P. 1
stan-2012-2013

stan-2012-2013

|Views: 56|Likes:
Published by Lebo19

More info:

Published by: Lebo19 on Jun 23, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/17/2013

pdf

text

original

USM STAN MUDAH

itu

“Steps That I Use to Pass USM STAN”

Mamat Maslutfi

2

Please Read This Carefully, Every Word Please ...

www.soalusmstan.com

3

PENDAHULUAN
Sebelumnya terima kasih sudah download tulisanku ini dari blog pribadi saya di http://soalusmSTAN.com .

Oke, kenalan dulu, Namaku Mamat Maslutfi. Kamu bisa panggil Kak Lutfi. Asal dari Kediri, Jawa Timur. Dulu Aku bersekolah di SMA Negeri 2 Pare. Beberapa bulan yang lalu masih berstatus sebagai mahasiswa STAN. Abis lulus langsung di tempatkan di kementerian keuangan, lebih spesifiknya di Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan (DJPK). Karena DJPK hanya ada di jakarta pusat, aku menetap di jakarta. Jadi masih bisa mengurus blog dan melayani pembelian buku STAN. Saat aku membutuhkan sesuatu, aku biasanya bertanya kepada salah satu temen terbaikku, yaitu www.google.co.id …dari membeli ebook yang harganya ratusan ribu, beli kursi, beli buku, dan banyak hal yang lain…semuanya aku beli online. Gak perlu keluar dari kamar tuk membeli itu semua,hehe Memang di Indonesia belum terlalu sering jual beli online, tapi di negara maju seperti Amerika, Inggris, Kanada, &Australia jual beli online sudah menjadi hal yang biasa. Aku pernah dapat ebook gratis, tapi gak pernah aku pelajari, dibaca sekilas kemudian dilupakan,hehe…Tapi waktu aku beli ebook seharga Rp200.000, aku baca bener-bener tuh ebook…aku pelajari, aku lakukan semua yang disuruh, aku semangat banget tuk mempelajari ebook itu. Itulah psikologi manusia: sesuatu yang sulit didapatkan akan menjadi barang yang penting buatnya. Meskipun kamu dapat ebook ini gratis, aku harapkan kamu bisa mempelajarinya dengan baik. (tapi semuanya kembali ke kamu sih, gak ada paksaan)
*kepanjangan ntar kalo musti aku kenalan disini…apalagi sampe naruh foto profile disini,hehe…be my friend di http://www.facebook.com/profile.php?id=100001929647176

Disini saya ingin berbagi strategi-strategi yang saya gunakan buat lolos STAN. Tapi tulisan ini

tidak ada artinya kalau tidak dipelajari :)
Manusia yang paling baik itu orang yang paling bermanfaat bagi yang lain. Aku dulu gak mengerti tentang STAN sama sekali. Mau tanya anak STAN gak ada yang kenal, nyari di internet sangat sedikit informasi yang aku dapat. Dan aku yakin masih banyak orang lagi yang ingin mengerti STAN lebih jauh. Maka dengan itu semua aku ingin membagi pengalamanku lewat blogku dan tulisanku ini. Mungkin ini yang bisa aku lakuin tuk membantu sesama, meskipun tak sedikit pengorbanan yang musti dilakukan.

www.soalusmstan.com

4 Saya membuat tulisan ini berdasarkan pengalaman pribadiku mengerjakan soal soal USM STAN. Strategi-strategi yang saya berikan disini juga saya pergunakan untuk mengajar di bimbingan belajar khusus USM STAN di Jakarta selama beberapa tahun belakangan. Untuk lebih maksimal manfaat dari ebook ini, silahkan di print :) Sekali lagi, aku hanya ingin berbagi. Saran dari saya bisa kamu pakai maupun kau tinggalkan. Kalau ada yang tidak baik, segera tinggalkan. Kalau ada yang baik, silahkan digunakan. Kalau ada salah dalam berkata tolong dimaafin yah :) Website STAN yang resmi itu di STAN.ac.id…tapi aku yakin disana tuh gak ada yang namanya soal dan latihan buat usm STAN…yang ada hanya pengumuman pendaftaran STAN dan pengumuman kelulusan STAN…jadi kalo mau mencari informasi tentang STAN dan pengin tahu lebih jauh kayak apa sih kehidupannya mahasiswa STAN tuh, kunjungi blogku di http://soalusmSTAN.com :) Tulisanku ini bebas disebarluaskan. Silahkan diberikan pada teman, sahabat, kakak, adik, anak, keponakan, tetangga, dan siapapun…boleh kamu posting ke halaman blogmu, tapi kasih link ke blog http://soalusmstan.com ya. Hargai hak cipta orang lain, oke :) Semoga tulisan ini bermanfaat bagimu... Aku tunggu kamu di STAN Jakarta ya... :)

There are No Secrets
Ya, memang tidak ada rahasia untuk lolos USM STAN. Yang ada hanya doa dan kerja keras. Doa, aku beruntung punya Ibu Yang Terbaik Di Dunia, yang selalu mendoakan anaknya sukses di sepertiga malam terakhir. Meskipun aku juga berdoa, tapi doa Ibuku lebih manjur. Kerja keras, aku sadar kalau sainganku banyak, maka dari itu, frekuensi belajar menguasai soal soal STAN juga harus aku tingkatkan. Aku membuat strategi-strategi mengerjakan dengan cepat dan benar saat belajar itu. Jadi, melalui tulisan ini, aku ingin berbagi strategi-strategiku lulus STAN…agar kamu bisa lebih cepat mempelajari soal soal STAN yang ada.

www.soalusmstan.com

5

Bila tulisanku bermanfaat buat tementemen, berbagilah informasi ini ke minimal 3 (tiga) temen-temenmu yang berminat kuliah di STAN. Bila kamu berbuat baik, suatu saat akan dibalas dengan kebaikan pula 

www.soalusmstan.com

6

Sedikit daftar isi, Pendahuluan Sedikit Cerita Motivasi Mindset Sukses Seorang Pelajar Sejati Langkah demi Langkah Mengerjakan USM STAN Tes Potensi Akademik Bahasa Inggris Pertanyaan yang Sering Ditanyakan Rincian Lengkap Biaya Hidup di STAN Info Tambahan: Detail Pendaftaran USM STAN Info Buku USM STAN 2012/2013

www.soalusmstan.com

7

SEDIKIT CERITA MOTIVASI
Dalam suatu penelitian yang dilakukan oleh para profesor di USA, ada 2 ekor monyet yang dimasukkan ke dalam satu ruangan kosong secara bersama-sama. Kita sebut saja monyet tersebut Monyet A dan B. Di dalam ruangan tersebut terdapat sebuah tiang, dan diatas tiang tersebut nampak beberapa pisang yang sudah matang. Apa yang akan dilakukan oleh 2 monyet tersebut menurut kamu ? Setelah membiasakan diri dengan keadaan lingkungan di dalam ruangan tersebut, mereka mulai mencoba meraih pisang-pisang tersebut. Monyet A yang mula-mula mencoba mendaki tiang. Begitu monyet A berada di tengah tiang, sang profesor menyemprotkan air kepadanya, sehingga terpleset dan jatuh. Monyet A mencoba lagi, dan disemprot, jatuh lagi, demikian berkali-kali sampai akhirnya monyet A menyerah. Giliran berikutnya monyet B yang mencoba, mengalami kejadian serupa, dan akhirnya menyerah pula. Berikutnya ke dalam ruangan dimasukkan monyet C. Yang menarik adalah, para profesor tidak akan lagi menyemprot para monyet jika mereka naik. Begitu si monyet C mulai menyentuh tiang, dia langsung ditarik oleh monyet A dan B. Mereka berusaha mencegah, agar monyet C tidak mengalami `kesialan’ seperti mereka. Karena dicegah terus dan diberi nasehat tentang bahayanya bila mencoba memanjat keatas, monyet C akhirnya takut juga dan tidak pernah memanjat lagi. Langkah selanjutnya yang dilakukan oleh para profesor adalah mengeluarkan monyet A dan B, serta memasukkan monyet D dan E. Sama seperti monyet-monyet sebelumnya, monyet D dan E juga tertarik dengan pisang diatas tiang dan mencoba memanjatnya. Monyet C secara spontan langsung mencegah keduanya agar tidak naik. “Hai, mengapa kami tidak boleh naik ?” protes keduanya”. Ada teman-teman yang memberitahu saya, bahwa naik ke atas itu berbahaya. Saya juga tidak tahu, ada apa di atas, tapi lebih baik cari aman saja, jangan keatas deh” jelas monyet C. Monyet D percaya dan tidak berani naik, tapi tidak demikian dengan monyet E yang memang bandel. “Saya ingin tahu, bahaya seperti apa sih, yang ada di atas … Dan kalau ada bahaya, masak iya saya tidak bisa menghindarinya ?” tegas monyet E. Walaupun sudah dicegah oleh monyet C dan D, monyet E nekad naik … Dan karena memang sudah tidak disemprot lagi, monyet E bisa meraih pisang yang diinginkannya... Artikel diadaptasi dari KL 348

www.soalusmstan.com

8

Renungan =================== Kawan, Manakah diantara karakter diatas yang menggambarkan tingkah laku kamu saat ini ? Karakter A dan B adalah orang yang pernah melakukan sesuatu, dan gagal. Karena itu mereka kapok, tidak akan mengulanginya lagi, dan berusaha mengajarkan ke orang lain tentang kegagalan tersebut. Mereka tidak ingin orang lain juga gagal seperti mereka. Karakter C dan D, adalah orang yang menerima petunjuk dari orang lain, hal-2 apa yang tidak boleh dilakukan, dan mereka mematuhinya tanpa berani mencobanya sendiri. Karakter E adalah type orang yang tidak mudah percaya dengan sesuatu, sebelum mereka mencobanya sendiri. Mereka juga berani menentang arus dan menanggung resiko asalkan bisa mencapai keinginan mereka.

