P. 1
Contoh Soal Ujian Manajemen Perpustakaan Umum

Contoh Soal Ujian Manajemen Perpustakaan Umum

|Views: 979|Likes:
Published by Assenk Sekali

More info:

Published by: Assenk Sekali on Jun 25, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/11/2013

pdf

text

original

Contoh soal ujian MANAJEMEN PERPUSTAKAAN UMUM PETUNJUK: UNTUK SOAL NOMOR 1 SAMPAI 16, PILIHLAH SATU JAWABAN YANG

PALING TEPAT! 1. Pada tahun 1908 didirikan badan penelitian bernama “Comittie Voor de Volkslectuur” yang bertugas a. menerbitkan buku bacaan rakyat dalam beberapa bahasa daerah. b. menerbitkan buku bacaan dalam bahasa Indonesia. c. menerbitkan buku bacaan rakyat dalam bahasa Belanda. d. menerbitkan buku ilmu pengetahuan. 2. Berdasarkan hasil penelitian arkeologi perpustakaan dikenal sejak a. zaman penjajahan Belanda. b. zaman Majapahit. c. zaman peradaban Sumeria. d. zaman penjajahan Jepang. 3. Perpustakaan yang pertama kali didirikan di Indonesia adalah a. Perpustakaan Nasional Indonesia. b. Bibliotheca Bogoriensis. c. Bataviasch Genootschap van Kunsten en Wetenschapen. d. Lands Archief. 4. Dengan menyediakan berbagai buku referensi, bacaan ilmiah populer berupa buku dan majalah ilmiah, maka Perpustakaan Umum telah melaksanakan fungsi a. edukatif. b. informatif. c. kultural. d. rekreasi. 5. Proses penyusunan pembagian kerja ke dalam unit-unit kerja disebut a. perencanaan. b. pengorganisasian. c. pendorongan. d. pengendalian. 6. Untuk kelancaran pembinaan dan pengembangan Perpustakaan Umum, maka Perpustakaan Nasional mengadakan kerjasama dengan instansi terkait, dalam hal ini adalah a. Departemen Dalam Negeri. b. Sekretaris Negara. c. Departemen Pendidikan Nasional. d. Arsip Nasional. 7. Dalam upaya pembinaan dan pengembangan Perpustakaan Umum di Indonesia, maka Pemerintah Daerah bertanggung jawab atas a. pembinaan teknis. b. pembinaan tenaga. c. penyediaan gedung & tanah. d. penyediaan koleksi dasar. 8. Golongan yang bertalian dengan idealisme dalam mempengaruhi pemilihan koleksi berpegang kepada a. standar kualitas dan isi koleksi. b. kebutuhan pemakai. c. kebutuhan pembaca dan keragaman koleksi. d. keragaman koleksi.

9. Golongan masyarakat yang berpegang kepada kenyataan, yaitu mengutamakan masyarakat yang dilayani, sedangkan standar isi & kualitas koleksi diabaikan adalah a. golongan idealisme. b. golongan realisme. c. golongan kompromis. d. golongan radikal. 10. Pustakawan dapat menambah koleksi sendiri dengan cara A. membeli di toko buku. B. memesan dari agen. C. membuat kliping. D. memasang iklan. 11. Buku, majalah, surat kabar termasuk jenis A. karya grafis. B. karya rekam. C. bentuk mikro. D. bentuk cartridge. 12. Bagian yang bertugas menentukan jenis bahan pustaka yang harus disediakan oleh perpustakaan umum adalah A. bagian akuisisi. B. bagian katalogisasi. C. bagian sirkulasi. D. bagian inventarisasi. 13. Bibliografi Nasional Indonesia diterbitkan oleh A. Perpustakaan Umum. B. Perpustakaan Nasional Indonesia. C. Perpustakaan Daerah. D. Pusat Dokumentasi Ilmiah Indonesia. 14. Pencatatan koleksi dalam buku induk dikenal dengan istilah A. verifikasi. B. inventarisasi. C. klasifikasi. D. akuisisi. 15. Apabila seorang pengunjung perpustakaan akan mencari alamat suatu lembaga pemerintah, maka sumber referensi yang dipakai adalah A. Direktori. B. Bibliografi. C. Ensiklopedia. D. Kamus. 16. Hasil kerjasama antar perpustakaan dalam bidang pengolahan berupa A. pembelian buku. B. katalog dalam terbitan. C. penyusunan katalog induk. D. penyimpanan koleksi.

