P. 1
Solusi Printer

Solusi Printer

|Views: 3,490|Likes:
Published by Ade Rinto Sudarmaji
masalah-masalh printer
masalah-masalh printer

More info:

Published by: Ade Rinto Sudarmaji on Jun 22, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

07/19/2013

pdf

text

original

MENGATASI PRINTER LAMBAT DALAM MENCETAK

kumpulan software gratis posting kali ini saya akan membahasa mengenai cara mengatasi printer lambat dalam mencetak baik itu printer canon, HP, epson dan lain lain. Kasus ini terjadi karena disebabkan penuhnya memori, baik memori komoputer maupun memori yang ada dalam printer sehingga menyebabkan prosees pengeprinan menjadi lambat. Berikut adalah langkah untuk mengatasi masalah tersebut. Ikuti langkah-langkanya : 1. bila anda menggunakan sistem operasi microsoft windows XP pastikan anda masih memiliki siswa ruang hardisk sekurang-kurangnya 120 Mb. 2. Mungkin anda mencetak menggunakan resolusi tinggi, coba turunkan resolusinya. Pada aplikasi grafis dengan corel draw anda akan merasakan kecepatan loading data saat hendak mencetak apabila grafis vector terebut diubah menjadi bitmap baik CMYK maupun RGB. 3. Cobalah untuk melakukan defragmentasi harddisk. 4. Bila hal ini tidak memecahkan masalah, cobalah untuk membandingkan kecepatan mencetak dari printer anda di komputer lain. Apabila di komputer lain ternyata bisa lebih cepat, kemungkinan komponen-komoponen mainboard yang menangani komunikasi antara komputer dengan printer anda sudah mulai aus.

Cara Mudah Merawat Printer Agar Awet dan Tahan Lama
Jan 25, 2011 by Eko Supriyanto Under Tips & Trik - 29 Comments

Merawat lebih mudah daripada memperbaiki. Hal ini juga berlaku untuk printer anda yang butuh perawatan yang rutin sehingga bisa awet dan tahan lama. Dan merawat printer tidak akan menyita waktu anda, karena hanya butuh beberapa menit saja. Berikut ini artikel tentang cara mudah merawat printer agar awet dan tahan lama. Mari kita simak bersama! Cara Mudah Merawat Printer Agar Awet dan Tahan Lama:

Gunakan printer anda secara teratur dan berkala, minimal seminggu sekali.

Seringkali kita menjumpai hasil print dengan kualitas cetak yang kurang bagus, ada garis putih melintang, ataupun ada salah satu warna yang tidak keluar. Bahkan lebih parah lagi hasil print tidak kelihatan sama sekali. Merawat printer dengan menggunakan printer secara berkala dan teratur ini akan menjaga agar tinta tetap mengalir dan membasahi nozzle tempat keluarnya tinta. Karena diameter nozzle ini sangat kecil sekali, maka akan sangat rawan terjadi kebuntuan akibat tinta kering yang tidak mengalir. Dan akibatnya head catridge bisa rusak, padahal harganya hampir sama dengan beli printer baru. Maka rawat printer anda agar hal ini tidak terjadi. Tips : Anda bisa letakkan catatan kecil di depan monitor anda untuk mengingatkan agar selalu melakukan pencetakan setiap minggu secara rutin, baik untuk warna hitam maupun warna yang lain. Gunakan untuk mencetak foto ataupun gambar yang kaya warna.

Segera isi / refill jika tinta printer anda habis.

Cara merawat printer no 2 ini juga akan membuat awet dan tahan lama terhadap head catridge printer anda.

Matikan printer secara benar dengan menekan tombol powernya.

Cara merawat printer no 3 ini akan membuat head catridge printer anda selalu bersih dan terjaga dari kebuntuan. Karena dengan menekan tombol power untuk mematikan, maka printer akan secara otomatis melakukan pembersihan permukaan head sebelum parkir di tempatnya. Jangan mematikan printer dengan mencabut kabel power secara langsung.

