P. 1
MASALAH PERDAGANGAN INTERNASIONAL

MASALAH PERDAGANGAN INTERNASIONAL

|Views: 135|Likes:
Published by Haringkaz Gugues

More info:

Published by: Haringkaz Gugues on Jun 21, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

06/21/2012

pdf

text

original

MASALAH PERDAGANGAN INTERNASIONAL

PENGANGGURAN SEBAGAI SALAH SATU MASALAH AKIBAT PERDAGANGAN INTERNASIONAL
Perdagangan internasional adalah perdagangan yang dilakukan suatu negara dengan negara lain atas dasar saling percaya dan saling menguntungkan. Perdagangan internasional tidak hanya dilakukan oleh negara maju saja, namun juga negara berkembang. Perdagangan internasional ini dilakukan melalui kegiatan ekspor impor. Dengan melakukan perdagangan internasional melalui kegiatan ekspor impor, negara maju akan memperoleh bahan-bahan baku yang dibutuhkan industrinya sekaligus dapat menjual produknya ke negara-negara berkembang. Sementara itu, negara berkembang dapat mengekspor hasil-hasil produksi dalam negeri sehingga memperoleh devisa. Pada saat terjadi kegiatan transaksi berupa ekspor dan impor barang, uang yang digunakan sebagai alat pembayaran dalam perdagangan internasional yaitu berupa devisa. Devisa adalah alat pembayaran luar negeri atau semua barang yang dapat diterima di dunia internasional sebagai alat pembayaran. Beberapa barang yang dapat digunakan sebagai devisa atau alat pembayaran luar negeri, yaitu emas dan perak, valuta asing, dan wesel asing. Ada beberapa faktor yang mendorong semua negara di dunia melakukan perdagangan luar negeri. Faktor-faktor pendorong tersebut yaitu, barang kebutuhan yang dapat dihasilkan oleh suatu negara tergantung pada sumber daya alam yang dimiliki. Perbedaan sumber daya ini juga tergantung pada kondisi wilayah di negara tersebut, selain itu perbedaan teknologi yang dimiliki oleh setiap negara berbeda, serta perdagangan internasional memungkinkan suatu negara memproduksi barang dalam jumlah besar sehingga biaya produksi menjadi rendah sebagai bentuk penghematan biaya produksi.

Dalam perdagangan internasional, terdapat berbagai macam permasalahan yang dapat timbul. Masalah-masalah ini bisa berdampak bagi jangka pendek bahkan jangka panjang. Misalnya saja inflasi, matinya usaha-usaha kecil yang menimbulkan pengangguran, dan ketimpangan yang muncul dalam jangka pendek, untuk kurun beberapa waktu kedepan misalnya 10 -25 tahun mendatang ini bisa jadi sebuah permasalahan yang serius, jika dalam jangka waktu pendek itu pemerintah tidak dapat memulihkan keadaan dan menyelesaikan masalahnya. dalam perdagangan internasionalnya negara-negara sedang berkembang tidak dapat memperoleh keuntungan yang benar-benar maksimal jika dibandingkan dengan negara-negara industri atau negara-negara maju. Atau secara singkat, dalam perdagangan internasional negara-negara maju memiliki posisi yang jauh lebih menguntungkan dibandingkan dengan negara-negara yang sedang berkembang. Pengangguran memang terjadi dikarenakan jumlah lapangan pekerjaan yang jauh lebih kecil disbanding jumlah tenaga kerjanya. Tapi itu bukan semata faktor penyebabnya. Penyebab terjadinya pengangguran antara lain adalah :

1. Besarnya angkatan kerja tidak seimbang dengan kesempatan kerja 2. Struktur lapangan kerja tidak seimbang 3. Kebutuhan jumlah dan jenis terdidik dan penyediaan tenaga terdidik tidak seimbang 4. Meningkatnya peranan dan aspirasi angkatan kerja wanita dalam seluruh struktur angkatan kerja Indonesia. 5. Penyediaan dan pemanfaatan tenaga kerja angkatan daerah tidak seimbang. Pengangguran ini memiliki dampak yang memang sangat besar dan negatif. Terhadap perekonomian Negara saja, pengangguran bisa menyebabkan tidak bisanya masyarakat mencapai tingkat maksimal kemakmurannya, pendapatan nasional dari sector pajak juga sudah tentu akan berkurang, belum lagi pengangguran itu tidak menggalakan pertumbuhan ekonomi yang bisa berakibat tingkat investasi menurun sehingga pertumbuhan ekonomi tidak akan terpacu. Selain itu dari sisi individu pelaku dan masyarakat pun kena imbas. Pengangguran tentu saja dapat menghilangkan mata pencaharian, itu sudah jelas bisa memperburuk keadaan perekonomian sebuah keluarga. Pengangguran juga dapat menghilangkan keterampilan, ini bisa terpengaruh dari sisi psikologis karena sedih atau frustasi, bisa juga karena dalam jangka waktu lama tidak pernah diasah kemampuannya. Setelah itu pengangguran akan sampai menimbulkan ketidakstabilan social politik. Permasalahan pengangguran ini, bukan hanya semata-mata merupakan tanggung jawab pemerintah saja. Namun baiknya kita juga sadar dan mengevaluasi diri. Karena meskipun penggangguran ini berdampak besar terhadap perekonomian Negara, tetapi sudah pasti yang paling besar akan berdampak terhadap perekonomian dan kesajahteraan kita sendiri, dan itu bukan semata kewajiban pemerintah. Maka seharusnya kita lebih berusaha lagi meningkatkan kualitas diri, karena di zaman sekarang ini sekedar pendidikan saja tidak cukup. Kita sudah tau bagaimana keadaan lapangan pekerjaan kita yang sangat minim ini. Maka jika ingin bekerja kepada orang lain kita memang dituntut untuk memiliki keistimewaan, namun lebih baik lagi jika kita berwirausaha dan bisa membuka lapangan kerja bagi orang lain.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->