A. B. C. D.

PETUNJUK: UNTUK SOAL NOMOR 17 SAMPAI 28, PILIHLAH! JIKA PERNYATAAN BENAR, ALASAN BENAR, DAN KEDUANYA MERUPAKAN HUBUNGAN SEBAB! JIKA PERNYATAAN BENAR, ALASAN BENAR, TETAPI KEDUANYA BUKAN MERUPAKAN HUBUNGAN SEBAB! JIKA PERNYATAAN BENAR, ALASAN SALAH, ATAU JIKA PERNYATAAN SALAH ALASAN BENAR! JIKA PERNYATAAN DAN ALASAN KEDUANYA SALAH!

17. Salah satu fungsi dari perpustakaan umum adalah fungsi edukatif. sebab Perpustakaan umum menyediakan berbagai jenis bahan bacaan berupa karya cetak & karya rekam untuk dijadikan sumber belajar dan menambah pengetahuan secara mandiri. 18. Setiap perpustakaan, baik besar ataupun kecil, memerlukan manajemen agar dapat memberikan pelayanan terbaik bagi pemakai. sebab Manajemen diperlukan untuk mencapai efisiensi & efektivitas dalam mencapai tujuan. 19. Manajemen dibutuhkan oleh semua organisasi. sebab Salah satu fungsi manajemen adalah menentukan sasaran yang ingin dicapai suatu organisasi. 20. Untuk menentukan jumlah anggaran Perpustakaan Umum, tergantung dari jumlah kegiatan & besar dana yang tersedia. sebab Sumber anggaran untuk Perpustakaan Umum hanya dari anggaran pemerintah saja. 21. Pustakawan pada Perpustakaan Umum harus pandai mengantisipasi berbagai kebutuhan bahan pustaka. sebab Pada era globalisasi masyarakat sangat membutuhkan informasi yang akurat. 22. Bahan pustaka yang dipilih untuk tambahan koleksi hendaknya memenuhi persyaratan kualitas pengarang. sebab Kualitas pengarang dapat dilihat dari biodata yang mencakup pendidikan, keahlian dan pengalaman di bidangnya. 23. Koleksi Perpustakaan Umum harus diklasifikasi & dikatalogisasi. sebab Tujuan dari klasifikasi & katalogisasi adalah untuk memudahkan tugas pelayanan & pemakai perpustakaan menemukan bahan pustaka yang diperlukan. 24. Pustakawan yang berpikir idealis hanya bisa hidup di negara maju. sebab Di negara maju sosial ekonomi masyarakat- nya telah mendukung kebutuhan perpustakaan dan perpustakaan telah berkembang secara merata. 25. Perencanaan gedung Perpustakaan Umum harus mempertimbangkan pembagian ruangan serta jenis perabot yang diperlukan. sebab Sesuai dengan tugas dan fungsinya, Perpustakaan Umum memberi jasa layanan masyarakat dalam bentuk bahan pustaka. 26. Tata ruang perpustakaan diatur secara berantai menurut kegiatan dan pekerjaan di perpustakaan. sebab Makin luas jangkauan layanan & kegiatan yang dilakukan makin banyak ruang dibutuhkan. 27. Salah satu bentuk layanan dari Perpustakaan Umum adalah bimbingan pemakaian jasa perpustakaan.

28.

