P. 1
Prosedur Pembayaran Deviden

Prosedur Pembayaran Deviden

|Views: 202|Likes:
Published by Edria Alfa Sentauri

More info:

Published by: Edria Alfa Sentauri on Jun 20, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPTX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

08/09/2013

pdf

text

original

Prosedur Pembayaran Deviden

1. 2. 3. 4. Tanggal Deklarasi Tanggal Pencatatan Tanggal Eks-Deviden Tanggal Pembayaran

Prosedur Pembayaran Deviden
• Tangga Deklarasi: Tanggal ketika deviden secara resmi dinyatakan oleh dewan direktur Ilustrasi: Pada tanggal 11 Januari 2002 PT. Unyu Selalu mengumumkan bahwa para pemegang saham yang tercatat pada tanggal 02 Februari 2002 akan menerima deviden Rp 1000. Pembayaran deviden dilakukan pada tanggal 03 Maret 2002. Tanggal 11 Januari merupakan Tanggal Deklarasi – tanggal ketika deviden secara formal dinyatakan oleh dewan direktur

Prosedur Pembayaran Deviden
• Tanggal Pencatatan: Tanggal ketika buku transfer saha ditutup untuk menentukan investor mana yang akan menerima pembayaran deviden berikutnya Ilustrasi: Pada tanggal 11 Januari 2002 PT. Unyu Selalu mengumumkan bahwa para pemegang saham yang tercatat pada tanggal 02 Februari 2002 akan menerima deviden Rp 1000. Pembayaran deviden dilakukan pada tanggal 03 Maret 2002. Tanggal 02 Februari merupakan Tanggal Pencatatan – menunjukkan ketika buku transfer saham ditutup. Investor yang tampak memiliki saham pada tanggal tersebut berhak menerima deviden.

Prosedur Pembayaran Deviden
• Tanggal eks-deviden: Tanggal ketika perusahaan pialang saham harus secara seragam memutuskan untuk menghentikan hak kepeilikan atas deviden itu, yakni dua hari kerja sebelum tanggal pencatatan Ilustrasi: Pada tanggal 11 Januari 2002 PT. Unyu Selalu mengumumkan bahwa para pemegang saham yang tercatat pada tanggal 02 Februari 2002 akan menerima deviden Rp 1000. Pembayaran deviden dilakukan pada tanggal 03 Maret 2002. Tanggal 31 Januari merupakan Tanggal Eks-Deviden – menunjukkan apabila ada masalah bila saham itu dijual tanggal 01 Februari, satu hari sebelum tanggal pencatatan. Waktu tidak memungkinkan penjualan itu tercermin pada daftar pemegang saham sampai tanggal 02 Februari. Untuk menghindari masalah ini, perusahaan pialang saham secara seragam memutuskan untuk menghentikan hak kepemilikan atas deviden dua hari kerja sebelum tanggal pencatatan, berarti pada tanggal 31 Januari atau sesudahnya tidak akan menerima deviden itu.

Prosedur Pembayaran Deviden
• Tanggal Pembayaran: Tanggal ketika perusahaan mengirimkan cek deviden ke masing-masing investor Ilustrasi: Pada tanggal 11 Januari 2002 PT. Unyu Selalu mengumumkan bahwa para pemegang saham yang tercatat pada tanggal 02 Februari 2002 akan menerima deviden Rp 1000. Pembayaran deviden dilakukan pada tanggal 03 Maret 2002. Tanggal 03 Maret merupakan Tanggal Pembayaran – perusahaan mengirimkan cek deviden ke setiap investor.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->