Pisang dalam cerita diatas menggambarkan impian kita. Setiap orang dalam hidup ini mempunyai impian yang tinggi tentang masa depannya. Namun sayangnya, banyak sekali halhal yang terjadi di sekitar kita, yang menyebabkan impian kita terkubur. Orang-2 dengan karakter ABCD akan mengatakan kepada kita hal-2 seperti ini”,Sudahlah, jangan melakukan pekerjaan yang sia-2 seperti itu. Percuma. Saya dulu sudah pernah melakukannya berkali-2 dan gagal. Sebagai seorang teman yang baik, saya tidak mau kamu gagal seperti saya” atau mungkin kalimat “Kamu mau gagal kayak si X … lebih baik lakukan sesuatu yang pasti-pasti saja deh”. Bukankah hal-2 seperti itu yang sering kita dengar sehari-2 ? Orang dengan karakter E akan selalu berpikir optimis dalam menjalankan sesuatu. “Kalaupun orang lain gagal melakukan sesuatu, belum tentu saya juga akan gagal” adalah kekuatan yang selalu memompa motivasinya. Dan kegagalan orang lain dapat dipelajari dan dijadikan batu loncatan untuk melangkah lebih baik, bukannya dijadikan suatu ketakutan. Nah, saya akan memberikan satu ilustrasi lagi. Saya akan membawa kamu ke tahun 70-an. Apa yang akan kamu lakukan, bila suatu hari ada seorang mahasiswa bercelana jeans, kacamata tebal, bertampang culun, bajunya lusuh, datang menemui kamu dan berkata “Saya punya suatu produk yang bagus, tapi saya tidak punya modal. Mau tidak pinjamin saya modal 100 dollar ? Kalau produk ini sukses, kita berdua bakal jadi orang paling kaya di dunia lho”. Hampir semua akan menghina dan mentertawakan mahasiswa tsb, bahkan mungkin menganggapnya gila. Berapa orang yang akan menjawab “Wow, bagus sekali, coba jelaskan apa rencana kamu, agar kita bisa sama-sama kaya ?” Mungkin satu orang diantara sejuta, mungkin juga tidak ada. www.soalusmstan.com

9 Bagaimana kalau saya katakan bahwa mahasiswa tersebut adalah Bill Gates, yang kini sudah mencapai impiannya menjadi orang terkaya di dunia ? Bukankah itu dulu yang dilakukan Bill Gates pada awal karirnya . Dikelilingi orang type ABCD, ditolak, dilecehkan, dan berbagai macam hinaan lainnya. Untungnya, Bill Gates termasuk orang dengan karakter E. Dan dengan pengorbanan dan kerja keras, dia berhasil meraih impiannya. Teman, saya yakin kamu adalah orang type E. Setidaknya karena kamu mau membaca tulisan ini untuk belajar bersama, berbagi bersama, dan maju serta sukses bersama. Jangan biarkan orang lain membunuh impian kamu. Maju terus, hadapi semua rintangan dan raih impian kamu.

www.soalusmstan.com

10

MINDSET SUKSES SEORANG PELAJAR SEJATI
Pada bagian ini saya ingin menjelaskan "mindset" atau pola pikir yang harus dimiliki seorang pelajar yang ingin memasuki STAN.

Materi ini bukan sekedar untuk dibaca, tapi untuk kamu Pahami dan Kerjakan!
Keberhasilan kamu itu lebih tergantung pada “pola pikir” kamu sejak pertama kali belajar. Keberhasilan adalah PROSES. Tidak ada seorangpun di dunia ini yang pintar dalam sekejap, termasuk Albert Einstein. Bahkan, waktu kecil Einstein merupakan anak paling bodoh di sekolahnya. Sampai-sampai gurunya bilang kurang lebih seperti ini seperti ini: “Einstein tidak akan menjadi apa-apa saat dia dewasa.” Tapi kenyataannya, sekarang dia menjadi salah satu orang yang terkenal :) Oh iya, ada beberapa penekanan yang ingin aku berikan di tulisanku ini…yaitu tentang kesabaran. Ada orang yang mencoba mengerjakan soal soal STAN pertama kali, trus dia langsung bilang: “Aku tidak bisa mengerjakan soal yang sulit seperti ini.” Please, aku tuh butuh waktu berbulan-bulan tuk mempelajarinya…saat ujian masuk pun aku ngrasa kesulitan, banyak yang gak dijawab, saking gak bisanya. Intinya, aku tuh orang biasabiasa aja, yang pada awalnya merasa kesulitan mengerjakan soal soal STAN…tapi setelah belajar keras berbulan-bulan barulah aku merasa ada peningkatan dalam mengerjakan soal soal itu. Jadi kalau mau sukses, bersabarlah…bersabarlah menguasai soal soal itu sampai bisa…aku butuh waktu 3 bulan, itupun karena usm STAN udah mepet. Jadi jika STAN merupakan tujuanmu setelah lulus, maka berjuanglah tuk meraihnya. STAN untuk semua, STAN untuk kita. Jika kamu ingin berhasil lolos USM STAN, kamu harus memperhatikan 4 hal penting dibawah ini: Kamu harus mau belajar, agar terbiasa dengan soal soal USM STAN Kamu harus mau latihan, supaya menjadi bisa mengerjakan bukan sekedar mengerti. Kamu harus mau fokus, agar tujuan Kamu untuk masuk STAN tercapai. Kamu harus mau mandiri, agar bisa menjadi pelajar sejati. Coba perhatikan lagi ke-4 hal diatas, mulai dari mau belajar, mau praktek, mau fokus, dan hingga mau mandiri. Meski itu ‘’diharuskan”, tapi semua itu hanya bisa terjadi seandainya kamu sendiri punya kemauan, bukan? Itulah sebabnya saya katakan, sesungguhnya, keberhasilan kamu lolos USM STAN itu lebih tergantung pada pola pikir kamu selama proses berlangsung. www.soalusmstan.com

1. 2. 3. 4.

11

‘Sekedar membaca’ saja mungkin bisa membuat kamu mengerti bagaimana mengerjakan USM STAN. Tapi untuk benar-benar bisa lolos STAN, kamu harus mau ‘take action’ dan Fokus pada tujuan! Tapi kenyataannya, bagi kebanyakan orang justru LATIHAN + FOKUS ini yang seringkali susah dan malah sering kali dilupakan! Oleh sebab itu, saya akan selalu mengingatkan kepada semua pelajar saat belajar, coba perhatikan 4 komponen di atas. Ini berlaku setiap waktu, dan sampai kapan pun selama kamu belajar. Kadang saya menemukan beberapa pelajar yang mengaku ‘bingung’. Dia bilang “Saya sudah baca semua materi, tapi kok masih ‘bingung meskipun sudah baca’, mungkin dia membacanya terlalu terburu-buru dan kurang fokus. Bahkan ada yang mengaku ‘susah’ alias tidak bisa. Masalah bukan pada bodoh, melainkan dia kurang sering mengerjakan soal-soal USM STAN! Saya sarankan untuk selalu memperhatikan dan merenungkan 4 hal diatas saat menemukan kesulitan ketika belajar USM STAN. Dengan mengetahui letak kelemahan kamu, maka kamu akan lebih mudah memperbaikinya! Kamu tidak perlu takut membuat kesalahan pada saat belajar. Saya bisa masuk STAN seperti sekarang ini karena sebelumnya saya pun sering membuat banyak kesalahan (bahkan lebih banyak dari kamu,hehe)! Semakin banyak salah semakin bagus. Karena salah mengajarkan pada kita lebih banyak daripada sebuah keberhasilan. Nah, untuk mempermudah proses belajarmu, dan InsyaAllah bisa mendorong pada kesuksesanmu, saya akan memberikan 3 Formula Sukses!

1. PRAKTEK atau LATIHAN
Formula ini berlaku sampai kapanpun saat kamu belajar USM STAN, bahkan bila kamu sudah diterima di STAN sekalipun, ingat selalu PRAKTEK, saya sendiri masih melakukan PRAKTEK! Pelajari materinya, kemudian kerjakan soal-soalnya. Bukan hanya dilihat, tapi benar-benar ditulis dan dikerjakan. Kapan waktu yang tepat untuk PRAKTEK? www.soalusmstan.com

12 Oh... itu terserah kamu Setiap orang mempunyai kelonggaran waktu yang berbeda-beda! Jadi aturlah waktu kamu sendiri dengan bijaksana! Kamu sudah dewasa. Bila USM STAN sudah dekat, luangkan banyak waktu untuk belajar soal-soal USM STAN. Jika ada yang mengeluh... “saya tidak punya waktu”. Bagi saya mereka bukan tidak punya waktu, tapi kurang atau tidak mempunyai kemauan untuk kuliah di STAN. Bila kamu belum belajar, kamu membutuhkan waktu lebih banyak untuk mempelajarinya. Kamu punya cita-cita, ingin kuliah di STAN, demi masa depan yang lebih baik, oleh sebab itu Kamu sudah seharusnya bersedia dan mau berusaha keras untuk meluangkan waktu demi citacita Kamu. Segala Kendala DIJAMIN Bisa Selesai dengan Mudah Jika Kamu Memiliki Kemauan yang Keras!

2. FOKUS
Percaya kepada saya, Kamu akan banyak godaan saat belajar USM STAN. Seperti apa godaannya? Contohnya adalah malas dan melakukan hal hal yang tidak berguna. Kalau malas untuk belajar, kemungkinan besar Kamu tidak akan lolos USM STAN. Kesuksesan Kamu ditentukan oleh seberapa besar KEMAUAN Kamu untuk mau belajar. Kalau memang capek, Kamu boleh istirahat. Hal-hal yang tidak berguna akan banyak menyita waktu Kamu. Jadi pilihlah kegiatan yang akan menunjang masa depanmu. Tentukan skala prioritas. Kamu harus disiplin. Semua ada waktunya. Waktunya belajar, Kamu ya wajib belajar karena Kamu sendiri yang menyusunnya. Waktunya main, ya main. Terapkan disiplin dalam kegiatan sehari-harimu.