Jangan menggunakan kertas yang kotor dan berdebu

Jika anda menggunakan kertas yang kotor dan berdebu untuk mencetak, maka ini akan mengotori roll penarik kertas, dan lama kelamaan akan menyebabkan cepet aus dan akhirnya rusak. Efeknya adalah printer tidak akan bisa untuk menarik kertas. Jadi cara merawat printer no 4 ini juga harus anda lakukan agar printer anda awet dan tahan lama.

Tutup printer dengan cover plastik agar debu dan kotoran tidak menempel ke printer.

Demikian cara mudah merawat printer agar awet dan tahan lama.

Read more: http://blog.fastncheap.com/cara-mudah-merawat-printer-agar-awet-dan-tahanlama/#ixzz1xwKxIGyb

Bagaimana mengatasi printer hp yg jalannya mulai lambat? jenis printer HP Deskjet F380. Fungsi scan normal.?
 

3 tahun lalu Lapor Penyalahgunaan

♥ɨпdåђ♫

Jawaban Terbaik - Dipilih oleh Suara Terbanyak
printer m'lambat ada bbrapa kondisi.... 1. bisa karna sirkuit catridgenya mulain lemah.. ini bisa dilihat saat ngprint.. klu dy ngprint lama, b'arti lemah.. bisa kamu atasi klu ganti catridge yang baru... 2. print nya pake pilihan Best/Better (properties>PrintQuality.best/better) dy ngeluarin banyak tinta, jadinya printnya agak lama.. hasil cetaknya sehh lebih bagus dari pada pake print Quality yg normal.. 3. coba cek space di hard disk kamu.. kadang karna spacenya terlalu sedikit dy gak bisa print cepet.. 4. Cek printer kamu.. perawatannya gimana.. bersihkan printer sebanyak kamu pakenya.. mis. klu kamu setiap hari pake dlm 7hari.. 2 minggu sekali bersihin.. atau 3 bln sekali di service.. jadi perawatan gak cm dari luarnya aja.. tp dari dalam printer... hasil cetak pun optimal.. Masalah: Proses cetak sangat lambat. Solusi: Dalam keadaan normal, jika printer terlalu lambat dapat diatasi dengan mengurangi kualitas cetak output. Ini bisa dilakukan dengan mengubah setelan printer dari default beralih ke mode mencetak draft. Hanya saja kualitas printout menjadi sedikit menurun kualitasnya. Caranya adalah silakan buka [control panel] cari fasilitas [printer] lalu klik kanan ikon printer anda, lalu pilih [Properties]. Silakan cari pengaturan yang mengurangi kualitas cetak pada jendela ini. Biasanya ada 3 pilihan, High Quality, Normal dan Fast Draft.

Masalah-masalah Printer

& solusinya
with 14 comments Lagi happy-nya nge-print buat anakku tercinta… maklum anakku lagi seneng karena di print-nin gambar2x mewarnai, ya daripada beli cukup save as gambar yg di ingin kan, langsung deh di print… trus di warnai…?

sret..sret..sret…. waduh gambarnya kok bergaris… wah gimana nih gambarnya jadi rusak…belang-belang gini.. akhirnya coba hunting…eh dapat deh beberapa solution tuk repairnya…. Hasil cetakan bergaris atau keluar namun warna pudar Kemungkinan penyebabnya: * Ada gelembung udara dalam cartridge (kemungkinan bisa disebabkan saat penyuntikan/pengisian ulang cartridge) * Print head kemungkinan tersumbat oleh tinta yang kering (bisa disebabkan karena jarang dipergunakan) * Print head rusak/tergores/posisi berubah karena kerusakan fisik * salah dalam pemasangan cartridge * Ada yang kehabisan tinta untuk warna tertentu atau semuanya * Salah settingan pada komputernya Contoh solusi: * Bersihkan dengan cara melakukan head cleaning selama 2-4 kali untuk mengeluarkan gelembung udara yang ada di dalam cartridge (baca manual printer sesuai dengan printernya) * Pasang kembali yakinkan secara benar catridenya, matikan dan hidupkan kembali untuk meyakinakan bahwa setatus cartridge telah berubah. * Ganti cartridge yang lama/rusak * Jaga benar jangan sampai membuka seal film bagian bawah walo keluaran bergaris atau tak keluar sama sekali * Cek kembali yakinkan saat anda mencetak tidak dalam settingan kualitas cetakan draft atau super ekonomi * Ganti print head lama atau yang rusak Hasil cetakan tak keluar sama sekali Kemungkinan penyebabnya: * Banyak gelembung udara di dalam cartridge * Printer dan uzur (tua) atau rusak atau tertutup bagian print head-nya * Label berwarna (kuning) tak dibuang Contoh solusi: * Bersihkan dengan cara melakukan head cleaning selama 2-4 kali untuk mengeluarkan gelembung udara yang ada di dalam cartridge (baca manual printer sesuai dengan printernya) * Kocok cartridge beberapa kali (3-4) sebelum memasangnya * Buang lebel kuning supaya udara bisa mengalir untuk mencetak secara normal * Jaga benar jangan sampai membuka seal film bagian bawah walo keluaran bergaris atau tak keluar sama sekali Printer tak mengenali cartridge yang baru dipasang