A. B. C. D. 29. 1) 2) 3) 30. 1) 2) 3) 31. 1) 2) 3) 32. 1) 2) 3) 33. 1) 2) 3) 34. 1) 2) 3) 35. 1) 2) 3) 36. 1) 2) 3) 37. 1) 2) 3)

sebab Masih banyak masyarakat yang belum memahami cara menggunakan perpustakaan akibat belum memasyarakatnya layanan perpustakaan. Statistik perpustakaan dibuat untuk mengukur maju-mundurnya layanan perpustakaan. sebab Statistik dapat digunakan untuk mengolah & menyajikan data dalam bentuk grafik tabel dan histogram. PETUNJUK: UNTUK SOAL NOMOR 29 SAMPAI 45, PILIHLAH! JIKA 1) DAN 2) BENAR! JIKA 1) DAN 3) BENAR! JIKA 2) DAN 3) BENAR! JIKA 1), 2), DAN 3) SEMUANYA BENAR! Perpustakaan Umum adalah perpustakaan yang dananya sebagian atau seluruhnya dari masyarakat melayani semua lapisan masyarakat hanya ada di Propinsi Daerah Tingkat I Pemerintah Belanda mendirikan lembaga penelitian ilmiah yang berkedudukan di Bogor antara lain Lembaga Penyakit Hewan Land Archief Bibliotheca Bogoriensis Hasil karya para pujangga pada zaman Majapahit banyak di tulis di atas daun lontar bambu kulit kayu Suatu organisasi membutuhkan manajemen untuk mencapai tujuan organisasi mencapai efisiensi dan efektivitas menjaga keseimbangan antara tujuan - sasaran & kegiataan yang saling bertentangan Ciri utama dari manajemen adalah adanya tujuan yang sama untuk dicapai adanya pembagian tugas & tanggung jawab yang baik adanya aktivitas yang harus dilaksanakan melalui orang lain Sumber anggaran Perpustakaan Umum antara lain dari daftar isian proyek dari pemerintah iuran anggota uang denda dari pengembalian buku terlambat Dalam mengambil keputusan pengadaan koleksi di Perpustakaan Umum, petugas sebaiknya menyusun suatu kebijakan yang berfungsi untuk memberi masukan pada penyandang dana untuk menyampaikan persyaratan atau kriteria koleksi yang diperlukan untuk memeriksa koleksi yang sudah tidak diperlukan Dalam mengambil keputusan pengadaan koleksi sebaiknya petugas mengetahui komposisi koleksi yang akan dikembangkan petugas penyeleksi adalah pustakawan berpengetahuan luas tentang bahan pustaka petugas berpedoman pada kriteria seleksi untuk Perpustakaan Umum Ada beberapa prinsip yang dapat dilaksanakan dalam memilih bahan pustaka, antara lain prinsip relevansi prinsip individualisasi prinsip kelengkapan

38. Salah satu elemen yang menjadi pertimbangan dalam pemilihan koleksi adalah otoritas yang mencakup 1) kualitas penulis 2) bonafiditas penerbit 3) objektivitas 39. Dalam dunia perpustakaan dikenal alat bantu pemilihan buku yaitu 1) daftar buku dari penerbit 2) bibliografi nasional indonesia 3) berita bibliografi 40. Buku induk sangat penting untuk 1) mengetahui jumlah bahan pustaka dalam waktu singkat 2) mengetahui keseimbangan koleksi 3) mengetahui jumlah bahan pustaka berbahasa asing 41. Verifikasi koleksi adalah 1) salah satu cara menghitung kembali koleksi yang ada di perpustakaan 2) kegiatan untuk memantau & juga memisahkan bahan pustaka yang sudah tidak pernah dijamah pembaca 3) memasukkan koleksi ke dalam buku induk 42. Bentuk katalog antara lain 1) bentuk kartu 2) bentuk buku 3) bentuk berkas 43. Ruang di Perpustakaan Umum disediakan sesuai dengan 1) tugas dan fungsi perpustakaan umum 2) dana yang tersedia 3) jenis layanan 44. Sistem pelayanan terbuka di Perpustakaan Umum hanya cocok untuuk 1) perpustakaan umum kecil 2) koleksinya sedikit 3) masyarakat pengunjungnya sedikit 45. Dalam bimbingan perpustakaan terdapat unsur-unsur 1) pembimbing yang berperan memberi bantuan 2) siterbimbing yaitu pihak yang diberi bantuan 3) tujuan yang ingin dicapai

PETUNJUK: UNTUK SOAL NOMOR JAWABAN YANG PALING TEPAT!

