P. 1
Mengoperasikan Web Browser

Mengoperasikan Web Browser

|Views: 64|Likes:
Published by Muhamad Rizky

More info:

Categories:Types, School Work
Published by: Muhamad Rizky on Jun 19, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPTX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

06/19/2012

pdf

text

original

MUHAMAD RIZKY

XI-RPL
Mengoperasikan Web Browser

Kegunaan Internet

Sejarah Internet

Pertumbuhan Internet

Apa Itu Internet

Internet

Koneksi Internet

Web Email

Mengoperasikan Web Browser

Web Browser

Search Engine

Apa Itu Web Browser Mengenal Area Kerja Adress & Hyperlink

Save & Download Cari Info Di Halaman Web

Favorit
Print File

Apa Itu Internet?
Internet (interconnection network) adalah sekumpulan jaringan komputer yang saling berhubungan satu dengan yang lainnya. Jaringan komputer adalah dua komputer atau lebih yang saling berhubungan, Jenis jaringan yang sering secara umum di bagi dalam 3 kelompok :  LAN (local Area network) jaringan yang terdiri dari dua komputer atau lebih dalam satu batas area saja.  MAN (metropolitan area network)  WAN (wide area network) Internet menyediakan akses untuk layanan telekomunikasi dan sumber daya informasi untuk jutaan pemakainya yang tersebar di seluruh dunia.

Back

Kegunaan Internet
Banyak kegunaan yang menguntungkan yang didapatkan dari Internet dalam semua bidang (bisnis, akademis, pemerintahan, organisasi dlsb), antara lain: ○ Internet sebagai Media Komunikasi Beberapa fenomena dan kelebihan internet sebagai media informasi dan komunikasi dibandingkan dengan media lain, Informasi yang didapatkan lebih mudah, cepat dan murah dengan jangkauan global. Hal ini didukung dengan fakta bahwa untuk menjangkau pengguna sebanyak 60 juta orang:
 Butuh 30 tahun untuk radio  Butuh 15 tahun untuk televisi  Butuh 3 tahun untuk web

○ Internet sebagai media promosi, diantaranya:  Image Company  Pengenalan, dan pemesanan produk  Registrasi klien  Jadwal pengiriman dll ○ Internet sebagai Komunikasi Interaktif  Email  Dukungan Pelanggan dengan WWW  Video Conferencing  Internet Relay Chat  Internet Phone ○ Internet sebagai alat Research and Development  pembelajaran secara online ○ Internet sebagai Pertukaran data

Back

Sejarah Internet
Sebelum Internet ada, ARPAnet (US Defense Advanced Research Projects Agency) atau Departemen Pertahanan Amerika pada tahun 1969 membuat jaringan komputer yang tersebar untuk menghindarkan terjadinya informasi terpusat, yang apabila terjadi perang dapat mudah dihancurkan. Jadi bila satu bagian dari sambungan network terganggu dari serangan musuh, jalur yang melalui sambungan itu secara otomatis dipindahkan ke sambungan lainnya. Setelah itu Internet digunakan oleh kalangan akademis (UCLA) untuk keperluan penelitian dan pengembangan teknologi. Dan baru setelah itu Pemerintah Amerika Serikat memberikan ijin ke arah komersial pada awal tahun 1990.
Back

Pertumbuhan Internet
Internet mempunyai pertumbuhan yang sangat baik dan sangat pesat saat ini. Dari data statistik yang didapat, adalah sebagai berikut:  3 juta host sudah terkoneksi diakhir tahun 1994  Populasi 30 juta pengguna (1995)  Pertumbuhan 10 % tiap bulan  100 juta pengguna pada tahun 1998, diperkirakan tahun 2010 semua orang akan terhubung ke Internet  Email mendominasi 75% hubungan bisnis