Kemungkinan penyebabnya: * Cartridge tak terpasang dengan benar * Menyentuh chip kecil pada cartridge dengan tangan atau juga chip tersebut kotor/basah (chip ini mudah rusak) * Rusaknya sebagian jalur (rangkaian pada cartridge) Contoh solusi: * Pasang kembali yakinkan secara benar catridenya, matikan dan hidupkan kembali untuk meyakinakan bahwa setatus cartridge telah berubah. * Gunakan kain bersih dan kering untuk membersihkan chip bila chipnya memang kotor * Cek jalur rangkaiannnya jika ada yang rusak * Jika memang tak dimungkinkan tuk diperbaiki beli aja yang baru Setelah dipasang cartridge baru ada peringatan bahwa cartridge yang terpasang tidak asli Kemungkinan penyebabnya: * Pesan yang umum dari produsen untuk pengguna Contoh solusi: * Pesan ini abaikan saja jika ada pertanyaan jawab aja “yes” atau lalukan sesuai permintaan, kasus ini tak mempengaruhi kualitas hasil cetakan dengan printer tersebut Setelah mengganti Cartridge baru, masih tetap keluar peringantan “Tinta habis” Kemungkinan penyebabnya: * Hal ini bisa disebabkan karena sewaktu kita mengganti cartridge posisi printer dalam keadaan mati, sehingga memory printer masih tetap dalam keadaan sebelumnya “tinta habis”

Permasalahan Printer dan Solusinya

Permasalahan Printer dan Solusinya, cukup lama barulah saya menulis artikel mengenai masalah printer. Mengapa demikian? Karena saya pernah bercita-cita bahwa setiap satu artikel harus paling tidak masih uptodate dalam kurun waktu minimal 6 bulan. Sementara printer mempunyai merk yang sangat beragam dan perkembangannya hampir setiap bulan. Solusi perbaikan printer yang ditulis bulan ini bisa jadi langsung tidak berlaku lagi bulan depan karena printer dengan merk sama sudah muncul lagi dan permasalahannya juga akan jadi baru lagi. Bagaimanapun persoalan printer sering kali sangat menjengkelkan ditambah lagi dengan biaya

