P. 1
Sejarah Kerajinan Ukiran Kayu

Sejarah Kerajinan Ukiran Kayu

|Views: 1,700|Likes:
Published by Nuno Sarmino

More info:

Categories:Topics, Art & Design
Published by: Nuno Sarmino on Jun 26, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

04/08/2013

pdf

text

original

Sejarah Kerajinan Ukiran Kayu

Sejarah Kerajinan Ukiran Kayu, Seperti halnya jenis kerajinan lain, kerajinan ukiran kayu mulai ada sejalan dengan perkembangan unsur-unsur seni daerah Riau, yaitu seiring dengan tersebarnya agama Islam di Indonesia. Dalam perkembangannya dari masa ke masa, kemudian mendapat pengaruh yang sangat kuat dari sisitem tempatan.

Sejarah Kerajinan Anyaman Riau

Sejarah Kerajinan Anyaman Riau, Kerajinan anyaman sesungguhnya sudah merupakan adat tradisi bagi orang Melayu Riau dan sudah dikenal sejakberabad yang lalu, terwariskan secara turun temurun samapai saat ini. Di Provinsi Riau dikenal beberapa kerajinan anyaman, yaitu anyaman pandan, anyaman bambu, dan anyaman rotan. Kerajinan anyaman ini bermula untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari, serta kelengkapan upacara-upacara adat di lingkungan masyarakat. Barang-barang anyaman ini adalah untuk dipergunakan sendiri dan tidak untuk diperjual belikan.

KERAJINAN TOPENG CIREBON
Topeng CirebonTopeng Cirebon merupakan salah satu kesenian asli daerah Cirebon termasuk wilayah disekitar Cirebon seperti Indramayu dan Jatibarang. Karena penarinya menggunakan topeng Cirebon pada saat menari, maka tarian ini disebut tari topeng cirebon. Salah satu perangkat tarian yaitu berupa topeng Cirebon ini sendiri banyak sekali jenisnya serta mengalami perkembangan. Termasuk dalam hal gerakan, maupun cerita yang ingin disampaikan. Tari topeng cirebon ini bisa dilakukan perorangan atau dimainkan bersama dengan bebrapa penari.

SEJARAH KERAJINAN KERAMIK PLERED
Plered adalah nama daerah di kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, dengan luas wilayah sekitar 97.172 Ha. Sejarah Plered tidak lepas dari sejarah keramik dan perjuangannya. Wilayah Plered, Cirata, Gandasoli dan Citalang termasuk kota atau desa yang tua di Kabupaten Purwakarta. Sejarah Plered dan keramik sudah ada sejak jaman Neolitikum. Pada jaman tersebut, sudah ada penduduk yang berdatangan ke daerah Cirata menyusuri sungai Citarum.

KERAJINAN BATIK INDONESIA
Sejarah pembatikan di Indonesia berkait erat dengan perkembangan kerajaan Majapahit dan penyebaran ajaran Islam di Tanah Jawa. Dalam beberapa catatan, pengembangan batik banyak dilakukan pada masa-masa kerajaan Mataram, kemudian pada masa kerjaan Solo dan Yogyakarta. Jadi kesenian batik ini di Indonesia telah dikenal sejak zaman kerjaan Majapahit dan terus berkembang kepada kerajaan dan raja-raja berikutnya. Adapun mulai meluasnya kesenian batik ini menjadi milik rakyat Indonesia dan khususnya suku Jawa ialah setelah akhir abad ke-XVIII atau awal abad ke-XIX. Batik yang dihasilkan ialah semuanya batik tulis sampai awal abad ke-XX dan batik cap dikenal baru setelah perang dunia kesatu habis atau sekitar tahun 1920. Adapun kaitan dengan penyebaran ajaran Islam. Banyak daerah-daerah pusat perbatikan di Jawa adalah daerah-daerah santri dan kemudian Batik menjadi alat perjaungan ekonomi oleh tokoh-tokoh pedangan Muslim melawan perekonomian Belanda.

kerajinan logam tembaga dan kuningan
Sebagaimana yang kita tahu, kerajinan merupakan salah satu dari hasil UKM yang paling diandalkan untuk keperluan ekspor. Kebanyakan kerajinan dipengaruhi oleh herritage yang merupakan warisan budaya dari suatu masyarakat setempat. Misalnya saja kerajinan batik. Meskipun sama-sama disebut batik, namun antara batik dari suatu daerah dengan daerah lain memiliki corak yang berbeda-beda. Semua in tergantung warisan dari msyarakat setempat terdahulu.

