P. 1
Proposal Wirausaha

Proposal Wirausaha

|Views: 39|Likes:
Published by Zulfikar Hadi

More info:

Published by: Zulfikar Hadi on Jun 27, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

06/27/2012

pdf

text

original

BAB I PENDAHULUAN

1.1

Latar Belakang

Dewasa ini perkembangan ekonomi di dunia semakin meningkat. Hal tersebut dikarenakan sumber daya manusia yang semakin meningkat dan berkembang, Mereka saling bersaing untuk menjadi yang terbaik. Proses persaingan ini menyebabkan terjadinya suatu perubahan gaya hidup atau cara berpenampilan dan kebudayaan, hal tersebut dikarenakan manusia selalu mencoba dan mencari suatu hal yang baru sesuai dengan perkembangan zaman untuk mendapatkan suatu kepuasan. Sehubungan dengan hal tersebut kami memutuskan untuk mendirikan sebuah usaha yang diberi nama “Eza Rent Car “ yang menyewakan berbagai Jenis mobil. Jenis Mobil yang kami Sewakan atau Rentalkan sesuai dengan perkembangan zaman serta ditambahkan sedikit variasi sehingga terlihat modern dan elegan. Selain itu kami juga menyediakan Jenis Mobil yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan para Konsumen. Kami mengharapkan Jasa yang kami berikan dapat memberikan kepuasan kepada para pelanggan dan konsumen. Untuk menjalankan operasional perusahaan, salah satu rencana kami yaitu memberikan pelayanan yang terbaik untuk para pelanggan. Namun di sisi lain perusahaan kami masih mempunyai beberapa hambatan. Hambatan tersebut yang akan banyak dihadapi adalah hambatan yang bersifat eksternal, hambatan ini dapat berupa kesulitan dalam masalah permodalan, banyaknya pesaing, dan kondisi pasar yang tidak terlalu kondusif. Namun kami telah mempunyai strategi untuk menghadapi hambatan tersebut. Lokasi perusahaan yang kami rencanakan terletak di kota Bandung tepatnya Jl. Maranata. Kami memilih lokasi tersebut selain tempatnya strategis masyarakat di sekitar lokasi tersebut mayoritas adalah mahasiswa dan anak-anak muda yang mempunyai hobi jalan-jalan dan bepergian.

Dalam makalah ini kami akan menyajikan tentang gambaran umum perusahaan kami dirikan, gambaran ini berupa nama perusahaan, visi misi, slogan perusahaan, lokasi perusahaan, neraca awal, dan lain-lain.

1.2 Profil Perusahaan
” Eza Rent Car” merupakan nama suatu perusahaan yang akan kami dirikan pada awal tahun 2010. Perusahaan ini didirikan oleh Made resa ardianta sebagai pemilik. Kami memilih nama “ Eza Rent Car” karena pengambilan nama “Eza” adalah nama panggilan pemilik perusahaan kami, dan kata “Rent Car” adalah tempat dimana konsumen dapat menyewa atau merental mobil. Usaha ini dirintis sebagai salah satu wujud untuk mengembangkan jiwa bisnis. Slogan yang digunakan oleh “Eza Rent Car” adalah “ ingin stylies? Belanja ke “Eza Rent Car” , slogan ini kami buat dengan maksud agar konsumen tertarik menggunakan jasa kami karena banyak fasilitas yang akan kami berikan. “Eza Rent Car” menjadikan kota Bandung dan sekitarnya sebagai sasaran distribusi yang pertama, proses atau cara untuk menawarkan jasa dilakukan melalui berbagai media diantaranya melalui media cetak, penyebaran brosur. Lokasi pendirian “Eza Rent Car” di Jl. Maranatha bandung adalah bangunan yang disewa selama tiga (3)tahun.

1.3

Visi, Misi, Slogan 1.3.1 Visi “ mengutamakan kepuasan pelanggan pada fasilitas yang modern “. 1.3.2 Misi  Menyediakan Jenis Mobil yang modern dan disesuaikan dengan kebutuhan dan permintaan pelanggan. 1.3.3 Slogan Slogan yang akan digunakan oleh “Eza Rent Car” adalah “ ingin gaul? “Eza Rent Car” ,, slogan ini kami buat dengan maksud agar konsumen tertarik menggunakan jasa kami karena banyak fasilitas yang akan kami berikan.

1.4

Logo Perusahaan Logo “ Eza Rent Car ” dapat dilihat di bawah ini :

1.5

Lokasi Perusahaan

Lokasi perusahaan merupakan salah satu faktor penting untuk perkembangan suatu perusahaan, maka “Eza Rent Car” mengambil lokasi di Jl. Maranatha Bandung. Kami memilih lokasi tersebut selain tempatnya strategis masyarakat di sekitar lokasi tersebut mayoritas adalah mahasiswa dan anak-anak muda yang mempunyai hobi jalan-jalan dan bepergian.

