P. 1
Makala h

Makala h

|Views: 169|Likes:
Published by Rere Tri Nurshinta

More info:

Published by: Rere Tri Nurshinta on Jun 24, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

06/11/2015

pdf

text

original

KATA PENGANTAR

Asalamualaikum Wr Wb. Puji syukur penulis panjatkan kepada Allah SWT, yang telah memberikan rahmatnya sehingga penyusun dapat menyelesaikan makalah ini. Adapun tujuan dari dibuatnya makalah ini adalah untuk memenuhi tugas KKPI yang ditugaskan kepada penyusun oleh guru yang bersangkutan. Makalah ini juga sebagai bahan pembelajaran bagi penyusun sehingga penyusun dapat dengan mudah mempelajari bidang pelajaran KKPI terutama pada pembahasan Microsot Exel. Saya sebagai penyusun menyadari bahwa makalah ini jauh dari sempurna. Mudahmudahan makalah ini dat menjadi motivasi pembelajaran bagi kita semua khususnya untuk penulis dan ummnya untuk pembaca. mohon maaf bila ada kesalahan penulisan dan kata-kata yang tidak tepat berada dalam makalah ini. Terimakasih. Wasalamualaikum Wr Wb.

Penyusun

MAKALAH KKPI
MICROSOFT EXEL

1

DAFTAR ISI

Kata Pengantar ............................................................................................................................... 1 Daftar Isi ........................................................................................................................................ 2 BAB I Pendahuluan A. Latar Belakang ............................................................................................................. 3 B. Batasan Masalah .......................................................................................................... 3 BAB II Pembahasan A. Sejarah Microsoft Exel ................................................................................................ 4 B. Dasar-dasar penggunaan Microsoft Exel ..................................................................... 5 C. Mengenal tampilan dan fitur Microsoft Exel 1. Lajur Menu ............................................................................................................. 6 2. Standar Toolbar ...................................................................................................... 6 3. Format Toolbar ...................................................................................................... 6 4. Lajur Rumus ........................................................................................................... 6 5. Area lembar kerja (worksheet) ............................................................................... 6 6. Lajur Status Indikator ............................................................................................ 7 D. Penggunaan rumus pada Microsoft Exel 1. SUM ....................................................................................................................... 8 2. AVERAGE ............................................................................................................ 8 3. MIN ........................................................................................................................ 8 4. MAX ...................................................................................................................... 8 5. COUNT .................................................................................................................. 9 6. IF ............................................................................................................................ 9 7. LEFT ...................................................................................................................... 9 8. RIGHT ................................................................................................................... 9 BAB III Penutup A. Kesimpulan ................................................................................................................ 10 DAFTAR PUSTAKA .................................................................................................................. 11

MAKALAH KKPI
MICROSOFT EXEL

2

BAB I PENDAHULUAN

A. Latar Belakang Begitu banyak progam aplikasi computer yang dapat mempermudah dan membantu pekerjaan manusia dalam melakukan sesuatu hal. Itu sebabnya mengapa belakangan ini banyak orang yang menggunakan computer untuk melakukan pekerjaanya, ada juga yang menggunakan computer sebagai hiburan seperti game, music, video, dan lain-lain. Microsoft adalah suatu perusahaan yang membuat beberapa program aplikasi pengolah data. Ada beberapa macam aplikasi pengolah data yang dikeluarkan oleh Microsoft seperti MS Word untuk mengolah kata, MS Exel untuk mengolah angka, Ms Access untuk mengolah basis data, dan masih banyak lagi yang lainnya Pada makalah ini akan dibahas salah satu program aplikasi pengolah angka yang dikeluarkan oleh Microsoft yaitu Microsoft Exel.

B. Batasan Masalah Supaya tidak ada penyimpangan dalam pembahasan, maka penyusun membatasi pembahasan dalam makalah ini, antara lain adalah sebagai berikut: a. Sejarah Microsoft Exel. b. Dasar-dasar penggunaan Microsoft Exel. c. Mengenal tampilan dan fitur Microsoft Exel. d. Penggunaan rumus pada Microsoft Exel.

