P. 1
Praktikal Tes Praktikum Sifat Fisis Dan Mekanis Kayu 02

Praktikal Tes Praktikum Sifat Fisis Dan Mekanis Kayu 02

|Views: 139|Likes:
Ujian Praktikal Test Sifat Fisis dan Mekanis Kayu Fakultas Kehutanan USU
Ujian Praktikal Test Sifat Fisis dan Mekanis Kayu Fakultas Kehutanan USU

More info:

Categories:Types, Reviews, Book
Published by: Pandapotan Christian Purba on Jun 21, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/17/2012

pdf

text

original

PRAKTIKAL TES PRAKTIKUM SIFAT FISIS DAN MEKANIS KAYU

Hari/Tanggal : Sabtu, 16 Juni 2012 Dosen : Dr. Rudi Hartono, S.Hut, M.Si Waktu : 50 menit A. Pilihan Berganda ( Skor = 20 ) Pilihlah salah satu jawaban yang benar dibawah ini! Perhatikan soal dengan seksama ! 1. Sifat kayu untuk menyerap atau melepas kadar air dari lingkungan sekitarnya disebut a. Ortotropis b. Anisotropis 2. Ada tiga bidang orientasi pada kayu yaitu: a. Cross section, bidang radial, dan bidang tangensial b. Bidang longitudinal, arah radial, dan bidang tangensial c. Arah longitudinal, arah radial, dan arah tangensial d. Cross section, longitudinal direction, dan tangensial direction 3. Pada metode Archimedes, pengukuran volume kayu yaitu a. Volume = T2-T1 b. Volume = T1-T2 c. Volume = Y-X d. Volume = X-Y 4. Manakah dari pernyataan dibawah ini yang benar: a. Kayu kuat jika BJ kayu Tinggi dan Kadar Airnya Tinggi b. Kayu kuat jika BJ kayu Rendah dan Kadar Airnya Rendah c. Kayu Ringan jika BJ kayu Tinggi dan Kadar Air Rendah d. Kayu Ringan jika BJ kayu Rendah dan Kadar Air Tinggi 5. Rumus MOE yang benar adalah a. PL3 3Ybh2 PL2 4Ybh2 c. PL3 4Ybh2 d. PL2 3Ybh2 c. Higroskopis d. Hidroskopis

b.

6. Pernyataan yang benar di bawah ini adalah a. Semakin rendah kadar air, semakin tinggi nilai BJ, semakin berat kayunya dan semakin kuat kayunya b. Semakin besar kadar air, semakin tinggi nilai BJ, semakin berat kayunya dan semakin kuat kayunya c. Semakin besar kadar air, semakin rendah nilai BJ, semakin ringan kayunya dan semakin kuat kayunya d. Semakin besar kadar air, semakin rendah nilai BJ, semakin ringan kayunya dan semakin lemah kayunya 7. Alat-alat yang dapat digunakan dalam pengukuran volume kayu adalah, kecuali a. Caliper b. Mikrometer Sekrup c. Neraca Analitis d. Picnometer

8. Diketahui Kerapatan suatu jenis kayu Pinus sebesar 0,55g/cm3, berapakah besarnya berat jenis kayu tersebut a. 0,55g/cm3 b. 0,55kg/cm3 c. 0,55kg/m3 d. 0,55

9. Suatu besaran yang mengandung besar dan arah (direction) disebut a. Gaya b. Gaya Lentur 10. Yang merupakan sifat mekanis kayu adalah a. Kekuatan kayu, Kerapatan kayu, Kelenturan kayu dan Kekakuan kayu b. Kekuatan kayu, Kelenturan kayu, Kekakuan kayu dan Kadar air kayu c. Kekuatan kayu, Kelenturan kayu, Kekakuan kayu dan Keuletan kayu d. Kekuatan kayu, Kelenturan kayu, Kekakuan kayu dan Kelembaban kayu B. Benar Salah Tulislah “B” bila jawaban benar atau “S” bila jawaban salah ! Bacalah soal dengan seksama ! 1. Salah satu faktor yang mempengaruhi kekuatan kayu adalah cacat kayu. Cacat mata kayu sehat (encased knot) dihasilkan dari cabang yang masih hidup dan tidak terikat erat dengan kayu. ( 2. ) c. Vektor d. Skalar

Kekuatan tekan terkait dengan sifat anisotropis kayu, dikenal tekan tegak lurus serat dan tekan sejajar serat. ( )

3.

