P. 1
Titip Karya Tulis Bahasa Indonesia

Titip Karya Tulis Bahasa Indonesia

|Views: 72|Likes:
Published by Muhammad_Alimu_5793

More info:

Published by: Muhammad_Alimu_5793 on Jun 20, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

06/20/2012

pdf

text

original

Karya Tulis Ilmiah Bahasa Indonesia

GANDUM SEBAGAI ALTERNATIF BAHAN PANGAN PENGGANTI BERAS PADI BAGI MASYARAKAT

Penulis

:

MUHAMMAD ALIMUDDIN (1409100005)

JURUSAN KIMIA FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM INSTITUT TEKNOLOGI SEPULUH NOPEMBER SURABAYA 2012

BAB I PENDAHULUAN 1.Latar belakang Selama ini kita lebih mengenal beras sebagai sumber karbohidrat untuk asupan gizi kita,sehingga persepsi yang berkembang selama bertahun-tahun adalah beras adalah komoditi utama dalam bahan pangan.Cara pandang masyarakat terhadap sumber pangan pokok seolah-olah digiring kepada pandangan yang sempit bahwa sumber karbohidrat pokok ialah beras.Sekitar 90%,dengan tingginya tingkat konsumsi beras maka menjadikan indonesia Negara nomor satu di dunia yang mengkonsumsi beras.Hal ini berpengaruh pada ketahanan pangan dan masalah gizi di indonesia,dimulai dengan berkurangnya stok pangan yang berakibat pada pengiimporan beras dari luar yang dilakukan pemerintah akan berpengaruh pada perekonomian negara.Selain itu,pengkonsumsian beras secara berlebihan dapat menimbulkan banyak penyakit karena beras memiliki kandungan yang kaya akan glukosa dan merupakan faktor resiko penyakit jantung dan diabetes.Faktor kelebihan berat badan juga penyebab utamanya ialah karbohidrat yang kaya kandungan glukosanya. Pada dasarnya,banyak solusi untuk hal ini,yaitu dengan penganekaragaman bahan pangan,dan memperbaiki citra sumber karbohidrat pokok selain beras serta memperhatikan keseimbangan gizi masyarakat.Karena suplai zat gizi masyarakat juga akan lebih lengkap dibandingkan dengan satu jenis bahan pangan saja.. 2.Permasalahan Permasalahan yang didapat dalam mengupayakan sumber karbohidrat pengganti beras ke masyarakat luas adalah dengan mensosialisasikanya,adalah: 1. Bagaimana pengertian karbohidrat untuk metabolisme tubuh kita? 2. Mengapa kandungan gandum lebih baik daripada beras? 3.Tujuan penulisan Tujuan dari penulisan ini adalah agar masyarakat indonesia mengerti bahwa beras bukan satu satunya sumber utama asupan gizi(karbohidrat) untuk tubuh kita,namun ada yang lebih baik yaitu gandum. 4.Manfaat Diharapkan masyarakat bisa menyeimbangkan asupan gizi serta tidak terlalu ketergantungan pada beras dan bisa melakukan penganekaragaman bahan pangan.

١

Bab II PEMBAHASAN 1.Pengertian Karbohidrat Karbohidrat merupakan bahan makanan yang sangat penting bagi nutrisi tubuh kita,sama hal nya dengan Protein dan lemak.Nutrisi ini harus sesuai dengan yang dibutuhkan tubuh kita tidak boleh kurang dan tidak boleh lebih.Karbohidrat juga adalah sumber tenaga bagi tubuh kita,Karbohidrat juga berfungsi untuk menjaga keseimbangan asam basa di dalam tubuh,berperan penting dalam proses metabolisme dalam tubuh serta pembentuk struktur sel dengan mengikat protein dan lemak. Karbohidrat merupakan sebuah senyawa organik yang terdiri dari zat karbon,hidrogen,dan oksigen,karbohidrat ini terdiri dari 1 molekul sederhana yang disebut glukosa yang kemudian sel sel tubuh menyerap glukosa ini untuk pembentukan energi dan pembakaran lemak di dalam tubuh.Karbohidrat ada dua macam yaitu karbohidrat simpleks dan karbohidrat kompleks.Karbohidrat simpleks mengandung gula monosakarida (glukosa,fruktosa dan galaktosa) gula disakarida (laktosa,maltosa dan sukrosa).karbohidrat ini lebih cepat diserap oleh tubuh.Sedangkan,karbohidrat kompleks tidak dapat langsung diserap oleh tubuh tetapi dicerna dahulu oleh tubuh,sehingga kadar gula dalam tubuh naik pelanpelan.Karbohidrat kompleks sangat baik bagi tubuh karena mengandung serat dan vitamin.Karbohidrat ini terdapat pada pati,serat,dan gula dalam alkohol. Karbohidrat diklasifikasikan berdasarkan jumlah penyusunnya yaitu monosakarida, disakarida, polisakarida.Sedangkan struktur yang paling sederhana pada karbohidrat adalah glukosa, monosakarida yang paling penting dalam metabolisme tubuh.Glukosa yang terkandung dalam nutrisi masuk kedalam sistem sirkulasi atau kedalam darah untuk ditransfer ke sel-sel tubuh yang memerlukannya atau diubah pada hati menjadi molekul yang lain. Glukosa juga mudah diubah menjadi molekul-molekul lain yang memiliki fungsi tertentu, seperti glikogen untuk cadangan energi, ribosa pada asam nukleat, galaktosa pada susu dan kompleks dengan lemak atau protein.Maka dari itulah karbohidrat, di mana yang mengandung glukosa, digunakan sebagai sumber energi utama bagi manusia dan hewan.

