P. 1
Gaya Listrik

Gaya Listrik

|Views: 330|Likes:
Published by Triyan Bayan

More info:

Published by: Triyan Bayan on Jun 27, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/07/2014

pdf

text

original

Gaya listrik

Gaya listrik adalah gaya yang dialami oleh obyek bermuatan yang berada dalam medan listrik. Rumusan gaya listrik kadang sering dipetukarkan dengan hukum Coulomb, padahal gaya listrik bersifat lebih umum ketimbang hukum tersebut, yang hanya berlaku untuk dua buah muatan titik.

Hukum Coulomb
Hukum Coulomb atau Coulomb hukum invers-kuadrat , adalah hukum dari fisika yang menjelaskan interaksi elektrostatik antara bermuatan listrik partikel. Ini pertama kali diterbitkan pada 1785 oleh fisikawan Perancis Charles Augustin de Coulomb dan penting untuk perkembangan teori elektromagnetisme . [1] [2] Namun demikian, pada tahun 1767 Joseph Priestley Inggris menduga bahwa gaya antara biaya bervariasi sebagai kuadrat terbalik dari kejauhan. [3] [4] Pada 1769, fisikawan Skotlandia John Robison mengumumkan bahwa menurut pengukuran nya, kekuatan tolakan antara dua bola dengan tuduhan tanda yang sama bervariasi sebagai x -2,06. [5] Ketergantungan gaya antara badan dibebankan pada jarak dan biaya telah ditemukan, namun tidak diterbitkan, dalam 1770-an awal oleh Henry Cavendish dari Inggris, sebelum karya-karya Coulomb. [6]

Persamaan Dasar

Diagram menggambarkan mekanisme dasar hukum Coulomb; biaya seperti saling tolak dan muatan yang berlawanan saling menarik.

Para Bentuk skalar dari hukum Coulomb adalah sebuah ekspresi untuk besarnya dan tanda gaya elektrostatis antara dua muatan titik ideal, dalam ukuran kecil dibandingkan dengan perpisahan mereka. Gaya ini (F) bertindak secara bersamaan pada muatan titik (q 1) dan (q 2), diberikan oleh

dimana r adalah jarak pemisahan dan k e adalah konstanta proporsionalitas. Sebuah kekuatan positif menyiratkan itu adalah menjijikkan, sementara kekuatan negatif menyiratkan itu menarik. [7] The proporsionalitas konstan k e, disebut konstanta Coulomb (kadang-kadang disebut gaya Coulomb konstan), ini terkait dengan didefinisikan sifat ruang dan dapat dihitung didasarkan pada kecepatan cahaya harus persis: [8]

Coulomb torsi keseimbangan

Hukum Coulomb menyatakan bahwa: "Besarnya kekuatan Elektrostatik dari interaksi antara dua muatan titik berbanding lurus dengan perkalian skalar dari besaran biaya dan berbanding terbalik dengan kuadrat jarak antara mereka." Dalam SI unit, meter didefinisikan sedemikian rupa sehingga kecepatan cahaya dalam vakum (atau gelombang elektromagnetik , pada umumnya), dilambangkan c, [9] adalah persis 299.792.458 M · s -1 [10] , dan magnet konstan (μ 0 ) diatur pada 4π × 10 -7 H · m -1. [11] Dalam perjanjian dengan teori elektromagnetik , membutuhkan bahwa

nilai untuk konstanta listrik (ε 0) diturunkan menjadi ε 0 = 1 / (μ 0 c 2) ≈ 8,854 1 87 8 2 10 -12 × F · m -1. [12] Dalam unit elektrostatik dan unit Gaussian , biaya satuan (ESU atau statcoulomb ) didefinisikan sedemikian rupa sehingga konstanta Coulomb adalah 1 dan berdimensi . Dalam pernyataan vektor-bentuk yang lebih berguna, kekuatan dalam persamaan adalah vektor gaya yang bekerja pada kedua muatan titik, sehingga diarahkan untuk mendorong menjauh dari muatan titik lain, sisi kanan persamaan, dalam hal ini, harus memiliki istilah produk tambahan dari vektor satuan menunjuk ke salah satu dari dua arah yang berlawanan, misalnya, dari q 1 q 2 jika gaya bertindak pada q 2; biaya mungkin baik tanda dan tanda produk mereka menentukan akhir arah gaya itu. Dengan demikian, kekuatan vektor mendorong biaya menjauh dari satu sama lain (menarik terhadap satu sama lain jika negatif) adalah secara langsung proporsional dengan produk dari tuduhan dan berbanding terbalik dengan kuadrat dari jarak antara mereka. Kuadrat dari bagian jarak timbul dari kenyataan bahwa medan kekuatan karena adanya muatan titik yang terisolasi adalah seragam di segala arah dan mendapat "diencerkan" dengan jarak sebanyak bidang bola berpusat pada muatan titik memperluas dengan radius. Para hukum superposisi memungkinkan hukum ini untuk dapat diperluas untuk mencakup sejumlah muatan titik, untuk memperoleh gaya pada setiap muatan titik satu oleh penjumlahan vektor dari kekuatan masing-masing bertindak sendiri pada muatan titik. Vektor yang dihasilkan terjadi menjadi sejajar dengan medan listrik vektor pada saat itu, dengan muatan titik (atau "tes charge") dihapus. Hukum Coulomb juga dapat diinterpretasikan dalam hal unit atom dengan kekuatan dinyatakan dalam Hartrees per jari-jari Bohr , muatan dalam hal muatan dasar , dan jarak dalam hal radius Bohr.
Listrik Statis LISTRIK STATIS

Dalam pembahasan tentang listrik statis ini akan dibahas tentang : 1. Inter aksi antara dua muatan listrik 2. Medan Listrik 3. Energi potensian dan Potensial Listrik 1. Inter aksi antara dua muatan listrik atau lebih Sebuah benda dikatakan bermuatan listrik, jika benda itu menerima tambahan elektron, atau kehilangan salah satu atau lebih elektronnya.

