P. 1
contoh-rpp

contoh-rpp

|Views: 78|Likes:
Published by Airashii Nezwa

More info:

Categories:Types, School Work
Published by: Airashii Nezwa on Jun 27, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

06/27/2012

pdf

text

original

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

NAMA SEKOLAH MATA PELAJARAN MATERI POKOK KELAS / SEMESTER ALOKASI WAKTU : SMA NEGERI 1 KRIAN : BAHASA JEPANG : SALAM, UNGKAPAN dan HURUF :X/I : 6 Jam Pelajaran ( 6 x 45 menit )

Standar Kompetensi : 1. Memahami wacana lisan dan tulis berbentuk paparan atau dialog sederhana tentang salam sapaan. 2. Mengungkapkan informasi sederhana secara lisan dan tertulis dalam bentuk paparan atau dialog sederhana tentang salam sapaan Kompetensi Dasar : 1. Mengidentifikasi bunyi, ujaran (kata, frase atau kalimat) dalam suatu konteks salam dengan mencocokkan dan membedakan secara tepat. 2. Memperoleh informasi umum dan atau rinci dari berbagai bentuk wacana lisan sederhana secara tepat. 3. Menyampaikan informasi secara lisan dengan lafal yang tepat dalam kalimat sederhana sesuai konteks salam yang mencerminkan kecakapan berbahasa yang santun dan tepat. 4. Melakukan dialog sederhana dengan lancar dan benar yang mencerminkan kecakapan berkomunikasi yang santun dan tepat. 5. Membaca kata, frasa atau kalimat dalam wacana tertulis sederhana dengan huruf hiragana secara tepat. 6. Mengidentifikasi bentuk dan tema wacana sederhana secara tepat. 7. Memperoleh informasi umum dan atau rinci dari wacana sederhana secara tepat dengan mencari kata kunci informasi umum dan atau rinci. 8. Menulis kata, frasa dan kalimat dengan huruf hiragana yang tepat. 9. Mengungkapkan informasi secara tertulis dalam kalimat sederhana sesuai wacana, yang mencerminkan kecakapan menggunakan kata, frasa dalam kalimat, dengan huruf hiragana dan struktur yang tepat. Indikator : 1. Mengidentifikasi salam dan ungkapan sesuai kondisi dan keadaan waktu. 2. Mengucapkan salam dan ungkapan sesuai dengan kondisi dan keadaan waktu.

3. Membaca kosakata, frasa dan kalimat sederhana. 4. Membaca salam dan ungkapan sesuai dengan kondisi dan keadaan waktu. 5. Menulis kata/kalimat sesuai dengan lafal. A. Tujuan Pembelajaran :  Siswa dapat memiliki kemampuan mengidentifikasi salam sapaan dan ungkapan/instruksi di kelas.  Siswa dapat menulis kata, frasa dan kalimat dengan huruf hiragana. B. Materi Pembelajaran :  Salam sapaan あ い さ つ : salam pertemuan, contoh: お は よ う ご ざ い ま す . perpisahan, contoh: さようなら. Dan salam yang lain, contoh : おひさしぶりですね、おげんきですか.  Ungkapan/instruksi di dalam kelas, contoh: たってください.  Huruf hiragana あ sampai こ.  Angka 1 sampai 12. C. Metode Pembelajaran  Ceramah  Drill  Tanya jawab  Game : Gesture (ungkapan di kelas), bisik berantai D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran (3 pertemuan) :  Pertemuan 1 : a) Kegiatan Pendahuluan 1). Memberi motivasi siswa dan apersepsi 2). Penjelasan tentang penggunaan ~先生 dan ~さん. b) Kegiatan Inti 1). Penjelasan salam sapaan (pertemuan) sesuai dengan kartu gambar. 2). Memberi instruksi untuk mengucapkan salam pertemuan sesuai kartu gambar. 3). Memperkenalkan angka (1-6). 4). Penjelasan huruf hiragana (あいうえお). 5). Siswa berlatih membaca dan menulis huruf hiragana dan kosakata (あおい、 あい、 あ う、うえ、いいえ). c) Kegiatan Penutup 1). Siswa bersama guru melakukan review / 復習.