1 CHO
H HO H H

2 3 4 5 6

OH H OH OH CH 2O H HO H HO H O

HO H

H

O

OH OH

H

H OH

HO

H

H OH

OH OH

β -D-(+)-Glukopiranosa (64 %)

D-Glukosa (Fisher)

α -D-(+)-Glukopiranosa (36 %)

٢

١ Gambar -Struktur glukosaSebagai sumber utama energi bagi manusia, karbohidrat banyak terdapat pada makanan yang berasal dari nabati/ tumbuh-tumbuhan misal padi, gandum, jagung, dan ubi.Namun, seperti yang sudah kami jelaskan sebelumnya bahwa nasi yang berasal dari padi, memilki kadar glukosa yang cukup tinggi sehingga memiliki beberapa efek yang kurang baik ke depannya.Bila konsumsi nasi bagi orang yang lanjut usia kemungkinan dapat menyebabkan beberapa resiko, seperti masalah jantung dan diabetes.Hal ini disebabkan oleh menumpuknya glukosa/ karbohidrat dalam darah yang semakin banyak sehingga tekanan pada darah meningkat serta kerja jantung yang terus dipicu.Sebenarnya tidak dikhususkan bagi orang lanjut usia, untuk orang muda pun juga dianjurkan untuk tidak terlalu banyak menumpuk glukosa/karbohidrat dalam tubuh karena hal itu bisa menyebabkan obesitas. 2.Perbandingan kandungan beras dan gandum 2.1 Beras Beras berasal dari bagian bulir padi yang telah dipisah dari sekamnya, bagian isi inilah yang berwarna kemerahan,putih,ungu,atau hitam.Kandungan beras didominasi oleh pati (sekitar 80-85%).Pati beras dapat digolongkan menjadi 2 kelompok,yaitu: ● Amilosa, pati struktur tak bercabang ● Amilopektin, pati struktur bercabang Dari komposisi pati ini menentukan warna dari suatu beras dan tekstur nasi. Beras terdiri dari beberapa komponen yaitu meliputi Karbohidrat sebagai penyusun utama,Protein sebagai penyusun kedua,lemak dan vitamin ialah penyusun lainya.Besar persentase dari komponen tersebut bergantung pada varietas,lingkungan budidaya dan metoda analisa yang dilakukan.Umumnya persentase komponen itu adalah kandungan karbohidrat 54,9-77,8 persen, protein 7,1-8,3 persen dan lemak 0,5-0,9 persen. Penyusun sebagian besar karbohidrat ialah pati,sedangkan karbohidrat lain seperti pentosa dan selulosa hanya terdapat jumlah yang sedikit.Karena itu,

١

fisiokimia pati mempunyai peranan penting dalam penentuan fisiokimia beras.Beras berbeda-beda secara warna,contoh yang ada ialah: ● Beras putih,hanya memiliki sedikit aleuron dan kandungan amilosa hanya sekitar 20%. ● Beras merah.akibat aleuronya mengandung gen yang memproduksi antosianin. ● Beras hitam,karena aleuron memproduksi antosianin berintensitas tinggi, ● Ketan ● Ketan hitam Diantara beberapa jenis beras yang telah disebutkan diatas,beras merah diyakini memiliki khasiat sebagai obat dan lebih baik dibandingkan dengan beras putih.Hal ini disebabkan kandungan energi beras merah diatas beras putih(349 kal : 353 kal).Selain itu,beras merah lebih kaya protein (6,8 gr : 8,2 gr) hal ini dikarenakan pada beras merah kandungan tiaminnya lebih tinggi (0,12 mg : 0,31 mg).

