P. 1
Aplikasi Matematika Dalam Kehidupan Sehari

Aplikasi Matematika Dalam Kehidupan Sehari

|Views: 125|Likes:
Published by Milanisti's Prakoso

More info:

Published by: Milanisti's Prakoso on Jun 18, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

04/30/2013

pdf

text

original

APLIKASI MATEMATIKA DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI Matematika Indah Berguna? Ya!

Acara di TV-Edukasi ini merupakan suatu acara yang membahas soal-soal matematika (terutama soal cerita). Aplikasi matematika dalam kehidupan sehari-hari dapat kita peroleh lewat acara ini. Namun, pembahasan acara ini masih terpusat di matematika tingkat sekolah menengah pertama. Munculnya beberapa pertanyaan aplikasi matematika lewat akun twitter saya (@nabihbawazir) karena kebiasaan nge-tweet tentang aplikasi matematika di berbagai bidang, seperti kedokteran, teknik sipil, astronomi, biologi, ekonomi, teknik secara umum, dll. Matematika memang memiliki banyak manfaat dalam kehidupan sehari-hari, namun karena matematika memiliki sifat yang cukup abstrak sehingga sulit untuk dapat menerapkan matematika dalam kehidupan sehari-hari jika kita hanya berpendidikan sarjana (yang umumnya baru tahu teorinya, belum banyak aplikasinya). Matematika tidak hanya diterapkan dalam kehidupan seorang matematisi proffesional, namun matematika juga kerap digunakan seorang dokter, insinyur elektronik, programmer, insinyur sipil, insinyur mesin, ekonom, akuntan, manajer, maupun banyak ahli bidang lain. (Lalu mengapa yang menggunakan semua penggunanya berpendidikan sarjana ke atas, karena sudah jelas kalau materi matematika SMA disusun untuk calon ilmuwan berpendidikan sarjana ke atas) 1. Aplikasi Matematika (Kalkulus) di Bidang Kedokteran (Lengkapnya di sini) Semakin banyaknya orang yang mendambakan kepraktisan mengakibatkan trend penyakit bergerser ke arah tumor dan kanker. Untuk kanker sendiri, penyebab utamanya adalah zat karsinogenik yang biasanya terbentuk oleh makanan yang bersentuhan dengan api secara langsung, banyak dijumpai pada makanan yang dibakar. Ayam bakar dan kawan-kawan memang lezat, namun kita tetap harus menjaga diri dari penyakit kanker. Berkembangnya teknologi kedokteran menjadikan pengobatan kanker yang tadinya menggunakan kemoterapi (yang sakitnya minta ampun), beralih ke pengobatan dengan high energy inonizing radiation yang relatif lebih cepat, lebih efektif dan lebih nyaman (meskipun lebih mahal), salah satunya sinar-X, karena tidak mungkin tubuh manusia di bongkar pasang. Lantas, dimana matematika berperan? Matematika berperan dalam menghitung volume kanker. dan koordinat-koordinatnya dengan penerapan kalkulus (bisa integral cakram, cincin, lipat 2, bahakan lipat 3), karena umumnya sel kanker tidak mungkin bebentuk prisma, tabung, kerucut atau limas yang mudah sekali dihitung volumenya. Pasca itu dokter spesialis onkologi radiasi akan menghitung persamaan intensitas laser yang digunakan (salah hitung

bisa bahaya, misal kasus pada kanker (maaf) payudara, kalau salah beberapa mm saja, atau intensitasnya kelebihan sedikit ada peluang kena jantung tuh laser, kalau intensitas kurang, sel kanker mungkin bisa jadi kebal). Memang tidak semua dokter spesialis onkologi radiasi dibantu oleh ahli dosimetri, yang matematikanya jago banget, Buat adik-adik yang masih SMP atau SMA dan ingin jadi dokter spesialis onkologi jaringan belajar yang rajin, kalau masih SMP jangan sampai lepas ilmu tentang koordinat kartesius, fungsi kuadrat, sel dan jaringan, kalau SMA IPA, semua materi turunan dan integral jangan sampai hilang, pastinya ilmu biologi dan kimia hal wajib paham seorang calon dokter, terutama yang berhubungan dengan manusia. 2. Aplikasi matematika (trigonometri) pada teknik sipil (Lengkapnya di Sini) Seorang ahli teknik sipil yang handal umumnya lebih mudah dipercaya daripada insinyur sipil yang biasa saja. Tapi tantangan seorang ahli insinyur harus bekerja sama untuk meciptakan kota yang seperti ini, dengan perhitungan sudut-sudut yang super akurat, dengan sistem kurva yang benar-benar yang tak dijumpai dijumpai keslahan.

