P. 1
Peranan Ilmu Pengetahuan Alam Dalam Kehidupan Manusia

Peranan Ilmu Pengetahuan Alam Dalam Kehidupan Manusia

|Views: 747|Likes:

More info:

Published by: Prismark Dhonald Mirzha on Jun 20, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

09/26/2013

pdf

text

original

PERANAN ILMU PENGETAHUAN ALAM DALAM KEHIDUPAN MANUSIA

PERKEMBANGAN IPA MENJADI ILMU PENGETAHUAN ALAM Ilmu pengetahuan semakin hari semaki berkembang akhirnya terlihat kecendrungan untuk membagi ilmu pengetahuan alam menjadi berbagai disisplin ilmu, yaitu: a. Bidang Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) b. Bidang Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) c. Imu Pengetahuan Bumi dan Antariksa A. Bidang Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) IPS adalah ilmu yang membahas tingkah laku manusia sebagai makhluk social. IPS dibagi menjadi beberapa cabang ilmu yaitu: 1. Psikologi yaitu ilmu jiwa. 2. Bahasa yaitu cabang ilmu yang mempelajari tentang komunikasi verbal. 3. Sejarah yakni cabang ilmu mempelajari peristiwa-peristiwa masa lalu. 4. Antropologi Yakni cabang ilmu yang mempelajari sejarah dan perkembangan kebudayaan manusia. 5. Etnologi yaitu cabang ilmu yang sasarannya adalah manusia sebagai satuan suku. 6. Ekonomi yaitu cabang ilmu yang mempelajari tentang kesejahteraan dan media tukar menukar. 7. Arkeologi adalah cabangilmu mempelajari benda-benda kuno atau antic. 8. Sosiologi yaitu cabang ilmu yang mempelajari tentang kemasyarakatan. 9. Pendidikan yaitu cabang yang mempelajari masalah pendidikan dan latihan. 10. Teologi yaitu pengetahuan tentang keagamaan. 11. Filsafat Naturalistik mempelajari tentang gejala-gejala alam.

B. Bidang ilmu Pengetahuan Alam (IPA) IPA adalah ilmu yang membahas tentang alam dan segala macam isinya. IPA dibagi lagi menjadi beberapa cabang ilmu yakni: 1. Fisika yakni cabang ilmu yang sasaran utamanyaadalah materi dan energi. 2. Kimia adalah cabang ilmu yang mempelajari komposisi dan materi. 3. Meteorologi adalah cabang ilmu yang mempelajari tentang cuca dan ikilm. 4. Biologi adalah ilmu yang mempelajari makhluk hidup dan gejala-gejalanya. Biologi dibagi atas beberapa cabang ilmu yaitu: a. Zoologi adalah cabang ilmu yang mempelajari tentang hewan.

b. Botani adalah ilmu yang mempelajari seluk-beluk tumbuhan. c. Morfologi adalah suatu studi yang mempelajari bentuk atau struktur luar dari makhluk hidup. d. Fisiologi adalah suatu ilmu yang mempelajari tentang fungsi dan faal bgian tubuh atau organ dari makhluk hidup. e. Anatomi adalh ilmu yang mempelajari tentang struktur atau bentuk dalam suatu tubuh. f. Histologi adalah ilmu yang mempelajari tentang jaringan tubuh atau organ makhluk hidup yang merpakan serentetan sel yang sejenis. g. Sitologi adalah suatu cabang ilmu yang mempelajari tentang struktur molekuler. h. Higiene adalah suatu cabang ilmu yang mempelajari pengetahuan tentang kesehatan.

C. Ilmu Pengetahuan Bumi dan Antariksa (IPBA) IPBA adalah ilmu yang membahas tentang keberadaan bumi sebagai salah satu bagian dari tata surya dan membahas tentang ruang angkasa dan benda-benda angkasa lainnya. IPBA dibagi menjadi beberapa cabang ilmu yaitu: 1. Astronomi adalah ilmu yang mempelajari tentangbenda-benda ruang angkasa yang ada di alam semesta. 2. Geologi yakni ilmu yang membahas tentang struktur bumi. Ilmu ini dibagi menjadi: a. Petrologi adalah ilmu yang membahas tentan batuan-batuan. b. Vulkanologi adalah ilmu yang membahas tentang gempa bumi. c. Mineralogi adalh ilmu yang mempelajari tentang mineral atau bahan galian. d. Kristalografi yang mempelajari tentang bentuk-bentuk kristal dari mineral. e. Geografi adalah ilmu yang mempelajari tentang permukaan bumi dan sosio ekonomi dan makhluk hidup yang ada di situ (terutama manusia).

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->