servis yang sangat mahal. Berkaitan dengan masalah perkembangan hardware printer yang demikian cepat, maka solusi yang saya berikan disini sangat bersifat umum. Saya telah membuat daftar 8 gangguan printer terbesar namun tentu saja 8 daftar ini mungkin berbeda dengan daftar anda dan cara untuk memperbaikinya. Ini adalah sesuai pengalaman saya.
1. Masalah: Proses cetak sangat lambat. Solusi: Dalam keadaan normal, jika printer terlalu lambat dapat diatasi dengan mengurangi kualitas cetak output. Ini bisa dilakukan dengan mengubah setelan printer dari default beralih ke mode mencetak draft. Hanya saja kualitas printout menjadi sedikit menurun kualitasnya. Caranya adalah silakan buka [control panel] cari fasilitas [printer] lalu klik kanan ikon printer anda, lalu pilih [Properties]. Silakan cari pengaturan yang mengurangi kualitas cetak pada jendela ini. Biasanya ada 3 pilihan, High Quality, Normal dan Fast Draft. 2. Masalah: Biaya Ink dan/atau toner printer terlalu mahal. Solusi: Jika anda pernah membuka websitenya PC World disana telah ditulis banyak tentang praktik licik industri percetakan selama bertahun-tahun. Mereka menjual printer dengan sangat murah tetapi dengan tinta berikut catridge yang mahal. Berdasarkan pengujian, saya tidak dapat merekomendasikan kartrid tinta isi ulang ulang yang disuntik karena hasilnya sama saja. Salah satu solusi hemat biaya adalah dengan membeli kartrid berkapasitas tinggi atau dengan sistem tinta toner. Artinya jika Anda mencetak banyak, cobalah kartrid tinta dengan hasil halaman lebih dari 250, atau tabung toner dengan hasil 2.000 halaman plus. 3. Masalah: Windows 7 sering mengirim pekerjaan untuk dicetak ke printer yang keliru. Solusi: Untuk beberapa alasan yang misterius, Windows melakukan kesalahan ini terutama mereka yang baru upgrade dari Vista ke Windows 7) Untuk memperbaiki kesalahan ini pada Windows 7, klik [Start] dan pilih [Devices dan Print..] Dalam jendela [Printers and Faxes], klik kanan printer yang anda Anda gunakan saat ini lalu tetapkan sebagai default printer. 4. Masalah: Hasil cetak terlalu kabur, terlalu berbintik, atau memiliki garis horizontal. Solusi: Printer Anda mungkin tersumbat pada bagian head, masalah ini dapat terjadi jika Anda menggunakan printer inkjet dan jarang digunakan. Program utilitas printer Anda bisa membersihkan head tinta yang kering, dan mencetak halaman uji untuk diamati hasilnya. Ini bisa dilakukan melalui fasilitas cleaning. 5. Masalah ; indikator printer tinta kartrid mengatakan tinta kosong, padahal baru saja diisi. Solusi: Anda mungkin benar. Indikator pada printer seringkali tidak dapat diandalkan. Lakukan proses cleaning dan lihat lagi hasilnya. Solusi lain mengenai masalah ini dijawab oleh produk Epson dan HP yang menggunakan sistem reset kartrid setelah diisi tinta. 6. Masalah: printer nirkabel terlalu lambat. Solusi: Untuk mendapatkan performa terbaik dari sebuah printer jaringan, sulit untuk mengalahkan sambungan, kabel-kabel Ethernet-to-router. Metode Wireless mungkin lebih nyaman di banyak rumah dan kantor, tetapi memiliki keterbatasan. Masalah diatas bisa disebabkan oleh jarak dengan router. Silakan tempatkan printer nirkabel Anda sedekat mungkin ke router. Selain itu, pastikan Wi-Fi printer atau server cetak nirkabel yang terhubung sudah mendukung spec 802.11n, yang dapat menyaingi kinerja Ethernet 100 mbps. 7. Masalah: Saya menggunakan kartrid tinta isi ulang dan hasil cetak kelihatan jelek sekali. Solusi: Kami sarankan mengisi ulang katrid dengan tinta yang kualitas terbaik dan langsung dari pabriknya. Produk pihak ketiga dapat menghemat uang anda, tetapi konsekuensinya adalah kualitas cetakan pasti jelek. Alasan lain adalah jika anda mengisi yang kualitas jelek maka tinta terbuang sia-sia. Di Indonesia 40 persen dari tinta yang diisi ulang terbuang percuma dan tidak terpakai.

8. Masalah: Saya tidak tahu bagaimana mencetak teks yang lebih dari satu halaman dalam satu kertas. Solusi: mennyusutkan teks dari dua halaman kedalam satu lembar cetakan akan menghemat uang. Ini adalah pendekatan dua untuk satu yang terbaik untuk spreadsheet, receipts, dan dokumen lain yang masih dapat dibaca walaupun telah disusutkan. Dalam setiap program Windows, pilih [Print and Properties], dan kemudian mencari pengaturan printer yang memungkinkan Anda meningkatkan jumlah halaman per lembar.