Seorang insinyur sipil hendaknya memiliki kemapuan untuk melakukan pembangunan di medan yang tidak biasa (miring, lautan dan lain-lain dll). Seperti halnya para dokter spesialis onkologi radiasi yang biasa dibantu para ahli dosimetri, maka insinyur sipil dibantu seorang surveyor. Tugas surveyor untuk melakukan pengamatan terhadapsistem geometris tanah yang kompleks (apalagi jika pembangunan akan dilakukan di laut). 3. Aplikasi Matematika (Peluang) pada ilmu Ekonomi (Lengkapnya di Sini) Aplikasi metematika pada bidang ekonomi yang ingin saya bahas kali ini adalah ilmu peluang, dengan ilmu ini kita belajarmenghitung peluang di berbagai kasus asuransi, ilmu yang membahas tentang ini disebut aktuaria, dan ahlinya disebut aktuaris. Aktuaris adalah sebuah pekerjaan dengan skill elite, dikarenakan konsep aktuaris yang cukup memerlukan pengetahuan bidang matematika dan statistik secara mendalam. Oleh karena itu, sejumlah negara memutuskan untuk membuat lembaga khusus untuk mendidik calon aktuaris dan mengujinnya dalam ujian profesi aktuaris.Di Indonesia sendiri lembaga ini dikenal dengan nama Persatuan Aktuaris Indonesia (PAI). Ilmu aktuaria merupakan ilmu gabungan antara ilmu peluang, matematika, statistika, keuangan, dan pemrograman komputer. Studi dari website pencarian kerja CareerCast menempatkan actuaria sebagai #1 job di Amerika Serikat

(Needleman, 2010). Studi ini menggunakan

lima kriteria kunci untuk mengurutkan

rangking pekerjaan: lingkungan, pendapatan, prospek kerja, dampak fisik, and stress. Tren matematikawan memang diprediksikan akan naik pesat pada 2014. 4. Aplikasi matematika (Program Linear) pada Ilmu Manajemen (Lengkapnya di Sini) Jika di SMA dipelajari trntang program linear, maka di tingkat perguruan tinggi ada cabang yang lebih luas, yaitu riset operasi. Mungkin anda sering mendengar kata “manajer operasional suatu perusahaan”. Manajer operasional bertugas melakukan manajemen terhadap kegiatan-kegiatan operasional. Manajemen operasi, adalah suatu cabang dari matematika terapan yang cenderung interdisipliner. Ilmu riset operasi menggabungkan antara teori matematika dan manajemen. Pendekatan yang dilakukan dengan pendekatan permodelan matematika, analisis stastistik, dan teori optimasi matematis. Rumusan masalah pada riset operasi dibagi dalam dua kelompok besar yaitu: meminimumkan, dan memaksimumkan. Untuk masalah meminimumkan biasanya yang diminumkan adalah biaya distribusi, biaya produksi, jarak tempuh, dll. Sedangkan pemaksimalan bertujuan memaksimalkan keuntungan, jumlah barang produksi, dll. Adapun metode-metodenya pernah saya bahas di sini. 5. Aplikasi Matematika (Kombinatorika) pada Ilmu Pemrograman (belum ada lengkapnya) Maraknya game online sepuluh tahun terakhir ini menjadi alternatif pemasukan yang luar biasa bagi anak muda yang menggeluti bidang ini dengan baik. Dalam matematika teori permainan mengalami perkembangan super pesat pasca John Nash Meraih Nobel pada 1994, beliau mencipatakan model matematika sistem otaomasi yang akhirnya begitu berkembang saat ini.

Karya beliau memberikan inspirasi baru bagi dunia game yang akhirnya lahirlah Winning Eleven, oleh perusahan elektronok raksasa Jepang, SONY. Karya beliau telah berkembang luar biasa dan diterapakan ke dalam banyak sisi otoasi komputerisasi jaman sekarang, termasuk trensformasi geometri digital yang dihadirkan oleh Steve Jobs pada produkproduknya.
Selain untuk berhitung..kegunaan matematika itu sangat penting,terutama bagi mereka yang ingin mengembangkan ilmunya dalam bidang ekonomi dan bisnis..Pesatnya perkembangan ilmu ekonomi

dan bsnis pada saat ini,untuk pemecahan masalahnya dapat di lakukan dengan metode kuantitatif, maka salah satu alat yg di gunakan dalam mengembangkan ilmu ekonomi tersebut adalah Matematika.

misalnya

Integral

Di dalam ilmu ekonomi serig di jumpai persoalan yang mencari fungsi,jika di ketahui laju perubahan fungsi tersebut.Misalnya,untuk menentukan biaya total, jika di ketahui biaya marjinal,maka proses mencarinya dengan cara mengintegralkan fungsi biaya marjinalnya..

