P. 1
Ichad Bahan Ajar

Ichad Bahan Ajar

|Views: 40|Likes:
Published by KhaIrul Anwar

More info:

Published by: KhaIrul Anwar on Jun 21, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

06/21/2012

pdf

text

original

BAHAN AJAR

Standar Kompetensi 1. Menerapkan konsep dan prinsip gejala gelombang dalam menyelesaikan masalah. Kompetensi Dasar 1.1 Mendeskripsikan gejala dan ciri-ciri gelombang secara umum. Indikator Pencapaian Kompetensi 1. Mendeskripsikan gejala dan ciri-ciri gelombang secara umum 2. Mengidentifikasi karakteristik gelombang transversal dan gelombang longitudinal. 3. Mengidentifikasi karakteristik gelombang mekanik dan gelombang elektromagnetik.

URAIAN MATERI A. Pengertian Gelombang Sumber gelombang adalah sesuatu yang menyebabkan terjadinya getaran yang merambat. Sumber gelombang pada gelombang air kolam adalah batu yang dilempar dan jatuh di tengah kolam. Gelombang adalah gejala perambatan energy atau tenaga. Oleh karena itu, sumber gelombang merupakan sumber energy. B. Jenis Gelombang Berdasarkan Arah Getarnya Berdasarkan arah getarnya, gelombang dibedakan menjadi dua, yaitu gelombang transversal dan gelombang longitudinal.

1. Gelombang transversal Gelombang transversal adalah gelombang yang arah getarnya tegak lurus dengan arah perambatannya. Gelombang transversal merambat dalam bentuk kurva sinusoida. Pada kurva sinusoida terdapat bukit dan lembah gelombang yang menunjukan simpangan getar gelombang.contohnya gelombang tali. 2. Gelombang longitudinal Gelombang longitudinal adalah gelobang yang arah getarnya searah dengan arah rambatnya. Contohnya gelombang bunyi

Ket : Gelombang longitudinal berupa rapatan dan renggangan sepanjang slinki. Panjang gelombang adalah jarak antara dua pusat rapatan yang berdekatan (AC) atau jarak antara dua pusat renggangan yang berdekatan (BD).

C. Jenis Gelombang Berdasarkan Medium perambatannya Berdsarakan medium perambatannya gelombang dibedakan menjadi gelombang mekanik dan gelombang elektromagnetik. Gelombang mekanik merupakan

gelombang yang dalam perambatannya memerlukan medium. Contohnya gelombang tali, gelombang air, gelombang bunyi dan lain-lain. Sedangkan gelombang elektromagnetik merupkan gelombang yang dalam perambatannya tidak memerlukan medium. Contohnya gelombang cahaya, gelombang radio, gelombang radar dan lainlain. D. Jenis Gelombang Berdasarkan Amplitudonya Berdasarkan amplitudonya, gelombang dibedakan menjadi gelombang stasioner (gelombang diam) dan gelombang berjalan. Gelombang stasioner memiliki apmlitudo yang tetap, sedangkan gelombang berjalan amplitudonya berubah-ubah.

E. Istilah-Istilah dan Besaran-Besaran dalam Gelombang Ketika tali disentak-sentakan maka akan terbentuk gelombang pada tali seperti pada gambar berikut:

Gambar bentuk gelombang pada tali

Bentuk tali dari titik A sampai C disebut satu bukit dan bentuk tali dari titik C sampai E disebut satu lembah. Yang disebut dengan satu gelombang lengkap adalah satu bukit dan satu lembah. Panjang satu gelombang lengkap (jarak dari titik A sampai ke titik E) disebut panjang gelombang dan biasa diberi symbol λ. Ukuran seberapa sering jumlah gelombang lengkap gelombang lengkap yang melewati suatu titik selama satuan waktu disebut frekuensi gelombang (f), yang dinyatakan dalam satuan hertz (Hz) atau per sekon. Kebalikan dari frekuensi gelombang adalah periode gelombang (T) yang diddefiniskan sebagai waktu yang diperlukan oleh satu gelombang untuk melalui suatu titik. Satuannya adalah waktu misalnya sekon. Karena gelombang bergerak merambat, gelombang mempunyai besaran yang disebut laju fase gelombang atau cepat rambat gelombang (v). dengan mengingat definisi kelajuan sebagai jarak yang ditempuh dibagi waktu, cepat rambat gelombang didefinisikan sebagai jarak yang ditempuh oleh gelombang selama satu satuan waktu. Amplitudo (A) yaitu simpangan maksimum dari getaran yang dirambatkan. Pada gambar amplitudo ditunjukan oleh jarak titik B atau titik D dari garis horizontal (garis setimbang). Hubungan dari besaran-besaran di atas dapat disajikan dalam persamaan berikut. v =  f dengan f= jika panjang tali s, banyaknya gelombang (n) yang terjadi di sepanjang s dapat dinyatakan dengan n= contoh soal: sebuah tali yang salah satu ujungnya terikat pada tiang digetarkan. Panjang tali itu 4 m. jika dalam perambatannya terdapat 8 bukit dan lembah, tentukan panjang gelombang dan cepat rambat gelombang tali. Diketahui juga untuk mencapai tiang, gelombang memerlukan waktu 4 sekon. Penyelesaian: Pada tali sepanjang 4 m terdapat 8 bukit dan lembah gelombang, berarti panjang gelombangnya λ = Waktu yang diperlukan untuk merambat adalah 4 s. berarti periodenya adalah

T= v= ⁄

Latihan soal 1. Andaikan jarak dua puncak bukit gelombang yang berdekatan adalah 24 meter. Waktu yang diperlukan oleh satu gelombang untuk melintasi suatu titik adalah 6 sekon. Berapa capat rambat gelombang ini? 2. Titik O merupaka sumber bunyi yang bergetar secara terus menerus sehingga menghasilkan gelombang berjalan dari O ke B. kecepatan mermbat gelombang tersebut adalah 80 m/s, amplitudo sebesar 17 cm, dan frekuensi 20 Hz. Titik B berada sejauh 9 meter dari titik O. dapatkah anda menghitung fase dan simpangan di titik B ketika di titik O sudah terjadi getaran sebanyak 16 kali?

DAFTAR PUSTAKA Rosyid, M. F.2008. Kajian Konsep Fisika 3 untuk Kelas XII SMA dan MA. Solo: PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->