P. 1
Wordart, Equation, Graph dan Mail Merge

Wordart, Equation, Graph dan Mail Merge

|Views: 427|Likes:

More info:

Published by: SyiFa Fauziah Nasution on Jun 22, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

02/05/2014

pdf

text

original

BAB I PENDAHULUAN

A. Latar Belakang Komputer adalah sebuah mesin yang dapat memanipulasi data, berdasarkan beberapa instruksi tertentu yang di sediakan. Dalam hal ini komputer menyediakan hardware (perangkat keras) dan software (perangkat lunak). Wordart, equation, graph dan mail merge merupakann bagian dari software (perankat lunak) yang membantu kita untuk mengolah data dalam dokumen. Kebanyakan pengguna komputer belum mengetahui langkah-langkah dalam menjalankan software tersebut. Maka, kami akan membahas mengenai “Wordart, Equation, Graph dan Mail Merge” agar kita dapat menjalankan aplikasi tersebut dengan benar. B. Rumusan Masalah 1. Jelasakan pengertian wordart dan bagaimana cara menyisipkan wordart ke dokumen? 2. Jelasakan fungsi equation dan bagaimana cara menyisipkan rumus dengan equation? 3. Jelaskan fungsi graph dan bagaimana langkah-langkah membuat graph? 4. Jelaskan pengertian mail merge dan bagaimana langkah-langkah pembuatan mail merge?

C. Tujuan Pembahasan 1

1. Mengetahui pengertian wordart dan bagaimana cara menyisipkan wordart ke dokumen. 2. Mengetahui fungsi equation dan bagaimana cara menyisipkan rumus dengan equation. 3. Mengetahui fungsi graph dan bagaimana langkah-langkah membuat graph. 4. Mengetahui pengertian mail merge dan bagaimana langkah-langkah pembuatan mail merge.

BAB II PEMBAHASAN
2

A. WORDART a. Pengertian Wordart Wordart merupakan sisipan hiasan yang sangat informatif, indah, menarik dan dapat dengan mudah dibuat karena mempunyai teknik dan cara pembuatan yang sangat mudah. Kita dapat menyisipkan wordart di bagian dokumen yang sedang dibuat. Wordart juga dapat diartikan sebagai tulisan indah yang terdapat di perangkat lunak aplikasi Microsoft Office termasuk Word. Kita dapat menambahkan wordart ke dokumen kita untuk menambah keindahan dokumen. b. Menyisipkan Wordart ke Dokumen Untuk membuat wordArt langkah-langkahnya sebagai berikut : 1. Pilih ikon Insert WordArt .

2. Jendela WordArt Gallery akan muncul setelah itu klik salah satu dari bentuk wordArt yang kalian suka. Kemudian klik OK.

3. Kemudian ketiklah Judul di jendela Edit WordArt Text > Klik OK.

3

4. Dan hasilnya sudah Jadi.

B. EQUATION a. Fungsi Equation Word menyediakan fasilitas untuk menulis rumus-rumus untuk bidang studi Matematika, Fisika dan Kimia. Sebelum kita mengetik suatu rumus, sebaiknya kita harus meletakkan Ikon Equation editor di menu Bar. Tujuannya agar kita tidak bolak-balik membuka menu Insert dan Object yang terkesan sangat praktis. Jadi dapat disimpulakan fungsi equation dapat mempermudah kita untuk menulis rumus-rumus dalam dokumen. b. Menyisipkan Rumus dengan Equation Untuk menyisipkan rumus-rumus dengan equation langkah-langkahnya sebagai berikut : 1. Pada toolbar klik tombol equation editor.

2. Lalu muncul seperti dibawah ini. 4

3. Pilihlah rumus yang diingikan. 4. Klik di luar kotak equation editor, untuk keluar dari equation editor. 5. Hasilnya akan tampak. C. GRAPH a. Fungsi Graph Secara fisik bentuk grafik dan chart hampir sama akan tetapi grafik hanya menyajikan bentuk visual dari sejumlah angka. Angka-angka tersebut diwakili oleh bentuk visual misalnya berupa garis, gambar orang, batang dan sebaginya proses pembuatan grafik cukup mudah. Secara visual, grafik memang menarik dan memudahkan pembaca untuk melihat perbandingan, tran dan pola data. b. Langkah-langkah Membuat Graph Langkah-langkah dalam membuat graph adalah sebagai berikut: 1. Pada Insert tab, grup Charts, klik Pie dan pilih bentuk seperti contoh di bawah ini.

5

2.

Mengganti Chart Styles. Klik Design tab pada Chart Tools. Pada grup Chart Styles klik tombol More dan pilih style seperti gambar di bawah ini.

