P. 1
Dasar Dasar Kepemimpinan

Dasar Dasar Kepemimpinan

|Views: 57|Likes:
Published by Yocta San

More info:

Published by: Yocta San on Jun 25, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

06/25/2012

pdf

text

original

DASAR-DASAR KEPEMIMPINAN dalam PENDIDIKAN

MENEJEMEN PENDIDIKAN
KELOMPOK 9: 1. Yocta Nur Rahman 2. Feri Rahmawati 3. Gagah Gilang 4. Siska Wahyu

Pengertian Kepemimpinan
Kepemimpinan adalah hubungan antar orang, dimana pemimpin mempengaruhi orang lain earah kemauan bersama dalam hubungannya dengan tugas-tugas untuk memperoleh sesuatu yang diinginkan pemimpin.

KonsepKonsep-konsep Kepemimpinan
Kepemimpinan merupakan suatu aktivitas Kepemimpinan mengandung konsep pengaruh dimana pengikutnya mentaati, mengikuti atau melaksanakan apa yanng dikehendaki pemimpinnya. Dalam konsep kepemimpinan terkandung dua pelaku, yaitu pemimpin disatu pihak, dan pengikut dipihak lain Kepemimpin merupakan proses mencapai tujuan untuk mendapatkan hasil Merupakan proses mengarahkan anggota agar memiliki kesadaran dan tanggungjawab akan tugas organisasi Dalam fungsi kepemimpinan selalu berada dalam variabel situasional.

Fungsi dan Peran Pemimpin
Koordinator Perencana kegiatan Pengambil keputusan Tenaga ahli yang secara aktual berperan sebagai sumber informasi dan pengetahuan bagi kelompoknya Pemberi imbalan dan sanksi Berperan sebagai arbitrasi dan mediator dalam menyelesaikan konflik atau perbedaan pendapat Berperan sebagai teladan Berperan sebagai simbol dan identitas kelompok Brperan sebagai pembenar.

PENDEKATAN KEPEMIMPINAN
Pendekatan tradisional menempatkan peran aktif dan dominan pada pemimpin. Pendekatan kelompok dalam pengambilan keputusan berada pada partisipasi pengikutnya melalui musyawarah kelompok.

CiriCiri-ciri Kepemimpinan Kharismatik
Self-confidence A vision Mampu menjelaskan secara gamblang Memiliki komitmen yang kuat Sangat tanggap terhadap masalah-masalah dan tantangan lingkungan.

Cakupan dan Tugas Kepemimpinan Pendidikan (Bush & Coleman (2000)
Mengelola implementasi kurikulum dan pengajaran, meliputi pengembangan materi pembelajaran, pengorganisasian siswa, penentuan alokasi waktu pembelajaran, dan menstimulasi pengembangan kurikulum Melakukan supervisi pendidikan Melakukan pemantauan kamajuan belajar siswa Penyediaan iklim belajar yang kondusif

Tugas Fungsional
Meningkatkan kualitas pembelajaran, meliputi program pembelajaran & perumusan metode pembelajaran yang dipilih Melakukan supervisi dan evaluasi pendidikan Merencanakan alokasi waktu pebelajaran Mengkoordinasikan pengembangan dan implementasi kurikulum dan proses pembelajaran Mengembangkan dan meningkatkan kuantitas dan kualitas materi pembelajaran Melakukan pemantauan kemajuan belajar siswa

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->