P. 1
Tutorial Microsoft Excell

Tutorial Microsoft Excell

|Views: 12|Likes:
Published by Marizal Kuswandi

More info:

Published by: Marizal Kuswandi on Jun 25, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPT, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

07/31/2013

pdf

text

original

PROGRAM PENGOLAH ANGKA (MICROSOFT EXCEL

)

PROGRAM PENGOLAH ANGKA MICROSOFT EXCEL
 Program pengolah angka yang bernaung di bawah sistem operasi Windows  Contoh program pengolah angka antara lain : Lotus 123, Microsoft Excel, QPro, dll

Fungsi Microsoft Excel :
a. menghitung data yang berupa angka  b. membuat grafik  c. memproyeksikan pendapatan  d. membuat laporan keuangan, penjualan, pembelian daftar gaji grafik, dokumen, penghitungan rumus, kegiatan statistik bahkan untuk menyusun berbagai laporan dalam berbagai kepentingan.

ISTILAH – ISTILAH DLM EXCEL :
WORKBOOK/BUKU KERJA adalah file yang mana didalamnya kita bekerja dan menyimpan data. Workbook ini terdiri dari banyak Sheet, Dan workbook ini kita bisa umpamakan sebagai sebuah buku yang memiliki banyak lembar kertas. WORKSHEET/LEMBAR KERJA adalah area kerja untuk mengisi dan menganalisa data. Worksheet ini berisi sel-sel yang terorganisasi dalam baris dan kolom. Kita bisa mengumpamakan Worksheet ini sebagai sebuah lembar kertas. COLUMN/KOLOM adalah kelompok sel yang berada posisi vertikal yang terdiri dari 256 kolom( diberi identitas dengan nama A .. IV / SYMBOL BERUPA HURUF) ROW/BARISadalah kelompok sel yang berada posisi Horisoantal yang terdiri dari 65536 baris( diberi identitas dengan nama 1 .. 65536 / SYMBOL BERUPA ANGKA) Cell/Sel merupakan bagian terkecil dari suatu worksheet yang merupakan pertemuan antara baris dan kolom yang mempunyai nama atau identitas yang disebut address. Untuk penamaan sel disebutkan dulu Nama kolomnya baru Nama barisnya. Contoh : A4, C5, F12 RANGE merupakan beberapa sel yang Diblok dalam bentuk suatu persegi panjang beraturan (kumpulan dari beberapa sel). Untuk penamaan dipisahkan oleh tanda titik dua(“:”). contoh : A5:C10, D12:F15

JENIS DATA DLM MS. EXCEL
1. LABEL  data yg berupa teks yg tdk dpt dimanipulasi secara matematis 2. NUMERIC  data yg berupa angka yg dpt dimanipulasi secara matematis 3. DATE  data yg berupa tanggal 4. TIME  data yg berupa waktu / jam 5. FORMULA / RUMUS  suatu data yg memerlukan pekerjaan lebih lanjut Syarat – syarat Formula : a. Didahului dgn tanda sama dengan “ = “ b. Didalam penulisan rumus tidak boleh ada tanda spasi/pemisah c. Jika ada data teks yang dipakai dalam formula harus diapit dgn tanda petik “………….” Karena dianggap istimewa 6. FUNGSI  suatu program/fungsi siap pakai yang sudah ada di dalam excel.

MACAM – MACAM FUNGSI (hal. 40 – 42) :
1. STATISTIK (AVERAGE,MAX, MIN, SUM,COUNT) 2. TANGGAL & WAKTU (TODAY, DATE) 3. MATH & TRIG (ABS, COS, SIN, INT, ROUND, MOD) 4. LOGICAL (AND, IF, OR) 5. FUNGSI MEMBACA TABEL (VLOOKUP, HLOOKUP) 6. FINANCIAL (DDB, FV, IPMT, IRR, RATE, SLN)

JENIS – JENIS POINTER MOUSE
= berpindah dari sel ke sel/mengaktifkan suatu sel, dg cara klik sel yang mau dituju/diaktifkan = untuk mengcopy, dengan cara meletakan pointer mouse di pojok kanan bawah sel/range yg diaktifkan lalu di drag and drop = untuk memindah/move isi sel, caranya letakan pointer mouse ke sisi sel/range yg diaktifkan lalu di drag and drop ke tempat tujuan. = untuk melebarkan/mempersempit kolom, caranya letakan pointer mouse ke garis Bantu suatu kolom yg mau dilebarkan/disempitkan lalu di drag and drop. = untuk melebarkan/mempersempit baris, caranya letakan pointer mouse ke garis Bantu suatu baris yg mau dilebarkan/disempitkan lalu di drag and drop.