3. Atur Chart Layout. Pada Chart Tools, Design tab, grup Chart Layouts, klik tombol More dan pilih Layout 6.

Tampilan chart akan seperti gambar di bawah ini.

4. Selanjutnya kita akan mengatur format 3-D chart. Pada Chart Tools, Layout tab, grup Background, klik 3-D Rotation.

6

5. Atur 3-D Format (untuk mengatur background chart) seperti gambar berikut. Pilih Soft Round untuk Bevel (Top dan Bottom).

6. Atur 3-D Rotation (untuk membuat permukaan cembung pada chart) seperti gambar berikut.

Sekarang tampilan chart akan seperti ini.

7

7. Ubah warna chart. Pilih satu bagian chart yang ingin diubah warnanya (misalnya: Strawberry) dengan cara double click. Pada Format tab, grup Shape Styles, klik tanda panah Shape Fill dan pilih warna yang diinginkan.

Catatan : Warna mengikuti theme yang digunakan. Tutorial ini menggunakan theme Office. 8. Atur posisi Legend. Pada Layout tab, grup Labels, klik Legend dan pilih Show Legend at Bottom.

Kemudian klik dan geser Legend sedikit ke atas. 9. Format Legend. Klik pada Legend di chart. Pada Format tab, grup Shape Styles, klik tanda More pada Shape Styles dan pilih Moderate Effect -

8

Accent

5.

10. Ubah warna background pada chart. Pada Format tab, grup Shape Styles, klik tanda panah Shape Fill dan pilih warna seperti contoh di bawah ini (Black,Text 1, Lighter 5%).

11. Tampilan akhir chart yang sudah selesai diformat akan seperti ini.

D. MAIL MERGE

9

a. Pengertian Mail Merge Mail merge adalah naskah yang dijadikan induk dokumen yang dapat digunakan untuk membuat surat atau surat undangan berjumlah besar. Mail merge atau surat massal, merupakan fitur utama setiap aplikasi pengolahan kata. Dengan fitur ini, sebenarnya fungsi mail marge dapat diperluas lagi tidak hanya untuk surat saja akan tetapi dapat berupa bentuk dokumen yang lain, tentunya yang berhubungan debgab data base.

b.

Membuat Mail Merge 1. Tuliskan kata Kepada dan di pada lembar kerja Ms Word 2007 seperti di gambar:

2. Pilih menu Mailings. 10

3. Pilih menut start Mail Merge

4. Pilih menu Step by step Mail Merge Wizard 5. Di sebelah kanan akan muncul sub menu mail merge. Pilih letters untuk membuat tipe dokumen dalam bentuk surat. Setelah itu dilanjutkan dengan menekan tombol next yang ada di bawah.

11

6. Pada step ke-2, pilihlah use the current document untuk menggunakan dokumen yang sedang digunakan atau pada saat awal telah di buat.Setelah itu dilanjutkan dengan menekan tombol next yang ada di bawah. 7. Pilih lah Type a new list untuk membuat daftar atau data baru yang akan digunakan atau dimauskan ke dalam surat. Lanjutkan dengan menekan menu create.

8. Setelah muncul menu New addres list, pilih sub menu Customize Address list. sub menu ini digunakan jika kita hendak mengganti judul data yang akan di masukan.

9.Pada sub menu tersebut telah terdapat daftar judul data. Untuk menghapusnya tekan menu Delete. 12

10. Untuk memasukan judul data yang baru sesuai keinginan, pilihlah menu Add. Isi kolom kosong yang tersedia dengan judul data yang dibutuhkan dengan menekan menu insert. Tekan OK untuk mengakhiri. Sebagai contoh : nama, tempat (lihat gambar)

13

11. Setelah proses itu selesai, isilah judul data dengan data-data yang dibutuhkan dengan menekan menu new entry. Contoh : judul nama diisi dengan Rudi, Desy, Hadi, Romy.Untuk mengakhiri tekan OK

12. Secara otomatis akan muncul menu save. Simpanlah data yang tadi telah dibuat, misalnya di my dockumen. Beri nama file data tersebut, misalnya latihan mail merge. Setelah itu akan muncul menu mail merge recipients. Jika sudah yakin dengan data yang dimasukan pilih lah OK.

13. Namun jika anda menemukan ada data yang salah saat anda masukan, maka klik nama file yang ada di kolom data source. Lalu pilih menu Edit.