3. BELAJAR MANDIRI
Saya yakin Kamu mempunyai teman untuk membantu Kamu, tapi usahakan KERJAKAN DULU SENDIRI. Kalau sudah mentok-mentok amat baru deh bertanya ke teman. Hindari untuk terlalu tergantung pada orang lain. Jadilah Pelajar yang Mandiri dan Berusaha untuk bisa menyelesaikan Masalah Kamu Sendiri!

www.soalusmstan.com

13 Seorang pelajar harus bermental baja, tidak mudah menyerah, dan berani berfikir untuk menyelesaikan masalah diri sendiri. Kamu adalah seorang pemimpin. Karena Kamu seorang pemimpin, Kamulah yang paling bertanggung jawab terhadap kesuksesan Kamu sendiri. Bukan orang lain. Belajar bertanggung jawab atas hasil kerja keras sendiri akan menjadikan Kamu seorang pemimpin sejati! Kerjakan 1 soal dulu, pahami dengan sebaik mungkin. Setidaknya Kamu perlu mengerjakannya 3 kali agar ilmu itu merasuk ke otak Kamu. Cari cara tercepat dan benar dalam mengerjakannya. Bila sudah bisa mengerjakan satu soal dengan cepat dan benar, Kamu pindah ke soal yang lain, satu per satu. Jika Kamu sudah memiliki kumpulan soal USM STAN, pelajari dari soal USM STAN tahun 2010. Pastikan Kamu sudah menguasainya. Bila sudah menguasainya baru kamu pelajari soal USM STAN tahun 2009. Bila sudah paham, baru Kamu pindah ke tahun 2008. Saya sangat menyarankan Kamu mempelajari 3 soal USM STAN yang terakhir. Bila tidak memungkinkan setidaknya pelajari tahun 2010 saja. Fokus pada tahun-tahun yang terakhir, karena biasanya trend soal yang digunakan adalah soal soal tahun terakhir, dalam hal ini adalah soal USM STAN 2010. Ingatkah kamu saat masih bayi. Saat kamu hendak belajar berjalan, berkali-kali kamu jatuh, tapi terus mencoba untuk belajar dan belajar. Tidak kenal putus asa untuk terus mencoba. Dan akhirnya kamu bisa berjalan. Bahkan kamu sekarang bisa berlari. Belajar soal usm STAN juga seperti itu. Pada awalnya merasa sulit, tidak lolos try out, tidak mengerti bagaimana mengerjakan soal itu. Tapi jika ada kemauan yang keras dan tidak ada kata putus asa. Kamu akan terus belajar sampai bisa mengerjakan dengan baik. Bahkan kamu bisa mengerjakan soal soal STAN dengan cepat dan benar. Orang yang berhasil adalah orang yang paling sering mengalami kegagalan. Jadi tetep semangat tuk belajar USM STAN. Dan ingatlah, di dalam setiap kesulitan ada kemudahan disana. Tulisan ini hanyalah ‘jalan’ untuk membuat kamu ‘mengerti’. Sementara kesuksesan besar itu bergantung lebih banyak kepada kamu Sendiri. Tanamkan dalam diri, bahwa Kamu layak mendapatkan kebahagiaan, dan segala sesuatu yang kamu inginkan! Pegang teguh tujuan Kamu, dan... Terus kejar cita-cita KAMU!

www.soalusmstan.com

14

Langkah demi Langkah Mengerjakan USM STAN
1. BERDOA DULU SEBELUM MENGERJAKANNYA Yakinlah bahwa Allah selalu memberikan yang terbaik bagi kita. Berdoalah semoga kamu diterima di STAN tahun ini, bukan tahun depan, atau tahun depannya lagi. 2. Tulis nama Kamu sesuai dengan nama Kamu di kartu ujian. Nama harus sesuai dengan nama yang tercantum di BPU, sedikit saja terjadi kesalahan, nilai yang kamu peroleh tidak akan berguna. Nomor ujian juga sangat diperhatikan. Pastikan Kamu melengkapi data pribadi Kamu terlebih dahulu dengan benar. 3. KERJAKAN YANG MUDAH TERLEBIH DAHULU Terkesan sepele, tapi sangat penting. Ingat, tiap soal mempunyai nilai yang sama. Soal yang sangat sulit nilainya sama saja dengan soal yang lebih mudah. Jadi kenapa Kamu harus mengerjakan soal yang sulit dulu? Bila Kamu mengerjakan soal yang sulit terlebih dulu, pikiran Kamu cepat lelah dan memerlukan waktu yang lama untuk mengerjakannya. Intinya soal yang sulit itu bikin cepat stress, capek dan menghabiskan banyak waktu. Kemungkinan besar Ujian Saringan Masuk Sekolah Tinggi Akuntansi Negara tahun ini terdiri dari 180 soal dikerjakan dalam waktu 150 menit. Soal yang mudah hanya memerlukan beberapa detik untuk menyelesaikannya. Jadi, kerjakan yang mudah terlebih dahulu. Bagi yang kurang terbiasa mengerjakan soal-soal STAN, waktu 150 menit itu tidak cukup untuk mengerjakan 180 soal. STAN itu mencari pelajar-pelajar yang cepat dalam berpikir, jadi sengaja untuk membuat soal-soal yang membutuhkan waktu yang agak lama bagi yang kurang terbiasa. Sehingga banyak sekali yang tidak bisa menyelesaikan 180 soal tersebut. Tapi bukan berarti tidak bisa menyelesaikan soal itu tidak bisa lolos STAN. Aku dulu juga gak selesai terutama di bahasa inggris, tapi aku maksimalkan nilaiku di Tes Potensi Akademik. Tantangan USM STAN bukan hanya mengerjakan soal dengan benar, tetapi harus cepat juga.

www.soalusmstan.com

15

4. PENUHI NILAI MATI DAHULU (pahami benar PRINSIP ini!)

PENUHI NILAI MATI

PENAMBAHAN NILAI

1,5 JAM Artinya,

1 JAM

USM STAN 2010 terdiri dari Tes Potensi Akademik (TPA) dan Bahasa Inggris Format soal tahun kemarin adalah Jumlah soal : 180 soal Waktu : 150 menit Jumlah soal Tes Potensi Akademik (TPA) ada 120 soal Jumlah soal Bahasa Inggrisnya 60 soal Satu soal benar, maka point bertambah 4 Satu soal salah, maka point berkurang 1 Soal tidak dijawab, makan point 0 Jadi point maksimal yang bisa kamu dapat adalah 720. Diterima atau tidaknya seseorang ditentukan oleh berapa banyak point yang kamu dapat dan berapa banyak yang diperoleh oleh sainganmu. Misalkan STAN menerima sekitar 3700 mahasiswa baru. Jika ada 3700 orang yang pointnya diatas 452, maka kamu bisa lolos STAN hanya dengan 453. Kalau ada 3700 orang yang pointnya diatas 402, maka kamu bisa lolos STAN hanya dengan 403.
*STAN tidak pernah mempublikasikan berapa banyak point yang diterima, jadi tidak ada transparasi mengenai jumlah point. Yang kita tahu hanya diterima atau tidak saat pengumuman STAN.

Soal USM STAN itu ada nilai mati, tidak seperti soal SNMPTN. Kamu memperoleh nilai
mati jika pada salah satu bagian soal baik tes potensi akademik atau bahasa inggris, jumlah jawaban benar yang Kamu peroleh adalah kurang dari 1/3 jumlah soal untuk bagian tersebut. Jadi Kamu harus benar untuk TPA minimal 40 soal dan bahasa inggris minimal 20 soal untuk lolos dari nilai mati. Jika kamu bisa bener 120 soal di tes potensi akademik, tapi hanya bisa bener 18 soal di bahasa inggris, kamu tidak bisa lolos STAN. www.soalusmstan.com

16 Jika kamu bisa bener 60 soal di bahasa inggris, tapi hanya bisa bener 39 soal di tes, kamu juga tidak bisa lolos STAN.

CARA MEMENUHI NILAI MATI: 1. Kerjakan 45 soal TPA dulu yang Kamu yakin benar. Tidak perlu urut dari nomor 1 sampai 45. Yang terpenting adalah mengerjakan soal yang mudah terlebih dulu. Setelah mengerjakan 45 soal itu, segera salin jawabanmu di lembar jawaban. 2. Setelah mengisi pada lembar jawaban 45 jawabanmu itu. Segera ke soal bahasa inggris, kerjakan 25 soal yang Kamu yakin itu benar. Ingat, kerjakan yang paling mudah terlebih dahulu. Setelah mengerjakan 25 soal itu, segera salin jawabanmu di lembar jawabanmu. 3. Kemudian kembali ke soal TPA dan mengerjakan lagi 20 soal. Bila 20 soal sudah disalin ke lembar jawaban, 4. Kerjakan kembali ke soal Bahasa Inggris dan mengerjakan 10 soal. Bila 10 soal sudah disalin ke lembar jawaban, 5. Kemudian kerjakan soal yang menurutmu paling gampang. Kalau kamu lebih mudah mengerjakan TPA, kerjakan soal soal TPA sisanya. Bila kamu lebih mudah mengerjakan soal bahasa inggris, kerjakan soal soal bahasa inggris. Intinya adalah terus tambah point benarmu.

Langkah 3 dan 4 itu lebih bersifat optional. Tujuan dari langkah 3 dan 4 adalah memperbesar kemungkinan bebas dari nilai mati. Kenapa harus mengerjakan 45 soal TPA dulu kemudian 25 soal bahasa inggris? Ingat nilai mati TPA 40 soal, jadi kalo Kamu hanya mengerjakan 40 soal, bila satu soal saja salah maka nilaimu mati. Makanya disarankan 45 soal TPA (kalo salah 5 soal kan gak papa)baru pindah ke bahasa inggris.
Seperti inilah gambaran umum kemarin TES POTENSI AKADEMIK KOSA KATA Terdiri dari 8 soal SINONIM Terdiri 5 soal ANTONIM Terdiri 5 soal ANALOGI Terdiri 8 soal BACAAN Terdiri 14 soal KEMAMPUAN KUANTITATIF Terdiri 40 soal www.soalusmstan.com

1. 2. 3. 4. 5. 6.