Menaechmus

berkata

kepada

Alexander

:

“Wahai raja, sepanjang negeri ini ada jalan untuk raja dan jalan untuk warga negara biasa, tetapi pada Geometri terdapat satu jalan untuk semuanya”. Pembukaan Seminar Nasional Matematika 2010 yang diselenggarakan oleh Departemen Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia bekerjasama dengan forum MIPAnet (Jaringan Nasional Kerjasama Pendidikan Tinggi Bidang MIPA), merupakan kegiatan yang tahunan yang telah berjalan selama 15 tahun. Kegiatan ini pada awalnya merupakan Seminar Matematika Bersama UI-UNPAD, dalam rangka peningkatan akan kecintaan terhadal pengetahuan tentang Ilmu Matematika.

Matematika memiliki peranan sangat penting dalam kehidupan manusia, baik untuk menjawab permasalahan dalam kehidupan sehari-hari, maupun untuk pengembangan Iptek serta pemanfaatannya pada aplikasi di bidang indutri. Sebagai alat yang dapat membantu untuk memecahkan berbagai masalah kehidupan manusia, Matematika juga merupakan bahasa universal yang dapat manyatukan produk yang mampu

membagikan, mengungkapkan keindahan itu terutama pada kalang generi muda serta pelajar dan memahami sebuah Matematika, Sabtu 06 Januari 2010 FMIPA UI di Depok.

Seperti yang disampaikan oleh Dirut Jiwasraya, Hendrisman Rahim mengatakan Matematika sebagai disipilin ilmu, tentunya memiliki peran dalam kehidupan sehari-hari bagi

kebanyakan manusia. Selanjutnya Matematika sering dianggap abstrak dan tidak terlihat secara langsung manfaatnya. Hal ini mungkin saja terjadi karena pemahaman yang masih terbatas atau manusia lebih mengenal sebagai manfaat karya ilmu terapan lain yang sebenarnya menbungkus Matematika di ilmu tersebut di dalamnya.

Dengan Matematika harus mampu memberikan jawaban atas permasalahan, maka ilmu matematika harus dapat diangkat dengan tidak bemberikan kesan menakutkan dan sulit. Dengan Seminar ini diharapkan bagaimana keindahan pembelajaran Matematika ini mampu memberikan kontribusi, dan bisa dinikmati mahasiswa dan pelajar. Disini peran para peneliti, akedemisi dalam membangun pendidikan dalam segala bidang, juga pada kader-kader kedepan dan memberikan kesederhanaan dan keindahan yang sangat penting didalam pelajaran Matematika. Wakil Rektor UI, Sunardji mewakili Rektor UI mengatakan harapan agar kiranya hasil dari seminar ini dapat terumuskannya strategi kerjasama riset antar Universitas, terjalinanya riset, peneliti dan stakeholders MIPA khususnya bidang matematika. Selain itu juga diperolehnya informasi mengenai perkembangan penelitian terbaru di bidang sains di Indonsesia, terbentuknya interaksi dan komunikasi yang intentif antar peneliti sains secara nyata di Indonesia. Seminar ini kedepan harus mampu memberikan solusi terhadap permasalahan bangsa, permasalahan pengguna, dengan memperhatikan tiga koponen tentang pengguna : Pemerintah, Industri, dan Masyarakat juga masyarakat arsitek, masyarakat komunitas Matematika ujar Menristek, Suharna Surapranata didalam pengarahannya. Selanjutnya Suharna Surapranata mengatakan menjadi bangsa yang mengusai Iptek harus bisa menempatkan inovasi sebagai urat nadi kehidupan bangsa. Jadi bisa menjadi manusia berinovasi pada rumah-rumah kreativitas innovation. Diharapkan bentuk sinergi antara tiga komponen ini dari Universitas, Kalangan Intelektual, Kalangan Litbang dapat melakukan pendekatan kepada Pegusaha untuk membantu mengembangakan ilmu Matematika ini didalam perusahaannya. Selain itu Harapan Menristek Sinergi tersebut bisa menyelaraskan guna untuk mendayagunakan, juga merumuskan peran sentral ilmu Matematika dimasa

depan.(humasristek/MF).

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->