14

14. Jika sudah kembali ke lembar kerja di Ms WORD, pilihlah menu insert Merge field.

15. Masukan judul data pada tempat yang sesuai. Misalnya nama dimasukan setelah kata kepada.

16. Untuk menampilkan hasilnya pilih toolbar Preview Results

17. Hasilnya :

15

c. Membuat Dokumen Induk dan Dokumen Data Dokumen Master (dokumen induk) adalah dokumen yg berisi surat. Sedangkan dokumen data adalah Suatu file yg berisi informasi untuk digabung dalam dokumen master. Langkah langkah : 1. Membuat dokumen induk. 2. Membuat dokumen data. 3. Menggabungkan isi dari dokumen data ke dalam dokumen induk. Dalam hal ini pembuatan dokumen induk dan dokumen data telah tersaji dalam langkah-langkah pembuatan mail merge diatas. d. Mencetak Mail Merge dan Fasilitas Lain dalam Mail Merge Pencetakan Mail Merge dapat dilakukan dengan langkah-langkah pembuatan mail merge seperti diatas, setelah langkah-langkah tersebut selesai lalu cetak lah dengan menggunakan printer.

16

Hasil penggabungan data surat dan master surat dapat langsung dicetak ke printer menggunakan langkah-langkah berikut: 1. Klik tombol Merge to Printer untuk menampilkan dialog Print. 2. Pilih nama printer yang hendak digunakan untuk mencetak dalam kotak Name: yang tersedia pada pilihan Printer. 3. Pada pilihan Page Range, pilih All untuk mencetak semua halaman master surat yang sudah berisi data atau ketik nomor halaman pada Pages: bila hanya mencetak halaman-halaman tertentu saja (contoh: 1-3 untuk mencetak halaman 1 sampai 3 atau 1,3 untuk mencetak halaman 1 dan 3). 4. Tentukan jumlah kopian yang dikehendaki pada kotak Number of copies: 5. Klik tombol OK untuk mengakhiri dialog Print dan mulai mencetak dokumen.

Adapun fasilitas-fasilitas Mail Merge pada Microsoft Office sering digunakan untuk membuat Surat-surat missal, seperti: 1. 2. 3. 4. 5. 6. 7. 8. Surat undangan; Surat keputusan; Pemberitahuan; Label undangan; Surat peringatan; Sertifikat; Kartu nama; Kokarde dan lain-lain.

17

BAB III PENUTUP
A. Kesimpulan - Komputer memilki perangkat lunak (software) diantaranya adalah wordart, equation, graph dan mail merge. - Wordart adalah tulisan indah yang terdapat di perangkat lunak aplikasi Microsoft Office termasuk word - Equation berfungsi untuk mempermudah kita mengolah rumus-rumus dalam dokumen. - Graph berfungsi memudadahkan kita untuk melihat perbandingan, tren dan pola data.

18

- Mail merge atau surat massal adalah naskah yang dijadikan induk dokumen yang dapat digunakan untuk membuat surat atau surut undangan berjumlah besar. B. Saran Kami sarankan pada pembaca agar lebih sering melatih diri untuk memperlancar dalam mengaplikasikan program aplikasi software di dalam komputer khususnya pada pembahasan kita mengenai wordart, equation, graph dan mail merge. Semoga makalah ini dapat membantu kita dalam menjalankan program aplikasi software tersebut dan menambah wawasan kita mengenai komputer.

DAFTAR PUSTAKA
G, Ratna. 2007. Microsoft Office Word 2007. Yogyakarta: Saka Mitra Kompetensi. http://artikelkomputerku.blogspot.com/2009/01/018-membuat-equation-bagian01.html http://computer1001.blogspot.com/2008/09/cara-membuat-chart-grafik-yangelegan.html http://dokterdotcom.blogspot.com/2008/01/membuat-mail-merge-di-ms-word2007.html http://www.muryanawaludin.co.cc/2009/07/cara-membuat-teks-wordart.html Pandia, Hendry. 2004. Teknologi Informasi dan Komunikasi Jilid I untuk SMP Kelas VII. Jakarta: Erlangga. 19

-

Syamsuardi. . 2004. Teknologi Informasi dan Komunikasi Jilid I untuk SMA Kelas X. Jakarta: Erlangga.

Soal dan Pembahasan
1. Jawab: Database adalah kumpulan informasi yang disimpan didalam komputer secara sistematik sehingga dapat diperiksa menggunakan suatu program komputer untuk memperoleh informasi dari basis data tersebut. Bentuknya: Penanya : Salmiah Hrp (Kelompok II)

~> Bagaimana bentuk dari database dan new addres list beserta fungsinya!

20

Salah satu fungsinya adalah digunakan untuk menghitung, menjumlah atau mencari nilai tertentu pada suatu database dengan menggunakan syarat-syarat tertentu. Penjawab : Widya Reza Desfita 2. Penanya : Titin Puspita Sari (Kelompok ) ~> Bagaimana cara membuat Mail Merge, coba visualkan bagaimana caranya! Jawab: Seperti langkah-langkah pembuatan mail merge pada pembahasan kami. Penjawab : Syifa Fauziah

21

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->