1.6

Bentuk Perusahaan “Eza Rent Car” merupakan perusahaan yang bergerak di bidang fashion. Bentuk

perusahaan yang akan kami dirikan adalah berbentuk Perusahaan perorangan adalah persekutuan antara dua orang atau lebih yang memiliki hak dan kewajiban yang sama dengan modal yang sama setiap sekutunya serta tanggung jawab tidak terbatas bagi pesero comanditair dan tanggung jawab terbatas bagi sekutu penguasa. laba rugi ditanggung pesero comanditair. Selain itu CV juga mempunyai kelebihan seperti jumlah modal yang relatif besar karena adanya pembagian kerja dan pendiriannya pun relatif mudah. Selain itu, bentuk kepemilikan seperti ini lazim dimiliki CV diantaranya yaitu tanggung jawab bersama yang tidak terbatas, kelangsungan perusahaan tidak menentu dan kerugian yang dialami akan ditanggung pesero comanditair, sehingga profesionalisme dan konsistensi dalam bekerja sangat dibutuhkan,serta efisiensi dan efektivitas dari pelaksana. Namun

demikian, dengan kesungguhan dan kerja keras kami yang penuh dedikasi dalam membangun bersama perusahaan ini, kami yakin bahwa perusahaan ini dapat maju dan berkembang serta mampu bersaing di dunia usaha. Maka dari itu kami sepakat untuk mendirikan “Eza Rent Car” . 1.7 Tujuan Perusahaan Dalam menjalankan usahanya “Eza Rent Car” memiliki beberapa tujuan yang ingin di capai diantaranya :    Memperoleh keuntungan Memberikan kepuasan kepada pelanggan Memudahkan konsumen untuk bepergian atau refreshing

1.7 Target Pemasaran “Eza Rent Car” mengambil lokasi di Jl. Maranatha Bandung. Kami memilih lokasi tersebut selain tempatnya strategis masyarakat di sekitar lokasi tersebut mayoritas adalah mahasiswa dan anak-anak muda yang mempunyai hobi jalan-jalan dan bepergian.

1.9 Strategi Pemasaran Dalam proses pemasarannya “Eza Rent Car” melakukan beberapa strategi untuk menarik minat konsumen diantaranya :    Dengan menyebarkan brosur jasa “Eza Rent Car” kepada masyarakat agar lebih mudah dikenal. Menawarkan melalui periklanan dengan cara memasang iklan di media cetak dan Brosur. Melakukan penawaran kepada orang-orang terdekat ( mouth by mouth )

1.10 Denah

1.11 Deskripsi Jenis Mobil “Eza Rent Car” menyewakan berbagai jenis mobil yang dibagi ke dalam beberapa

klasifikasi, yaitu : 1. Avanza, harga sewa untuk mobil jenis tersebut yaitu Rp. 250.000 untuk sewa 12 jam 2. Xenia, harga sewa ini sama dengan harga sewa mobil Avanza yakni Rp. 250.000 untuk 12 jam 3. Apv, harga sewa untuk mobil jenis tersebut yaitu Rp. 275.000 untuk sewa 12 jam 4. Honda jazz, harga sewa untuk mobil jenis tersebut yaitu Rp. 300.000 untuk sewa 12 jam  1.12 Kebijakan Perusahaan  Persewaan semua jenis mobil yang dilakukan yaitu dengan dua cara persewaan langsung di counter dan Persewaan tidak langsung dengan menggunakan uang DP atau uang muka.  Sistem persewaan yang dilakukan oleh “Eza Rent Car” adalah sistem persewaan secara tunai.  Persewaan dari pesanan harus dengan uang muka minimal 25% dari total pesanan. Apabila si pemesan membatalkan pesanannya, maka uang muka menjadi hak milik perusahaan.  Setiap persewaan dikenakan pajak PPN sebesar 10% yang akan ditanggung pembeli.  Harga Persewaan sudah termasuk PPN.

2.1.1

Kebijakan Persewaan 1. Sistem persewaan dilakukan secara tunai, 2. Jika terjadi kerusakan atau kecelakaan pada mobil rental maka pelanggan wajib mengganti sesuai dengan jenis kerusakan tersebut

2.1.2

Kebijakan Pajak 1. Pajak penghasilan karyawan (PPh pasal 21) dikelola oleh perusahaan, 2. Setiap penjualan yang dilakukan dikenakan Pajak Pertambahan Nilai sebesar 10%, 3. SPT pajak dilaporkan oleh manajer keuangan, 4. Perusahaan tidak membebankan Pajak Bumi dan Bangunan karena dalam operasionalnya perusahaan menyewa tempat usaha.