17 7. KEMAMPUAN PENALARAN Terdiri dari 14 soal 8. PENGAMBILAN KESIMPULAN Terdiri dari 10 soal 9. SOAL KUMULATIF (dalam pengerjaan soal USM STAN soal seperti ini ditinggalkan dulu karena biasanya rumit dan makan banyak waktu) Terdiri 10 soal 10. SOAL GAMBAR Terdiri 6 soal

TES BAHASA INGGRIS formatnya hampir sama dengan tahun-tahun yang lalu, bedanya sekarang soal bahasa inggrisnya diperbanyak. Misalnya jumlah soal bahasa inggris ada 60 soal, nilai mati 20 soal, Kamu udah bisa mengerjakan 25 soal yang Kamu yakin sudah benar, dan 35 soal bahasa inggris yang lain Kamu tidak bisa sama sekali. Dititik ini Kamu dianggap sudah memenuhi nilai mati di bahasa inggris. 35 soal yang Kamu tidak bisa sama sekali tersebut tidak perlu dikerjakan karena Kamu sudah melewati nilai mati. Ingat, tidak dikerjakan karena Kamu tidak bisa sama sekali. Kalau memang bisa, ya harus dikerjakan semua. Yakinlah bahwa USM STAN itu mudah, karena soal soal ini memang mudah. Sampai disini anggap Kamu telah melampaui nilai mati. Bila sudah memenuhi nilai mati, selanjutnya Kamu tinggal menambah nilai dengan menjawab soal-soal yang lain. Disinilah Kamu akan bersaing dengan peserta yang lain. Semakin banyak Kamu mengerjakan soal USM STAN dengan benar, semakin dekat Kamu dengan STAN. 5. Kertas jawaban sangat disarankan tidak terlipat atau kotor. Kejadian yang paling sering adalah lembar jawaban yang kotor karena tangan yang berkeringat. Kalau lembar jawaban kotor, maka lembar jawaban tidak bisa diproses. Jadi rugi banget kalau 180 soal bener semua, tapi lembar jawabannya ancur. 6. Saat melingkari jawaban, usahakan dengan sebaik-baiknya. Tidak terlalu tebal atau tipis. 7. 10 menit terakhir, Kamu cek kembali pekerjaan Kamu. Pastikan Kamu telah melampaui nilai mati. 8. Finish. Pulang deh… :)

-Bila Tidak Mampu Melalui Nilai MatiApapun yang terjadi, Kamu harus melampaui nilai mati. Sangat sia-sia bila Kamu bisa mengerjakan 120 soal TPA dengan benar tetapi hanya bisa mengerjakan 19 soal bahasa inggris. www.soalusmstan.com

18

Ingat, cara ini digunakan bila kamu belum melampaui nilai mati.
Yang dibutuhkan adalah minimal 20 soal benar dari bahasa inggis. Bila Kamu hanya bisa 19 soal atau kurang, tidak ada cara lain, Kamu harus menerka atau menebak jawaban yang benar. Istilahnya gambling. Pakailah logika atau perasaan(feeling) kamu bila kamu benar-benar tidak bisa. Lingkari yang menurut Kamu paling benar. Prinsipnya, Benar +4 Salah -1 Tidak diisi 0 Seumpama kamu menjawab 5 soal, kemudian benar 1, yang 4 salah, maka nilainya 0. Bila menjawab 5 soal, kemudian dari lima soal itu benar 2, maka nilai Kamu bertambah 5. Jadi jangan takut untuk tidak menjawab bila kamu dalam keadaan terpaksa. Misalnya, Kamu cuma bisa mengerjakan 15 soal bahasa inggris, jelas itu adalah nilai mati. Artinya Kamu gak lulus meskipun TPA mu benar 120 soal. Untuk lolos Kamu butuh setidaknya 5 soal lagi yang benar. Karena 45 soal bahasa inggris yang lain Kamu gak bisa sama sekali, terpaksa Kamu harus menebaknya(gambling). Tebaklah jawaban yang menurutmu mendekati kebenaran. Atur strategi agar nilaimu tidak mati dan tetap tinggi. Berdasarkan pengalaman, yang diterima di STAN adalah peserta USM STAN yang nilainya biasanya sekitar 450 poin. Kalo benar 1 poinnya 4, maka sebenarnya yang kamu butuhin sekitar 90 soal yang benar. Pastikan nilaimu tidak mati ya!

Bagaimana mengerjakan satu soal STAN kurang dari 40 detik?
Tentu jawabannya adalah Kamu harus terbiasa dengan soal soal STAN. Analoginya seperti ini, Kamu bisa saja mengendarai mobil, meskipun baru pertama kali belajar. Tentunya dalam belajar mengendarai mobil masih sangat kaku dan tegang. Kemudian Kamu membutuhkan waktu sekitar satu bulan untuk mahir mengendarai mobil. Soal soal STAN juga seperti itu, Kamu bisa mengerjakannya meskipun tidak belajar, tetapi saya yakin hasilnya tidak memuaskan. Saat pertama kali mengerjakan, wajar kalo soal soal terasa sulit. Tapi bila Kamu udah terbiasa, Kamu bisa mengerjakan dengan mudah dan cepat. Misalnya Kamu mengerjakan soal USM STAN www.soalusmstan.com

19 2010. Pertama mengerjakan mungkin terasa sulit. Ulangi mengerjakan soal USM STAN 2010. Kalau merasa agak sulit atau lama, ulangi untuk mengerjakan soal USM STAN 2010. Ulangi setidaknya 5 kali. Agar Kamu terbiasa dengan tipe soal yang seperti itu. Kamu butuh waktu untuk mempelajarinya. Kamu membutuhkan waktu bisa mengerjakan dengan cepat dan benar. Waktu yang diperlukan untuk mengusai soal USM STAN bervariasi, tergantung kemauan seseorang masuk STAN, bukan tergantung pada kepintarannya. Kita semua diciptakan sempurna. Saat lahir, Otak Einstein dan otak kita sama. Perbedaannya cuma kita mau mengasah otak kita atau tidak. Yang mendaftar STAN memang banyak, tapi kebanyakan mereka tidak benar-benar mempelajari soal soal USM STAN. Jadi sebenarnya, saingan Kamu masuk STAN relatif sedikit. Sebagian besar adalah “pengembira”, hehe Mindset atau pola pikir “pengembira” seperti ini: “kalo diterima bersyukur, kalo tidak ya gak apa-apa” Soal-soal STAN cuma itu dan itu. Kuasai soal soal USM STAN satu per satu. Bila belum mengusai satu soal, jangan pindah ke lain soal. Kuncinya, ulang dan ulang, setidaknya 5 kali. Cobalah untuk mengerjakan soal yang sama tetapi berbeda angka yang ada didalamnya. Soal USM STAN tidak terlalu banyak variasi. Soal USM STAN lebih mudah daripada soal soal SPMB, bahkan lebih mudah daripada Ujian Nasional kamu. Satu pesanku, Kota Jakarta itu tidak dibuat dalam satu malam. Untuk menguasai soal-soal STAN juga tidak hanya dalam satu malam. Kamu perlu banyak waktu untuk bisa menguasai soal-soal STAN. Jika belajar satu minggu saja kamu masih tidak bisa menguasai, belajarlah satu bulan. Jika satu bulan tidak bisa juga, belajarlah 2 bulan. Terus menerus sampai kamu bisa. Neve giv ap !!! Lanjut ke,

www.soalusmstan.com

20

TES POTENSI AKADEMIK
Saya berharap setelah Kamu mempelajari modul ini Kamu bisa mengatakan seperti ini: “Ternyata Tes Potensi Akademik USM STAN itu mudah ya.” Susah atau mudah itu ada di alam pikiran Kamu, jadi Kamu harus yakin bahwa soal TPA itu mudah. Dengan begitu Kamu merasa tenang dan bisa mengerjakan dengan sebaik mungkin. Tes Potensi Akademik terdiri dari 120 soal. Setidaknya kita harus benar 40 soal agar nilai kita tidak mati. Disinilah Kamu harus meraih nilai setinggi mungkin agar Kamu lolos USM STAN. Jumlah soal Tes Potensi Akademik adalah dua per tiga dari soal-soal USM STAN. So, maksimalkan nilai Kamu disini. Disinilah Kamu akan bersaing. Disinilah yang membedakan diterima atau tidak di STAN. Karena sangat penting Kamu harus mengusai TPA dengan sebaik mungkin. Sekali lagi, bila Kamu hanya memiliki sedikit waktu, pelajari soal USM STAN yang terbaru. Untuk sekarang tentu saja soal USM STAN 2010. “Soal-soal Try Out gimana Mas?” Pelajari soal-soal try out bila Kamu sudah yakin bisa dengan soal USM STAN tahun 2010, 2009, dan 2008. Menurut pengalaman, soal try out lebih sulit dari USM STAN itu sendiri. Bila Kamu pernah mengikuti try out tetapi gagal atau nilainya kurang memuaskan, nyatai aja. Try Out tak menentukan apapun. Aku aja gak pernah lolos try out, yang penting kan diterima di STAN,hehe Di STAN, aku udah sering dipercaya untuk membuat soal-soal try out STAN terutama membuat soal TPA. Soal-soal try out memang didesain untuk membiasakan Kamu menghadapi USM STAN. Tapi kebanyakan soal-soal try out itu bikin ilfil, saking sulitnya, saking rumitnya, saking binunnya,hehe Saya sarankan Kamu mengikuti try out dan lain sebagainya setelah mengusai materi-materi yang ada di buku ini. Jadi Kamu bisa mempraktekkan trik-trik yang saya ajarkan. Tes dan Ukur agar Kamu tahu perkembangan Kamu dalam mengerjakan soal-soal usm STAN. Sediakan jam di dekat Kamu agar Kamu terbiasa dengan tekanan mengerjakan soal USM STAN selama 2,5 jam. Satu hal kelebihan Kamu bila mengikuti try out adalah Kamu bisa merasakan atmosfer persaingan menuju STAN. Biasakan aja menikmati suasana itu, agar Kamu terbiasa bila saat menghadapi USM STAN yang sebenarnya. www.soalusmstan.com