Benda yg kehilangan salah satu atau lebih elektronnya disebut bermuatan positif, sedangkan benda yang menerima satu atau beberapa elektron disebut bermuatan listrik negatif. Jika antara dua muatan listrik bertemu atau berdekatan, maka akan terjadi gaya listrik atau gaya Coulomb (sesuai dengan nama orang yang menjelaskan tentang gaya listrik ini) dan disebut HUKUM COULOMB. Beasar gaya listrik ini : _ sebanding dengan besar kedua muatan yang tarik menarik _ berbanding terbalik dengan kuadrat jarak kedua muatan tersebut _ dinyatakan dengan rumus :

Keterangan : F : Besar gaya listrik statis........ (Newton) Q : Besar muatan listrik............ (Coulomb) r : Jarak dari kedua muatan listrik. (meter) k : Konstanta elektrostatis (9x109 Nm2C-2)

Muatan dan Hukum Coulomb

Muatan dan Hukum Coulomb Sebuah benda dikatakan bermuatan apabila kelebihan ion positif atau kelebihan ion negatif.   Kelebihan ion positif (proton) maka bermuatan positif ex: H+ Kelebihan ion negatif (elektron) maka bermuatan negatif ex: ClMuatan dilambangkan dengan q atauQ Satuan muatan= coulomb (C) Besar muatan Q+ = +1,6.10-19C Besar muatan Q- = -1,6.10-19C Sifat-sifat muatan 1. Muatan sejenis akan tolak menolak

2.

Muatan berlainan akan tarik menarik

F12 = Gaya pada Q1 karena Q2 F21 = Gaya Q2 pada karena Q1 Jika : |F| = - , berarti terjadi gaya tarik menarik |F| = + , berarti terjadi gaya tolak menolak

Besarnya gaya tarik menarik atau tolak menolak antara dua buah muatan adalah sebanding dengan perkalian keddua muatan dan berbanding terbalik dengan kuadrat jarak kedua muatan.

F= gaya listrik / coulomb (N) K= 9.109Nm2/c2 Q = muatan (c) r = jarak kedua muatan (m)

Contoh Soal 1. Berapakah gaya listrik yang terjadi pada sebuah atom hidrogen yang jarak antara proton dan elektronnya adalah 0,53.10-10m?

diketahui: K= 9.109Nm2/c2 r = 0,53.10-10m Q+ = +1,6.10-19C Q- = -1,6.10-19C

2) Tiga buah muatan A, B dan C tersusun seperti gambar berikut!

Jika QA = + 1 μC, QB = − 2 μC ,QC = + 4 μC dan k = 9 x 109 N m2 C− 2 tentukan besar dan arah gaya Coulomb pada muatan B ! Pembahasan Pada muatan B bekerja 2 buah gaya, yaitu hasil interaksi antara muatan A dan B sebut saja FBA yang berarah ke kiri dan hasil interaksi antara muatan B dan C sebut saja FBC yang berarah ke kanan. Ilustrasi seperti gambar berikut:

Karena kedua gaya segaris namun berlawanan arah maka untuk mencari resultan gaya cukup dengan mengurangkan kedua gaya, misalkan resultannya kasih nama Ftotal : F total = FBC – FBA F total = 72 X 10 - 3 – 18 x 10 -3 = 54 x 10 -3 N Arah sesuai dengan FBC yaitu ke kanan .

Medan Listrik
Dalam ruang disekitar benda bermuatan listrik A, kita jumpai beberpa gejala. Sebagai contoh benda bermuatan lain B dapat bergerak menjauhi atau mendekati A ( Gambar 1.). Gejala ini disebabkan bekerjanya sutu gaya pada benda bermuatan apa saja yang diletakkan dalam ruang di sekitar benda bermuatan A. Kita sebut gejala dalam ruang di sekitar suatu benda bermuatanlisrik ini medan listrik.

Gambar 1 : gaya yang bekerja pada muatan-muatan yang diletakkan dalam ruang disekitar benda bermuatan A Jadi Medan Listrik adalah ruang di sekitar benda bermuatan listrik dimana benda-benda bermuatan listrik lainnya dalam ruang ini akan merasakan atau mengalami gaya listriArah Medan Listrik Arah Medan Listrik Medan Listrik dapat kita gambarkan dengan garis-garis khayal yang dinamakan garis-garis medan (atau garis-garis gaya listrik). Dapat anda lihat pada gambar 2 dan gambar 3 bahwaaaaa garis-garis medan radial keluar menjauhi muatan positif dan radial kedalam mendekati muatan negative

Kuat Medan Listrik Kuat Medan Listrik adalah besaran yang menyatakan gaya coloumb per satuan muatan di suatu titik. Misalnya di titik P, Lihat gambar.

Jika titik P di beri muatan , maka muatannya dinamakan muatan penguji (q), dan selalu bermuatan positif Q = Sumber muatan Arah Kuat Medan Listrik (E), searah dengan arah gaya (F)

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->