Tugas dan tanggung jawab :  Direktur  Memimpin, mengatur, dan mengawasi setiap kegiatan perusahaan.  Mengkoordinasikan semua bawahannya dari setiap bagian.  Bertanggung jawab atas kinerja semua manajer di bawahnya.  Membuat peraturan di dalam perusahaan.  Merencanakan kegiatan jangka panjang dan jangka pendek perusahaan.  Manajer Pembelian  Mencari dan menentukan pemasok.

 Bertanggung jawab atas pengadaan bahan baku produk, bahan-bahan tambahan, dan perlengkapan lainnya yang dibutuhkan.  Bertanggung jawab atas kinerja fungsi-fungsi yang berada di bawahnya.  Manajer Keuangan  Mengawasi berbagai tindakan yang terkait dengan keuangan perusahaan.  Bertanggung jawab atas pemberian otorisasi berbagai tindakan yang terkait dengan keuangan perusahaan.  Bertanggung jawab atas penerimaan dan pengeluaran kas perusahaan.  Bertanggung jawab kepada direktur tentang keuangan perusahaan.  Bertangguung jawab atas kinerja fungsi-fungsi yang berada di bawahnya.  Manajer Kepegawaian  Bertanggung jawab atas hal-hal yang terkait dengan kepegawaian.  Bertanggung jawab atas kinerja pegawai.

 Bertanggung jawab atas perekrutan, pengangkatan pegawai, kenaikan jabatan dll.  Bertanggung jawab atas penggajian karyawan.  Bertanggung jawab atas kinerja fungsi-fungsi yang berada di bawahnya.  Manajer Penjualan  Bertanggung jawab untuk mengawasi setiap penjualan yang dilakukan oleh perusahaan.  Bertanggung jawab untuk membuat laporan penjualan setiap periode.  Bertanggung jawab atas kinerja fungsi-fungsi yang berada di bawahnya.  Manajer Persediaan  Bertanggung jawab atas keluar masuknnya barang.  Membuat laporan harian keluar masuknya barang.  Bertanggung jawab atas kinerja fungsi-fungsi yang berada di bawahnya.

 Manajer Produksi  Bertanggung jawab atas proses produksi produk.  Bertanggung jawab atas kualitas produk.  Bertanggung jawab atas kinerja fungsi-fungsi yang berada di bawahnya.  Fungsi Pengadaan Barang  Bertanggung jawab untuk mencari pemasok yang mempunyai produk kualitas terbaik dengan harga yang barang yang terjangkau.  Bertanggung jawab untuk melakukan pemesanan barang.  Bertanggung jawab kepada manajer pembelian.

 Fungsi Akuntansi  Bertanggung jawab untuk mencatat perusahaan.  Bertanggung jawab untuk mengarsipkan semua dokumen dari setiap transaksi yang terjadi dalam perusahaan.  Bertanggung jawab untuk membuat laporan keuangan.  Bertanggung jawab kepada manajer keuangan.  Fungsi Keuangan  Bertanggung jawab untuk melakukan pembayaran atas transaksi yang terjadi dan menerbitkan bukti transaksinya.  Bertanggung jawab untuk melakukan penerimaan kas .  Bertanggung jawab untuk melakukan penyetoran uang ke bank.  Bertanggungn jawab untuk menyimpan semua data-data yang berkaitan dengan transaksi yang terjadi.  Bertanggung jawab kepada manajer keuangan. semua transaksi yang terjadi dalam

 Fungsi Kassa  Bertanggung jawab untuk menerima uang dari pembayaran yang dilakukan oleh pembeli atas penjualan tunai.  Bertanggung jawab atas penyetorkan uang hasil penjualan kepada fungsi keuangan.  Bertanggungjawab atas pemberian otorisasi pengeluaran kas kecil.  Bertanggung jawab kepada manajer keuangan.  Fungsi Aktiva Tetap  Bertanggung jawab atas pengadaan aktiva tetap yang dperlukan oleh perusahaan.  Bertanggung jawab untuk mengelola dan memelihara aktiva tetap yang dimiliki oleh perusahaan.  Bertanggung jawab untuk melakukan pencatatan atas penyusutan aktiva tetap.  Bertanggung jawab kepada manajer keuangan.  Fungsi Gaji  Bertanggung jawab atas segala sesuatu yang berhubungan dengan gaji pegawai.  Bertanggung jawab atas pembuatan daftar gaji pegawai.  Bertanggung jawab untuk membuat surat keterangan gaji pegai yang berisi tentang perincian gaji pegawai.  Bertanggung jawab kepada manajer kepegawaian.  Fungsi Kepegawaian  Bertanggung jawab untuk melakukan perekrutan pegawai.  Bertanggung jawab untuk melakukan pengawasan terhadap kinerja pegawai.  Bertanggung jawab untuk melakukan pengangkatan pegawai, kenaikan jabatan, penghentian pegawai, penentuan gaji, perhitungan gaji, pembuatan daftar hadir pegawai, dan membuat rekapitulasi daftar gaji.  Bertanggung jawab kepada manajer kepegawaian.  Fungsi Penjualan