2.2 Gandum Gandum ( Triticium spp.) merupakan makanan pokok manusia,pakan ternak dan bahan industri yang sebagian besar penyusunya ialah karbohidrat.Biji gandum terdiri atas 83% endosperma,14,5% bran dan aleurone,2,5% germ.Gandum banyak mengandung zat pati yaitu karbohidrat kompleks yang tidak larut dalam air dan mengandung protein dalam bentuk gluten yang berperan dalam varietas tepung terigu yang dibuatnya.

Gambar ٢. Biji gandum Gandum dapat diklasifikasikan menjadi:

٢

● Hard wheat,biasanya digunakan untuk pembuatan roti dan mempunyai kdar protein yang tinggi. ● Soft wheat,biasanya digunakan untuk membuat biskuit dan mempunyai kadar protein rendah. ● Durum wheat,gandum jenis ini digunakan untuk membuat produk-produk pasta. Gandum dikonsumsi kebanyakan manusia dalam bentuk roti gandum,roti gandum berbeda dari roti putih karena roti gandum tidak dibuat dari tepung terigu,melainkan dari tepung gandum.roti gandum sangat baik dikonsumsi,selain mengandung banyak vitamin dan zat-zat penting bagi tubuh,roti ini memiliki energi yang cukup besar sebagai asupan makan sehat bagi tubuh.Roti gandum juga lebih lama menahan lapar dari roti putih.Manfaat roti gandum ialah : ● Mencegah sembelit,wasir,dan penyakit usus karena gandum mengandung fiber.fiber dalam gandung juga membantu menurunkan kolesterol LDL dan menurunkan resiko jantung. ● Mengatasi diabetes,kandungan fiber juga akan membantu tubuh agar tetap ideal karena hampir tidak mengandung kalori sama sekali. ● Lebih mudah dicerna oleh tubuh. Sehingga dapat disimpulkan bahwa gandum dapat digunakan sebagai bahan pangan alternatif bagi masyarakat Indonesia karena mempunyai beberapa keuntungan dari segi kesehatan tubuh manusia Indonesia, baik yang berusia muda maupun yang sudah lanjut usia.

١

BAB III SIMPULAN DAN SARAN 3.1 Simpulan Dari semua penulisan ini dapat disimpulkan bahwa:
1. Karbohidrat ada dua macam yaitu karbohidrat simpleks dan karbohidrat

kompleks.Karbohidrat simpleks mengandung gula monosakarida (glukosa,fruktosa dan galaktosa) gula disakarida (laktosa,maltosa dan sukrosa).karbohidrat ini lebih cepat diserap oleh tubuh.Sedangkan,karbohidrat kompleks tidak dapat langsung diserap oleh tubuh tetapi dicerna dahulu oleh tubuh,sehingga kadar gula dalam tubuh naik pelan-pelan.Karbohidrat kompleks sangat baik bagi tubuh karena mengandung serat dan vitamin.Karbohidrat ini terdapat pada pati,serat,dan gula dalam alkohol. 2. Gandum memiliki kandungan karbohidrat kompleks yang dimana itu lebih baik daripada beras yang banyak karbohidrat simpleksnya,gandum pun tidak terlalu bisa mengakibatkan diabetes serta lebih bisa menahan lapar lebih lama,jadi bisa disimpulkan jika gandum lebih baik daripada beras.

3.2 Saran 1. Untuk lebih mengefisienkan sebaiknya segera dimulai sebelum seorang terkena diabetes atau kolesterol dahulu. 2. Lebih mengutamakan penganekaragaman makanan agar asupan gizi yang masuk dalam tubuh kita seimbang.

٢

BABIV DAFTAR PUSTAKA

Kamil, Gigin.2008 Membentuk Masyarakat Sadar Bahan Pangan Pokok Lokal Selain Beras.Gizi.net McMurry, John.2000.Organic Chemistry, Fifth Edition.Brooks/Cole.USA Phyllis, Sullivan Howe.1981.Basic Nutrition in Health and Disease, Including Selection and Care of Food, Seventh Edition.W.B. Saunders Company.USA

١

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->