MAKALAH KKPI
MICROSOFT EXEL

3

BAB II PEMBAHASAN

A. Sejarah Microsoft Exel. Sebelum akhirnya bernama Excel, aplikasi spreadsheet Microsoft ini bernama Multiplan yang dirilis pada tahun 1982, untuk sistem CP/M, waktu itu belum dirilis untuk versi MS-DOS karena sudah ada aplikasi sejenis yakni Lotus 1-2-3. Pada Tahun 1985 Excel pertama kali dirilis untuk sistem Macintosh klasik, baru pada tahun 1987 versi Excel untuk Windows 2.0 dirilis. Microsoft Excel pada waktu itu menjadi program spreadsheet yang memiliki banyak keunggulan dibanding program sejenis yang lain, tampilan Excel (sheet dan cell) dapat dirubah-rubah propertinya sesuai selera pengguna mulai dari font, warna border, dan yang paling penting Excel mampu melakukan perhitungan terhadap cell yang berkaitan sehingga perubahan rumus atau formula bisa langsung diproses tanpa menunggu proses perhitungan dari keseluruhan sheet. Terlebih lagi Excel dapat melakukan pengolahan chart dan grafis cukup baik. Sejak tahun 1993 Excel dilengkapi dengan VBA (Visual Basic for Application) yang memungkinkan pengguna untuk mengautomatisasi kerja Excel, ini berguna untuk melakukan perhitungan yang berulang-ulang, dan menciptakan fungsi sendiri (User Defined Function/UDF) untuk digunakan. Terlebih lagi Excel juga dapat merekam aktifitas pengguna saat menggunakan Excel yang terekam dalam bentuk Macro. Selain itu Excel juga mengenal object-object form seperti spin button, dropdown menu untuk membuat tampilan form yang interaktif dan mudah digunakan. Excel juga sangat mudah dipelajari bagi user pemula sekalipun. Namun sayangnya kemudahan automatisasi ini banyak digunakan oleh tangan-tangan kreatif untuk membuat virus makro dalam berkas Microsoft office, tapi dengan dirilisnya versi Excel yang baru telah ditambakan fitur security khusus yang menanyakan pengguna tentang keamanan atau kepercayaan script makro yang akan dijalankan. Versi baru Ms. Excel untuk Windows saat ini adalah versi 14 Office 2010 sedangkan untuk Mac adalah versi Microsof Office 2008, hal yang paling kontras membedakan versi 2010 dan juga 2007 dengan Excel sebelumnya adalah tampilan menunya yang disebut ribbon Excel 2007 atau TAb Excel 2010, yang akan berubah menyesuaikan dengan aktifitas penggunanya. Jangan lupa update Excel 2010 Anda untuk menutup bugs dan kesalahan perhitungan yang terjadi.

MAKALAH KKPI
MICROSOFT EXEL

4

B. Dasar-dasar penggunaan Microsoft Exel. Untuk dapat menggunakan Microsoft Excel, idealnya anda harus terlebih dahulu menguasai dasar-dasar penggunaan Microsoft Windows dan penggunaan mouse. Anda juga harus sudah mengenal istilah-istilah komputer yang terdapat di sini dan mengenal fungsi tombol-tombol pada keyboard. Sebab nanti dalam prakteknya, sangat penting dan membantu Anda mempersingkat waktu, dibandingkan jika Anda tidak mengenal dan tidak mengetahui sama sekali. Berikut adalah langkah-langkah yang dapat anda gunakan untuk membuka dan menggunakan aplikasi Microsoft Exel:  Click Start.  Pilih All Programs.  Pilih Microsoft Office.  Pilih Microsoft Office Exel. Setelah itu akan muncul tampilan windows sepert pada gambar di bawah ini, dan anda dapat memulai menggunakan aplikasi microsoft exel.

MAKALAH KKPI
MICROSOFT EXEL

5

C. Mengenal tampilan dan fitur Microsoft Exel.

1. Lajur Menu berisikan menu-menu Excel seperti File, Edit, View, Insert, Format, Tools, Data, Help. 2. Standar Toolbar berisikan icon-icon standard Excel untuk file baru, membuka, menyimpan, mencetak, menghapus dan memindahkan, mencopy dll. 3. Format Toolbar berisikan icon-icon yang mengubah tampilan format data, seperti tampilan jenis huruf (Arial), ukuran/size huruf (10) cetak tebal (B), miring (I), garis bawah (U), lambang keuangan ($), prosentase (%), menambah atau mengurangi tampilan desimal dll. 4. Lajur Rumus terdiri atas dua bagian yaitu yang disebelah kiri menginformasikan sel yang aktif (pada Gambar diatas tertulis B3), sementara di sebelah kanannya, menampilkan isi pada sel yang aktif tersebut. Karena isi data pada contoh gambar ini kosong (tidak ada) maka pada lajur rumus juga ditampilkan kosong. 5. Area lembar kerja (worksheet) bidang dimana kita menuliskan input dan sekaligus melihat outputnya. Area ini terdiri atas beberapa kolom yang ditandai dengan huruf A, B, C dan seterusnya, lalu beberapa baris yang ditandai dengan angka 1, 2, 3 dan seterusnya.