2). Siswa bersama guru menyimpulkan materi pelajaran. 3). Memotivasi siswa.  Pertemuan 2 : a) Kegiatan Pendahuluan 1). Memberi motivasi siswa dan apersepsi 2). Memberikan instruksi untuk mengucapkan salam pertemuan dan berhitung dari angka 1 sampai dengan 6. b) Kegiatan Inti 1). Penjelasan salam sapaan (perpisahan) sesuai dengan kartu gambar. 2). Memberi instruksi untuk mengucapkan salam perpisahan sesuai kartu gambar. 3). Memperkenalkan angka (6-12). 4). Penjelasan huruf hiragana (かきくけこ). 5). Siswa berlatih membaca dan menulis huruf hiragana dan kosakata (あかい、 えき、 き く、いけ、こい). c) Kegiatan Penutup 1). Siswa bersama guru melakukan review / 復習. 2). Siswa bersama guru menyimpulkan materi pelajaran. 3). Memotivasi siswa.  Pertemuan 3 : a) Kegiatan Pendahuluan 1). Memberi motivasi siswa dan apersepsi. 2). Memberikan instruksi untuk mengucapkan salam pertemuan dan berhitung dari angka 1 sampai dengan 12. b) Kegiatan Inti 1). Penjelasan salam sapaan (ありがとうございます;どうぞ) sesuai dengan kartu gambar. 2). Memberi instruksi untuk mengucapkan salam sapaan sesuai kartu gambar. 3). Penjelasan instruksi dalam kelas dengan bahasa Jepang (~てください:座ってく ださい;立ってください;読んでください). 4). Menyanyi lagu tentang ungkapan di dalam kelas dengan nada twinkle-twinkle little star. 5). Siswa melakukan gerakan sesuai ungkapan yang diucapkan guru (game gesture1). a) Kegiatan Penutup 1). Siswa bersama guru melakukan review / 復習.

1

Siswa melakukan gerakan sesuai ungkapan perintah yang diucapkan guru. Siswa yang kalah harus berhenti. Sampai ada 1 orang yang selalu benar, menjadi pemenang.

2). Siswa bersama guru menyimpulkan materi pelajaran. 3). Memotivasi siswa. E. Sumber belajar dan Media : 1. Silabus, Buku Bahasa Jepang Sakura 1, Buku Skenario Pembelajaran 1, Kamus Bahasa Jepang, handout. 2. Kartu Gambar, Kartu Kosakata, Kaset Buku Bahasa Jepang 1, Aplikasi Power Point.

F. Penilaian

: 1. Teknik 2. Bentuk Instrumen

: praktik, dikte, mencocokkan : Tes tulis

G. Evaluasi diri : .................................................................................................... ..................................................................................................... .....................................................................................................

Mengetahui

Surabaya, 16 Juli 2009 Guru Mata Pelajaran

Drs. Sukemad, M.Pd. NIP. 196004071986031008

Istikumayati, S.Pd. NIP. 198204282009022008

ASSESMENT PENILAIAN KINERJA SISWA MATA PELAJARAN STANDAR KOMPETENSI KOMPETENSI DASAR : Bahasa Jepang : Membaca, Menulis, Mendengar, Berbicara : - Memahami wacana lisan dan tulis berbentuk paparan atau dialog
sederhana tentang salam sapaan. - Mengungkapkan informasi sederhana secara lisan dan tertulis dalam bentuk paparan atau dialog sederhana tentang salam sapaan.

Tema Pelajaran

: Salam, Ungkapan di kelas, hiragana あ sampai こ, Angka 1 sampai 12.

ASPEK N O NAMA SISWA 1 1 2 3 4 5 6 7 PENILAIAN 2 3 4

JML

NILAI

NILAI SIKAP

KET

KETERANGAN: ASPEK PENILAIAN: 2. Keaktifan SKOR 2 = Kurang 3 = Cukup 4 = Baik 5 = Sangat Baik 1. Kemampuan menjawab pertanyaan

3. Kerapian 4. Ketepatan waktu

Skor Jumlah NILAI = Skor Maksimal X 100

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->