Kerajinan tangan boneka lucu ini merupakan produk asli anak bangsa yang dahulu diprakrasai oleh 2 orang mahasiswa IPB yaitu Gigin dan Nisa. Arti dari nama Boneka Horta merupakan kependekan dari “hortikultura”. Boneka Horta ini cocok menjadi salah satu alternatif baru mainan anak-anak untuk pendidikan, melatih kreatifitas serta imajinasi. Jika rumput telah tumbuh terlalu tinggi, anak-anak dapat memotong rumput sesuai dengan gaya dan keinginan. Boneka yang dapat menumbuhkan rambut dari rumput ini merupakan produk boneka ramah lingkungan sarat akan edukasi.

KERAJINAN WAYANG GOLEK
Wayang golek merupakan salah satu seni budaya masyarakat suku Sunda yang sampai kini dapat tetap bertahan di tengah kehidupan modern. Bahkan kesenian wayang golek sudah menjadi ciri khas seni budaya masyarakat suku Sunda sejak berabad-abad lamanya. Namun seperti seni budaya tradisional lainnya, seni budaya wayang golek sampai kini nyaris tidak diketahui asal-usulnya.

KERAJINAN WAYANG KULIT

Kerajinan ukir kulit terutama wayang kulit yang bisa di beli di penjual wayang bisa disebut sebagai kerajinan yang memadukan seni dan sejarah pembuatan wayang kulit. Kenapa? Karena untuk pembuatan wayang kulit memang harus melalui proses belajar tidak sebentar, membutuhkan keuletan, kemauan belajar yang tinggi dan rasa memiliki kecintaan akan seluk beluk puppet crafts. Wayang kulit sebagai salah satu peninggalan atau warisan leluhur khususnya dari keraton Yogyakarta diharapkan menjadi contoh warisan yang dijaga dan dipertahankan demi kelangsungan keberadaan wayang kulit dari penjual wayang kulit khususnya dan sebagai identitas kota Yogyakarta pada umumnya.

KERAJINAN BATOK KELAPA

EMPURUNG KELAPA, Bagi kebanyakan orang pada umumnya adalah barang sampah, namun bagi sang pengrajin barang sisa dari kulit tempurung kelapa ini bisa berubah menjadi kerajinan tas yang terlihat etnik, natural namun modis. Dari tangan pengrajin ini, tas hasil buatannya bisa merambah ke berbagai negara khususnya eropa dan negara-negara asia.

KERAJINAN IKAN PARI
Nelayan di Bangka Selatan berpeluang menambah penghasilan dari sektor lain selain hasil tangkapannya. Pasalnya, ikan pari yang selama ini menjadi salah satu hasil tangkapan nelayan setempat ternyata bukan hanya dagingnya saja yang laku dijual, kulitnya pun bisa menjadi peluang bisnis yang cukup menjanjikan.

KERAJINAN KULIT TELUR
Situasi perekonomian yang sulit terkadang membuat orang menjadi kreatif dan inovatif menemukan peluang usaha baru. Telur yang merupakan makanan manusia sehari-hari menghasilkan limbah berupa kulit atau cangkang yang kebanyakan dibuang sebagai limbah. Akan tetapi di tangan orang-orang terampil dan kreatif bisa menjadi Kerajinan Kulit Telur yang sangat indah. Kerajinan Kulit Telur merupakan perpaduan kreatifitas dan upaya memanfaatkan limbah yang tidak terpakai. Selain itu Kerajinan Kulit Telur memiliki Prospek ekonomi dan peluang usaha yang cukup menjanjikan. Menurut beberapa pengrajin permintaan Kerajinan Kulit terus meningkat di beberapa daerah di Indonesia.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->