Urutan kekuatan geser pada kayu adalah geser tegak lurus serat, >> geser geser // serat < geser antar serat. ( )

4.

Tegangan serat pada batas proporsi (fibre stress at proportional limit) adalah tegangan yang terjadi pada suatu benda yang mendapatkan pembebanan pada batas proporsi atau tegangan benda yang terbesar setelah benda mengalami perubahan bentuk yang tetap. ( )

5.

Untuk mengetahui apakah suatu batang cukup kuat atau tidak, perlu dipertimbangkan besarnya tegangan tarik yang timbul dengan tegangan tekan yang diperkenalkan/diijinkan. ( )

6.

Jika

σtk << σij maka struktur tersebut cukup kuat (tidak terjadi pemborosan
)

ijin). ( 7.

Air di dalam kayu terdiri dari air bebas, uap air, dan air terikat. Jika air terikat keluar dari dinding sel akan mempengaruhi dimensi kayu. ( )

8.

Untuk mendapatkan kayu yang stabil dimensinya, maka sebagian air yang terdapat dalam kayu harus dikeluarkan sampai mendekati kadar air titik jenuh serat. ( )

9.

Pencelupan sampel kayu pada parafin dalam pengukuran volume kayu tidak berpengaruh samasekali terhadap pertambahan berat sampel. ( )

10. Sifat kekerasan (hardness) kayu pada dasarnya dipengaruhi oleh kerapatannya, tetapi ditentukan pula oleh (1) keuletan kayu, (2) ukuran serat, (3) daya ikat antar serat, dan (4) susunan serat. ( )

C. Teks Rumpang Isilah ruang kosong di bawah ini dengan kata-kata yang benar dan tepat !Perhatikan soal dengan seksama ! (Score =10 ) Seorang mahasiswa kehutanan FP-USU ingin mengukur sifat mekanis dari sebuah sampel kayu. Kemudian dia menggunakan ASTM D _______ untuk mengetahui sifat mekanis dari kayu tersebut. Sampel kayu yang digunakan adalah kayu ebony atau dalam bahasa latin disebut _____________ celebica. Namun, dia bingung, karena di dalam metode ASTM tersebut terdapat dua cara pengujian yakni __________________________________ dan ____________________________, salah satu dari cara tersebut mengunakan sample dengan ukuran 50 mm x _____ dan sample tersebut harus bebas dari _________________ .

D. Essay Kerjakan soal dibawah ini dengan lengkap dan benar ! Perhatikan soal dengan seksama ! (Score = 50 ) 1. Tentukan poligon gaya dan poligon garis dari sistem gaya dibawah ini :
1,5 2,7 5,3 7,0

2. Gambarkanlah diagram lintang dan momen lentur dari sistem gaya di bawah ini !
P2=150N P1=100N 2m 2,5 m P3=50N 3m

3. Gambarkanlah diagram lintang dan momen lentur dari sistem gaya di bawah ini !
3m P1=500N P2=100N

1m
3m

4. Jika sebuah batang tekan dengan panjang 2,15 meter yang ujungnya bersendi akan memikul beban sebesar 3.750 kg. Berapakah seharusnya luas penampang minimunya ! Di pasaran tersedia ukuran 4/7, 6/8, 8/12. 5. Sebuah batang kayu Ulin dengan kelas kuat I dipakai sebagai batang tarik. Bila beban tarik yang diberikan sebesar 2.200 kg sedangkan penampangnya berukuran 8 x 12 cm dan memakai alat sambung paku dengan perlemahan 15%, sanggupkah batang kayu tersebut menahan beban ? 6.
F1=20N F2=100N

Gambarkanlah diagram lintang dan momen linear berdasarkan gambar disamping (keadaan seimbang)!

F3=20N = S e l a m a t U j i a n = B.G.M.N.P.S

KODE SOAL PRAKTIKAL SIFAT FISIS DAN MEKANIS KAYU

P-02

DoSEN PENGASUH : DR. RUDI HARTONO, S.HUT, M.SI

ARRANGED BY : Pandapotan c p Guido simbolon Novita ariani sitorus Berliana nainggolan Sondang rianty parhusip Monnica lestari zalukhu

Program Studi Kehutanan Fakultas Pertanian Universitas Sumatera Utara 2012

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->