OPERATOR HITUNG
Operator
( ^ * )

Arti
Pengelompokan Pangkat Kali

Prioritas
1 2 3

Contoh
6*(3+2)= 6*5 =30 6^2=6*6 2*3=6

/ + -

Bagi Jumlah Kurang

3 4 4

7/2=3.5 2+3=5 6-4=2

OPERATOR PEMBANDING
Operator
= < > <= >= <> Sama dengan Lebih kecil dari Lebih besar dari Lebih kecil atau sama dengan Lebih besar atau sama dengan Tidak sama dengan

Keterangan

Baris Judul/title bar

Baris Menu/menu bar Baris Toolbar

Baris Rumus Sel

Kolom (Coloumn) Task Pane

Baris (Row)

Baris Penggulung Tegak

Tab Lembar Kerja

Baris Penggulung Mendatar

KETERANGAN
     Baris Judul (Title Bar), bagian ini berisi nama file dan nama program aplikasi yang sedang kita aktifkan. Baris Menu (Menu Bar), bagian ini berisi barisan perintah berupa menu, seperti menu File, Edit, View, Insert, Format, Tools, Data, Windows, dan Help. Baris Toolbar (Toolbars), bagian ini berisi tombol-tombol yang digunakan untuk menjalankan suatu perintah dengan cepat dan mudah, khususnya perintah-perintah yang sering digunakan. Tombol Ukuran (Sizing Button), bagian ini berisi tombol-tombol untuk mengatur ukuran jendeal kerja Microsoft Excel. Task Pane, bagian ini merupakan bagian yang akan membantu kita pada saat menyunting (mengedit) lembar kerja. Jendela Task Pane akan ditampilkan secara otomatis dan isinya menyesuaikan dengan pekerjaan yang sedang kita lakukan. Baris Penggulung Tegak (Vertical Scroll Bar), bagian ini ditujukan untuk menggeser layar ke atas atau ke bawah. Baris Penggulung Mendatar (Horizontal Scroll Bar), bagian ini ditujukan untuk menggeser layar ke kanan atau ke kiri. Baris Rumus (Formula Bar), bagian ini akan menampilkan informasi mengenai isi sel yang sedang aktif di lembar kerja


 

STANDART TOOLBAR

a. New Workbook untuk membuka atau mengetik file yang baru b. Open untuk membuka Workbook yang sudah ada c. Save untuk menyimpan Workbook ke dalam disk d. E-mail untuk menyisipkan E-mail dari data yang di pilih e. Basic Search untuk mengecek data lain yang ada f. Print untuk mencetak g. Print Preview untuk melihat tampilan data yang akan dicetak h. Spelling untuk melakukan cek kebenaran dari kata yang dituliskan dengan bahasa Inggris i. Cut untuk menghapus data dan memasukkan dalam clipboard j. Copy untuk mengkopi data dan memasukkan dalam clipboard

k. Paste untuk mengeluarkan data dari clipboard l. Format Pointer untuk menirukan format seperti yang telah dikopi pada sel yang ditunjuk m. Undo untuk membatalkan aksi yang terakhir n. Redo untuk menirukan aksi yang terakhir o. Auto Sam untuk menjumlahkan angka secara otomatis p. Paste Funiction untuk menghitung dengan menggunakan fungsi tertentu dengan angka yang tertentu pula q. Sort Ascending untuk mengurutkan data dari kecil ke besar atau mengurutkan huruf A ke Z r. Sort Descending untuk mengurutkan data dari besar ke kecil atau mengurutkan huruf Z ke A s. Chart Wizard untuk menyisipkan grafik dari data yang di pilih t. Drawing untuk menggambar u. Zoom Control untuk melakukan control terhadap besarnya tampilan data pada layar v. Microsoft Excel Help untuk membantu memberi petunjuk tentang topic tertentu.

FUNGSI LOGIKA IF
Rumus Umum :

=IF(logical_test;[value_if_true];[ value_if_false]) =IF(Persyaratan;Jawaban Betul;Jawaban Salah) =IF(P;B;S)
Catatan : - Jumlah “P & B” bisa > 1 - Jumlah “S” hanya1 (jawaban paling akhir) - Syarat / Jawaban yang berupa teks harus diapit dengan tanda petik “ …. “ sedangkan yang berupa angka tidak usah diapit petik.

FUNGSI MENGAMBIL KARAKTER
1. Mengambil karakter sebelah kiri (Left) Rumus umum : =left(text;[num_chars]) =left(sel;jumlah karakter yg diambil) Contoh : =left(“Joko Sarjono”;4)  Joko 2. Mengambil karakter sebelah kanan (Right) Rumus umum :=Right(text;[num_chars]) =Right(sel;jumlah karakter yg diambil) Contoh : =Right(“Joko Sarjono”;7)  Sarjono 3. Mengambil karakter sebelah Tengah (Mid)
Rumus umum : =Mid(text;start_num;number_chars) =Mid(sel; yg diambil pertama;jumlah karakter yg diambil)

Contoh : =Mid(“Joko Sarjono”;6;5)  Sarjo

FUNGSI MEMBACA TABEL  Salah satu fungsi Excel yg gunanya untuk membaca suatu tabel data + mengambil data guna diletakan pada tabel induk Bagaimana Caranya fungsi tersebut mengambil data ???  Membandingkan NILAI KUNCI (tabel induk) dengan range data (tabel data)

ILUSTRASI

FUNGSI MEMBACA TABEL

1. Membaca Tabel Vertikal Rumus umum : =VLOOKUP(nilai kunci;range table;nomor_kolom;false) 2. Membaca Tabel Horisontal Rumus umum : =HLOOKUP(nilai kunci;range table;nomor_baris;false)

ANY QUESTION ???

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->