbuhan Dan Perkembangan Remaja

|Views: 281|Likes:
Published by Nanda Kurnia

More info:

Published by: Nanda Kurnia on Jun 18, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPT, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

06/14/2014

pdf

text

original

PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN REMAJA

Anggota Kelompok II : Fathia Ramadhani Nanda Kurnia Nindya Soraya Dharma Satya Adi Pratama Yani Anggraini

Makna pertumbuhan dan perkembangan
Pertumbuhan dan perkembangan adalah dua proses yang di alami remaja yang berhubungan satu sama lain.

Pertumbuhan adalah perubahan kuantitatif (ukuran) yang bersifat konkret. Proses pertumbuhan terjadi hingga tubuh mencapai tingkat kematangan Perkembangan adalah perubahan kualitatif yang berupa peningkatan fungsi psikologis dari organ fisik. Proses perkembangan terjadi hingga akhir hayat.

Hukum-hukum pertumbuhan dan perkembangan
1. Hukum Cephalocoudal Pertumbuhan di mulai dari kepala ke arah kaki. 2. Proximodistal Pertumbuhan fisik berada pada sumbu (daerah vital) dan mengarah ke tepi. 3. Perkembangan Terjadi dari Umum ke Khusus Di kemukakan oleh Werner, anak lebih dulu mampu menggerakan lengan di bandingkan jari-jari tangan.

4. Perkembangan Berlangsung dalam TahapanTahapan Perkembangan Perkembangan terjadi secara bertahap yang beberapa di antaranya adalah fiksasi (di suatu masa tidak dapat/sulit berkembang lagi). 5. Hukum Tempo dan Ritme Perkembangan Dalam perkembangan, setiap tahapan memiliki waktu-waktu yang berbeda. Apabila anak memiliki keterlambatan kemampuan umum dari waktu yang sewajarnya, maka anak tersebut memiliki gangguan pada kemampuannya.

6. Hukum Konvergensi Perkembangan Pandangan lama bahwa manusia adalah hasil bentukan dari pembawaan (keturunan). 7. Hukum Rekapitulasi Membagi masa seorang anak itu mejadi 4 masa, yaitu : a. Masa memburu dan menyamun, b. Masa menggembala, c. Masa bercocok tanam, dan d. Masa berdagang.

Karakteristik pertumbuhan dan perkembangan remaja
1. Transisi Biologis Menurut Santrock, perubahan fisik yang terjadi pada remaja, yakni : a. Pertumbuhan tubuh (ukuran), b. Berfungsinya alat-alat reproduksi, dan c. Tanda-tanda seksual sekunder

2. Transisi Kognitif Menurut Piaget, pemikiran tindakan formal remaja lebih abstrak, idealis dan logis. Dalam perkembangan kognitif, remaja menekankan pentingnya interaksi sosial dan budaya. 3. Transisi Sosial Menurut Santrock, transisi sosial remaja mengalami perubahan dalam hubungan individu dengan manusia lain yaitu dalam emosi, dalam kepribadian, dan dalam peran dari konteks sosial dalam perkembangan.

Jenis-jenis kebutuhan dan pemenuhannya
1. Jenis-jenis Kebutuhan Dasar Manusia a. Kebutuhan primer (fisiologis), yaitu kebutuhan yang di dorong oleh keinginan biologis. Pada masa remaja, kebutuhan primer dapat bertambah berupa kebutuhan seksual. b. Kebutuhan sekunder (psikologis), yaitu kebutuhan yang di dorong oleh rasa ingin tahu.

Untuk memenuhi kebutuhannya, manusia bertindak berdasarkan faktor dorongan atau motivasi. Berikut beberapa jenis kebutuhan remaja :
a. Kebutuhan organik b. Kebutuhan emosional c. Kebutuhan berprestasi (need of achievement) d. Kebutuhan untuk mempertahankan diri dan mengembangkan jenis

2. Usaha-usaha pemenuhan kebutuhan remaja Pemenuhan kebutuhan remaja di pengaruhi oleh faktor ekonomi, faktor orangtua, faktor lingkungan, faktor pendidikan.

PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN REMAJA
Anggota Kelompok II : Fathia Ramadhani Nanda Kurnia Nindya Soraya Dharma Satya Adi Pratama Yani Anggraini

THANK YOU

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->