 Bertanggung jawab untuk melakukan penjualan produk-produk perusahaan.  Bertanggung jawab untuk memberikan pelayanan yang terbaik kepada konsumen.  Bertanggung jawab untuk membuat laporan penjualan.  Bertanggung jawab kepada manajer penjualan.  Fungsi Pengiriman Pesanan  Bertanggung jawab menyerahkan barang kepada konsumen.  Bertanggung jawab kepada manajer penjualan.  Fungsi Penerimaan Barang  Bertanggung jawab untuk melakukan penerimaan barang dari pemasok.  Bertanggung jawab untuk melakukan pengecekan terhadap jenis, kualitas, dan jumlah barang yang diterima sesuai dengan order pembelian barang atau tidak.  Bertangggung jawab kepada manajer persediaan.  Fungsi Gudang  Bertanggung jawab atas penyediaan bahan baku, bahan penolong,, dan bahan lainnya yang diperlukan.  Bertanggung jawab untuk melakukan pencatatan atas mutasi persediaan yang ada di gudang.  Bertanggung jawab untuk melakukan pengajuan permintaan pembelian barang yang habis kepada fungsi pembelian.  Bertanggung jawab untuk melakukan penyimpanan barang yang yang telah diterima oleh fungsi penerimaan barang.  Bertanggung jawab kepada manajer persediaan.  Fungsi Produksi  Bertanggung jawab atas semua produk yang dihasilkan.  Bertanggung jawab untuk membuat pesanan yang dipesan oleh pelanggan.  Bertanggung jawab kepada manajer produksi.

BAB III EZA RENT CAR
JENIS MOBIL AVANZA XENIA JAZZ APV TOTAL PERTAHUN HARGA MOBIL Rp.180.000.000 Rp.180.000.000 Rp.190.000.000 Rp.190.000.000 CICILAN PERBULAN Rp.7.000.000 Rp.7.000.000 Rp.7.500.000 Rp.7.500.000 CICILAN PERTAHUN Rp.84.000.000 Rp.84.000.000 Rp.90.000.000 Rp.90.000.000 Rp.348.000.000

JENIS MOBIL AVANZA XENIA JAZZ APV TOTAL PERTAHUN

HARGA SEWA/12 JAM PERKIRAAN 1 BULAN PERKIRAAN 1 TAHUN Rp.250.000 Rp.15.000.000 Rp.180.000.000 Rp.250.000 Rp.15.000.000 Rp.180.000.000 Rp.300.000 Rp.18.000.000 Rp.216.000.000 Rp.250.000 Rp.15.000.000 Rp.180.000.000 Rp.756.000.000

KEUNTUNGAN PERTAHUN KEUNTUNGAN PERBULAN

Rp.408.000.000 Rp.34.000.000

BAB IV KESIMPULAN

“Eza Rent Car “merupakan perusahaan yang usahanya menyewakan berbagai jenis mobil yang disesuaikan dengan keinginan pelanggan, dalam artian sesuai dengan selera pelanggan dari yang tua sampai yang muda. Mobil yang disewakan disini Merupakan hasil cicilan atau kredit mobil dari “Eza Rent Car “sendiri. Klasifikasi atau jenis mobil yang disewakan dapat digolongkan menjadi empat jenis, yakni Avanza, Xenia, Honda jazz, APV. Mobil yang kami sewakan sangatlah modern sesuai dengan perkembangan anak muda jaman sekarang karena ditambahkan dengan modifikasi fasilitas pada setiap jenis mobil, sehingga kami optimis akan dapat meraih kesuksesan. Selain itu pendirian , “Eza Rent Car” dapat diterima oleh masyarakat, karena akan bermanfaat bagi masyarakat untuk memperoleh lapangan pekerjaan, terutama bagi yang berkompeten dalam memajukan perusahaan. Sehingga dalam hal ini ”dapat membantu pemerintah dalam mengurangi pengangguran. Selain itu yang lebih penting adalah memiliki slogan “ingin stilyst?belanja ke “Eza Rent Car”, sehingga akan menarik minat konsumen.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->