MAKALAH KKPI
MICROSOFT EXEL

6

Worksheet menempati bidang yang paling besar, area worksheet terletak di tengah-tengah layar dan merupakan tempat dimana output tampilan dari aktifitas kita ditampilkan di sini. Aktifitas yang dimaksud dapat berupa, misalnya : memindahkan pointer, menyisipkan atau menghilangkan suatu baris/kolom, menghapus data pada suatu sel atau range, dan lain sebagainya. Perpotongan antara kolom dan baris disebut juga sel. Dalm contoh diatas, sel yang aktif adalah sel B3 artinya terletak diperpotongan antara kolom B dan baris ke-3. Pada bagian pojok kiri bawah terdapat nama dari setiap worksheet (perhatikan gambar diatas, lembar kerja yang aktif dalam Gambar 3 namanya Sheet1). Nama ini bisa diganti. Caranya arahkan pointer mouse ke nama worksheet, lalu click tombol kanan mouse Anda lalu pilih Rename. Setelah itu ketikkan nama worksheet yang Anda inginkan. 6. Lajur status indicator Penunjuk status terdapat di bagian bawah dari lembar kerja (worksheet). Dalam penunjuk status ini terdapat informasi mengenai keterangan perintah yang Anda sorot dari menu. Jika tidak ada perintah, maka akan ditampilkan status Ready (lihat dipojok kiri bawah) yang artinya Excel siap menerima perintah. Keterangan:  Sel adalah perpotongan antara baris dan kolom. Sel dinamakan berdasarkan lokasi atau koordinatnya. Misalkan sel C10 adalah perpotongan antara kolom C dan baris ke-10.  Sel Aktif adalah sebuah sel yang Anda gunakan saat itu. Perbedaan antara sel aktif dengan sel-sel lainnya ialah, pada sel aktif Anda dapat melakukan sejumlah aktifitas, sementara pada sel-sel lainnya tidak bisa.  Range adalah kumpulan dari beberapa sel.  Worksheet Area adalah tempat yang menampilkan lokasi sel atau range yang aktif.  Lajur Rumus adalah tempat untuk mengetikan rumus atau menampilkan rumus.

MAKALAH KKPI
MICROSOFT EXEL

7

D. Penggunaan rumus pada Microsoft Exel. Ada beberapa rumus yang dapat digunakan pada aplikasi Microsoft Exel. Berikut adalah rumus-rumus yang sering digunakan: 1. SUM Digunakan untuk mencari jumlah keseluruhan dari nilai yang di inputkan. Contoh gambar di samping, nilai pada cell B5 (29) adalah jumlah dari nilai cell B1, B2, B3, dan B4. Penulisan rumusnya adalah =SUM(B1:B5) 2. AVERAGE Digunakan untuk mencari nilai rata-rata dari nilai yang di inputkan. Contoh gambar di samping, nilai pada cell B5 (7.25) adalah nilai rata-rata dari cell B1, B2, B3, dan B4. Penulisan rumusnya adalah =AVERAGE(B1:B5) 3. MIN Digunakan untuk mencari nilai terkecil dari nilai yang di inputkan. Contoh gambar di samping, nilai pada cell B5 (29) adalah nilai terkecil dari nilai cell B1, B2, B3, dan B4. Penulisan rumusnya adalah =MIN(B1:B5) 4. MAX Digunakan untuk mencari nilai terbesar dari nilai yang di inputkan. Contoh gambar di samping, nilai pada cell B5 (29) adalah nilai terbesar dari nilai cell B1, B2, B3, dan B4. Penulisan rumusnya adalah =MAX(B1:B5)

MAKALAH KKPI
MICROSOFT EXEL

8

5. COUNT Digunakan untuk mencari jumlah data yang di inputkan. Contoh gambar di samping, nilai pada cell B5 (29) adalah jumlah data dari nilai cell B1, B2, B3, dan B4. Penulisan rumusnya adalah =COUNT(B1:B5) 6. IF Rumus yang digunakan untuk memecahkan suatu suatu maslah dengan logika jika A = B maka C. Contoh pada gambar di samping, jika lampu merah maka berhenti, jika lampu kuning maka hati-hati, dan jika lampu hijau maka maju. Penulisan rumusnya adalah =IF(A2=”Merah’’,”Berhenti”,IF(A2=”Kuning’’,”Hati-hati”,IF(A2= ”Hijau’’, ”Maju”))) Keterangan: Jika data yang di masukan adalah huruf dan angka yang tidak dihtung maka menggunakan tanda kutip dua (“ ”), dan jika data yang di masukan adalah angka yang akan di hitung maka tidak usah menggunakan kutip dua (“ ”). Rumus logika IF juga dapat mengunakan atribut AND dan OR. 7. LEFT Digunakan untuk membaca huruf paling kiri. Contoh di samping 2 huruf paling kiri dari kata MANDIRI adalah MA. Penulisan rumusnya =LEFT(B1,2) 8. RIGHT Digunakan untuk membaca huruf paling kanan. Contoh di samping 2 huruf paling kanan dari kata MANDIRI adalah RI. Penulisan rumusnya =RIGHT(B1,2)

MAKALAH KKPI
MICROSOFT EXEL

9

BAB III PENUTUP

A. Kesimpulan Microsoft exel adalah suatu program aplikasi pengolah angka yang dikeluarkan oleh perusahaan Microsoft yang dapat digunakan untuk mempermudah pekerjaan manusia. Microsoft exel memiliki fitur-fitur yang dapat digunakan untuk mengolah angka seperti penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian. Microsoft exel juga dapat di gunakan untuk memecahkan suatu masalah (logika).

MAKALAH KKPI
MICROSOFT EXEL

10

DAFTAR PUSTAKA

Sirait, JA. 2010. http://openstorage.gunadarma.ac.id/ALtitip/ngajar/PAK%202A/excel/excel.htm Wikipedia. 2012. http://id.wikipedia.org/wiki/Microsoft_Excel. Koswara, R. 2011. http://www.exceltips.web.id/lain/sejarah-microsoft-excel

MAKALAH KKPI
MICROSOFT EXEL

11

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->