1 SAMPAI DENGAN 31, PILIHLAH SATU

Perpustakaan khusus adalah perpustakaan yang diselenggarakan oleh suatu lembaga khusus dengan tujuan menunjang penyele-saian program lembaga yang bersangkutan. Definisi tersebut dikemukakan oleh .... A. AGS. Josephson B. Mulyani Achmad Nurhadi C. Sulistyo Basuki D. Mc Kenna 2. Tujuan perpustakaan khusus secara umum adalah .... A. membantu tugas badan induk tempat perpustakaan bernaung B. melayani masyarakat umum yang mem-butuhkan C. membantu tugas perpustakaan setempat D. menghemat waktu dan uang 3. Perpustakaan yang dimiliki oleh lembaga penerbitan surat kabar dan majalah dapat digolongkan jenis perpustakaan .... A. umum B. khusus C. sekolah D. nasional 4. Yang menyatakan bahwa yang penting untuk sebuah perpustakaan khusus adalah “lembaga induknya” ialah .... A. Ridley B. Anthony T. Kruzas C. Cotton Dana D. Johnson 5. Perpustakaan khusus yang pertama di dunia yang memenuhi kriteria koleksi khusus dan dipakai oleh orang tertentu menurut Mc Kenna ialah .... A. Perpustakaan Universitas Gandhi Shahpur B. Perpustakaan Raja Assurbanipal C. Perpustakaan Astrologi Maragheh Obser-vatory D. Perpustkaan Budha Candi Haein-sa 6. Salah satu unsur manajemen adalah “Peren-canaan”. Hal yang harus dicantumkan dalam perencanaan perpustakaan adalah .... A. Kepala Perpustakaan B. Staf Perpustakaan C. Tujuan organisasi dan kewajiban perpus-takaan D. Administrasi perpustakaan 7. Faktor yang mendorong diadakannya kerja sama perpustakaan .... A. jumlah koleksi yang dimiliki terbatas B. peningkatan dan kemajuan ilmu penge-tahuan dan teknologi C. jumlah staf yang berpendidikan tidak memadai D. penghematan biaya 8. Penyusunan anggaran berdasar kebutuhan tiap hal, ditulis lengkap berderet, disebut .... A. Program Budget B. Sistem Lum Sum C. Line Item Budgeting System D. Sistem Deret Itung 9. Langkah-langkah yang harus diambil oleh Kepala Perpustakaan dalam menyusun anggaran .... A. menyusun data anggaran dari 2 atau 3 tahun yang lalu B. mengumpulkan data atau informasi keuangan perpustakaan C. memperkirakan jumlah koleksi yang akan dibeli D. memperkirakan jumlah uang yang di-butuhkan 10. Kekuatan yang diperoleh karena jabatan, merupakan kekuasaan .... A. teknis B. pribadi C. abadi D. formil 11. Penempatan perpustakaan khusus pada lembaga induk, dipengaruhi oleh faktor .... A. ruang lingkup layanan

1.