Back

Koneksi Internet
Negara dengan akses Internet yang terbaik termasuk Korea Selatan (50% daripada penduduknya mempunyai akses jalurlebar Broadband), dan Swedia. Terdapat dua bentuk akses Internet yang umum, yaitu dial-up, dan jalurlebar. Di Indonesia, seperti negara berkembang dimana akses Internet dan penetrasi PC sudah cukup tinggi dengan didukungnya Internet murah dan netbook murah, hanya saja di Indonesia operator kurang adil dalam menentukan harga dan bahkan ada salah satu operator yang sengaja membuat "jebakan" agar pengguna Internet tersebut membayar lebih mahal. Lainnya sekitar 42% dari akses Internet melalui fasilitas Public Internet Access seperti warnet , cybercafe, hotspot dll. Tempat umum lainnya yang sering dipakai untuk akses Internet adalah di kampus dan di kantor. Disamping menggunakan PC (Personal Computer), kita juga dapat mengakses Internet melalui Handphone (HP) menggunakan fasilitas yang disebut GPRS (General Packet Radio Service). GPRS merupakan salah satu standar komunikasi wireless (nirkabel) yang memiliki kecepatan koneksi 115 kbps dan mendukung aplikasi yang lebih luas (grafis dan multimedia). Teknologi GPRS dapat diakses yang mendukung fasilitas tersebut. Pengaturan GPRS pada ponsel tergantung dari operator yang digunakan. Biaya akses Internet dihitung melalui besarnya kapasitas (perkilobyte) yang diunduh.

Back

Web Email
Web Email (atau email berbasis web) digunakan untuk menggambarkan dua hal. Salah satu penggunaan kata tersebut untuk menggambarkan klien Webmail: email client diimplementasikan sebagai aplikasi web diakses melalui web browser. Artikel ini berfokus dalam penggunaan istilah. Penggunaan lain dari kata tersebut untuk menggambarkan sebuah layanan email berbasis Web. Layanan email yang ditawarkan melalui situs web (penyedia webmail) seperti Gmail, Yahoo! Mail, Hotmail dan AOL Mail Hampir setiap penyedia webmail menawarkan akses email menggunakan webmail client, dan banyak dari mereka juga menawarkan akses email dengan klien email desktop menggunakan protokol email standar, sementara penyedia layanan internet banyak menyediakan webmail client sebagai bagian dari layanan email termasuk dalam paket layanan internet mereka. Seperti halnya aplikasi web, keunggulan utama webmail atas penggunaan klien email desktop adalah kemampuan untuk mengirim dan menerima email di mana saja dari web browser. Kerugian utamanya adalah kebutuhan untuk terhubung ke internet saat menggunakan itu (Gmail menawarkan penggunaan offline klien webmail melalui instalasi Gears. ). Ada ada juga perangkat lunak lain untuk mengintegrasikan bagianbagian dari fungsi webmail ke dalam (misalnya menciptakan pesan langsung dari aplikasi pihak ketiga melalui MAPI)

Back

Search Engine
Mesin pencari atau Search engine adalah program komputer yang dirancang untuk melakukan pencarian atas berkas-berkas yang tersimpan dalam layanan www, ftp, publikasi milis, ataupun news group dalam sebuah ataupun sejumlah komputer peladen dalam suatu jaringan. Search engine merupakan perangkat pencari informasi dari dokumen-dokumen yang tersedia. Hasil pencarian umumnya ditampilkan dalam bentuk daftar yang seringkali diurutkan menurut tingkat akurasi ataupun rasio pengunjung atas suatu berkas yang disebut sebagai hits. Informasi yang menjadi target pencarian bisa terdapat dalam berbagai macam jenis berkas seperti halaman situs web, gambar, ataupun jenis-jenis berkas lainnya. Beberapa mesin pencari juga diketahui melakukan pengumpulan informasi atas data yang tersimpan dalam suatu basisdata ataupun direktori web.