21

Ada yang mengeluh kalau saingan terlihat pinter, dia merasa minder. Kalau udah minder, soal semudah apapun dia akan merasa kesulitan. Anggap saja saat mengerjakan soal USM STAN, Kamu adalah orang yang paling pintar dan jenius di seluruh dunia, bahkan sampai mengalahkan Albert Einstein. Dengan begitu, Kamu akan semakin PeDe dalam menghadapi soal apapun. Dalam mengerjakan soal soal USM STAN Kamu perlu untuk santai dan tenang. Selalu yakin bahwa soal USM STAN itu mudah. Saat Kamu menjawab soal USM STAN, pastikan Kamu langsung melihat pertanyaan dan jawabannya terlebih dulu. Dibanyak kasus, pertanyaannya itu mudah sekali, bahkan terkadang dari sanalah jawaban itu muncul. Ada beberapa jenis soal:
          KOSA KATA Terdiri dari 8 soal SINONIM Terdiri 5 soal ANTONIM Terdiri 5 soal ANALOGI Terdiri 8 soal BACAAN Terdiri 14 soal KEMAMPUAN KUANTITATIF Terdiri 40 soal KEMAMPUAN PENALARAN Terdiri dari 14 soal PENGAMBILAN KESIMPULAN Terdiri dari 10 soal SOAL KUMULATIF (dalam pengerjaan soal USM STAN soal seperti ini ditinggalkan dulu karena biasanya rumit dan makan banyak waktu) Terdiri 10 soal SOAL GAMBAR Terdiri 6 soal * proporsi soal bisa sangat berbeda dengan soal USM STAN 2011 yang akan keluar ntar. Ini hanya buat gambaran saja.

Belajarlah dari soal USM STAN 2010, karena kemungkinan format soal akan seperti itu. Bahkan, pelajari hanya USM STAN 2010 saja bila waktu belajarmu sedikit. Sengaja aku tidak memberikan soal-soal USM STAN disini, karena semua soal udah ada di buku USM STAN 2011/2012. Tulisan ini hanya berupa file, jadi kamu lebih baik belajar dari bukunya. Bagi yang belum memiliki buku, kamu bisa mendapatkan info pemesanan di bagian paling akhir di tulisanku ini. Bagi yang ingin kuliah di STAN, bisa dibilang mempunyai buku soal-soal STAN merupakan suatu keharusan. Kalau kamu tidak pernah belajar mengerjakan soal STAN kemudian bisa lolos STAN, selamat kamu termasuk orang jenius atau orang yang sangat beruntung :) Kalau TPA seperti ini, aku yakin sebagian besar temen-temen sudah bisa mengerjakannya, karena soal-soalnya kebanyakan untuk anak SMP. Jadi seharusnya temen-temen bisa mengerjakannya dengan baik. Lebih banyak dibiasakan aja untuk mengerjakan soal STAN biar kamu bisa mengerjakannya dengan cepat dan benar. www.soalusmstan.com

22 Lanjut ke bagian yang paling “mengemaskan”, yaitu…

www.soalusmstan.com

23

BAHASA INGGRIS
Bahasa inggris merupakan tipe soal yang membuat sebagian besar peserta USM STAN

GAGAL.

Ingat, Kamu hanya membutuhkan benar 20 soal bila Kamu ingin lolos dari nilai mati. Tidak
Bila Kamu merasa sulit di bagian ini : peduli berapapun salahnya. Andaikan Kamu benar 20 soal tetapi 40 soal lainnya salah, Kamu sudah lolos dari nilai mati. Tapi ingat juga, lolos dari nilai mati tidak berarti kamu lolos USM STAN. Kamu perlu bersaing dengan ribuan orang yang juga lolos dari nilai mati. Atur strategi sebaik mungkin agar nilaimu tetap tinggi. Aku yakin soal BAHASA INGGRIS itu sulit bagi yang tidak pernah belajar TOEFL. Jadi saranku belajarlah TOEFL selama beberapa minggu atau bulan. Untuk menguasai TOEFL tidak hanya 1 atau 2 minggu. Aku belajar berbulan-bulan untuk menguasainya. Sampai sekarangpun aku masih belajar untuk menguasainya, karena di STAN pun ilmu ini masih digunakan dan diujikan.

Tidak ada tes speaking atau listenning, kita hanya ada tes tertulis. Itupun hanya Structure dan Reading.
Kemudian ada pertanyaan seperti ini: “kalo saya nilai bahasa inggris saya jelek gimana?” Simpel, bila memang kelemahan kamu di Bahasa Inggris, kamu wajib memaksimalkan jawaban benar di tipe soal TPA. Ingat, minimal bahasa inggris lolos dari nilai mati. Maksimalkan nilai di TPA. Katakanlah ada kondisi pertama seperti ini: Kamu sangat ahli di TPA, kira-kira Kamu sudah yakin dengan 90% jawaban TPA kamu adalah benar. tetapi Kamu kesulitan di Bahasa inggris dan hanya bisa mengerjakan 5 soal. Kalo Kamu cuma mengerjakan 5 dipastikan kamu tidak akan lolos. Hal yang bisa kita lakukan agar lolos dari nilai mati bahasa inggris adalah kita harus menjawab soal bahasa inggris lebih banyak lagi (kalau perlu semua soal bahasa inggris) meskipun kamu tidak terlalu yakin jawaban itu benar atau salah. Atau kondisi kedua seperti ini: Kamu sangat ahli di TPA, kira-kira Kamu sudah yakin dengan 80% jawaban TPA kamu adalah benar, tetapi cuma bisa mengerjakan soal bahasa inggris sebanyak 25 soal, 35 soal yang lain kamu tidak tahu sama sekali. Maka Kamu sudah lolos dari nilai mati. “Terus bagaimana dengan 35 soal bahasa inggris yang lain?” kalo Kamu memang Kamu tidak ngerti sama sekali dengan soal itu, tinggalkan saja. www.soalusmstan.com

24

Bila pointmu dihitung: Jika benar 80% di TPA itu sama aja dengan benar 120 soal x 80% x 4 = 384 Dan jika 25 benar di bahasa inggris maka nilaimu= 25 x 4 = 100 Jadi total nilaimu adalah= 384 + 100= 484 point Point 484 itu sudah baik, dan kemungkinan lolos USM STAN udah besar, asal sainganmu tidak terlalu banyak yang mendapatkan nilai yang besar juga. Misal dalam menjawab soal, ada 5 pilihan jawaban, kamu udah tahu kalo 3 dari 5 jawaban itu salah, jadi kamu tinggal milih 1 diantara 2, gak usah ragu, pilih salah satu yang menurutmu benar. Ingat, benar +4 dan salah cuma -1. Peluang untuk memperoleh nilai besar jika hanya memilih 1 diantara 2 jawaban.

www.soalusmstan.com

25

Pertanyaan Seputar STAN yang sering ditanyakan
1. Apa itu STAN? STAN (Sekolah Top Anti Nganggur) adalah perguruan tinggi kedinasan yang berada dalam naungan Kementerian Keuangan. Jadi kebanyakan yang lulus dari STAN bekerja di Kementerian Keuangan, seperti aku. Kalau ada 2000 lulusan STAN, 2000 orang itu akan ditempatkan. Sebagian besar ke kementerian keuangan, sebagian ke BPKP atau BPK…jadi tidak ada lulusan STAN yang nganggur. Meskipun disebut STAN Jakarta, sebenarnya STAN berada di Bintaro Sektor V, Tangerang Selatan, Banten. 2. Kenapa musti STAN? a. Sebagian besar lulusan STAN itu penempatannya di lingkungan Kementerian Keuangan. Saat ini Kementerian Keuangan adalah kementerian yang mengaji pegawainya tinggi dibandingkan kementerian pemerintah yang lain. Tentunya gaji dan tujangan pegawai Kementerian Keuangan lebih tinggi dibandingkan gaji pegawai Badan Pusat Statistik (BPS) maupun Pemda.
*kalau saranku, gak perlu memikirkan besarnya gaji dan tunjangan untuk saat ini…sebagai PNS, sebaiknya kita lebih berpikir untuk dapat berkontribusi membangun bangsa kita tercinta ini :)

b. Kuliah di STAN itu GRATIS. Mungkin alasan ini yang mendominasi lulusan SMA(atau orang tuanya) ingin kesini. Benerbener FREE tiga tahun. Jadi tinggal biaya hidup aja. c. Kuliahnya relatif lebih NYANTAI Setidaknya itu yang aku rasakan selama tiga tahun ini. Sebenarnya yang menentukan nyantai apa tidaknya itu dari dosennya. Kalau dapat dosen yang rajin, ya musti belajar agak rajin. Jurusan Akuntansi dan Pajak yang agak berat kuliahnya. Tapi ya tetep aja lebih nyante di bandingkan kuliah di ITB, ITS, UI, IPB, UGM, dan lain-lain. d. Masih banyak lagi… Yang jelas di STAN tidak ada senioritas, tidak ada pukul-pukulan, STAN jauh dari itu semua :)

www.soalusmstan.com

26

3. Apa ada ikatan dinas? Semua bergantung pada kebijakan pemerintah. Sejak tahun 2007, secara formal STAN tidak memberlakukan lagi ikatan dinas. Berdasarkan pengalaman, ikatan dinas baru kamu peroleh kalau sudah kuliah tiga tahun. Selama ini lulusan STAN selama ini tidak pernah ada yang nganggur,hehe 4. Kapan pendaftarannya? Pendaftaran STAN baru bisa dilakukan setelah kamu lulus SMA dan sederajat. Jadi setelah kamu menerima ijazah barulah STAN membuka pendaftaran mahasiswa baru. STAN belum mengeluarkan pengumuman pendaftaran, biasanya memang sekitar bulan Juni baru ada pengumuman pendaftaran. Jadi kalau ditanya kapan pendaftaran STAN, aku juga tidak bisa menjawabnya, karena memang harus nunggu pengumuman dari STAN. Sambil menunggu pelajari soal soal STAN terbaru agar kamu terbiasa :) Pengumuman pendaftaran USM STAN biasanya setelah kamu menerima ijazah dari sekolah, sekitar bulan awal Juni. Segera mencari info saja setelah menerima ijazah. Kamu juga musti punya teman yang juga pengen kuliah di STAN biar bisa saling memberi informasi. Pelajari ketentuan yang diberikan STAN, pastikan semua syaratnya kamu penuhi. Detail syaratnya ada saat pengumuman pendaftaran STAN.

