P. 1
Tujuan dakwah

Tujuan dakwah

|Views: 74|Likes:
Tujuan dan manfaaat Dakwah
Tujuan dan manfaaat Dakwah

More info:

Published by: Nurjayantiani Basfain on Jun 24, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

10/14/2012

pdf

text

original

Tujuan dakwah Tujuan dakwah adalah mengajak manusia muslim mampu mengamalkan ajaran Islam dalam kehidupan bermasyarakat

dan menyebar luaskan kepada masyarakat yang mulamula apatis terhadap islam menjadi orang yang suka menerimanya sebagai petunjuk aktivitas duniawi dan akhirat. Kebahagiaan akhirat/ikhrawi merupakan tujuan final setiap muslim. Untuk mencapai maksud tersebut diperlukan usaha yang sungguh-sungguh dan penuh optimis dalam melaksanakan.

Makna Dakwah Secara kebahasaan kata dakwah berasal dari bahasa Arab, yang akar katanya adalah da’â – yad’û – da’watan yang berarti menyeru, memanggil, mengajak dan menjamu. Dakwah dalam pengertian bahasa ini menimbulkan makna ganda yang dapat diartikan menyeru kepada sesuatu yang bersifat negatif juga dapat berarti mengajak kepada sesuatu yang bersifat positif. Ajakan yang mengarah kepada yang negatif sudah pasti subyeknya adalah syaitan dan orang-orang yang mengikuti sepak terjangnya. “Sesungguhnya syaitan itu adalah musuh bagimu, maka anggaplah ia musuh (mu) karena sesungguhnya syaitan itu hanya mengajak golongannya supaya mereka menjadi penghuni neraka yang menyala-nyala” (QS. faathir (35) : 6) “Yusuf berkata : Wahai Tuhanku, penjara lebih aku sukai dari pada memenuhi ajakan mereka kepadaku dan jika tidak Engkau hindarkan dari padaku tipu daya mereka, tentu aku akan cenderung untuk (memenuhi keinginan mereka) dan tentulah aku termasuk orang-orang yang bodoh”. (QS. Yusuf (12) : 33) Adapun panggilan yang bersifat positif, subyeknya adalah Allah swt., para Nabi dan Rasul-Nya serta orang-orang yang beriman. “… sedang Allah mengajak ke Surga dan ampunan dengan seizin-Nya. Dan Allah menerangkan ayat-ayat-Nya (perintah-perintah-Nya) kepada manusia supaya mereka mengambil pelajaran” (QS. al-Baqarah (2): 221) “Dan Allah menyeru (manusia) ke darus salam (surga) . . .” (QS. Yunus (10): 25) Dakwah menurut pengertian terminologi dikemukakan oleh para ahli antara mengatakan bahwa dakwah adalah mendorong manusia agar berbuat kebajikan dan petunjuk, menyeru mereka berbuat yang ma`ruf dan mencegah mereka terhadap perbuatan munkar, agar mereka mendapat kebahagiaan di dunia dan di akhirat. Sebahagian mengatakan bahwa Dakwah Islam adalah mengajak umat manusia dengan hikmah dan kebijaksanaan untuk mengikuti petunjuk Allah dan Rasul-Nya.

Selanjutnya ada juga membagi pengertian dakwah dari dua sudut tinjauan. Pertama Pengertian Dakwah secara umum, yakni suatu ilmu pengetahuan yang berisi caracara dan tuntunan-tuntunan, bagaimana seharusnya menarik perhatian manusia untuk menganut, menyetujui, melaksanakan suatu ideologi, pendapat, pekerjaan yang tertentu. Kedua pengertian Dakwah menurut Islam, ialah mengajak manusia dengan cara bijaksana kepada jalan yang benar sesuai dengan perintah Tuhan untuk kemaslahatan dan kebahagiaan dunia dan akhirat. Jadi makna dakwah secara kebahasaan adalah selain ajakan kepada sesuatu yang baik juga berarti ajakan kepada sesuatu yang buruk. Apabila ditinjau dari segi terminologi maka dakwah mengandung arti seluruh aktivitas manusia yang dilaksanakan secara sadar dan terencana yang bertujuan merubah pola pikir dan tingkah laku manusia secara dinamis ke arah yang lebih baik, sehingga terwujud kebahagiaan dan kedamaian manusia baik di dunia maupun di akhirat.

Manfaat dakwah Berikut ini bagi para pelaku dakwah yang akan diperoleh dari aktivitas yang tidak bisa dilakukan oleh sembarang orang. 1. Manfaat bagi para pelaku dakwah orientasi untama dari pata pelaku dakwah terhadap aktivitas yang dilakukanna tak lai semata-mata adalah mengharapkan jannah danpahala di sisi Allah SWT. Kebaikan orang yang melakukan dakwah adalah lebih baik daripada dunia beserta isinya. Juga sperti kebaikan seekor unta merah. Dakwah ini dilakukan seseorang juga sekaligus sebagai upaya untuk memperbaiki kualitas diri seseorang. Seseorang yg akan menyampaikan sesuatu hal kepada orang lain hendaklah telah lebih dahulu mengerjakan apa yang akan ia sampaikan tersebut. Sebab amat besar kebencian disisi Allah terhadap orang-orang yang mengatakan yg tidak mereka kerjakan. Dgn kata lain manfaat dakwah juga bermakna pada kualitas diri seseorang yang melakukannya. 2. Manfaat dakwah bagi objek dakwah Orng yg mau mendngarkan seruan dakwah adalah orng yg terbuka hatinya dan kelak akan menjadi orng yg beruntung di dunia dan akhirat. Sebab ia sedang diajak menuju kebaikkan. Sebaliknya org yg menolak ajakn dakwah adalah mreka yg merugi. Kerugian yg diderita tk hanya didunia namun juga diakhirat kelak.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->