Next

Menggunakan Search Engine

Menggunakan mesin pencari (search engine) merupakan cara yang biasa ditempuh oleh para netters untuk mencari informasi tertentu yang dibutuhkannya di belantara world wide web (www). Namun demikian, tidak jarang penggunaan mesin pencari memberikan hasil yang mengecewakan, semata-mata karena pemakai melakukan query dengan cara yang kurang tepat. Tips-tips berikut diharapkan dapat menuntun anda menggunakan mesin pencari secara efektif untuk menemukan informasi yang anda butuhkan: 1. Gunakan mesin pencari yang tepat ditengarai sebagian mesin pencari saatini 2. Jangan gunakan keyword yang terlalu umum 3. Masukkan keyword secara singkat namun jelas 4. Gunakan operator Boolean 5. Gunakan tanda kutip untuk satu frase utuh 6. Manfaatkan Direktori 7. Manfaatkan fitur khusus dari mesin pencari anda 8. Gunakan fungsi “Find” pada browser anda Next

Search Engine populer
Terdapat ratusan bahkan ribuan mesin pencari yang ada di internet, dan kapasitas mesin tersebut akan selalu tumbuh dari waktu ke waktu. Dari sebanyak itu, hanya sebagian kecil yang berpengaruh besar dalam lalulintas untuk pengantar pengunjungnya ke situs tersebut. untuk itu, harus pintar dalam memilih mereka yang tepat terutama dalam efisiensi dan efektifitas waktu yang anda miliki dalam mencapai sasaran yang diinginkan, karena situs yang tidak terlalu populer belum tentu akan berpengaruh besar terhadap pertumbuhanke situs yang dikelola. Apalagi jika pendaftaran situs-situs penyedia layanan pencarian tersebut dilakukan satu persatu, akan membuang waktu. Cara mudahnya, lebih baik menggunakan software pendaftar ke mesin pencari yang banyak beredar di internet, sehingga proses pendaftaran bisa dilakukan secara otomatis melalui software tersebut. Berikut ini adalah beberapa mesin pencari terbaik menurut saya:  Google ( http://www.google.com/ )  Yahoo ( http://www.yahoo.com/ )  MSN ( http://www.msn.com/ )  Live ( http://www.live.com )  AOL ( http://www.aol.com )
Back

Apa Itu Web Browser
Peramban web, peramban ramatraya (Inggris: web browser) disebut juga penjelajah web, adalah perangkat lunak yang berfungsi menampilkan dan melakukan interaksi dengan dokumen-dokumen yang disediakan oleh server web . Peramban web yang populer adalah Microsoft Internet Explorer dan Mozilla Firefox. Peramban web adalah jenis perantara pengguna yang paling sering digunakan. Ramat jembar (wide web) sendiri adalah kumpulan jaringan berisi dokumen dan tersambung satu dengan yang lain, yang dikenal sebagai Waring Wera Wanua.
Back

Mengenal Area Kerja Web Browser
    

Next

Keterangan gambar : 1. Title Window, adalah baris judul alamat internet yang terbuka dan selalu diikuti nama program Internet Explorer. 2. Menu, adalah baris yang berisi perintah-perintah untuk pengoperasian Internet Explorer. 3. Standard Buttons, adalah baris yang berisi tombol-tombol standar pengoperasian Internet Explorer. 4. Address Bar, adalah baris yang terdapat kotak teks untuk tempat mengisi teks alamat internet yang ingin dikunjungi. 5. Di ujung kanannya terdapat tombol Go, untuk mulai memproses permintaan alamat internet. 6. Links, adalah baris penghubung ke alamat internet secara cepat tanpa mengetik alamatnya, yang dapat ditambah atau dikurangi. 7. Workspace, adalah area kerja atau isi dari alamat internet yang tampil atau sedang diproses berdasarkan permintaan. 8. Status Bar, adalah baris informasi status link alamat internet yang tampil atau terbuka dalam Workspace.
Previous Back