www.soalusmstan.com

27

Rincian Lengkap Biaya Kuliah di STAN
Karena banyak yang menanyakan masalah biaya hidup di STAN, aku sengaja menulis informasi ini. Selama kuliah, STAN tidak memungut biaya apapun. Selama 3 tahun kamu cuma mengeluarkan biaya: 1. pendaftaran USM STAN 2010 sebesar Rp150.000. 2. Daftar Ulang biasanya sekitar Rp 750.000 untuk tiga tahun. Bila kurang mampu, bisa mengajukan keringanan biaya. 3. Wisuda biasanya sekitar Rp 500.000. Wisuda tidak wajib kok. Karena kuliahnya sudah gratis selama 3 tahun, sekarang tinggal biaya hidup: 1. Makan Saya biasanya sekali makan Rp 4.000 sampai Rp 5.000. Kalau Rp3.000 itu dapat 1 piring nasi, sayur dan tahu tempe. Tentunya masih banyak yang lebih mahal, tergantung beli dimana dan macam-macam yang dibeli. Kalau cowok, dengan gaya hidup yang sederhana, uang Rp600.000 itu sudah lebih dari cukup. Kalau cewek biasanya lebih banyak pengeluaran perbulannya. Semua tergantung gaya hidup sih :) 2. Kost STAN tidak menyediakan asmara bagi mahasiswa. Biaya kost berbanding terbalik dengan jarak kampus. Semakin dekat semakin mahal. Kalau kos harganya mulai sekitar Rp 2.000.000 (limited edition) sampai sekitar 5,5 juta per kamar per tahun. Saya menyewa kamar senilai Rp 2.000.000 per kamar per tahun, normalnya kos-kosan cowok (yang lumayan jauh dari kampus) di STAN sih sekitar Rp 2.500.000 per kamar per tahun. Kost cewek yang dekat kampus sekitar 4 juta sampai 5 juta per tahun per kamar. Kalau mau berdua sekamar, tentu lebih murah. 3. Buku Buku Referensi sebagian besar dipinjami perpustakaan. Buku referensi yang ada biasanya berbahasa inggris. Tidak jarang juga mahasiswa yang membeli terjemahannya. Kalau saya lebih comfort pinjem kakak kelas. Setiap semester biasanya juga diberi beberapa buku tulis. 4. Biaya lain-lain Biaya lain-lain tidak terlalu banyak, semua tergantung gaya hidupmu. Pulsa, nonton, fotocopi, dan sebagainya. Kebanyakan mahasiswa STAN yang butuh tambahan uang itu menjadi pengajar privat, termasuk saya. Cukup banget untuk menutupi biaya hidup di STAN. Khusus beacukai tempatnya terpisah dari jurusan yang lain, agak di kota, jadi lebih mahal dikit biaya hidupnya. Kalau cowok, biaya hidup buat yang jurusan beacukai sekitar Rp800ribu/bulan udah termasuk kos-kosan.

www.soalusmstan.com

28

Info Tambahan: Detail Pendaftaran USM STAN
Informasi pendaftaran yang akan aku jelaskan mengacu pada pengumuman pendaftaran USM STAN 2010. Karena memang belum ada pengumuman resmi dari STAN mengenai penerimaan mahasiswa baru 2011/2012. Biasanya tidak ada perubahan yang signifikan terhadap informasi ini, jadi tidak ada salahnya untuk mengetahui info ini mulai dari sekarang, meskipun tidak menutup adanya perubahan. Pengumuman pendaftaran USM STAN 2010 (baca pengumuman resminya dulu): Ada 7 spesialisasi yang tersedia, tapi kamu hanya bisa memilih 3 diantaranya diurutkan berdasarkan prioritasmu. Kalau ditempat lain, “spesialisasi” itu sama dengan “jurusan”. Sebagian besar temen-temen pastinya binggung mau memilih spesialisasi apa karena minimnya info yang temen-temen dapat, tapi yakinlah apapun jurusannya, minumnya teh botol sosro…maksudku apapun jurusannya tetap bersyukur…gak semua orang bisa seberuntung teman-teman yang bisa kuliah, apalagi kuliah di STAN… Sekedar info, jurusan favorit di STAN itu adalah Program Diploma III Keuangan Spesialisasi Pajak dan Program Diploma III Keuangan Spesialisasi Kepabeanan dan Cukai. Aku yakin semua jurusan yang disediakan di STAN itu masih sangat asing bagi temen-temen semua. Percayalah, kita mulai belajar mulai dari nol, jadi kesempatannya sama asal mau belajar. Aku dulu anak IPA trus masuk STAN jurusan akuntansi, beda bangetlah pelajarannya. Tapi ya musti tetep semangat buat belajar dengan giat…ganbatte!!! Jurusan akuntansi dan pajak disebut-sebut sebagai jurusan yang kuliahnya paling sulit di STAN. Stress ringan waktu ujian udah biasa…tapi asal ada niat buat belajar, kamu juga bisa kok :) A. Lokasi ujian saringan masuk ada di 26 kota. Detailnya ada pengumuman yah. Pendaftarannya semua manual, jadi tidak ada lagi pendaftaran secara online. Pendaftaran manual artinya kamu sendiri musti ke tempat pendaftaran terdekat, tidak boleh diwakilkan. B. 1. Untuk pendaftaran USM STAN 2011 yang berubah seharusnya hanya tahunnya saja, jadi yang bisa mendaftar USM STAN 2011 hanya lulusan tahun 2009, 2010, dan 2011. Dan ini untuk semua jurusan di SMK, jadi semua anak SMK juga bisa ikutan mendaftar, apapun jurusannya. 2. sebenarnya udah jelas, tapi banyak banget pertanyaan di point ini. Yang dilihat itu adalah rata-rata nilai UAN dan UAS yang tertulis tidak kurang dari 7,00. Jadi nilai seperti ujian praktek (olah raga, kesenian, dll) tidak bisa dimasukkan dalam perhitungan rata-rata. Yang www.soalusmstan.com

29 namanya nilai rata-rata, meskipun nilai matematikamu 6,00 atau lebih rendah, kamu masih bisa ikutan mendaftar asal nilai rata-ratamu tidak kurang dari 7,00. Aku juga sediakan formulir pendaftaran USM STAN 2010, silahkan dicermati yah. 3. udah jelas untuk point yang ini 4. tinggal menyesuaikan tahun. Jadi estimasinya, yang lahir sebelum tanggal 1 September 1990 tidak diperkenankan mendaftar USM STAN 2011. 5. udah jelas 6. udah jelas. Kalau gak ketahuan gak papa kok,hehe 7 dan 8. udah jelas nih J. Lain-lain Jika ada yang menjanjikan lulus USM STAN dengan membayar uang puluhan juta rupiah, jangan percaya deh karena itu penipuan. Sungguh T.E.R.L.A.L.U (Haji Roma Irama mode: on)

JURUSAN – JURUSAN YANG ADA DI STAN

Jurusan-jurusan yang ada di STAN ada 6 lho. Saranku, tanya mahasiswa STAN yang kamu kenal mengenai jurusan yang ada. Dibawah ini aku berikan keterangan secara umum. Cuma buat gambaran aja. Keterangan lebih detail dan isu-isu yang ada, sengaja tidak aku publikasikan disini.

1. Administrasi PERPAJAKAN atau PAJAK
Gak jauh dari namanya, jurusan ini emang ngurusin pajak. Pajak penghasilan, pajak pertambahan nilai, dan berbagai jenis pajak yang lain. Tapi tentunya yang dipelajarin bukan hanya pajak aja, masih ada akuntansi, bahasa inggris, budaya nusantara, dan yang lain-lain. Budaya nusantara juga dipelajarin karena mahasiswa yang bisa ditempatkan di seluruh Indonesia. Biasanya setelah lulus dari jurusan ini, kita ditempatkan di Direktorat Jendral Perpajakan.

www.soalusmstan.com

30 Sebenarnya bukan jurusan pajak yang menentukan besarnya gaji dan tunjangan, tapi yang menentukan besarnya gaji adalah dimana dia bekerja. Jurusan akuntansi pun bisa masuk ke Direktorat Jenderal Perpajakan. Tapi yang jelas sebagian besar mahasiswa perpajakan bekerja di Direktorat Jenderal Perpajakan. Gaji dan tunjangan Golongan 3A di Direktorat Jendral Perpajakan sekitar 12 juta. Like this… Kenapa saya tidak memilh jurusan ini, simple alasannya, karena saya tidak tahu. Saya baru tahu setelah kuliah di STAN. Walau bagaimana pun, aku tetep bersyukur bisa kuliah di STAN. Yang diterima sekitar 400 orang setiap tahun.