Mungkin masih banyak masalah-masalah printer yang pernah anda temui, sekali lagi ini berdasarkan pengalaman saya dan bukan apa yang pernah saya dengar.
Untuk pembahasan lengkap, tentang artikel di atas, silahkan KLIK DISINI

>>>> EBOOK Dibawah Ini Penting Untuk Anda: <<< 1. 2. 3. 4. 5. 6. Langkah Demi Langkah Diagnosa Dan Memperbaiki Kerusakan PC Desktop Langkah Demi Langkah Diagnosa Dan Memperbaiki Kerusakan Komponen Motherboard Langkah Demi Langkah Diagnosa Dan Memperbaiki Laptop Ebook Cara Memperbaiki Laptop Ebook Cara Membangun Jaringan Komputer/Warnet Blog Jaringan Komputer

Tags: hardware printer, hasil cetak printer menurun, kenapa hasil cetak printer menurun, kerusakan printer dan solusinya, masalah printer, permasalahan printer, permasalahan printer hp, printer, Printer dan Solusinya Artikel unik ini ditulis pada Thursday, July 1st, 2010 at 5:47 pm dalam kategori Komputer, Perbaikan Komputer. You can leave a response, or trackback from your own site.

28 Responses to “Permasalahan Printer dan Solusinya” 1. Permasalahan Printer « Anggaputra77's Blog on August 21st, 2010 at 8:41 am

[...] Permasalahan Printer Posted: Agustus 21, 2010 by anggaputra77 in Tips dan Trik Komputer Tag:Permasalahan dan Solusi Printer 0 Permasalahan Printer dan Solusinya [...]
2. mas ramly on October 26th, 2010 at 6:06 am

Saya punya printer HP deskjet 400, mengalami gangguan sbb : 1. Mulai print lampu indikator kertas selalu nyala, ditekan baru narik kertas. 2. Setelah jeda ( printer On ) untuk print berikutnya 2 lampu indikator ( Tinta & kertas ) nyala, shg harus mematikan printer dan mulai ON printer lagi. 3. hasil print miring , alenea tidak segaris Terimakasih bantuan solusi.

[Reply]
3. belajar_komputer on October 26th, 2010 at 3:08 pm

Kelihatannya head print bapak sdh rusak, sebaiknya diganti [Reply]
4. bayu on March 17th, 2011 at 8:03 am

info keren gan,ditunggu kunjungan baliknya [Reply]
5. Rinocomp2 on March 25th, 2011 at 5:30 am

knpa klo setipa ngisi ulang printer canon warnanya buram atau ilang , mohon pencerahanya . . [Reply]
6. Rinocomp on March 25th, 2011 at 5:32 am

knpa klo setipa ngisi ulang printer canon warnanya buram atau ilang , mohon pencerahanya . .. . . . . . [Reply]

Qbonk Reply:
April 27th, 2011 at 10:45 am

@Rinocomp, katridge kalah mas [Reply]
7. halti on April 27th, 2011 at 8:12 am

bagaimana yaa mengatasi printer hp yang lambat mencentak [Reply]

Qbonk Reply:
April 27th, 2011 at 10:46 am

@halti, kualitas cetakannya bisa menggunakan setting cetak cepat mas [Reply]
8. ddd on August 14th, 2011 at 9:43 am

warna tinta terkdang jarang muncul solusinya apa ommm ??? [Reply]
9. christofora on November 30th, 2011 at 2:20 am

saya mempunya printer hp deskjet F2235. masalah yang saya hadapi adalah waktu memprinter kertasnya selalu tergulung dan tidak keluar terkadang keluar tapi disatu sudut penarikan awal sudah kusut dan tidak layak pakai lagi. saya mohon penjelasannya. terima kasih. [Reply]

