P. 1
Stock Opname

Stock Opname

|Views: 144|Likes:
Published by Galih Pratama

More info:

Published by: Galih Pratama on Jun 27, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

04/16/2013

pdf

text

original

Stock Opname

Proses Stock Opname dilakukan sebagai mekanisme kontrol terhadap arus masuk dan keluar barang, dimana dalam proses ini akan dilakukan perhitungan stok secara fisik untuk dicocokkan dengan stok yang tercatat di dalam sistem. Jika terjadi perbedaan stok, baik itu selisih lebih ataupun selisih kurang, maka harus dilakukan penyesuaian stock menggunakan modul Adjustment Stock, dimana jika terdapat kelebihan stok dipergunakan Receipt Unplanned, sedangkan jika terjadi kekuarangan stock dipergunakan Issue Unplanned. Anda dapat melakukan stock opname satu per satu barang menggunakan modul adjustment stock (issue receipt) atau menggunakan bantuan spread sheet (akan dibahas dalam studi kasus). Dan berikut ini merupakan tahapan-tahapan Stock Opname yang umumnya dilakukan pada sistem RetailSoft : Tentukanlah kategori produk yang akan dilakukan stock opname Cetak Form Stock Opname (teks, excel atau HTML) Lakukanlah perhitungan Fisik Stok pada suatu lokasi tertentu Input Hasil Stock Opname ke dalam Sistem (manual ? satu per satu atau melalui form excel) Cetak hasil Stock Opname (jika dibutuhkan). Persiapan Stock Opname Setelah Anda menetapkan jadwal dan kategori barang yang akan diperiksa posisi stok akhirnya secara fisik (stock opname), maka langkah berikutnya adalah mencetak kartu stok yang menyimpan informasi tentang posisi stok akhir berdasarkan catatan sistem, melalui modul report ?stock card? yang terdapat dalam menu REPORT->Stock Card.

Jika Report di atas dipilih, Anda akan mendapatkan tampilan sebagai berikut :

Keterangan : 01. Lokasi 02. All Location 03. Kategori : Form Stock Opname akan dicetak berdasarkan lokasi ?default? dimana Store tersebut berada, sehingga tidaklah mungkin Anda memilih lokasi yang salah. : Centang disini untuk menampilkan data stock opname untuk seluruh lokasi. : Pilihlah kategori yang sesuai dengan jadwal stock opname yang dilakukan atau biarkan saja pilihan ini (tidak perlu dirubah) jika Anda menginginkan stock opname dilakukan untuk seluruh kategori. : Berilah tanda centang pada check box ?Stock Opname? jika Anda akan mencetak form stock opname. : Centang disini untuk menampilkan seluruh data stock yang di-group per SKU. : Anda dapat mencetak data untuk form stock opname berdasarkan urutan tertentu : Item Name, Item Code, Description dan Quantity.

04. Stock Opname 05. Group by SKU 06. Sort By

07. Print Out

:

: Klik pada tombol ini untuk meng-ekspor seluruh data yang ditampilkan di layar yang sesuai dengan kriteria pencarian data yang ditetapkan dan Anda kemudian dapat memasukkan stok yang benar (hasil dari perhitungan stok fisik) dan selanjutnya me-load data tersebut ke sistem RetailSoft. Lihat Studi kasus : Stock Opname dengan menggunakan bantuan spreadsheet. : Klik pada tombol ini untuk menampilkan data stock opname dalam format HTML. Kegunaannya hanya untuk reporting saja. : Klik pada tombol ini untuk menampilkan form stock opname dalam bentuk TEKS, dimana Anda dapat mencetak form ini, kemudian dipergunakan sebagai dasar untuk melakukan stok opname secara manual. Lihat Studi Kasus : Stock Opname secara manual.

08. Stock Status : Terdapat beberapa opsi dalam pilihan 'Stock Status' yang dapat dipergunakan untuk mempermudah proses pencarian, seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini : 09. View Inventory : Klik pada tombol ini untuk menampilkan data yang sesuai dengan kriteria pencarian / opsi - opsi yang telah disediakan.

Di bawah ini merupakan contoh hasil pencarian data, sesuai dengan kriteria yang terlihat pada gambar di atas :

Pada contoh di atas ditampilkan data item dan informasi pendukungnya seperti min, max stock, reorder point dan Qty on Hand, dan untuk lebih mempermudah proses stock opname sebaiknya proses stock opname dilakukan per kategori barang. Dan untuk proses stock opname secara detail, pelajarilah dua cara stock opname yang dapat Anda pilih salah satunya, di bawah ini : Stock Opname dengan bantuan SpreadSheet. Stock Opname secara Manual. Stock Opname di Toko / Store yang terpisah dengan Kantor Pusat. Stock Opname hanya untuk Item-item tertentu saja.
Copyright@2003-2006. All Rights Reserverd. PT. Sarana Sukses Teknologi Informasi

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->