B. C. D. 12. A. B. C. D. 13. A. B. C. D. 14. A. B. C. D. 15. A. B. C. D. 16. A. B. C. D. 17. A. B. C. D. 18. A. B. C. D. 19. A. B. C. D. 20. A. B. C. D. 21. A. B. C. D. 22.

besar kecilnya lembaga induk banyaknya koleksi yang dimiliki pustakawan yang memimpin perpusta-kaan Salah satu jenis buku yang ada di perpustaka-an adalah monograf yaitu .... informasi yang mendasar dan menyeluruh mengenai suatu bidang buku yang terbit dalam sebuah volume mengenai suatu subjek atau bagian dari subjek kumpulan makalah yang disampaikan pada suatu seminar karya mengenai suatu bidang yang sa-ngat mendalam dalam beberapa volume Bahan-bahan yang tak terjilid seperti kliping surat kabar dan berisi informasi yang ber-manfaat yang tidak bisa ditemukan di mana-mana, disebut .... tesis dan disertasi literatur pelayanan ephemera standar dan spesifikasi Pada perpustakaan khusus yang dikelompok-kan pada jenis buku adalah .... monograf terjemahan cetak ulang terbitan pemerintah Aspek yang harus diperhatikan dalam kegiatan pengadaan bahan pustaka antara lain .... anggaran yang tersedia pemilihan bahan pustaka ruang dan fasilitas yang memadai darimana koleksi berasal Mencocokkan data bibliografi, apakah suatu bahan masih dijual di pasaran atau tidak disebut .... identifikasi verifikasi inventarisasi pemilihan bahan Keputusan dalam pembelian buku di suatu perpustakaan khusus ditentukan oleh .... Kepala Perpustakaan Kepala Bagian Tata Usaha Perpustakaan Direktur Lembaga Induk Staf Perpustakaan Klasifikasi yang terdiri dari 35 golongan utama dengan memakai huruf sebagai notasi adalah .... Colon Classification Bibliographic Classification Jefferson Classification Library of Conggress Classification Prosedur sirkulasi pada layanan terbuka dan tertutup berbeda. Namun semua langkah kerja peminjaman bertujuan untuk .... menghemat ruangan mengamankan koleksi dan menghindari hilangnya bahan pustaka mengukur kedudukan sosial peminjam melalui buku yang dipinjamnya mengatur keluar masuknya buku Pada perpustakaan sebuah instansi layanan yang perlu ada adalah .... layanan fotokopi layanan ruang baca ruang diskusi ruang rapat Layanan yang diberikan perpustakaan bila pemakai ingin mendapatkan informasi dalam bidang tertentu sedangkan perpustakaan tidak memilikinya, disebut .... kesiagaan informasi referal bibliografi silang layan Bahan rujukan yang sangat diperlukan pada perpustakaan khusus adalah ....

A. B. C. D. 23. A. B. C. D. 24.

buku teks laporan tahunan lembaga induk skripsi manuskrip Meja baca Study Carrel dapat digunakan untuk .... belajar sendiri berdiskusi studi kelompok menyimpan barang pribadi Layanan yang diberikan pada perpustakaan lembaga penelitian dan pengembangan ditekankan pada .... A. penelusuran literatur B. ruang baca C. sirkulasi D. ruang diskusi 25. Jenis buku rujukan yang memberikan pengarahan kepada pembaca kemana mereka dapat memperoleh informasi kalau mendapatkan suatu masalah, digolongkan pada .... A. Source type B. Direction type C. Government documents D. Bibliographical 26. Tujuan promosi perpustakaan adalah …. A. agar masyarakat gemar membaca dan menulis B. memperkenalkan koleksi dan pelayanan yang di berikan C. mendapat bantuan koleksi dan pembangunan fisik D. jaringan dan kerjasama antar perpustakaan 27. Menurut Alexander Hiani, promosi merupakan .... A. seni dan teknik B. wajah perusahaan C. pameran dan display D. publisitas 28. Definisi promosi perpus-takaan menurut Joyce A. Edinger (1980) .... A. wajah perusahaan yang bertugas memas-tikan konsumen mengetahui kebutuhan-nya B. kegiatan komunikasi dengan pemakai dan pemakai yang belum memanfaatkan perpustakaan C. seni berhubungan dengan masyarakat dalam memperkenalkan produk D. pelayanan yang diberikan agar calon konsumen mengetahui produk perpusta-kaan 29. Hubungan yang mampu menembus batas ruang dan waktu, mengesampingkan perbe-daan ras, suku bangsa, negara, dan budaya dalam teknologi informasi disebut .... A. komputer B. internet C. satelt D. hypertext 30. Abstrak adalah .... A. wakil dari isi sebuah dokumen B. fotokopi daftar isi majalah C. daftar artikel-artikel majalah yang pernah diterbitkan D. artikel yang dimuat dalam majalah 31. Abstrak yang berisi artikel dan pernyataan umum mengenai suatu dokumen lebih merupakan sebuah review buku atau artikel majalah disebut abstrak .... A. informatif B. mini C. indikatif D. kritik PETUNJUK: UNTUK SOAL NOMOR 32 SAMPAI 45, PILIHLAH: A. JIKA 1) DAN 2) BENAR! B. JIKA 1) DAN 3) BENAR! C. JIKA 2) DAN 3) BENAR! D. JIKA 1), 2), DAN 3) SEMUANYA BENAR! 32. Perpustakaan khusus yang ada di Indonesia sejak zaman Belanda ialah ....