Qbonk Reply:
December 1st, 2011 at 12:47 pm

@christofora, biasanya karet pengantar kertas pada bagian salah satu ujung macet dan harus dibersihkan [Reply]
10. firrliputra@ymail.com on December 1st, 2011 at 2:21 am

pak saya ada printer EPSON LG-2180 nah pada saat ingin ngeprint itu tdak bisa [Reply]

Qbonk Reply:
December 1st, 2011 at 12:49 pm

@firrliputra@ymail.com, windows apa yg anda gunakan? berbeda penanganan ant win 7 dgn win xp

[Reply]
11. nurma santi on December 16th, 2011 at 4:01 am

kenapa printer hp 1025 colour saya ketika untuk print lebih dari satu lembar setelah kertas pertama tidak bisa narik lagi terus berhent di tengah . . . trims om . . . [Reply]
12. nurma santi on December 16th, 2011 at 4:04 am

kenapa printer hp 1025 colour saya tdk bisa ngeprint lebih dr satu kerts….seelah kertas pertama berhenti di tengah . [Reply]

Qbonk Reply:
December 16th, 2011 at 11:49 am

@nurma santi, kemungkinan besar catridge sdh kering jd walau diisi tinta sdh tdk berfungsi normal [Reply]
13. aisyah on December 20th, 2011 at 3:18 am

saya punya printer HP deskjet 1050 lampunya blink” mulu gan, lampu yg buat katrid sama kertas.. biasanya kalau dbuka kotak penutupnya dy ke tengah sendiri g tapi sekarang g mau.. udah gtu nimbulin suara yg keras banget kaya ngebanting-banting gtu.. udh coba buka salah satu katrid bwt ngedeteksiin katrid rusak atau engga, tapi tetep g bisa gan selain itu juga udh ngebersihin head katridnya,, tetep ajah g bisa gann… di komputer juga dikatakan printer tidak terdeteksi itu kenapa ya gan? mohon pencerahannya [Reply]

Qbonk Reply:
January 14th, 2012 at 3:12 am

@aisyah, jk demikian brarti memang catridge sdh rusak

[Reply]
14. aqil on January 2nd, 2012 at 4:17 pm

saya punya printer HP deskjet 3920, kenapa drivernya gak bisa di install ke windows 2007, dulu sy make windows 2003 [Reply]

Qbonk Reply:
January 14th, 2012 at 3:12 am

@aqil, cari yg kompatibel dgn win 7 [Reply]
15. syaifoel on January 12th, 2012 at 7:41 am

om, printer saya hplaserjet 1010 kok ngeprint gak keluar hasil printnya yah? kertasnya putih doak. gak nyetak apa2. apa yg terjadi, solusinya gmn ya? [Reply]

Qbonk Reply:
January 14th, 2012 at 3:13 am

@syaifoel, lakukan cleaning catridge [Reply]
16. hans on January 17th, 2012 at 4:52 am

printer saya hp deskjet 1050, tidak mau narik kertas, gara2nya kertas jam saya tarik dari depan [Reply]

Qbonk Reply:
January 18th, 2012 at 11:39 am

@hans, harus dibuka, ada karet roll didlm yg lepas [Reply]
17. Fajar on May 8th, 2012 at 2:50 am

Met Pagi Gan, Saya ada printer HP Deskjet 1050. saya memang refill tinta. setelah kali ke sekian, printernya kayak tau kalo saya pakai tinta refill. Dia Gak mau proses nge print Gan. Gimana solusi nya ya Gan? Apakah ada settingan tertentu untuk printer ini biar mau ngeprint lagi? Thanks Gan pencerahannya [Reply]
18. TarRie on May 23rd, 2012 at 3:50 am