2. AKUNTANSI PEMERINTAHAN
Jurusan ini yang paling banyak diterima di STAN. Sekitar setengah dari mahasiswa STAN adalah jurusan akuntansi. Setelah survei ke jurusan yang lain, jurusan ini relatif yang paling sulit di STAN karena ada pelajaran yang namanya akuntansi. Akuntansi dibahas abis-abisan disini. Akuntansi dipelajari secara mendalam. Jadi wajar kalau tiap tahun banyak mahasiswa STAN yang ke DO di jurusan ini. Saya juga ikut stress gara-gara belum ngerti pelajaran satu ini. Tapi aku tetep bersyukur pernah dapat index prestasi 3,70. Setiap tahun yang diterima di akuntansi sekitar 1000 orang. Yang ter DO tiap tahun sekitar 30 orang. Tapi tentu saja jurusan ini tidak hanya mempelajari akuntansi, ada pelajaran tentang pajak, bea cukai, dan lain-lain. Pelajaran selain akuntansi memang diperlukan karena kedepannya jurusan ini bisa ditempatkan dimana saja. Penempatannya paling fleksibel, bisa di Badan Pemeriksa Keuangan, bisa di Departemen Keuangan, dan lain-lain.

3. PENILAI (Pajak Bumi dan Bangunan)

Bisa dibilang ini adalah jurusan tekniknya STAN. Bagi yang suka matematika dan fisika, di PENILAI masih ada kok pelajaran yang membahas itu.

www.soalusmstan.com

31 Secara teori penilaian itu dapat diartikan sebagai proses pekerjaan seseorang penilai dalam memberikan opini tertulis mengenai nilai ekonomis pada saat tertentu seperti perumahan, kantor, toko, apartemen dan sebagainya. Mata kuliah yang dipelajari perencanaan kota, teknologi bangunan, ilmu ukur tanah. Tak lupa juga ada akuntansinya juga, tapi gak extrim sulitnya. Ada juga statistik, hukum, ekonomi dan lain-lain. Semua dipelajari, tapi gak terlalu mendalam. Nyante aja, gampang kok di jurusan ini.

Penempatan biasanya di Direktorat Jenderal Pajak dan Direktorat Jenderal Kekayaan Negara.

4. Kepiutanglelangan atau Pengurusan Piutang Lelang Negara (PPLN)

Asing di telinga sebagian besar orang. Bisa dibilang ini jurusan hukumnya STAN. Mata kuliahnya aja ada penilaian, pengetahuan lelang, pengurusan piutang lelang Negara, hukum perikatan, pemeriksaan dan penyitaan dan lain-lain. Gak ketinggalan ada juga jurusan akuntansiny, tapi yang ini gampang kok. Jarang banget ada yang drop out dari jurusan ini.

Mata kuliah yang lain juga masih banyak, contohnya nih, pengantar ekonomi, pengantar bisnis dan manajemen, hukum administrasi, hukum keuangan Negara, pengantar perpajakan.

5. Bea Cukai (khusus laki-laki)

Jurusan ini semimiliter. Tempat kuliahnya terpisah dengan jurusan yang lain. Bagi yang suka yang berbau militer, jurusan ini yang paling cocok. Mata pelajarannya standart aja kayak yang lain, tetapi tentu aja ada pelajaran yang khusus buat Bea Cukai.

Penempatan tentunya di Direktorat Jenderal Bea Cukai. Tersebar di seluruh Indonesia tercinta. Di pelabuhan-pelabuhan dan di bandara-bandara serta di daerah penghasil rokok.

www.soalusmstan.com

32

6. Kebendaharaan Negara

Jurusan ini gak jauh beda dengan akuntansi. Tapi tentunya ini lebih nyante dari jurusan akuntansi.

Pemilihan jurusan ini ada skala prioritas. Yang menentukan skala prioritas itu sendiri adalah ANDA. Kalau tahun 2009 saat pendaftaran kita disuruh untuk memilih 4 jurusan.

TIPS memilih jurusan yang saya berikan untuk Anda:

1. Pilih jurusan yang paling Anda minati terlebih dulu. 2. Kalau belum ada atau belum tahu jurusan yang diminati, saya beri listnya…

Rekomendasi saya:

1. ADMINISTRASI PERPAJAKAN (karena kesempatan ke Direktorat Jendral Pajak sangat besar) (Bea cukai oke juga bagi yang cowok) 2. PENILAI (Pajak Bumi dan Bangunan) (karena kesempatan ke Direktorat Jendral Pajak besar) 3. AKUNTANSI PEMERINTAHAN

Intinya, jurusan yang Anda pilih sebaiknya ada AKUNTANSI dan PERPAJAKANNYA, karena jurusan itu diterima paling banyak. Jadi peluang Anda untuk diterima di STAN semakin besar.

Sebenarnya yang menentukan kamu di jurusan apa adalah nilai dan pilihan jurusanmu. Kalo nilai USM STAN-mu bagus, kamu bisa mendapatkan jurusan sesuai pilihanmu. Kalo kurang bagus, kamu bisa ditempatkan di jurusan yang bahkan tidak kamu pilih. www.soalusmstan.com

33

Apapun jurusannya, anda harus sangat bersyukur bila anda bisa diterima di STAN. Kita akan mencintainya ketika kita sudah terbiasa…

Segera mendaftar ketika pendaftaran stan sudah dibuka…

Sistem Drop Out(DO) STAN
Drop Out, kata yang paling tidak enak didengar di STAN. STAN itu tegas terhadap peraturan. Ketahuan nyontek waktu ujian langsung DO. Banyak banget yang nanya tentang DO, makanya aku pengin nulis topik ini. DO STAN disebabkan oleh: 1. Absen Kehadiran kuliah minimal 80% dalam 1 semester pada setiap pelajaran. Biasanya 1 semester ada 16 pertemuan setiap pelajaran. Jadi maksimal ketidakhadiran yang diperbolehkan adalah 3 kali. Kalau sudah 4 kali, siap-siap pulang kampung saja. Asal niat kuliah, ini mah gampang dilewati kok.

2. Indeks Prestasi (IP) IP minimal pada semester ganjil adalah 2,40 IPK minimal pada semester genap adalah 2,75 IP dibawah itu bisa dipastikan DO. Menurutku, mencari IP 3,00 keatas di STAN itu gampang kok, asal mau belajar saja. Beberapa temenku ke-DO itu gara-gara hobinya main game online, jarang banget belajar, kuliah sering terlambat. 3. Keputusan Kepala BPPK

www.soalusmstan.com

34 Ini biasanya gara-gara mencuri, pakai narkoba atau beberapa alasan yang ekstrim aja. Asal kamu tidak aneh-aneh, ini bisa dilalui dengan mudah. Ya, itu sekilas tentang sistem DO di kampusku. Intinya, kalau emang niat kuliah di STAN, DO juga jauh ma kita… ^^

Seperti Apa ya Mahasiswa STAN?
Mahasiswa STAN aku bilang seperti mahasiswa di universitas yang lain. Tapi tentu saja ada perbedaan. Mari kita bahas satu per satu. Seragam. Mahasiswa STAN tidak memakai seragam kecuali jurusan bea cukai. Meskipun tidak memakai seragam, mahasiswa wajib mengenakan pakaian hem yang polos. Secara aturan di kampus, warna yang diperbolehkan untuk dipakai adalah putih polos, biru muda, dan cream. Semua harus polos. Terkadang mahasiswa juga memakai jaket waktu kuliah. Untuk urusan celana, wajib berwarna gelap, tidak boleh jeans. Bisa memakai celana hitam, biru gelap, atau coklat gelap. Aku pernah merasakan 4 hari kuliah di ITS jurusan Elektro. Ampun dah, belum apa-apa udah dikasih pelajaran kalkulus. Untung saja diterima di STAN. Setelah ada pengumuman, aku langsung pulang kampung. Aku bisa bilang di STAN itu nyantai banget. Serasa gak kuliah. Mungkin kamu gak percaya sekarang, tapi kalau sudah masuk STAN baru tahu deh rasanya kuliah disini kayak apa. Aku sudah lebih dari 2 tahun merasakan nikmatnya kuliah di STAN. Jarang ada tugas, apalagi kuis. Banyak libur. Dosennya baik-baik. Lulus jadi pegawai negeri. Wuih, mantap… Tapi tentu saja ada efek samping dari sebuah besar harapan menjadi pegawai negeri. Efek sampingnya, mahasiswa STAN jarang yang mau belajar dengan serius. Bahkan ada yang hanya ingin lulus, dengan Index Prestasi yang biasa banget. Ya gimana lagi, semua bergantung pada individu masing-masing. Aku juga sebenarnya agak malas belajar mati-matian setiap hari, (insyaAllah) toh jadi pegawai negeri juga. Aku sekarang gak seextrem belajarku seperti waktu SMA. Sekarang aku lebih suka mengembangkan diriku di bidang lain. Contohnya internet, aku lebih suka di depan komputer daripada datang kuliah. Ya sekarang gak perlu menargetkan terlalu tinggi Index Prestasi-ku, aku cuma pengin 3,4 saja. Tidak perlu muluk-muluk. Aku sadar dengan kesibukanku akan sedikit banyak akan mempengaruhi prestasiku di STAN. But, WHO CARE? www.soalusmstan.com

35 Aku pernah dapat IP 3,70. Tapi siapa juga yang peduli. Aku dapat IP 4,00 pun orang tuaku gak akan pernah mengerti apa arti IP. Seperti itu lah pandanganku terhadap mahasiwa STAN, yang sudah mempersiapkan mental mereka sebagai pegawai negeri, yang mungkin gak akan pernah mencari pekerjaan, yang sudah begitu nyamannya dengan lingkungan mereka di kantor, yang mungkin gak akan pernah keluar dari zona nyaman. Kesimpulannya, kuliah di STAN itu nyantai. Tetap pergunakan waktu untuk mengembangkan diri.

www.soalusmstan.com

36

Info Buku USM STAN 2011/2012
Penawaran Buku USM STAN yang ada disini hanya berlaku sampai 31 Maret 2012. Rencananya penawaran ini akan diupdate tanggal 1 April 2012 karena kemungkinan ada beberapa perubahan yang cukup signifikan. Jadi bila membaca tulisan ini setelah tanggal 1 April 2012, sebaiknya kamu mendownload ulang tulisanku yang terupdate di http://soalusmSTAN.com :)