1) 2) 3) 33. 1) 2) 3) 34. 1) 2) 3) 35. 1) 2) 3) 36. 1) 2) 3) 37. 1) 2) 3) 38. 1) 2) 3) 39. 1) 2) 3) 40. 1) 2) 3) 41. 1) 2) 3) 42. 1) 2) 3) 43. 1) 2) 3) 44. 1) 2) 3) 45. 1) 2) 3)

Perpustakaan Bosscha di Bandung tahun 1920 Perpustakaan Bibliotheca Bogoriensis di Bogor tahun 1842 Perpustakaan Keluarga Berencana dan Kependudukan di Batavia tahun 1972 Pada saat ini perpustakaan khusus telah mengadakan pembaharuan antara lain di bidang .... layanan koleksi sumber daya manusia Pakar perpustakaan yang memberikan definisi mengenai perpustakaan khusus antara lain .... Mc Kenna John Cotton Dana A.G.S. Josephson Dalam menentukan besarnya jumlah pegawai perpustakaan, faktor yang mempengaruhinya antara lain .... besarnya gedung pimpinan perpustakaan jenis layanan perpustakaan Peralatan yang diperlukan dalam kerjasama antar perpustakaan adalah .... bibliografi katalog induk internet Pada umumnya bahan pustaka digolongkan menjadi tiga macam yaitu .... buku dan karya tercetak terbitan berkala laporan dan arsip Menurut Ferguson, tipe bahan perpustakaan untuk perpustakaan khusus adalah .... terjemahan bahan audio-visual cetak ulang dan cetak pendahuluan Kelemahan sistem tertutup pada pelayanan sirkulasi .... koleksi akan terjaga kerapihannya terlalu banyak waktu diperlukan untuk memberikan pelayanan tidak bebas memilih koleksi Ciri-ciri yang dimiliki koleksi rujukan .... tidak perlu dibaca seluruhnya disimpan di ruang tertutup tidak boleh keluar dari perpustakaan Dalam menentukan jumlah pegawai per-pustakaan yang memadai harus memper-hatikan .... keadaan keuangan sikap dan perhatian pimpinan lembaga latar belakang pendidikan pegawai Hal yang perlu diketahui dalam melaksanakan usaha-usaha promosi ialah .... latar belakang sosial, ekonomi, pendidik-an pemakai persepsi pemakai tempat tinggal pemakai Elemen yang diperlukan dalam penelusuran terpasang .... orang yang melakukan penelusuran videotex/teletext formulasi penelusuran Tambahan yang harus disertakan pada judul seragam sebuah karya di mana karya tersebut berbeda dengan karya yang lain adalah .... bahasa sebagai tambahan keterangan seri sebagai tambahan keterangan geografis/negara sebagai tambahan Ciri-ciri yang dimiliki CD-ROM adalah .... bisa mempercepat penerbitan di Indonesia diameter 12 cm memudahkan penelusuran literatur

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->