Mas printer saya Canon ip 2770 tinta hitamnya berwarna buram, di selangnya tinta hitam selalu kembali naik gak mau nyampe katrid tu kenapa y [Reply]
19. eko on June 15th, 2012 at 4:11 am

bos, printer hp deskjet 3920 & 3744 lama banget proses print ny. 1 lembar aja bisa smp sekian menit. mainboard printer sdh di kuras, tp tetep sama aja. utk yg 3744, lelet ny itu kmrn krn temen ngeprint tau2 paper jam trus ga di benerin, langsung di matiin printer ny. jadi ny pas buat ngeprint lambat banget jalannya. & utk yg 3920, tiap ganti cartridge, ngeprint ny normal, tp ga lama jadi lambat banget lagi. padahal cartridge ny baru ganti ori punya. itu gimana bos? utk setingan kedua printer pake fast draft kualitas ny trma kasih

Solusi Masalah Printer
Grafitama-Imaging terus melakukan riset untuk memecahkan masalah pada printer dan berikut ini beberapa jenis masalah yang sering terjadi pada printer. Dan beberapa contoh solusi menyelesaikannya. 1.Hasil cetakan bergaris atau keluar namun warna pudar pada printer jenis ink (tinta). Penyebab yang sering terjadi adalah: • Terdapat gelembung udara dalam cartridge, hal ini mungkin disebabkan karena proses refill ulang cartridge.

• Print head tersumbat, disebabkan oleh tinta yang sudah kering. hal ini mungkin disebabkan oleh karena printer jarang digunakan untuk mencetak. • Print head rusak/tergores/berubah posisi akibat proses mekanik yang telah usang, sehingga mengakibatkan kerusakan fisik. • Kesalahan posisi dalam pemasangan cartridge. • Tinta warna tertentu atau semuanya telah habis. • Setting printer di menu print di komputer pada saat mencetak salah. Solusi yang bisa dilakukan: • Bersihkan dengan cara melakukan head cleaning 2-4 kali. Hal ini untuk mengeluarkan gelembung udara yang terdapat di dalam cartridge atau baca manual printer sesuai dengan jenis printer Anda. • Pasang kembali yakinkan secara benar catride Anda, kemudian matikan dan hidupkan kembali untuk meyakinakan bahwa setatus cartridge telah berubah. • Ganti cartridge yang telah rusak. • Pastikan jangan sampai membuka seal film bagian bawah cartidge. • Periksa kembali dan pastikan pada saat Anda mencetak tidak dalam setting kualitas cetak draft atau super ekonomi. • Ganti print head jika ditemukan ada indikasi rusak. 2.Hasil cetakan tak keluar sama sekali Penyebab yang sering terjadi adalah: • Terdapat gelembung udara di dalam cartridge. • Printer sudah terlalu tua atau sudah dalam kondisi rusak atau tertutup bagian print head-nya. • Label pelindung cartridge tidak dilepas. Solusi yang bisa dilakukan adalah: • Bersihkan dengan cara melakukan head cleaning 2-4 kali. Hal ini untuk mengeluarkan gelembung udara yang terdapat di dalam cartridge atau baca manual printer sesuai dengan jenis printer Anda. • Kocok cartridge printer Anda beberapa kali (3-4) sebelum memasang pada rumah cartridge. • Lepas label pelindung cartridge agar udara bisa mengalir untuk mencetak secara normal. • Pastikan jangan sampai membuka seal film bagian bawah cartridge. 3.Printer tidak mengenali cartridge yang baru dipasang. Penyebab yang sering terjadi adalah: • Kondisi cartridge tidak terpasang dengan benar • Chip yang terdapat pada cartridge terkena keringat atau materi lain atau chip tersebut dalam kondisi kotor atau basah. • Jalur rangkaian penghubung yang terdapat pada cartridge sebagian atau keseluruhan rusak. Solusi yang bisa dilakukan adalah: • Pastikan cartridge terpasang secara benar, matikan printer dan hidupkan kembali untuk meyakinakan bahwa setatus cartridge telah berubah. • Gunakan bahan kain yang bersih dan kering untuk membersihkan chip bila ada indikasi chip pada cartridge kotor. • Periksa jalur rangkaian penghubung pada cartridge dan pastikan tidak ada yang rusak. 4. Muncul peringatan bahwa cartridge yang terpasang tidak asli setelah dipasang cartridge baru. Penyebab yang sering terjadi adalah: • Pesan yang umum dari produsen OEM untuk pengguna. Solusi yang bisa dilakukan adalah:

• Abaikan pesan tersebut karena saat ini banyak beredar cartridge kompatibel dipasaran yang dapat digunakan untuk supplies alternatif. Kasus ini tak mempengaruhi kualitas hasil cetakan dengan printer tersebut. 5. Keluar peringantan “Tinta habis” setelah dilakukan penggantian cartridge baru. Penyebab yang sering terjadi adalah: • Hal ini bisa disebabkan karena pada waktu mengganti cartridge posisi printer dalam keadaan mati, sehingga memory printer masih tetap dalam keadaan sebelumnya “tinta habis” Solusi yang bisa dilakukan adalah: • Matikan printer dan hidupkan kembai printer Anda, proses mencetak akan dilanjutkan kembali Atau jika solusi diatas tidak menyelesaikan masalah Anda, ada baiknya Anda menghubungi Grafitama-Imaging untuk mengkonsultasikan permasalahan printer Anda.

Read more: http://www.grafitama.com/solusi-masalah-printer/#ixzz1xwGGNMni

MERAWAT PRINTER YANG BAIK
Berikut ini cara termudah dalam memelihara dan merawat printer, sehingga kualitas printer yang Anda inginkan dapat terpenuhi. Sehingga tetap layak digunakan untuk melakukan cetak warna ataupun cetak kartu, dsb.Untuk memudahkan Anda dalam memelihara dan merawat printer agar terjaga dengan baik, Lakukan langkah-langkah berikut ini: 1. Nyalakan printer Anda setidaknya 3 hari sekali. 2. Jika hasil cetak menurun, lakukan "Cleaning" (maksimal 2 kali). 3. Disarankan tidak mengganti / mencabut cartridge jika tinta belum habis 4. Usahakan agar tinta menyentuh CHIP CISS yang terdapat pada cartridge. 5. Pastikan printer bebas dari debu terutama pada tempat penarik kertas 6. Gunakan kain bersih dan kering untuk membersihkan area penarik kertas 7. Bersihkan bagian luar printer dengan menggunakan kain basah 8. Lakukan update driver demi meningkatkan kinerja printer. Namun jika Anda sudah melakukan langkah di atas, ternyata hasil printer masih bergaris, berarti Anda perlu memeriksa kondisi print head. Dan pensil warna bisa membantu. 1.Bagaimana cara memeriksa kondisi print head (coba hasilnya: pensil warna)?Berikut langkahlangkahnya:1. Klik tombol "Start" dan pilih "Setting" dan pilih "Control Panel". 2. Pilih folder "Printer" dan pilih folder/icon "printer Epson" Anda, klik kanan mouse Anda, kemudian pilih "Properties". 3. Pilih "Utility", di dalamnya terdapat 5 tombol fungsi, yakni : EPSON Status Monitor 3: berfungsi untuk memeriksa masih berapa banyak tinta yang berada

di dalam cartridge. Jika ingin melakukan cetak kartu atau lainnya tentunya sangat penting memperhatikan ini. - Nozzle Check: berfungsi untuk memeriksa kondisi print head. - Head Cleaning: Bila hasil cetakan bergaris maka tungsi inilah yang digunakan (jangan melebihi 2 kali), bila garis tersebut tetap muncul, maka biarkan printer tersebut dalam keadaan menyala selama 10 menit. - Head Alignment: Bila huruf hasil print (misalnya printing colours, printing calendar, dll) tidak rapi (huruf miring-miring), maka fitur ini akan memeriksanya. - Ink Cartridge Replacement: Fungsi fitur ini membantu user dalam mengganti catridge dengan sistem software. Langkah-langkahnya dijelaskan dengan gambar pada buku user manual, sehingga lebih memudahkan Anda. Dengan merawat printer berarti merawat alat yang membantu kita melakykan printing colours, printing calendar dan cetak warna lainnya.Dengan mengikuti langkah-langkah dalam memelihara dan merawat printer Anda seperti di atas, semua fungsi printer akan berjalan dengan baik dan kondisi printer Anda tetap awet.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->