Address & Hyperlink

Alamat Internet (Address) : atau alamat sebuah web kadang disebut URL (Uniform Resource Locator) yang biasanya terdiri dari 4 bagian : 1. Nama protocol (protocol adalah aturan-aturan atau standar yang membuat komputer dapat saling berbagi informasi). 2. Lokasi dari situs, contohnya WWW (World Wide Web) 3. Nama organisasi yang mengatur situs. 4. Sebuah akhiran yang mengidentifikasikan jenis dari organisasi. (contohnya .com untuk sebuah organisasi komersial) Hyperlink : Di dalam situs web biasanya anda akan melihat teks yang warnanya berbeda, bergaris bawah atau berada dalam kotak (tombol)
Next

Alamat Internet

Hyperlink

Hyperlink

Back

Save & Download

Menyimpan File halaman web : Halaman web dalam Internet Explorer dapat disimpan ke dalam file di komputer anda. Ini bertujuan nantinya halaman web tersebut dapat dibuka kembali tanpa melakukan koneksi ke internet (work offline). Langkah-langkah penyimpanan file halaman web :  Di Internet Explorer, klik menu Files lalu pilih Save As...  Tentukan lokasi penyimpanan dalam Save in  Pada kotak teks File name ketik nama file (atau biasanya nama halaman web telah tersedia), klik Save untuk mulai menyimpan.
Next

Download
Download adalah proses pengambilan informasi berupa file, data atau program yang disediakan oleh sebuah situs web dan menyimpannya ke dalam komputer anda. Cara download :  Perhatikan terlebih dahulu link atau icon dalam halaman web yang menunjukkan bahwa itu akan mengarah pada kandungan file baik itu file data maupun program.  Klik link atau icon tersebut.  Selanjutnya akan muncul kotak dialog file download, klik tombol Save untuk mulai download.Salah satu link download  Kotak dialog Save as akan muncul, ketik nama file yang diinginkan, lalu klik Save.
Back

Cari Info Di Halaman Web
Keinginan untuk mencari informasi berupa kata atau kalimat dalam Halaman web bisa diwujudkan lewat Internet Explorer dengan fasilitas Search dan Find.  Langkah pencarian informasi dengan Search :
 Di Internet Explorer, klik tombol Search dalam toolbar Standard

Buttons. Disebelah kiri window akan muncul panel pencarian.  Pilih modus pencarian pada Choose a category for your search, lalu ketik kata/kalimat yang ingin dicari, klik Search.

Langkah pencarian informasi dengan Find :
 Di Internet Explorer, klik menu Edit , pilih Find (on This page)  Dalam kotak teks Find what ketik kata atau kalimat yang ingin

dicari, lalu klik Find Next.

Back

Favorit
Contoh cara menambahkan nookmarks (Favorit) pada Mozilla Firefox 1. Klik Kanan pada halaman web tersebut lalu klik Bookmark This Page 2. Selanjutnya akan muncul kotak dialog seperti berikut :

3.

4.

Beri nama Bookmark, kemudian pada Folder bisa anda pilih Bookmarks Menu untuk bookmark sederhana atau Bookmarks Toolbar untuk menampilkan hasil bookmarks di bagian atas browser Klik Done Back

Print File
Halaman web dapat langsung anda cetak dengan langkah sebagai berikut : 1. Pilih menu File pada menubar kemudian klik Print 2. Setelah itu akan tampil kotak dialog Print. 3. Anda dapat memilih jenis pinter yang akan digunakan serta jumlah dan halaman yang akan diprint pada select printer. 4. Kemudian klik button print pada bagian bawah kotak dialog untuk mencetak file.

Untuk mengantisipasi kesalahan cetak, anda dapat melihat file hasil cetakan di layar terlebih dahulu sebelum file tersebut dicetak ke printer. Langkahnya adalah sebagai berikut : 1. Pilih menu File pada menubar 2. Kemudian klik Print Preview 3. Setelah itu akan tampil hasil cetakan dalam layar yang ditampilkan perhalaman seperti gambar berikut ini. 4. Apabila tampilan cetakan pada layar itu sesuai dengan harapan, maka klik tombol Print untuk mulai mencetak.

Back

Selesai Terima Kasih

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->