P. 1
Terjadinya Suatu Negara

Terjadinya Suatu Negara

|Views: 45|Likes:
Published by tembokbatu20

More info:

Published by: tembokbatu20 on Jun 20, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPTX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

06/20/2012

pdf

text

original

Suwarti Sari

 

Secara Germinal Secara Precoencived geographycal frame (kerangka geografi yang direncanakan/ diupayakan)

Memakan waktu yang sangat lama.
◦ core area/nuclear area. Biasanya daerah-daerah core adalah daerah subur, pertaniannya produktif dan terdapat konsentrasi penduduk. ◦ Contoh : Core area terdapat disepanjang sungaisungai besar : Sungai Nil di Afrika. Dahulu daerah sungai Nil untuk merupakan tempat konsentrasi penduduk. Sungai Tigris dan sungai Eufrat di Afrika, Sungai Gangga dan sungai Hindustan di Asia Timur, Sungai Mekong di Asia Tenggara, Sepanjang sungai Thames di Inggris dll.

◦ Ecumene yaitu daerah core yang sudah memiliki fasilitas sehingga layak huni. ◦ Di daerah Ecumene ini orang-orang menetap yang semula melakukan hubungan perdagangan sebagai diperlukan aturan-aturan melalui pemerintahan kota dalam arti sudah ada struktur politik. ◦ Ecumene dapat menarik daerah-daerah marjinal sekitarnya sehingga akhirnya Ecumenenya semakin luas dan pada kahirnya menjadi suatu negara atau core region.

   

Tanah subur Sistem pertanian swasembada Produktifitas bagus Konsentrasi penduduk

  

Sistem perekonomiannya pertukaran/barter. Produksi tetap Terdapat fasilitas yang layak terutama jalan

  

Sudah terdapat mata uang pada sistem perekonomiannya Terdapat spesialisasi dibidang pemerintahan, perdagangan dan tentara untuk keamanan Ada keteraturan (terdapat rule) dalam berbagai hal yang sifatnya sederhana.
Catatan : Antara core area dan daerah sekitarnya tumbuh core-core are kecil yang disebut core pheripery. Antara core pheripery dan core area terjadi hubungan sehingga berkembang menjadi core region. Kemudian lama kelamaan core region ini menjadi mother land.

 

Wilayahnya lebih luas jika dibandingkan dengan core pheripery Penduduk bertambah Sarana jalan semakin luas atau bertambah luas

   

Terdapat ikatan emosional antara penduduk Terdapat kebersamaan Terdapat perasaan memiliki tanah. Ketiga hal tersebut terjadi karena adanya interaksi dalam waktu yang lama dan erat.

  

Terdapat ikatan emosional Terdapat kebersamaan Terdapat perasaan memiliki artinya dalam memiliki tanah Terdapat cita-cita bersama untuk mempertahankan mother land. Pada akhirnya nation berubah menjadi state (negara) jika sudah ada batas negara.

  

Terdapat ikatan emosional antara penduduk Terdapat kebersamaan Terdapat perasaan memiliki artinya dalam memiliki tanah. Terdapat cita-cita bersama untuk mempertahankan mother land Terdapat batas-batas negara

Catatan :
◦ Sebelum tahun 1948 Yahudi merupakan nation dan bukan state karena tidak memiliki wilayah. Tetapi setelah tahun 1948 Yahudi disebut state dengan nama Israel karena telah memiliki wilayah dengan menganeksasi wilayah Palestina. Palestina merupakan nation dan bukan state karena ia tidak punya wilayah setelah di aneksasi oleh Israel pada tahun 1948.

Cara menentukan kerangka geografi yang direncanakan terdapat beberapa cara :
◦ Ditentukan oleh dua nation atau dua state yang berdekatan ◦ Ditentukan oleh negara penjajah/kolonial ◦ Ditentukan oleh lembaga internasional.

   

Israel pada awalnya yaitu sebelum tahun 1948 tidak punya state, ia hanyalah sebuah nation tetapi akhirnya israel memiliki state dengan merebut wilayah Palestina maka terbentuklah negara Israel yang batas-batas negaranya ditentukan oleh Inggris dan negara-negara Arab lainya. Pakistan Barat dan Pakistan Timur. Batas-batasnya ditentukan oleh Pakistan dan India. Batas-batas negara procoencief ditentukan secara matematis. Contoh : Perbatasan Irian Jaya dan Papua Nugini ditentukan oleh Inggris dan Belanda. Negara-negara kawasan Afrika dan Balkan batasbatas negaranya ditentukan secara matematis.

  

Pemerintah Penduduk Wilayah tertentu

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->