P. 1
Golongan Darah O

Golongan Darah O

|Views: 88|Likes:
Published by Aditya Meazza

More info:

Published by: Aditya Meazza on Jun 25, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/07/2013

pdf

text

original

Golongan Darah O Golongan darah O merupakan golongan darah paling kuno dalam sejarah manusia.

Gen untuk golongan darah O berkembang pada suatu titik ketika peradaban manusia beralih dari hidup berburu dan berpindah-pindah ke komunitas agraris yang menetap di suatu tempat. Tingkah Laku : Berenergi & tidak mudah putus asa Masalah yang dihadapi : Kencing manis, masalah usus dan pencernaan, peredaran darah kurang baik, sakit pinggang danbelakang, kegemukan, kadar kolesterol yang tinggi, tekanan darah tinggi, kadar asam urat tinggi, penyakit kanker, gout,penyakit jantung, penyumbatan arteri. Diet : Makanan tinggi protein & kurangi karbohidrat Makanan yang sangat bermanfaat : Brokoli, ubi, waluh, selada, ganggang laut, lobak china, bluberi, ceri, jambu biji, bumbu kari, kacang polong, kacang merah, semua jenis bawang, rumput laut, jahe, kailan, kunyit, Daging ( sapi, kerbau, rusa, domba, anak sapi ) Makanan yang diijinkan : Ikan mas, belut, lobster, ikan tuna, ikan sardine, udang, telur (ayam, bebek), mentega, kacang ( hitam, merah, buncis, kedelai ), tempe, tahu, susu kedelai, bubur gandum, beras, kue beras, roti beras, tepung gandum, terung, tomat, labu, Daging ( ayam, bebek, kambing, angsa, kalkun, kelinci ) Makanan yang harus dihindari : Daging babi, cumi-cumi, sotong, kerang, kodok, gurita, telur (angsa, puyuh), es krim, keju, susu sapi, yoghurt(semua jenis), minyak kelapa, penyu, minyak jagung, jagung, bunga brokoli, kacang tanah, kacang mede, kuaci, laichi, kentang, mentimun, kembang kol, jamur, blewah, jeruk mandarin, pisang raja, pare, anggur putih, kecap, kopi, minuman keras GayaHidupSehatUntukGolonganDarahO

Tipe golongan darah O biasanya cenderung mengalami gangguan pencernaan karena memiliki kandungan asam lambung yang tinggi.

Selain itu tipe golongan darah O juga rentan terserang penyakit yang disebabkan oleh perdagangan dan kerusakan organ. Juga mudah terserang asam urat, anemia, hipertensi, diabetes, kanker dan stres.

Sehingga sangat penting untuk golongan darah O mengomsumsi makanan yang bermanfaat untuk kesehatannya. Dan juga rutin melakukan olahraga.

Olahraga yang cocok untuk golongan darah O sebaiknya olahraga santai sperti jogging, jalan cepat dan bersepeda.

Kunci dari pola hidup sehat golongan darah O adalah kontrol keseimbangan antara mental, emosional dan fisik.

Menu Diet Golongan Darah O – Komposisi makanan yang cocok untuk menu diet golongan darah O adalah makanan yang kaya akan protein dan makanan yang berkarbohidrat rendah.

Meskipun golongan darah O sangat disarankan untuk bnyak mengomsumsi sayuran, tapi jangan memasukan sayuran jenis kol, sawi atau kobis ke dalam menu diet golongan darah O.

Karena golongan darah O biasanya memiliki kandungan asam lambung yang cukup tinggi. Sehingga sangat rentan untuk terkena gangguan pencernaan.

Jauhi juga makanan yang berasal dari padi – padian dan kacang – kacangan. Sedangkan untuk buah, sangat disarankan untuk tidak mengomsumsi jeruk dan alpukat. Hindarkan juga produk susu dan gandum dalam menu diet golongan darah O.

Sebaiknya dalam menyusun menu golongan darah O lebih banyak menggunakan makana yang berasal dari hasil laut, daging merah dan garam.

Walaupun golongan darah O memiliki kekebalan tubuh yang cukup bagus, namun tetap disarankan untuk tetap menjaga pola makan yang sesuai dengan karakter darahnya.

Karena bila makanan yang dikomsumsi tidak sesuai dengan karakter darah O, maka dapat menimbulkan penyakit yang disebabkan oleh radang dam kerusakan fungsi pada organ tubuh.

Namun bila kita tetap mengikuti menu diet golongan darah O maka resiko untuk teserang penyakit diabetes, hipertensi, asam urat dan jantung dapat dihindari.

Contoh menu diet yang disarankan untuk golongan darah O adalah

Sarapan : puding buah/ sayur + 1 buah pisang

Selingan : teh hijau

Makan siang : sepotong daging pangggang + salad bayam + 1 buah apel

Selingan : kue rendah kabohidrat

Makan malam : sepotong lamb + asparagus rebus + kentang rebus +teh hijau + buah

Menu diet golongandarah O di atas bisa dimodifikasi, dengan catatan kandungan nutrisi yang terkandung dalam menu pengganti tidak memiliki banyak perbedaan. (nn)

Diet Golongan Darah O – Bagi para wanita yang sedang melakukan diet, ada baiknya mengetahui dulu golongan darahnya. Memang apa hubungannya ? Tentu ada hubungannya.

Menurut Dr. Peter J.D’Adamo setiap golongan darah memiliki respon yang berbeda terhadap jenis makanan yang dikomsumsi.

Dalam bukunya Eat Right For you Type, Dr. Peter mengemukakan bahwa ada efek fisiologis yang ditimbulkan oleh masuknya lektin dalam tubuh. Lektin adalah protein yang terdapat pada makanan terutama jenis biji – bijan dan polong – polongan.

Bila lektin yang masuk tidak cocok dengan golongan darah maka bisa mengakibatkan penggumpalan sel darah merah.

Karena itu jenis diet tertentu tidak bisa dilakukan oleh setiap orang. Misalnya diet golongan darah O. Orang dengan golongan darah O adalah tipe pemburu.

Sehingga menu yang tepat untuk diet golongan darah O adalah makanan berprotein tinggi dan rendah karbohidrat. Seperti daging, buah, ikan dan sayuran. Dan mengindari produk susu atau gandum.

Sedangkan olahraga yang cocok untuk diet golongan darah O adalah bersepeda, berenang,jalan cepat dan jogging. Untuk menghindari stres diet golongan darah O juga disarankan untuk melakukan senam aerobik.

Ketika melakukan diet yang sesuai dengan golongan darah daya tahan tubuh akan meningkat sehingga tidak mudah sakit. Selain itu kondisi emosional kan lebih stabil dan mudah mengatasi stres yang merupakan musuh utama ketika melakukan diet. (nn)

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->