BUKU STAN Sudah Bisa Kamu Pesan Hari Ini
Jika kamu serius ingin masuk STAN, kamu akan membutuhkan buku STAN. Karena semua soal dan pembahasan dari soal-soal USM STAN yang terakhir ada disana. Aku tahu kalau buku stan itu sangat penting buatmu, aku ingin membantumu mendapatkannya. Cara singkat pemesanan yang wajib kamu lakukan untuk mendapatkan buku USM STAN terbaru dari mahasiswa STAN Jakarta: 1. SMS Ketersediaan Buku 2. Transfer ke Rekeningku 3. Kirim SMS konfirmasi Alamat Lengkapmu Detail cara pemesanan ada dibawah ini:

Detail Cara Pemesanan Buku STAN 2012/2013 (boleh kamu catat)
1. SMS Ketersediaan Buku SMS ke 085711443940 (only sms yah) untuk menanyakan ketersediaan buku stan dengan format: Namamu # Alamat Lengkap Pengiriman Buku # Buku STAN masih ada? Contoh sms: Fifi Nami # Jalan Tanjung Duren Utara II no 524 RT 05 RW 02 Kelurahan Tanjung Duren, Kecamatan Grogol Petamburan Jakarta Barat 15222 # Buku STAN masih ada? Kemudian akan segera kami balas ada atau tidak persediaan bukunya beserta jumlah yang kamu transfer. 2. Transfer ke Rekeningku Jika buku STAN masih tersedia, silahkan transfer sejumlah yang sudah salah satu rekeningku ini: www.soalusmstan.com

37 Bank BCA Sektor 3A Bintaro No rekening: 4740-655-201 Atas nama: Mamat Maslutfi Atau Bank Mandiri Bintaro Sektor 5 No rekening: 128-00-0616534-1 Atas nama: Mamat Maslutfi Pastikan transfer rekening atas nama Mamat Maslutfi. Transfer selain ke nomor rekening diatas tidak kami layanin. Transfer bisa melalui internet, ATM, atau kamu bisa setor tunai langsung datang ke Bank BCA atau Bank Mandiri terdekat atau Bank lain yang masih termasuk dalam ATM Bersama. *bila kamu tidak punya rekening bank, kamu tetep bisa memesan buku USM STAN. Kamu langsung ke bank BCA atau Bank Mandiri terdekat dengan rumahmu. Kemudian bilang kalau mau transfer uang. Terus transfer sesuai jumlah yang telah kami berikan ke salah satu rekeningku tersebut. 3. Kirim SMS konfirmasi Alamat Lengkapmu Setelah transfer uang segera kirim sms yang isinya konfirmasi jumlah transfer, ke bankku yang mana, atas nama penerima buku, alamat lengkap pengiriman buku STAN, dan nomor teleponmu ke Kak Ari 085711443940. Usahakan alamat sedetail mungkin agar mudah dalam pengiriman barang. Alamat yang digunakan sebaiknya alamat yang mudah terjangkau. Bisa juga menggunakan alamat sekolah atau kantor. Nama orang yang dituju bisa menggunakan nama orang tuamu. Contoh konfirmasi SMS: (a.)Rp 50.032 / (b.)Bank BCA atau Mandiri / (c.)Fifi Nami / (d.)Jalan Tanjung Duren Utara II no 524 RT 05 RW 02 Kelurahan Tanjung Duren, Kecamatan Grogol Petamburan Jakarta Barat 15222 / (e.)08573523432 Penjelasan: a. Jumlah uang yang kamu transfer ke rekeningku b. No rekeningku, kamu bisa pilih yang BCA atau Mandiri c. Nama penerima buku d. Alamat detail penerima buku. Sebisa mungkin diberi ―Jalan‖, ―Nomor‖, RT RW, ―Kelurahan/Desa‖, ―Kecamatan‖, ―Kabupaten/Kota‖, Provinsi, Kode pos. e. Nomor handphone atau nomor telepon rumah penerima buku.Kemudian kami akan mengecek apakah sudah masuk apa belum ke rekeningku tersebut. Kami baru bisa mengirim buku STAN jika uang sudah masuk. Jika sudah masuk, kami akan mengirimkan bukunya ke Tiki JNE terdekat. Kemudian kamu menunggu sampai bukunya datang. Lamanya pengiriman tergantung dari jarakmu dari Jakarta. Biasanya tidak sampai seminggu, buku sudah ada ditanganmu. www.soalusmstan.com

38 Setelah buku kamu terima, harap segera menginformasikan ke 085711443940. Contoh sms: Kak, buku sudah saya terima. Fifi Nami – Malang – 29 Mei 2011 Makasi :) Setelah buku kamu terima selesailah kewajibanku… :) If something wrong, meskipun sangat jarang terjadi, Bila dalam 10 hari sejak kamu transfer buku belum juga kamu terima, segera SMS 085711443940. Kami akan segera melacak lewat internet atas pengiriman bukumu. Setelah itu aku akan beritahukan masalahnya dimana. Jika alamatmu sangat jauh dari Jakarta atau agak di pedalaman, biasanya memang agak lama nyampainya. Tolong berikan alamatmu sejelas mungkin agar pengiriman buku bisa berjalan lancar. Bila ada pertanyaan tentang pemesanan buku STAN 2012/2013, silahkan sms 085711443940 (only SMS) ——————————————————————————————————————— ——————————– Tapi maaf sebelumnya, aku hanya bisa menyediakan sekitar 400 buku pertahun, padahal yang ingin ke STAN tiap tahun sekitar 100.000 orang. Jadi setelah bukuku habis, aku hanya bisa menolak semua pesanan buku yang masuk. Buku STAN bisa kamu dapatkan dengan dua cara, yaitu, ketemuan langsung di kampus STAN jakarta atau pemesanan buku secara online. Lebih dari 50 buku pertama udah habis, so, jangan sampai kehabisan buku STAN :) Sebenarnya aku lebih suka kalau pembeliannya bertemu secara langsung kemudian aku serahkan bukunya, tapi kayaknya cara ini tidak mungkin bisa dilakukan bila rumahmu jauh dari STAN jakarta. Jadi solusinya bagi yang tidak memungkinkan ke STAN jakarta langsung, pembayaran melalui transfer ke rekeningku dan aku akan mengantarkan lewat Tiki JNE ke alamatmu. Buku yang aku sediakan buatmu itu berupa kumpulan soal-soal stan tahun-tahun terakhir beserta kunci jawabannya. Buku tersebut juga dilengkapi prediksi soal-soal USM STAN 2012 dan info penting masuk stan yang lain. Meskipun hanya membeli satu buku, kami akan tetap melayani kamu. Selama ini buku dipesan dari jawa maupun dari luar jawa. Selama ini yang paling jauh pengiriman ke Timika, Papua. Ada juga yang pesan ke Nunukan di Kalimantan, ada juga yang pesan dari Aceh. Pokoknya asal Indonesia aja deh… ^^ Karena ongkos kirim setiap daerah bisa berbeda, harga buku+ongkos kirimnya juga berbeda. Mendekati USM STAN, buku stan akan semakin mahal…jadi saranku, segera mempunyai buku stan tersebut agar kamu bisa mempelajarinya sejak dini dengan harga yang lebih murah dan tentunya tidak perlu takut kehabisan buku. Aku dulu udah belajar soal-soal stan berbulan-bulan sebelum USM STAN, jadi persiapanku udah lumayan baik. www.soalusmstan.com

39 Karena aku mengirimkan bukunya menggunakan TIKI JNE atau Pos Indonesia, setiap pengiriman bisa dilacak lewat internet di http://jne.co.id atau http://www.posindonesia.co.id. Kode resi atau bukti pengiriman buku digunakan untuk melacak proses pengiriman buku. Jadi buku benar-benar dikirim setelah kamu transfer dan konfirmasi alamat. Pemesanan buku secara online memang sangat membutuhkan kepercayaan dari kamu. Tidak ada unsur penipuan disini. Kamu bisa percaya sama mahasiswa STAN. Beberapa Resi pengiriman buku USM STAN melalui TIKI JNE yang sudah aku kirimkan: 1. Dr. Dudi Humaedi, Karawang, Kode Pengiriman: 1362816510005 2. Rina Riyanti, Purwakarta, Kode Pengiriman: 1362816520004 3. Paiman, Tangerang, Kode Pengiriman: 1369090960007 4. Hamidatun, Madiun, Jawa Timur, Kode Pengiriman: 1369090960009 5. Asma Ul Husna, Medan, Kode Pengiriman: 1369090960008 6. Ismi M, Sidoarjo, Kode Pengiriman: 1362815190000 7. Fitri A, Badung, Bali, Kode Pengiriman: 1362815180001 8. Marsen, Tangerang, Kode Pengiriman: 1362815170002 9. Melda S, Kebun Jeruk, Jakarta Barat, Kode Pengiriman: 1362813210007 10. Yeni C, Tambun, Bekasi, Kode Pengiriman: 1362813220006 11. Endang Warasini, Sukoharjo, Jawa Tengah, Kode Pengiriman: 1360764340002 12. Kamala Ayuning Tyas, Bekasi, Jawa Barat, Kode Pengiriman: 1360764330003 13. Saraswati, Indramayu, Jawa Barat, Kode Pengiriman: 1360764350001 14. Eko Budi Santoso, Kediri, Jawa Timur, Kode Pengiriman: 1356967450006 15. Witantri Kustini, Pekalongan, Jawa Tengah, Kode Pengiriman:1356967460005 dan masih sekitar 300 pelanggan lagi…gak perlu aku sebutin semua yah…biar gak capek ngetiknya… ^^

Semoga tulisanku banyak membantu temen-temen mengenal lebih jauh tentang STAN Jakarta.

www.soalusmstan.com

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->